Analisis Penilaian Hasil Belajar

analisis penilaian hasil belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar adalah penjabaran rencana penilaian. Analisis Penilaian Hasil Belajar memerlukan pemahaman pendidik terkait standar penilaian dan panduan penilaian hasil belajar. Analisis Penilaian Hasil Belajar menghasilkan rencana penilaian yang sesuai SKL, KD, indikator pencapaian kompetensi maupun materi pembelajaran.

analisis penilaian hasil belajar
analisis penilaian hasil belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar sering kurang mendapat perhatian yang serius. Analisis penilaian hasil belajar sesungguhnya  juga bagian yang sangat penting dalam RPP K2013 SMK. Coba rekan-rekan bayangkan, KI dan KD sudah direvisi, Indikator Pencapaian Kompetensi sudah optimal, Tujuan Pembelajaran sudah benar, materi pembelajaran sudah OK, proses pembelajaran OK, namun kompetensi siswa diukur dengan alat ukur yang tidak tepat … apa jadinya? Inilah alasannya mengapa kita perlu lakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.

analisis penilaian hasil belajar
analisis penilaian hasil belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar adalah aktivitas pendidik menjabarkan berbagai aspek penilaian hasil belajar yang sesuai untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar yang dipelajari siswa. Dalam konteks Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 analisis Penilaian Hasil Belajar merupakan langkah analisis yang ke empat untuk mengisi format RPP.

Sebagai rencana penilaian, Analisis Penilaian Hasil Belajar memberi ruang bagi guru untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter (PPK) yang sudah dilakukan.

Acuan Dasar Analisis Penilaian Hasil Belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar sebagai suatu aktivitas pendidik dalam menjabarkan aspek-aspek penilaian hasil belajar yang direncanakan, memerlukan pengetahuan terkait penilaian pembelajaran. Analisis Penilaian Hasil Belajar akan mengalami kendala dan terancam gagal jika kita selaku pendidik tidak memahami acuan dasar, pedoman dan panduan teknis Penilaian Hasil Belajar. Hal ini sangat masuk akal sebab bagaimana mungkin kita mampu melakukan analisis penilaian hasil belajar kalau kita sebagai pendidik tidak memiliki pemahaman dengan hal-hal terkait analisis penilaian hasil belajar.

Agar rekan-rekan pendidik SMK mudah dan sukses melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar, pedoman utama dan pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar yang perlu dipahami adalah:

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  3. Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah pada dasarnya adalah peraturan transisi yang memberi arah dan kepastian terkait penilaian oleh penddik dan satuan pendidikan. Peraturan ini belum bersifat teknis sehingga perlu dilengkapi dengan petunjuk teknis atau panduan operasional bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam bentuk Panduan Penilaian SMK. Namun demikian, regulasi ini mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 adalah regulasi pemerintah tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menetapkan kriteria mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai regulasi yang menstandarkan penilaian hasil belajar, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 juga mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.

Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017 (Panduan Penilaian SMK 2017) adalah pedoman praktis bagi pendidik dan satuan pendidikan seperti diungkapkan Direktur Jenderal Penddikan Dasar dan Menengah seperti kutipan berikut :

“Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik secara sahih, obyektif, sistematis dan komprehensif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Panduan ini juga sekaligus merupakan pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akuntabel dan informatif.

Panduan ini akan sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang penggunaan beragam teknik penilaian, dilengkapi contoh dan langkah-langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor.

Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih profesional sehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.”

Dengan demikian, sangat jelas bagi kita bahwa kita sangat memerlukan pengetahuan dasar terkait penilaian sebelum melakukan analisis penilaian hasil belajar. Pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar ada di dalam Panduan Penilaian SMK 2017.

Dengan uraian pengantar ini diharapkan rekan pendidik telah memahami mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian dan instrumen penilaian dengan membaca secara mandiri Panduan Penilaian SMK 2017. Dengan begitu insya Allah rekan-rekan mudah dan sukses melakukan analisis penilaian hasil belajar.

Pengetahuan Penilaian Pendidikan untuk Analisis Penilaian Hasil Belajar

Kegiatan analisis penilaian hasil belajar jelas memerlukan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar dan cara melakukan analisis penilaian hasil belajar. Sebelum masuk pada cara melakukan analisis penilaian hasil belajar terlebih dahulu perlu dipahami Standar Penilaian Pendidikan dan petunjuk teknis tentang penilaian hasil belajar tersebut. Ringkasan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar yang sesuai Standar Penilaian khususnya di SMK dapat dibaca pada posting ……..

Analisis Penilaian Hasil Belajar menurut Prosedur Penilaian Pembelajaran dan Hasil Belajar (Oleh pendidik)

Analisis Penilaian Hasil Belajar oleh pendidik tidak lepas dari prosedur penilaian pendidikan yang sudah ditetapkan pemerintah. Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian pasal 13 yang berbunyi Prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan urutan:

  • Menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah disusun;
  • Menyusun kisi-kisi penilaian;
  • Membuat instrumen penilaian berikut pedoman penskoran;
  • Melakukan analisis kualitas instrumen;
  • Melakukan penilaian;
  • Mengolah, menganalisis, dan Menginterpretasikan hasil penilaian;
  • Melaporkan hasil penilaian; dan
  • Menindaklanjuti laporan hasil penilaian.

Penilaian yang sedang kita diskusikan adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa sesuai KD yang dipelajari yang sudah dianalisis pada Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran, oleh karena itu langkah selanjutnya adalah menyusun kisi-kisi.

Menyusun Kisi-kisi Penilaian dan Soal HOTS dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar

Kegiatan Analisis Penilaian Hasil Belajar lazimnya identik dengan penyusunan kisi-kisi penilaian, penyusunan instrumen penilaian (soal), pedoman penskoran dan analisis kualitas instrumen. Oleh karena itu sebelum dipaparkan contoh terkait kisi-kisi penilaian saya menganjurkan untuk mengenal lebih jauh tentang penyusunan / pembuatan soal berkategori HOTS terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan mengingat kita masih asing dengan soal-soal HOTS. Rekan-rekan dapat menggali lebih jauh terkail Soal HOTS pada posting saya yang lain di …..

Contoh Kisi-kisi Penilaian dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar

KISI-KISI DAN SOAL

Bidang Keahlian        : Bisnis dan Manajemen

Program Keahlian      : Manajemen Perkantoran

Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Mata Pelajaran         : Teknologi Kantor

Kompetensi Dasar    : 3.10. Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

: 4.10. Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

 

  1. Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar IPK Materi Indikator Soal Bentuk Soal No Soal

3.10 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4)

1.  Menjelaskan pengertian data

 

 

2.  Membedakan data dengan informasi (C2)

 

3.  Menguraikan jenis-jenis data di tempat kerja (C2)

 

 

 

 

 

4.  Menerapkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3)

 

 

 

5.  Merinci agenda perjalanan dinas pimpinanberdasarkan informasi dari internet (C4)

·      Definisi Data dan Informasi

·      Jenis-jenis Data di tempat kerja

·      Kualifikasi/Persyaratan Informasi di tempat kerja

·      Internet Browsing dan Searching

 

1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian data

 

2.  Siswa dapat membedakan data dengan informasi

 

3.  Disajikan berbagai data yang ada diperusahaan, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis data sesuai kebutuhan di tempat kerja (C2)

 

4.  Disajikan data kegiatan pencarian informasi, siswa dapatmengurutkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3)

5.  Disediakan informasi hasil pencarian dari internet, siswa dapatmerinciagenda perjalanan dinas pimpinan

PG

 

 

 

Uraian

 

 

Uraian

 

 

 

 

PG/Uraian

 

 

 

Uraian

 

1

2

3

4

5

Instrumen Soal Pengetahuan

No Soal Kunci Jawaban Skor
1 Manakah pernyataan yang paling benar dari pilihan berikut :

a.   Data merupakan informasi yang diolah dari fakta

b.   Data merupakan fakta yang dioalah dari informasi

c.    Data merupakan bahan mentah yang diolah menjadi informasi

d.   Data merupakan bahan mentah yang diolah dari informasi

e.   Data merupakan informasi yang diolah menjadi fakta

Kunci Jawaban: C.

Data adalah bahan mentah yang diolah menjadi informasi (keterangan)

2 Jelaskan perbedaan data dengan informasi? Data merupakan bahan mentah yag belum diolah, sedangan Informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu

 

Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar

Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap

Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat

Skor 1 : Jika jawaban salah

3 Jelaskan lima jenis data yang ada di tempat kerja? Jenis-jenis data di tempat kerja terdiri dari :

1.   Data keuangan, adalah data-data terkait hal-hal seputar keuangan perusahaan

2.   Data administrasi umum, adalah data yang berhubungan dengan hal-hal rutin operasional kegiatan kantor

3.   Data kepegawaian, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan

4.   Data pemasaran, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran perusahaan

5.   Data produksi, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk/jasa di perusahaan

Skor 4 : Jika jawaban lengkap (5 data) dan benar

Skor 3 : Jika jawaban lengkap (5 data) tetapi kurang tepat

Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi kurang lengkap

Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah

4 Di bawah ini merupakan kegiatan-kegiatan dalam mencari informasi melalui internet.

1.    Buka aplikasi web browser pada komputer

2.    Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat

3.    Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat

4.    Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan

5.    Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan

 

Dari kegiatan-kegiatan di atas, prosedur/langkah mencari informasi melalui internet yang benaraddalah :

a.       (1); (2); (3); (5); (4)

b.      (1); (2); (3); (4); (5)

c.       (1); (3); (2); (4); (5)

d.      (1); (3); (3); (5); (4)

e.      (1); (2); (4); (5); (4)

 

Kunci Jawaban : A

 

a.       (1); (2); (3); (5); (4)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Atau dibuat dalam bentuk uraian

Untuk mendapatkan data dan informasi lewat internet sesuai dengan yang diminta, langkah/prosedur apa yang harus dilakukan?

 

 

 

Kunci Jawaban :

Langkah-langkah untuk mencari informasi lewat internet adalah :

1.    Buka aplikasi web browser pada komputer

2.    Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat

3.    Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat

4.    Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan

5.    Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan

 

 

Skor 4 : Jika jawaban lengkap, benar dan berurut (1-5)

Skor 3 : Jika jawaban lengkap, benar (1-5), tetapi tidak berurut

Skor 2 : Jika jawaban tidak lengkap, benar dan berurut

Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah

 

 

  1. Tiara bekerja sebagai seketaris pada PT EKA JAYA yang bergerak dalam bidang elektronik dan berkedudukan di Bandung. Ir. Zulkarnaen sebagai pimpinan perusahaan ingin mengetahui kondisi salah satu anak perusahaan yang dibinanya yaitu CV. Agung Jaya yang berkedudukan di Malang. Dia meminta Tiara untuk mendapatkan data dan informasi. Data yang diminta adalah jenis data yang ada di tempat/lingkungan kerja perusahaan yang menjadi binaanya. Selain itu, diminta mengagendakan kunjungan/perjalanan dinas dan mencari informasi tentang waktu, pesawat dan penginapan untuk melakukan pertemuan dengan perusahaan tersebut. Untuk mengerjakan semua permintaan tersebut, Tiara mencarinya lewat internet melalui aplikasi web browser.

Dari data yang diperoleh, buat rincian agenda perjalanan pimpinan dan salin ke dalam bentuk pengolah kata untuk dilaporkan kepada pimpinannya.

 

  1. Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar Materi Bahasan Indikator Indikator Soal Bentuk Soal No Soal
4.10 Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4) ·      Definisi Data dan Informasi

·      Jenis-jenis Data di tempat kerja

·      Kualifikasi /Persyaratan Informasi di tempat kerja

·      Internet Browsing dan Searching

 

1.       Memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja (P4)

2.       Membuat laporan dari informsi yang didapat lewat internet (P4)

1.    Siswa dapat memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja

2.    Disajikan data dan informasi dari internet, siswa dapat membuat laporan.

Tes Praktek

 

1

 

 

Soal Keterampilan :

Carilah informasi tiket pesawat dan hotel untuk keperluan perjalanan dinas pimpinan ke Surabaya selama 3 hari, pada tanggal 28-31 Maret 2017. Selain pimpinan, yang berangkatadalah manager pemasaran dan manajer produksi. Untuk keperluan pemberangkatan pimpinan beserta 2 orang stafnya, alokasi biaya yang digunakan sebesar Rp. 18.000.000.000.,-. Susunlah informasi dari internet tersebut kedalam aplikasi pengolah kata.

No Komponen/Sub Komponen Penilaian Indikator Skor
1 Persiapan Kerja
a. Penggunaan alat dan bahan Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur 91 – 100
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur 80 – 90
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur 70 – 79
b. Ketersediaan alat dan bahan Ketersediaan alat dan bahan lengkap 91 – 100
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap 80 – 90
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap 70 – 79
2 Proses dan Hasil Kerja  
a. Kemampuan menggunakan komputer Kemampuan menggunakan komputer tinggi 91 – 100
Kemampuan menggunakan komputer cukup 80 – 90
Kemampuan menggunakan komputer kurang 70 – 79
b. Kemampuan menggunakan search engine Kemampuan menggunakan search engine tinggi 91 – 100
Kemampuan menggunakan search engine cukup 80 – 90
Kemampuan menggunakan search engine kurang 70 – 79
c. Kelengkapan informasi Informasi yang dicari lengkap 91 – 100
Informasi yang dicari cukup lengkap 80 – 90
Informasi yang dicari kurang lengkap 70 – 79
d. Ketepatan informasi Infomasi yang dicari tepat 91 – 100
Infomasi yang dicari cukup tepat 80 – 90
Infomasi yang dicari kurang tepat 70 – 79
e. Hasil pencarian informasi Hasil pencarian informasi disusun rapih 91 – 100
Hasil pencarian informasi disusun cukup rapih 80 – 90
Hasil pencarian informasi disusun kurang rapih 70 – 79
3 Sikap kerja  
a. Keterampilan dalam bekerja Bekerja dengan terampil 91 -100
Bekerja dengan cukup terampil 80 – 90
Bekerja dengan kurang terampil 70 – 79
b. Kedisiplinan dalam bekerja Bekerja dengan disiplin 91 – 100
Bekerja dengan cukup disiplin 80 – 90
Bekerja dengan kurang disiplin 70 – 79
c. Tanggung jawab dalam bekerja Bertanggung jawab 91 – 100
Cukup bertanggung jawab 80 – 90
Kurang bertanggung jawab 70 – 79
d. Konsentrasi dalam bekerja Bekerja dengan konsentrasi 91 – 100
Bekerja dengan cukup konsentrasi 80 – 90
Bekerja dengan kurang konsentrasi 70 – 79
4 Waktu  
 Penyelesaian pekerjaan Selesai sebelum waktu berakhir 91 – 100
Selesai tepat waktu 80 – 90
Selesai setelah waktu berakhir 70 – 79

 

 

 

Pengolahan Nilai Keterampilan :

 

  Nilai Praktik(NP)
  Persiapan Proses dan Hasil Kerja Sikap Kerja Waktu ∑ NK
  1 2 3 5 6
Skor Perolehan
Skor Maksimal
Bobot 10% 60% 20% 10%
NK

 

Keterangan:

  • Skor Perolehan merupakan penjumlahan skor per komponen penilaian
  • Skor Maksimal merupakan skor maksimal per komponen penilaian
  • Bobot diisi dengan persentase setiap komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total bobot untuk komponen penilaian adalah 100
  • NK = Nilai Komponen merupakan perkalian dari skor perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal

 

 

  • NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK

Aplikasi Penilaian Hasil Belajar SMK 2017

 


Sumber:

  1. Analisis Penilaian Hasil Belajar Modul Bimtek Implementasi K2013 Tahun 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud
  2. Panduan Penilaian Hasil Belajar pada SMK 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

One thought on “Analisis Penilaian Hasil Belajar”

  1. Salam pembuka pak Endarta….
    Penilaian merupakan salah satu pembuktian dari hasil belajar setelah dilaksanakannya pembelajaran….itu menurut saya, mungkin salah menurut Bpk….Tolong pak, berikan pencerahan pada Penguatan Pendidikan Karakter yang saat ini sedang gencar untuk diimplementasikan, dan apakah Bpk memiliki aplikasi khusus untuk untuk merumuskan penilaian sikap peserta didik baik dari guru mapel maupun dari guru BK? Smoga Bpk bisa membantu…. Trims pak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.