Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika

Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika

Posting Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika ini saya yakin belum sempurna. Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika ini saya harapkan bisa menjadi bahan diskusi khususnya atas pertanyaan Ibu Gina. Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika perlu dioptimalkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Analisis KI Mata Pelajaran Matematika

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

ANALISIS DAN REKOMENDASI KI

1

2

3

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika`

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan, adalah untuk program pendidikan 3 tahun.

KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Teknik Audio Video (3 Tahun).

Analisis KD Mata Pelajaran Matematika

KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN

(KD dari KI-3)

KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN

(KD dari KI-4)

Analisis KD Pengetahuan

Rekomendasi KD Pengetahuan Analisis KD Keterampilan Rekomendasi KD Keterampilan Rekomendasi KD-KD pada Mapel

PPK

Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4 ·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran

·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran

Nilai-Nilai Karakter yang dapat Diintegrasikan dalam Materi dan Model Pembelajaran
1 2 3 4 5 6 7 8
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel 4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel Tingkat dimensi kognitif adalah Menganalisis (C4), dan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel adalah bentuk pengetahuan metakognitif Menganalisis (C4), SESUAI dipasangkan dengan (menentukan) nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel (pengetahuan metakognitif) Menyelesaikan masalah kontekstual adalah keterampilan abstrak, tingkat Mengolah/mencoba KD-3 menentukan = Menganalisis (C4) SETARA / DLM BATAS KESETARAAN dengan KD-4 Menyelesaikan · Mandiri

· Teliti

· Bertanggungjawab

Penjabaran KI dan KD ke dalam IPK, Tujuan Pembelajaran, dan Materi Pembelajaran

KI Program Pendidikan 3 Tahun
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran (Integrasi nilai-nilai Karakter) Materi Pembelajaran
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel 3.4.1 Menjelaskan konsep nilai mutlak

 

 

3.4.2 Menerapkan langkah penentuan nilai mutlak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4.3 Mengorganisasikan prosedur penyelesaian persamaan linier

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4.4 Menghitung nilai maksimum dan minimum  permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

 

1.   Melalui diskusi dan penggalian informasi peserta didik mampu: dapat mendefinisikan nilai mutlak dengan penuh percaya diri.

2.   Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat melukiskan sketsa perpindahan pada garis sumbu dengan percaya diri

3.   Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat membuat tabel nilai mutlak dengan percaya diri

4.   Melalui diskusi dan latihan peserta didik mampu melukiskan posisi pasangan nilai mutlak yang membentuk koordinat pada grafik kartesius dengan percaya diri.

 

5.     Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat mengidentifikasi fakta/keadaan yang sudah diketahui dengan teliti

6.     Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat mengidentifikasi apa yang harus ditemukan dengan teliti

7.     Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat membuat model matematika penyelesaian persamaan linier dengan teliti

8.     Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat membuat tabel  penyelesaian persamaan linier dengan teliti

9.     Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat melukis grafik  penyelesaian persamaan linier dengan teliti

10.  Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier dengan teliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.  Melalui diskusi dan latihan peserta didik dapat mengorganisasikan prosedur penyelesaian persamaan linier dengan teliti

 

12.  Melalui latihan peserta didik dapat menerapkan prosedur penyelesaian persamaan linier pada permasalahan kontekstual dengan teliti

13.  Melalui latihan peserta didik dapat menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel dengan teliti

 

Faktual:

Contoh sketsa perpindahan/pergerakan

Konseptual:

Definisi nilai mutlak

Prosedural:

1.  cara melukis sketsa

2.  cara membuat tabel nilai mutlak

3.  cara melukis grafik nilai mutlak

 

 

 

 

 

 

Faktual:

Komponen-komponen yang diketahui

Konseptual:

Macam-macam langkah penyelesaian

Prosedural:

1.  cara penyelesaian persamaan linier

2.  cara membuat tabel penyelesaian persamaan linier

3.  cara melukis grafik penyelesaian persamaan linier

4. cara menentukan himpunan penyelesaian persamaan linier

Metakognitif:

Penentuan nilai maksimum dan minimum yang berkaitan dengan program linear dua variabel

 

 

 

 

 

 

 

 

Faktual:

Komponen-komponen yang diketahui

Konseptual:

Macam-macam langkah penyelesaian menghitung nilai maksimum dan minimum

Prosedural:

Pengorganisasian penyelesaian masalah kontekstual linier 2 variabel

Metakognitif:

Penentuan nilai maksimum dan minimum yang berkaitan dengan program linear dua variabel

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika`

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran (Integrasi nilai-nilai Karakter) Materi Pembelajaran
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel 4.4.1 Menghitung nilai maksimum dan minimum pada permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

 

1.   Disediakan kasus kontekstual berkaitan program linier dua variabel, peserta didik dapat mengorganisasi langkah penyelesaian menghitung nilai maksimum dan minimum secara mandiri

 

·         Praktikum menghitung nilai maksimum dan minimum pada permasalahan kontekstual berkaitan program linear dua variabel

Nah sementara sampai ini dulu … saya harus belajar matematika lagi … sebelum bisa melanjutkan postingan Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika ini … kalau belum sesuai … mohon rekan-rekan yang lebih menguasai dapat memberikan penyempurnaannya ya … terima kasih.

2 thoughts on “Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.