keterampilan konkret keterampilan abstrak

Keterampilan Konkret – Keterampilan Abstrak

Keterampilan konkret dan keterampilan abstrak merupakan kompetensi inti keterampilan K2013. Keterampilan konkret dan keterampilan abstrak masih membingungkan sebagian guru. Bagaimana sesungguhnya keterampilan konkret dan keterampilan abstrak ini? Bagaimana mengidentifikasinya? Jika sudah teridentifikasi bagaimana menentukan gradasinya? Mari kita diskusikan …

keterampilan konkret keterampilan abstrak
keterampilan konkret keterampilan abstrak

Pengertian Keterampilan Konkret dan Keterampilan Abstrak

Arti konkret / kongkrit / konkrit menurut https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/konkret ialah nyata; benar-benar ada (berwujud, dapat dilihat, diraba, dan sebagainya). Kata kongkret, kongkrit atau konkrit merupakan bentuk tidak baku dari konkret. Pada kamus yang sama, arti kata abstrak adalah tidak berwujud; tidak berbentuk;

Keterampilan konkret dapat diartikan sebagai keterampilan yang nyata dan dapat dilihat, dapat diraba, dapat didengar. Selain itu, keterampilan konkret juga seringkali memerlukan penggunaan peralatan untuk melakukan keterampilan yang dinyatakan itu.

Keterampilan abstrak dapat diartikan sebagai keterampilan yang tidak nyata dan tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, tidak dapat didengar. Selain itu, keterampilan abstrak juga tidak memerlukan penggunaan peralatan untuk melakukan keterampilan yang dinyatakan itu.

Keterampilan konkret dan keterampilan abstrak lebih lanjut dinyatakan bahwa keterampilan abstrak lebih bersifat mental skill, yang cenderung merujuk pada keterampilan menyaji, mengolah, menalar, dan  mencipta  dengan  dominan  pada  kemampuan  mental  keterampilan berpikir. Sedangkan keterampilan konkret lebih bersifat fisik motorik yang cenderung   merujuk   pada   kemampuan   menggunakan   alat,   dimulai   dari persepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerakan mahir, menjadi gerakan alami, menjadi tindakan orisinal. (sumber: Modul Pelatihan Kutikulum 2013

Gradasi Keterampilan Konkret dan Keterampilan Abstrak

Keterampilan Konkret dan Keterampilan Abstrak pada Kurikulum 2013 menerapkan gradasi dan atau taksonomi yang berbeda.

Keterampilan Abstrak

Keterampilan abstrak menurut Dyers memiliki gradasi yang ditata sebagai berikut: (1) mengamati (observing); (2) menanya (questioning); (3) mencoba (experimenting); (4) menalar (associating); (5) menyaji (communicating); dan (6) mencipta (creating)

Gradasi dan deskripsi keterampilan abstrak adalah sebagai berikut:

Keterampilan Abstrak

Kemampuan BelajarDeskripsi
MengamatiPerhatian pada waktu mengamati suatu objek/ membaca suatu tulisan/mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibuat tentang yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati.
MenanyaJenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik (pertanyaan faktual, konseptual, operasional, dan hipotetik).
Mengumpulkan informasi/ mencoba mengolahJumlah dan kualitas sumber yang dikaji/digunakan, kelengkapan informasi, validitas informasi yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang digunakan untuk mengumpulkan data.

Menalar/ mengasosiasi/ mengolah informasi

Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua fakta/konsep/teori, mensintesis dan argumentasi serta kesimpulan keterkaitan antar berbagai jenis fakta-fakta/konsep/teori/pendapat; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi, dan kesimpulan yang menunjukkan hubungan fakta/konsep/teori dari dua sumber atau lebih yang tidak bertentangan; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi dan kesimpulan dari konsep/teori/pendapat yang berbeda dari berbagai jenis sumber.
Mengomunikasikan / menyajiMenyajikan hasil kajian (dari mengamati sampai menalar) dalam bentuk tulisan, grafis, media elektronik, multi media dan lain-lain.
Mencipta (creating)Menghasilkan ide-ide, rancangan dan atau keputusan-keputusan baru.
  

(Sumber: Olahan Dyers dari modul Bimtek K2013)

Keterampilan Konkret

Keterampilan konkret menggunakan gradasi olahan Simpson dan Dave yang ditata seperti tampak pada tabel di bawah.

KETERAMPILAN KONKRET

NOTingkatan Taksonomi Uraian
Tingkatan Taksonomi
Uraian
 

 

1.

· Persepsi

 

· Kesiapan

· Meniru

Menunjukkan perhatian untuk melakukan suatu gerakan.

 

· Menunjukkan kesiapan mental dan fisik untuk melakukan suatu gerakan.

· Meniru gerakan secara terbimbing.

ImitasiMeniru kegiatan yang telah didemonstrasikan atau dijelaskan, meliputi tahap coba-coba hingga mencapai respon yang tepat.
 2.Membiasakan gerakan (mechanism)Melakukan gerakan mekanistik.ManipulasiMelakukan suatu pekerjaan dengan sedikit percaya dan kemampuan melalui perintah dan berlatih.
 

 

3

Mahir(complex or overt response)Melakukan gerakan kompleks dan termodifikasiPresisiMelakukan suatu tugas atau aktivitas dengan keahlian dan kualitas yang tinggi dengan unjuk kerja yang cepat, halus, dan akurat serta efisien tanpa bantuan atau instruksi.
4Menjadi gerakan alami (adaptation)Menjadi gerakan alami yang diciptakan sendiri atas dasar gerakan yang
sudah dikuasai sebelumnya.
ArtikulasiKeterampilan berkembang dengan baik sehingga seseorang dapat mengubah pola gerakan sesuai dengan persyaratan khusus untuk dapat digunakan mengatasi situasi problem yang tidak sesuai SOP.
5Menjadi tindakan orisinal (origination)Menjadi gerakan baru yang orisinal dan sukar ditiru oleh orang lain dan menjadi ciri khasnya.NaturalisasiMelakukan unjuk kerja level tinggi secara alamiah, tanpa perlu berpikir lama dengan mengkreasi langkah kerja baru.

Keterampilan kongkret / kongkrit / konkrit

Keterampilan kongkret / kongkrit / konkrit adalah penulisan tidak baku dari keterampilan konkret. Maksud dari keterampilan kongkret / kongkrit / konkrit adalah sama dengan keterampilan konkret. Silahkan kembali ke atas …

Contoh telaah keterampilan konkret dan keterampilan abstrak

Keterampilan konkret atau keterampilan abstrak pada kompetensi dasar Kurikulum 2013 harus kita identifikasi dan tentukan. Marilah kita coba menelaah KD keterampilan berikut :

Contoh 1

4.1 Mendemonstrasikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berdasarkan OSHA, dalam bentuk poster dan kondisi riil di bengkel.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berdasarkan OSHA, dalam bentuk poster dan kondisi riil di bengkel dilakukan dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan tertentu yang sesuai. Jelas keterampilan ini mengunakan peralatan … karena itu dikategorikan keterampilan konkret.

Contoh 2

4.8 Mengelompokkan sistem kemagnetan berdasarkan prinsip rangkaian DC dan rangkaian AC

Mengelompokkan sistem kemagnetan berdasarkan prinsip rangkaian DC dan rangkaian AC termasuk pada gradasi menalar / mengasosiasi yaitu keterampilan abstrak. Keterampilan ini proses eksekusinya ada di dalam nalar kita, tidak tampak, tidak bisa dilihat, tidak juga menggunakan peralatan.

Contoh 3

4.11 Mengolah informasi tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde baru sampai dengan awal Reformasi, serta peranan mahasiswa dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

Mengolah informasi jelas menunjukkan bahwa keterampilan pada KD 4.11 di atas adalah keterampilan abstrak.

Sementara demikian dulu diskusi kita Keterampilan Konkret dan Keterampilan Abstrak … insyaAllah kita lengkapi lagi …

Sumber:

  1. Modul Bimtek Implementasi K2013 tahun 2018, Kemdikbud. 

Diterbitkan

dalam

,

oleh

Tags:

Comments

38 tanggapan untuk “Keterampilan Konkret – Keterampilan Abstrak”

  1. Avatar Wasti saldika
    Wasti saldika

    sangat bermanfaat, trimakash pak… ijin bertanya….saya pelajari kko keterampilan utk kko mengidentifikasikan masuk ke ketr konkret tingkat manipulasi…tapi mnurut sy mengidentifikasikan itu lbh tepat ketrampilan abstrak…jadi bgmana ini pak??

    1. Avatar Endarta

      ya saya pikir mengidentifikasi juga keterampilan abstrak … seharusnya kita menyatakan keterampilan konkret atau abstrak jangan dengan melihat … kata itu terdapat di daftar mana ( maksud saya dlm daftar KKO mana ) tetapi lebih melihat kata kerja itu dengan konteks kd nya … baru kita tentukan … konkret atau abstrak

      1. Avatar supianto
        supianto

        pak, mendemonstrasikan tindak tutur termasuk konkret atau abstrak, menurut saya abstrak pak karena tidak ada alatnya

      2. Avatar Endarta

        keberadaan alat bantu memang menjadi salah satu indikasi keterampilan yang dilatihkan itu konkret atau abstrak tapi kita juga harus kembali meninjau konten KD yang pak Supianto bicarakan ini tentang topik atau latihan apa … kalau yang dilatih memang otot nya seperti melatih suatu gerakan berdasarkan penuturan (kata yang diucapkan) maka menurut saya berarti keterampilan konkret … tapi kalau mendemonstrasikan proses menyimpulkan … ini yang dilatih otaknya jadi keterampilan abstrak …

  2. Avatar Mispiriadi
    Mispiriadi

    Mantap. Sangat berguna terutama bagi saya dan mungkin bagi teman-teman pemerhati pendidikan.

    1. Avatar Endarta

      inggih … terima kasih pak Mispiriadi …

  3. Avatar sumarna
    sumarna

    Assalamualaikum

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam pak Sumarna … terima kasih sudah mengunjungi …

  4. Avatar Heri AD
    Heri AD

    Salut the pioneer dalam membuat gradasi tingkat keahlian abstrak, selamat sampai jumpa.

    1. Avatar Endarta

      ya pak Heri … terima kasih sudah mampir …

  5. Avatar Bintarti
    Bintarti

    Ma kasih pencerahannya, mohon dikirim fielnya

    1. Avatar Endarta

      saya kirim di email bu Bintarti … semoga membantu

  6. Avatar Bintarti
    Bintarti

    trima kasih pencerahnnya, mohon fielnya dikirim

    1. Avatar Endarta

      saya kirim di email bu Bintarti … semoga membantu

      1. Avatar muhammad yoga
        muhammad yoga

        bisa minta filenya pak.
        kirim lewat email saya

      2. Avatar Endarta

        di cek emailnya mas Yoga

  7. Avatar sumarna
    sumarna

    wow keren

    1. Avatar Endarta

      terima kasih kunjungan dan apresiasinya pak Sumarna …

  8. Avatar Does Ichnatun Dwi S
    Does Ichnatun Dwi S

    Terima kasih ulasannya, Bapak.
    Apakah judul asli buku Dyers tentang keterampilan abstrak? Saya tidak menjumpainya dalam modul bimtek

    1. Avatar Endarta

      Ibu Does Ichnatun … saya tidak punya buku asli Dyer … keterampilan abstrak terkait Dyer saya temukan pada modul Analisis SKL KI KD jenjang SMK pada halaman 13-14. Jika berminat … juga bisa menggali informasi terkait keterampilan abstrak (istilah kita di K13) pada website https://hbr.org/2009/12/the-innovators-dna
      terima kasih sudah berkunjung …

  9. Avatar Hening Wijayanti
    Hening Wijayanti

    mantap pak, terima kasih pencerahannya. Saya masih penasaran dengan modul bimtek kurikulum 2013 yang terbaru. Kalau berkenan, mohon dikirim atau diupload filenya. Terima kasih

    1. Avatar Endarta

      terima kasih bu Hening Wijayanti … di akun simpkb kan ada lengkap !

  10. Avatar Nia Kurnia
    Nia Kurnia

    Sangat bermanfaat pak postingannya, dan saya masih harus banyak belajar, saya mau mohon pencerahannya pak kalau dalam KD keterampilan diawali dengan kata “melakukan” termasuk KKO tingkatan P berapa ya, mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya

    1. Avatar Endarta

      terima kasih mbak Nia Kurnia … melakukan menurut daftar yang saya punya termasuk P2 (manipulasi) ….

  11. Avatar Nurhayati
    Nurhayati

    Ass.Wr.Wb. Pak Endarta…trimakasih…jujur saya mendapat pencerahan lagi membaca uraian Bapak tentang Ketrampilan Konkret dan Ketrampilan Abstrak. Kalau boleh mohon dikirimkan uraian materi ketrampilan tersebut

    1. Avatar Endarta

      Wa alaikum salam wr wb. … alhamdulillah … semoga menginspirasi … terima kasih bu Nurhayati …

  12. Avatar Nailul Husni
    Nailul Husni

    Assalamualaikum pak, terimakasih atas tulisannya. Sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentang dimensi keterampilan. Kebetulan keterampilan konkret dan abstrak ini bagian dari tesis saya, jika bapak berkenan bisakah bapak kirimkan file ttg materi ini ke email saya pak?

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam … terima kasih pak Nailul … cek emailnya pak

  13. Avatar H. Ariani
    H. Ariani

    Terima kasih banyak Pa Endarta, sangat bermanfaat bagi saya dan kawan2 pengabdi pendidikan. Sealamat dan sukses, saya tunggu pencerahan lagi.

    1. Avatar Endarta

      terima kasih sudah mampir pak H. Ariani … hanya diskusian saja pak … semoga berguna

  14. Avatar Gita Riscky
    Gita Riscky

    Terimakasih bnyak pak, sangat bermanfaat..
    Tp sy ingin brtnya tntg KKO utk KD keterampilan abstrak pak, knp tidak ada ya pak?
    Sy sdh baca bbrp sumber, uraian KKO itu hanya utk keterampilan konkret dan keterampilan afektif sja pak, sedang kko keterampilan abstrak tidak ada uraiannya pak
    Mhon bantuan bpk utk penjelasannya ya pak
    Trmksh sblmnya pak

    1. Avatar Endarta
      Endarta

      iya mbak Gita … saya juga tidak menemukan KKO keterampilan abstrak. Kalau kita telaah … aktifitas keterampilan abstrak dominan pada melatih otak … jadi kurang lebih bersinggungan dengan KKO KD pengetahuan … karena itu beberapa kata kerjanya ada juga muncul di KKO taksonomi bloom. Nah untuk mengenali kata kerja yang relefan terlebih dahulu perlu memahami penjelasan / deskripsi setiap levelnya mulai dari mengamati sampai mencipta …

      1. Avatar Gita Riscky
        Gita Riscky

        Baik pak… Trmksh bnyak ya pak atas penjelsannya..

      2. Avatar Endarta
        Endarta

        ya trims kembali bu Gita … tetap sharing terus … sukses

  15. Avatar jamal asngari
    jamal asngari

    kalo di PJOK bagaimana ya pak…kok saya masih bingung

    1. Avatar Endarta

      misalnya :
      melatih siswa melakukan shooting pada sepakbola … itu yang dilatih dominan pada otot kaki siswa
      melatih strategi permainan itu lebih pada latihan keterampilan abstrak

  16. Avatar Ulil Azmi
    Ulil Azmi

    Terimakasih Pak Endarta, sangat membantu kita dalam pemahaman materi ini.

    1. Avatar Endarta

      Alhamdulillah … semoga tetap bersemangat

Tinggalkan Balasan ke Endarta Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.