Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif Rendah

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif rendah

Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif Rendah

Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif merupakan salah satu indikator SKL dalam Rapor Mutu Sekolah. Berapa skor capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif di sekolah kita? Apakah capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif di sekolah rekan-rekan masih rendah? … maaf … alias belum bermutu tinggi? Apa yang menjadi penyebabnya? Mari kita diskusikan …

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif
pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif

Memahami Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif

Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif merupakan salah satu indikator capaian Standar Kompetensi Lulusan Rapor Mutu Sekolah. Berdasarkan hasil diskusi dan kunjungan di beberapa pertemuan masih banyak dari kita belum memahami apa itu pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif. Untuk menambah wawasan kita berikut deskripsi pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif yang dimuat dalam dokumen indikator mutu dalam penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Deskripsi Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif pada jenjang SD

  • pengetahuan dasar berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
  • pengetahuan terminologi/istilah  yang  digunakan,  klasifikasi,  kategori,
  • prinsip, dan generalisasi berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.
  • pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang berke- naan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.
  • pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya terkait dengan diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

Deskripsi Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif pada jenjang SMP

  • pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • pengetahuan terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, general- isasi dan teori, yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode tingkat seder- hana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Deskripsi Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif pada jenjang SMA dan SMK

  • pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan inter- nasional.
  • pengetahuan terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, general- isasi, teori, model, dan struktur yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan inter- nasional.
  • pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk menentukan prosedur yang sesuai berkenaan dengan ilmu penge- tahuan, teknologi, seni, dan budaya, terkait dengan masyarakat dan ling- kungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan inter- nasional.
  • pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam  mempelajari  pengetahuan  teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Memahami Acuan Mutu Untuk Analisis Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif

Capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif terbentuk oleh suatu sistem standar. Standar Nasional Pendidikan yang terdiri atas 8 (delapan) standar membentuk sistem input proses dan output yang digambarkan sebagai berikut:

acuan mutu skl pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif

Tampak pada gambar di atas bagian masukan (input) dibentuk oleh standar pengelolaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana dan standar pembiayaan. Sistem standar masukan ini akan mendukung sistem proses yang terdiri dari standar proses, standar isi dan standar penilaian. Kompetensi Lulusan berada pada posisi keluaran dari sistem atau merupakan hasil.

Kompetensi lulusan berupa capaian pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif akan optimal jika standar proses, standar isi dan standar penilaian dilaksanakan secara penuh dan optimal sesuai ketentuan. Standar isi, standar proses dan standar penilaian akan bisa dijalankan secara penuh dan optimal apabila sistem standar masukan yaitu standar pengelolaan, standar PTK, standar sarana dan prasarana dan standar pembiayaan dipenuhi sesuai ketentuan.

Berdasar gambar dan uraian singkat di atas kompetensi lulusan berupa capaian pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif sebagai keluaran merupakan hasil langsung / dipengaruhi secara langsung oleh pelaksanaan standar proses, pelaksanaan standar isi dan pelaksanaan standar penilaian. Penting untuk dicatat, dalam konteks ini yang berpengaruh secara langsung kepada kompetensi lulusan berupa capaian pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif adalah pelaksanaan standar isi, standar proses dan standar penilaian oleh rekan-rekan pendidik.

Kemungkinan Penyebab Langsung Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif Rendah

Berapa skor capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif di sekolah kita? Apakah capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif masih rendah? Maaf … jangan berpikir negatif … data dalam rapor mutu pendidikan yang dapat kita lihat rata-rata masih rendah. Tentu saja hal ini tidak sama antara satu sekolah dengan sekolah yang lain dan bahkan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Apakah kemungkinan penyebab capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif masih rendah?

Penyebab Langsung Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif sesuai uraian di atas adalah hasil pelaksanaan standar isi, hasil pelaksanaan standar proses dan hasil pelaksanaan standar penilaian. Dengan bahasa sederhana dapat kita ungkapkan kompetensi peserta didik secara langsung dipengaruhi oleh apa yang diajarkan guru, bagaimana guru mengajarkan dan bagaimana guru menilai yang sudah diajarkan.

standar isi proses penilaian
standar isi proses penilaian
Solusi Meningkatkan Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif Rendah

Untuk meningkatkan Capaian SKL Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif Rendah secara umum tentu meliputi seluruh standar. Namun kita sebagai guru dapat berpartisipasi meningkatkan capaian skl tersebut dengan memperbaiki dan menyempurnakan segala sesuatu terkait dengan pertanyaan (1) apa yang kita ajarkan (isi pembelajaran) (2) bagaimana kita mengajarkan (proses) dan (3) bagaimana kita menilai pembelajaran (penilaian)

Isi pembelajaran seharusnya terurai dengan lengkap dan sistematis di dalam KTSP yaitu Dokumen 1, Silabus / Dokumen 2 dan RPP / Dokumen 3. Dalam hal ini bukan saja keberadaan benda masing-masing dokumen namun juga proses dan prosedur penyusunan masing-masing dokumen. Agar isi pembelajaran dapat ditemukan dengan akurat maka kita perlu lakukan Analisis SKL KI KD dan Analisis Materi Pembelajaran.

Proses pembelajaran atau bagaimana kita mengajarkan merujuk aktifitas-aktifitas yang seharusnya kita lakukan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun melalui analisis yang benar sehingga bukn saja isi namun juga proses pembelajaran benar. Bagaimana kita mengajarkan dapat disusun rencananya dengan akurat dengan melakukan Analisis Penerapan Model Pembelajaran.

Bagaimana kita menilai merujuk pada perencanaan penilaian, proses dan prosedur penilaian yang benar dan tepat. Dan penilaian pembelajaran dapat disusun dengan akurat jika kita melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.

Dengan langkah-langkah di atas Pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif Indikator SKL Rapor Mutu Pendidikan dapat ditingkatkan.

Demikian diskusi kita Capaian SKL Pengetahuan Faktual Konseptual Prosedural Metakognitif Rendah … semoga menjadi perhatian kita.

 

Bacaan Sumber:

  1. Indikator Mutu Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemdikbud, 2017
  2. How Help Teacher Succes, Glickman,
  3. Rapor Mutu Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.