Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

kompetensi inti kompetensi dasar silabus dan rpp smk 2017

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar (KI KD) Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK dokumen penting  SMK. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 sudah resmi dirilis (DOWNLOAD) sedangkan contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK hingga 24 Juli 2017 masih dikembangkan (?). Ketersediaan dokumen Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK wajib dan sangat mendesak mengingat tahun pelajaran baru sebentar lagi akan berjalan.

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017
kompetensi inti  kompetensi dasar silabus  rpp
kompetensi inti kompetensi dasar KI KD smk 2017
kompetensi inti kompetensi dasar KI KD smk 2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen NOMOR : 130/D/KEP/KR/2017 Tentang STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN akan segera ditetapkan menyusul keputusan tersebut. Karena itulah hingga posting ini ditulis begitu banyak pembaca blog yang telah menantikan dokumen-dokumen Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK Terbaru Revisi 2017.

 

 

silabus dan rpp smk k2013
Contoh menyusun silabus dan rpp smk k2013 revisi 2017 (KLIK di GBR di atas)

Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK

Kompetensi Inti (KI) menurut Permendikbud No. 24 Tahun 2016 yang dibedakan dalam 4 (empat) jenis kompetensi inti, sesungguhnya adalah kompetensi generik untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan SMK pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi Inti (KI) sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas:
a. Kompetensi Inti (KI) sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti (KI) sikap sosial;
c. Kompetensi Inti (KI) pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti (KI) keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar dan ruang lingkup materi yang bersifat spesifik untuk setiap mata pelajaran. Selain untuk pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Kompetensi Inti juga merupakan rujukan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Revisi Berdasarkan Permendikbud No. 24 2016 Kurikulum 2013 

Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK telah diperbaiki pada 7 Juni 2016 dengan penerbitan Permendikbud No. 24 tahun 2016. Perbaikan kompetensi inti ini terbit mempertimbangkan bahwa berdasarkan perkembangan dan kebutuhan pendidikan saat ini diperlukan perbaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang mengakomodasikan prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi Kurikulum 2013 yang telah diperbaiki ini seperti tercantum dalam Lampiran Permendikbud No. 24 Tahun 2016 terdiri atas kompetensi intikompetensi inti dan kompetensi dasar-kompetensi dasar mata pelajaran sebagai berikut:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Sejarah Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) untuk mata pelajaran kelompok C yang merupakan ciri khas SMK pada permendikbud No. 24 Tahun 2016 belum tercantum. Karena itulah Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) SMK Revisi 2017  di rilis revisi terbarunya.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Bahasa Indonesia Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Matematika Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah”.
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti KI SMK Terbaru Revisi 2017 berdasarkan Pedoman Penataan Ulang Spektrum Keahlian PMK (Edisi 2017) secara generik menggunakan format tertentu. Rumusan Kompetensi Inti SMK Terbaru Revisi 2017 menggunakan format-format seperti contoh berikut:

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________ _______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kelompok A dan B selain PA-BP dan PPKn untuk Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja ______ ___________________________(diisi Nama Mapel) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja _________ _________________ ___________________(diisi Nama Mapel).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kejuruan Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Audio Video
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Audio Video .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Komputer Jaringan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer Jaringan .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Bisnis Daring dan Pemasaran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran .

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Back to top

Kompetensi Dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016-2017

Kompetensi dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Pengertian kompetensi dasar ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016.

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016 yang saat ini (Juni 2017) masih berlaku dan digunakan adalah kompetensi dasar pada mata pelajaran kelompok A dan B, yaitu :

  1. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Matematika
  3. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
  7. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  8. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Seni Budaya
  9. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2017 yang dirilis (Juli 2017) khususnya adalah Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017 pada mata pelajaran kelompok C yaitu mata pelajaran kelompok kejuruan.

Download Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 Kurikulum 2013 atau sering di cari dengan kata kunci ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 sudah dirilis resmi oleh Direktorat PSMK. Seluruh ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 telah dapat di download di posting ini pada link-link di bawah.

DOWNLOAD KI KD (Kompetensi Inti –Kompetensi Dasar) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK FINAL

1. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

1.1 Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti

1.1.1 Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan
1.1.2 Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan
1.1.3 Bisnis Konstruksi dan Properti
1.1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

1.2 Program Keahlian Teknik Geomatika dan Geospasial

1.2.1 Teknik Geomatika
1.2.2 Informasi Geospasial

1.3 Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

1.3.1 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
1.3.2 Teknik Jaringan Tenaga Listrik
1.3.3 Teknik Instalasi Tenaga Listrik
1.3.4 Teknik Otomasi Industri
1.3.5 Teknik Pendinginan dan Tata Udara
1.3.6 Teknik Tenaga Listrik

1.4 Program Keahlian Teknik Mesin

1.4.1 Teknik Pemesinan
1.4.2 Teknik Pengelasan
1.4.3 Teknik Pengecoran Logam
1.4.4 Teknik Mekanik Industri
1.4.5 Teknik Perancangan dan Gambar Mesin
1.4.6 Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

1.5 Program Keahlian Teknologi Pesawat Udara

1.5.1 Airframe Power Plant
1.5.2 Aircraft Machining
1.5.3 Aircraft Sheet Metal Forming
1.5.4 Airframe Mechanic
1.5.5 Aircraft Electricity
1.5.6 Aviation Electronics
1.5.7 Electrical Avionics

1.6 Program Keahlian Teknik Grafika

1.6.1 Desain Grafika
1.6.2 Produksi Grafika

1.7 Program Keahlian Teknik Instrumentasi Industri

1.7.1 Teknik Instrumentasi Logam
1.7.2 Instrumentasi dan Otomatisasi Proses

1.8 Program Keahlian Teknik Industri

1.8.1 Teknik Pengendalian Produksi
1.8.2 Teknik Tata Kelola Logistik

1.9 Program Keahlian Teknologi Tekstil

1.9.1 Teknik Pemintalan Serat Buatan
1.9.2 Teknik Pembuatan Benang
1.9.3 Teknik Pembuatan Kain
1.9.4 Teknik Penyempurnaan Tekstil

1.10 Program Keahlian Teknik Kimia

1.10.1 Analisis Pengujian Laboratorium
1.10.2 Kimia Industri
1.10.3 Kimia Analisis
1.10.4 Kimia Tekstil

1.11 Program Keahlian Teknik Otomotif

1.11.1 Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
1.11.2 Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
1.11.3 Teknik Alat Berat
1.11.4 Teknik Bodi Otomotif
1.11.5 Teknik Ototronik
1.11.6 Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif
1.11.7 Otomotif Daya dan Konversi Energi

1.12 Program Keahlian Teknik Perkapalan

1.12.1 Konstruksi Kapal Baja
1.12.2 Konstruksi Kapal Non Baja
1.12.3 Teknik Pemesinan Kapal
1.12.4 Teknik Pengelasan Kapal
1.12.5 Teknik Kelistrikan Kapal
1.12.6 Desain dan Rancang Bangun Kapal
1.12.7 Interior Kapal

1.13 Program Keahlian Teknik Elektronika

1.13.1 Teknik Audio Video
1.13.2 Teknik Elektronika Industri
1.13.3 Teknik Mekatronika
1.13.4 Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
1.13.5 Instrumentasi Medik

2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan

2.1 Program Keahlian Teknik Perminyakan

2.1.1 Teknik Produksi Minyak dan Gas
2.1.2 Teknik Pemboran Minyak dan Gas
2.1.3 Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia

2.2 Program Keahlian Geologi Pertambangan

2.2.1 Geologi Pertambangan

2.3 Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan

2.3.1 Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin
2.3.2 Teknik Energi Biomassa

3. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

3.1 Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika

3.1.1 Rekayasa Perangkat Lunak
3.1.2 Teknik Komputer dan Jaringan
3.1.3 Multimedia
3.1.4 Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

3.2 Program Keahlian Teknik Telekomunikasi

3.2.1 Teknik Transmisi Telekomunikasi
3.2.2 Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

4.1 Program Keahlian Keperawatan

4.1.1 Asisten Keperawatan

4.2 Program Keahlian Kesehatan Gigi

4.2.1 Dental Asisten

4.3 Program Keahlian Teknologi Laboratorium Medik

4.3.1 Teknologi Laboratorium Medik

4.4 Program Keahlian Farmasi

4.4.1 Farmasi Klinis dan Komunitas
4.4.2 Farmasi Industri

4.5 Program Keahlian Pekerjaan Sosial

4.5.1 Social Care (Keperawatan Sosial)
4.5.2 Caregiver

5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi

5.1 Program Keahlian Agribisnis Tanaman

5.1.1 Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
5.1.2 Agribisnis Tanaman Perkebunan
5.1.3 Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman
5.1.4 Lanskap dan Pertamanan
5.1.5 Produksi dan Pengelolaan Perkebunan
5.1.6 Agribisnis Organik Ekologi

5.2 Program Keahlian Agribisnis Ternak

5.2.1 Agribisnis Ternak Ruminansia
5.2.2 Agribisnis Ternak Unggas
5.2.3 Industri Peternakan

5.3 Program Keahlian Kesehatan Hewan

5.3.1 Keperawatan Hewan
5.3.2 Kesehatan dan Reproduksi Hewan

5.4 Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

5.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
5.4.2 Pengawasan Mutu Hasil Pertanian
5.4.3 Agroindustri

5.5 Program Keahlian Teknik Pertanian

5.5.1 Alat Mesin Pertanian
5.5.2 Otomatisasi Pertanian

5.6 Program Keahlian Kehutanan

5.6.1 Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan
5.6.2 Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan
5.6.3 Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan
5.6.4 Teknologi Produksi Hasil Hutan

6. Bidang Keahlian Kemaritiman

6.1 Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan

6.1.1 Nautika Kapal Penangkap Ikan
6.1.2 Teknika Kapal Penangkap Ikan

6.2 Program Keahlian Pelayaran Kapal Niaga

6.2.1 Nautika Kapal Niaga
6.2.2 Teknika Kapal Niaga

6.3 Program Keahlian Perikanan

6.3.1 Agribisnis Perikanan Air Tawar
6.3.2 Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
6.3.3 Agribisnis Ikan Hias
6.3.4 Agribisnis Rumput Laut
6.3.5 Industri Perikanan Laut

6.4 Program Keahlian Pengolahan Hasil Perikanan

6.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan

7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

7.1 Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran

7.1.1 Bisnis Daring dan Pemasaran

7.2 Program Keahlian Manajemen Perkantoran

7.2.1 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

7.3 Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan

7.3.1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga
7.3.2 Perbankan dan Keuangan Mikro
7.3.3 Perbankan Syariah

8. Bidang Keahlian Pariwisata

8.1 Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata

8.1.1 Usaha Perjalanan Wisata
8.1.2 Perhotelan
8.1.3 Wisata Bahari dan Ekowisata

8.2 Program Keahlian Kuliner

8.2.1 Tata Boga

8.3 Program Keahlian Tata Kecantikan

8.3.1 Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
8.3.2 Spa dan Beauty Therapy

8.4 Program Keahlian Tata Busana

8.4.1 Tata Busana
8.4.2 Desain Fesyen

9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif

9.1 Program Keahlian Seni Rupa

9.1.1 Seni Lukis
9.1.2 Seni Patung
9.1.3 Desain Komunikasi Visual
9.1.4 Desain Interior dan Teknik Furnitur
9.1.5 Animasi

9.2 Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya

9.2.1 Kriya Kreatif Batik dan Tekstil
9.2.2 Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi
9.2.3 Kriya Kreatif Keramik
9.2.4 Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan
9.2.5 Kriya Kreatif Kayu dan Rotan

9.3 Program Keahlian Seni Musik

9.3.1 Seni Musik Klasik
9.3.2 Seni Musik Populer

9.4 Program Keahlian Seni Tari

9.4.1 Seni Tari
9.4.2 Penataan Tari

9.5 Program Keahlian Seni Karawitan

9.5.1 Seni Karawitan
9.5.2 Penataan Karawitan

9.6 Program Keahlian Seni Pedalangan

9.6.1 Seni Pedalangan

9.7 Program Keahlian Seni Teater

9.7.1 Pemeranan
9.7.2 Tata Artistik Teater

9.8 Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film

9.8.1 Produksi dan Siaran Program Radio
9.8.2 Produksi dan Siaran Program Televisi
9.8.3 Produksi Film dan Program Televisi

Back to top

Silabus SMK Terbaru Revisi 2017

Silabus adalah elemen dari sistem kurikulum. Silabus, menurut Permendikbud No. 60 tahun 2014 tentang Kurikulum SMK, merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

silabus
silabus

Pengertian Silabus

Silabus adalah bagian dari perencanaan pembelajaran pada suatu kelompok kompetensi atau mata pelajaran sebagai acuan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran. Silabus memuat rumusan kompetensi bidang keahlian masing-masing mata pelajaran yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus SMK merupakan acuan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap bahan kajian mata pelajaran di SMK. Walaupun hingga saat ini Direktorat Pembinaan SMK belum mengeluarkan silabus contoh kepada rekan pendidik di SMK, namun sesungguhnya Silabus SMK Terbaru Revisi 2017 dapat disusun sendiri oleh rekan-rekan pendidik SMK.

Prinsip-prinsip Pengembangan Silabus

  1. Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan pebelajaran yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

  1. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus masing-masing mata pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, spiritual peserta didik, dan level 2 dan 3 KKNI.

  1. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam pencapaian kompetensi inti sikap spiritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan ketrampilan (KI-4). (Lihat Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, Tabel 4, Tabel 5 di atas).

  1. Konsisten

Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

  1. Memadai

Cakupan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memadai untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar dan KI.

  1. Aktual dan kontekstual

Cakupan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi di dunia kerja.

  1. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

  1. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi dimensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif, afektif, dan psikomotor).

Langkah-langkah Pengembangan Silabus

Silabus seyogyanya dikembangkan mengikuti langkah-langkah pengembangan silabus seperti disajikan pada diagram alir berikut. Diagram Alir Pengembangan  Silabus Mata Pelajaran.

silabus smk 2017
pengembangan silabus
Silabus Hasil Pengembangan

Silabus hasil pengembangan yang diturunkan dari kompetensi dasar dapat dilihat di bawah ini. Contoh silabus ini menggunakan pasangan kompetensi dasar ‘virtual’ saja. Pertimbangan saya, agar silabus contoh pengembangan ini mudah dipahami oleh rekan-rekan sebab hampir semua kita memiliki ‘kompetensi dasar sepeda roda 2’. Uraian selengkapnya langkah pengembangan silabus contoh ini dapat di baca di menyusun silabus dan RPP SMK berdasar KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus SMK
Nama Sekolah SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
Kelas/Semester X / 1
Kompetensi Keahlian Nama Kommpetensi Keahlian
Mata Pelajaran Nama Mata Pelajaran
Durasi Pembelajaran 12 jam x 45 menit
Deskripsi KI
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Silabus
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pembalajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

3.1 memahami sepeda roda 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2

1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

 

 

 

 

4. mengoperasikan sepeda roda 2

Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2

 

Fungsi setiap bagian utama Sepeda Roda 2

 

 

Cara pengoperasian Sepeda Roda 2

 

 

 

 

Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2

Mengamati:

  • sepeda roda 2
  • gambar sepeda roda,
  • gbr bagian-bagian utama sepeda roda 2,
  • video pengoperasian sepeda roda 2

Menanya:

  • membaca buku sepeda roda 2,
  • diskusi terkait bagian-bagian utama, fungsi tiap bagian dan cara pengoperasian sepeda roda 2

Mengumpulkan informasi / mencoba / eksperimen:

  • membaca buku sepeda roda 2
  • mengakses informasi sepeda roda 2 di internet
  • mengakses video belajar sepeda roda 2 di Youtube
  • berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 secara bergiliran

Mengasosiasi / menalar :

  • mendiskusikan hasil mengamati, menanya dan mengumpulkan informasi sepeda roda 2
  • kesimpulan kelompok

Mengomunikasikan:

  • presentasi kelompok
  • tanya jawab dan klarifikasi
  • penguatan
  • mengunggah hasil diskusi ke media blog komunitas
Tes Tertulis

 

 

 

 

Tes Kinerja

 

12 jam

Buku Teks Sepeda Roda 2

Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2

http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html

Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo

https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda

 

Back to top

RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 merujuk kepada RPP di jenjang SMK  hasil Revisi Terbaru pada tahun 2017.  Hemat saya, RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tidak akan lepas dari panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017.  Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.

RPP
RPP

Konsep RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tetap merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti konsep sebelumnya yang merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilaksanakan di kelas teori, kelas praktik dan/atau dunia kerja. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seharusnya menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dan tidak kalah pentingnya juga perlu diingat bahwa RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Prinsip Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 harus juga memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

(a) Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik;

(b) partisipasi aktif peserta didik;

(c) berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian;

(d) pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan;

(e) pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi;

(f) penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar; (g) mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya;

(h) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi;

(i) pembelajaran mata pelajaran umum harus mendukung pencapaian kompetensi keahlian kejuruan.

Format dan Komponen RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 sesuai dengan Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru disusun dengan menggunakan format seperti tampak pada ilustrasi di bawah.

rpp smk terbaru revisi 2017
rpp smk terbaru revisi 2017

Komponen RPP yang seharusnya tercantum dalam RPP meliputi:

  • Bagian Identitas RPP

Identitas Sekolah

Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Tahun Pelajaran

Alokasi waktu

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Model dan Metode Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Media, Alat dan Sumber Belajar
  • Penilaian Pembelajaran
Rambu-rambu Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

No.

Komponen

Keterangan

1.

Identitas Sekolah

Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Tahun Pelajaran

Diisi nama satuan pendidikan.

Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat; mata pelajaran tersebut diajarkan

Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum

Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.

Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung

2.

Alokasi waktu Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.

3.

Kompetensi Inti

Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.

4.

Kompetensi Dasar

KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.

Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.

5.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD

Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2   Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:

  • Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
  • Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
  • Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
  • Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan

Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:

Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.

Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas

6.

Tujuan Pembelajaran Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:

  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
  • Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
  • Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.

7.

Materi Pembelajaran Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran

Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:

  • Pengertian komunikasi daring online
  • Simbol pada digital daring online
  • Jenis komunikasi daring online
  • Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
  • Cara melakukan komunikasi daring online

Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.

8.

Model dan Metode Pembelajaran

Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ).

9.

Kegiatan Pembelajaran

Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:

  • Kegiatan Pendahuluan

Pada kegiatan pendahuluan guru:

  1. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
  2. Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
  3. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
  4. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
  5. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
  • Kegiatan Inti

Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).

Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.

Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.

  • Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup meliputi antara lain:

  1. membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
  2. refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  3. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  4. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

11.

Media, Alat, dan Sumber Belajar

Diisi dengan:

  • Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
  • Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
  • Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.

Contoh:

KD

Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD ProjectorAlat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet
Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain

11

Penilaian (KD 3 dan KD 4)
  • Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).

Contoh:

KD

Teknik Penilaian

Instrumen

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
  • Tes Tertulis
  • Penugasan
  • Soal tes tertulis
  • Lembar tugas dan
  • Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
  • Tes praktik/ unjuk kerja
  •  Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
  • Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
Peniaian  Sikap Dibuatkan jurnal harian tentang kejadian istimewa yang dilakukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh: Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
No.

Nama

Uraian Kejadian Istimewa

Rencana Tindakan/Pembinaan

Langkah Pengembangan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 / RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 dikembangkan / dirancang dengan di dahului beberapa analisis-analisis. Analisis-analisis ini akan menghasilkan elemen-elemen yang digunakan di dalam RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seperti indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, proses pembelajaran, model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Jadi, sesungguhnya analisis-analisis yang dilakukan itu sebenarnya adalah menyiapkan isian-isian yang akan dimasukkan ke dalam format RPP sehingga tersusunlah RPP SMK Terbaru Revisi 2017 yang berciri RPP Keterampilan Abad 21 atau RPP Abad 21.

Analisis SKL KI KD RPP SMK Terbaru Revisi 2017

 

Analisis Materi Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017

 

Analisis Penerapan Model Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017

 

Analisis Penilaian Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017

 

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 RPP Keterampilan Abad 21

RPP SMK Terbaru Revisi 2017  atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan Analisis Penilaian Pembelajaran yang lakukan dengan cermat dan konsisten pada dasarnya telah mengimplementasikan dasar-dasar RPP yang bermutu tinggi. RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seperti ini bisa disebut RPP Keterampilan Abad 21 atau RPP Abad 21.

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 yang didesain dengan cermat dan konsisten dengan 4 (empat) macam analisis itu otomatis telah mengimplementasikan pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang dikenal 4C. Keterampilan Abad 21 tersebut ialah Critical Thinking, Creatif Thinking, Collaborating dan Communicating. Hal ini didukung dengan penerapan model pembelajaran yang menerapkan discovery learning, inquiry learning, problem based learning, problem solving learning, project based learning, production based training.

Back to top

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 bersama mentor ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2017
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

212 thoughts on “Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017”

      1. Assalamualaikum pak
        Pak Silabus Matematika untuk k13 revisi 2017/2018 apakah sudah ada, kalau sudah ada gimana cara downloadnya ya. . .
        Makasih

        1. wa alaikum salam bu Dian … setahu saya belum ada rilis Silabus contoh dari Direktorat PSMK … kalau sudah ada saya juga ingin cepat2 nge share buat rekan2 … semoga segera di rilis …

  1. Selamat pagi pak, draft silabus untuk kompetensi keahlian Teknik Mekanik Industri belum bisa didownload, sudah adakah filenya?

      1. Isi web tdk sama dengan kemarin. Saya cari cari link untuk mengunduh KI KD Teknik Elektronika Industri yang seperti kemarin yang berbentuk tabel tidak ada.
        Pada halaman diatas ada link untuk unduh KI KD Elektronika Industri, tapi link masih belum aktif.

  2. Selamat malam pak. Pak, mohon penjelasannya ya, …saya ikut Workshop K13 Revisi 2017, katanya yang dibuat duluan itu adalah RPP, setelah itu baru SILABUS. yang menjadi pertanyaan saya, apakah benar seperti itu atau bagaimana pak?
    mohon penjelasannya. kalau saya baca dari buku Workshop K13 Revisi 2017 seperti bapak jelaskan di blog ini.

    1. selamat pagii … pak Tadonny … kalau pada saat workshop memang betul RPP dulu … karena ini setting pelatihan atau workshop tersebut … maksudnya kejar tayang supaya rekan-rekan pendidik peserta workshop segera bisa berlatih merencanakan pembelajaran (membuat RPP) dan implementasi dalam pembelajaran peer teaching. Silabus lebih bersifat informasi kepada pihak yang memerlukan … kalau RPP harus kita bawa ke ruang kelas untuk pedoman pembelajaran … kira-kira begitu pak Tadonny … sukses pak !

      1. Okay pak, terimakasih informasinya.
        dan setelah saya baca-baca buku pelatihannya, saya bisa menyimpulkan sementara (kalau salah tolong di betulkan ya pak) : yaitu menurut saya SILABUS tidak perlu kita buat lagi, karena di bagian LK.2 yaitu Analisis Materi itu sudah termasuk bagian dalam silabus itu sendiri, tinggal kita tambahkan alokasi waktunya saja deh di bagian Analisis Materi tersebut.
        Oh iya pak, saya mau tanya lagi : Apakah LK1, LK2, sampai LK.6 itu bisa kita sebut sebagai Program Semester (PROMES)? atau bagaimana pak?

        1. pak Tadonny … SILABUS menurut saya bukan tidak perlu … tetap diperlukan untuk melengkapi KTSP K2013 di sekolah pak Donny … kalau direktorat belum memberi contoh silabus seperti tahun-tahun sebelumnya …DAN … kawan2 bapak belum bisa melakukan penyusunan silabus melalui analisis-analisis itu (belum dapat bimtek)… maka bapak sebaiknya melatih mereka … supaya bisa sama2 menyusun silabus untuk melengkapi KTSP K2013 sekolah bapak … kalau waktunya belum ada dan harus segera dipakai pembelajaran maka bisa lebih dahulu langsung bikin RPP nya. Ya … 4 macam analisis itu bisa digunakan untuk menganalisis konten silabus dan hasilnya di tulis dengan format penulisan silabus.
          Program semester lebih merujuk pada rencana garis besar untuk 1 (satu) semester … dan pengaturan bagaimana supaya semua KD bisa terlaksana seoptimal mungkin
          trims pak Donny …

    1. maaf pak Arief … saya tidak punya RPP jadi … kalau cara membuat rpp yg baik … Insya Allah bisa membantu … Kalau maksud pak Arief KI KD Bahasa Indonesia … rasanya tergabung di tiap program keahlian sudah lengkap termasuk Bahasa Indonesia … coba download salah satu

  3. Untuk K13 Revisi 2017 , KI KD untuk Teknik dan Bisnis Sepeda Motor tapi kok isinya Teknik Kendaran Ringan Otomotif,?

  4. Salam… pak untuk Panduan Penilaian SMK apa masih menggunakan Tahun 2015? karena isinya sesuai tapi spektrumnya tidak.. Apakah ada yang baru? Share ya pak….

    1. Wa alaikum salam … terima kasih bu Fitriani sudah sharing … ya Panduan Penilaian SMK tahun 2015 masih digunakan. Panduan Penilaian SMK 2015 ini merupakan suplemen Permendikbud No. 53 tentang Penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dan yang utama sebetulnya adalah metode atau cara dan proses penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan hendaknya menggunakan instrumen yang sesuai. Namun ada sedikit perubahan tampak pada contoh pengolahan nilai . Baik bu Fitri … nanti saya share di posting selanjutnya …

  5. Assalamua’alaikum, maaf Bapak Endarta, mau nanya, KD yang tercantum itu berarti untuk sampai 3 tahun (sampai kelas XII) nggih pak?
    untuk pemetaan mana KD yang kelas x, mana yang kelas XI dan mana yang kelas XII, tahunya darimana pak? mohon informasinya.
    matur suwun

    1. Wa alaikum salam bu Supriyanti … melihat formatnya .. kita dikasih ‘gelondongan’ .. saran saya .. prinsipnya … sesuai disribusi jam belajar di struktur kurikulum .. mungkin ada yg untuk 2 semester, 4 semester atau 6 semester. Alokasi waktu tiap KD disesuaikan agar semua KD mendapatkan alokasi waktu. Tingkat terendah dimulai dengan KD nomor urut 1 dst. Supaya seragam pada satu wilayah misalnya kab./kota dapat dilakukan bersama rekan MGMP. KD mana yg perlu waktu lebih banyak atau lebih sedikit … kita lebih tahu kayaknya … kira-kira begitu saran saya …

  6. Pak selamat oagi.. sy ingin menanyakan tentang oengembangan produk kreatif. Klu untuk akuntansi, pengembangan produk kreatif yg paling relevan itu apa pak? Bs sharingnya pak? Terima kasih pak.

    Trima kasih atas blognya pak!

    1. Terima kasih kembali bu Indri Puspita … mohon maaf saya tidak menguasai kompetensi akuntansi, jadi tidak begitu paham, tapi mengingat keterampilan akuntansi maka produk kreatif yang relefan mungkin seperti pengembangan aplikasi perusahaan yang memenuhi standar-standar di bidang akuntansi menggunakan aplikasi spreadsheet. Menurut ulun, aplikasi spreadsheet itu sangat banyak fungsinya (kan dipelajari khusus juga ya?) di program akuntansi… nah produk kreatifnya bisa berupa Aplikasi Sistem Akuntansi Usaha misalnya yang memenuhi standar-standar akuntansi .
      Mungkin bisa seperti itu bu Indri … maaf klo salah ya …

    1. Pak Toni … sampai saat ini seperti kita ketahui bersama … PSMK belum merilis contoh SILABUS semua mapel. Sebaiknya bapak mungkin bersama MGMP menyusun silabus bersama melalui kegiatan Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan Analisis Penilaian. Hasil-hasil analisis dituliskan dalam FORMAT SILABUS . Mudahan membantu …

    1. bu Tuti Herlinda … sampai saat ini setahu saya Direktorat PSMK belum merilis ‘Contoh Silabus’… mungkin maksudnya mendorong rekan guru untuk menyusun silabus masing-masing mapel … melalui kemampuan Analisis-analisis yang sudah dipelajari di setiap Bimtek Kurikulum 2013 …

    1. Selamat malam bu Rani … KI KD mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan sudah ada … tergabung di masing-masing program keahlian … DOWNLOAD salah satu yang sesuai dengan program keahlian di tempat bu Rani …

    1. selamat siang pak Hidayat … Farmasi Industri KI KD nya sudah ada pak di poin 4.4.2 … kalo silabus contoh dari PSMK memang belum ada semua …
      KI KD resmi bisa di download di sini selanjutnya lakukan langkah ini … (1) Analisis SKL KI KD , (2) Analisis Materi Pembelajaran, (3) Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan (4) Analisis Penilaian . Dengan langkah itu … Silabus dan RPP mapel sudah bisa disusun … demikian pak …

    1. selamat pagi pak Aris Budianto … setahu saya … silabus contoh belum dirilis … saran saya untuk melengkapi KTSP … silabus dibuat sendiri … KI KD resmi bisa di download di sini selanjutnya lakukan langkah ini … (1) Analisis SKL KI KD , (2) Analisis Materi Pembelajaran, (3) Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan (4) Analisis Penilaian . Dengan langkah itu … Silabus dan RPP mapel sudah bisa disusun … begitu pak … nanti kalau sudah ada yg contoh segera kita share …

  7. Asslamualaikum.. Pak, apakah sekarang sudah ada silabus revisi terbaru sesuai KI KD revisi terbaru untuk tiap mata pelajaran yg ada di paket keahlian perbankan syariah, seperti perbankan dasar, spreadsheet, administrasi umum, etika profesi, dll. Trmksh,

    1. salam pak Yanto … saya tidak punya … bagaimana kalau nyoba satu pasang KD … kirim ke email saya … bagian mana yang merasa ada kesulitan kalau berkenan ceritakan … insya Allah saya berusaha bantu …

      1. Pak…
        Mohon penjelasannya ya pak…. terkait dengan antara KD pengetahuan dan KD keterampilan tidak memiliki jumlah yang sama, misalnya satu KD pengetahuan berpasangan dengan lebih dari satu KD keterampilan, maka KD keterampilan yang mana ditampilkan pada deskripsi laporan hasil belajar? Apakah ditampilkan semua KD keterampilan atau hanya satu saja? … Trims pak….

        1. sebelum dilakukan revisi-revisi, sering kita temui KD pengetahuan tidak persis jumlahnya dengan KD keterampilan. Setelah revisi umumnya KD pengetahuan sudah seiring dengan KD keterampilan. Kalau masih ditemui KD keterampilan lebih banyak … masih bisa kita klasifikasikan … KD keterampilan berafiliasi dg KD pengetahuannya. Pada deskripsi sebaiknya KD Keterampilan yang sesuai ditampilkan semua dalam deskripsi.

  8. Pak untuk RPP grafika .mata pelajaran :
    1. Perwajahan
    2.foto reproduksi
    3. Dasar2 grafika
    4. Desain grafis
    5. Susun huruf

    Punya pak, contohnya. Karna rpp grafika susah di cari pak. Mohon pencerahannya pak.. Trims

    1. pak Ari … selamat pagi …
      saat ini saya tidak mengoleksi RPP … saya berusaha membantu menambah pemahaman rekan-rekan pendidik untuk membuat RPP sendiri karena setiap rombel mempunyai karakteristiknya sendiri
      saya bersedia sharing untuk menghasilkan RPP yang baik sesuai panduan yang sudah diberikan
      ok … semangat pak Ari

  9. Ya Bapak ENDARTA ADI ,Bapak punya kenalan dari jurusan teknik mesin ? kalau ada minta contoh RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin ,revisi yang terbaru pak,masalahnya saya masih baru jadi calon guru ,dan saya lagi PKM,(Praktek keterampilan mengajar)jadi saya di suruh guru pamong saya untuk membuat RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin…mohon bantuannya ya Bapak Endarta Adi .

  10. Ya Bapak Endarta Adi ,Saya masih calon guru dan saya lagi PKM( PRAKTEK KETERAMPILAN MENGAJAR) SELAMA 6 BULAN DI SMK N .jadi selama saya pkm ,saya di beri tugas dari pamong saya untuk memuat RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin,kalau bapak bersedia tolong bantu carikan RPP Dasar Perancangan Teknik Mesin,atau contohnya yang terbaru, maaf Bapak Endarta Adi punya kenalan guru yang ngajar di smk negeri teknik mesin(jurusan teknikpengelasan) ? kalau ada mohon bantu carikan ya Pak,saya sangat berharap bantuan pak Endarta Adi.

  11. Slmt mlm Pak… Barangkali punya referensi RPP Dasar Teknik Mesin untuk SMK Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan. Mohon infonya pak. Terimakasih

  12. selamat siang Pak…tolong kirimkan format penyusunan perangkat k13 ke emailku, nanti aku buat sendiri…. soalnya aku belum pernah ikut pelatihan penyusunan k13…soalnya penggunaan internet dibatasi dengan waktu……………..dari Papua

    1. Bp / Ibu Esau terima kasih sudah sempat berkunjung nanti saya ringkaskan … sementara saya sudah posting format analisis K13 sampai jadi Silabus dan RPP di sini … menyusun-silabus-dan-rpp-smk-berdasar-ki-kd-smk-kurikulum-2013-revisi-2017 … coba di periksa dulu … trims

  13. Bapak Endarta, mohon maaf untuk silabus dan rpp kimia klas x k13 revisi apa sudah ada ya?klo belum apa bisa minta tolong dicarikan ? Makasih sebelumnya….

  14. Terimakasih banyak pak sebagai calon pendidik saya sangat terbantu dengan konten web ini. mohon ijin saya untuk mengunduh materi ini.

    1. mbak Hena Ferlina … syukurlah bisa menemukan manfaat blog sederhana ini … walaupun mungkin sedikit ya … kalau boleh saya titip pesan … mbak Hena bersemangat untuk ‘learning by doing‘ … insya Allah … sukses!!

    1. Pak Panji … menurut Permendikbud No. 61 thn. 2014 tentang KTSP pada Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan :
      Komponen KTSP meliputi 3 dokumen.
      Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan. Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan,
      Dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.
      Penyusunan Buku I KTSP menjadi tanggung jawab kepala sekolah/madrasah, sedangkan penyusunan Buku III KTSP menjadi tanggung jawab masing-masing tenaga pendidik.
      Buku II KTSP sudah disusun oleh Pemerintah … yang terakhir ini dulu … tahun ini sepertinya Silabus juga harus disusun oleh masing-masing sekolah …

      begitu pak Panji …

        1. iya bu Fitri … silabus yang membuat masing-masing satuan pendidikan … PSMK … hanya memberi contoh saja … makanya rekan-rekan guru secara serius dilatih melalui Bimtek Implementasi K13 … melakukan analisis-analisis kita bisa membuat silabus yang sesuai dengan peralatan dan sumber belajar yang kita punya …

  15. Selamat malam pak
    saya mau tanya
    yang benar dalam pembuatan RPP itu setelah alokasi waktu itu Tujuan apa KI KD ya
    soalnya saat IHT pemateri bilang tujuan pembelajaran kalau yang K13 Rev 2017

  16. Selamat Siang pak!
    Saya baru pertama kali menyusun RPP, mohon bantuan bapak untuk bisa mengkoreksinya.
    Filenya bisa dikirim kemana ya pak? Terimakasih

  17. Ass. Wr. Wb.
    Selamat Siang P’ Endarta,
    Saya mau bertanya mengenai RPP dan Silabus Teknik Alata Berat, apakah ada contohnya?
    Pada BIMTEK K-13 Revisi 2017 pada buku panduanBIMTEK tsb pada penyusunan silabus format kolom-kolomnya cuma ada KD, IPK, Tujuan Pembelajaran , dan materi pembelajaran. Akan tetapi pada Silabus yang Bapak share tampilkan diatas kok ada kolom Penilaian, Alokasi Waktu , dan sumber belajar. Yang mana yang harus di-ikuti Pak?
    Selanjutnya, pada buku panduan BIMTEK juga terdapat Tabel.2 dimana Materi yang kita ajarkan harus “bersinggungan” dengan MULOK. Terus terang saya bingung Pak, karena Saya mengajar MAPEL Kelistrikan Alat Berat, sedangkan MULOK tempat saya adalah KERJA BANGKU “WORK BENCH”, dimana ada singungannya yha???
    Atas pencerahannya Saya ucapkan Banyak terima kasih

    Salam

    Gupito BY

    1. Wa alaikum salam wr wb
      Selamat malam pak Gupito … terima kasih sudah berkunjung
      – Contoh RPP Teknik Alat Berat saya tidak punya contohnya
      – Saya tidak tahu yang mana yang bapak maksud …… buku panduanBIMTEK
      – Format yang saya upload … saya kutip dari … modul Pedoman Penyusunan KTSP 310317 … dalam folder pHsl Pedoman Kur 13 SMK …. yang saya dapat dalam Bimtek Penyegaran Instruktur K. 2013 tingkat Nasional tahun 2017 bulan April 2017 yg lalu yang dilaksanakan di PPPPTK Penjas BK Parung Bogor. Coba di periksa . Dokumen ini yang saya gunakan sebagai rujukan. Sebagai Instruktur di propinsi … file ini yang kami sebarkan sesuai panduan dari bimtek tersebut.

      – Materi kita kalau memang tidak ada bersinggungan dengan Mulok ya tidak harus dipaksakan, tetapi jika ada sebaiknya diintegrasikan juga.
      Demikian pak Gupito sharing dari saya … mudahan bermanfaat.

    1. Pak Halim Harahap … terima kasih sudah berkunjung di blog saya …
      Untuk alamat link … maksudnya untuk mendownload yang mana ya ? kalau KI KD … link downloadnya ada di postingan ini juga … di bagian tengah …
      Kalau silabus dan rpp … saya tdk / belum punya … kita harus membuat … CARA MEMBUATNYA ada pada postingan Menyusun Silabus dan RPP

  18. Asslamu’alaikum Wr. Wb.
    KD untuk mapel Matematika apa tidak dibedakan seperti KTSP 2006 ada 3 kelompok (TKP, AKP dan PSP) tapi K13 revisi ini banyak KD nya sama untuk semua kelompok paket keahlian, mohon penjelasannya pak, trima kasih….

    1. Wa alaikum salam Wr. Wb.
      Dalam bimtek penyegaran maupun beberapa event tidak disebutkan adanya pembedaan … pada KD Matematika, bahkan pada halaman KI nya (bagian identitas) jelas dituliskan … berlaku bagi …. Seluruh Bidang Keahlian …

      Terima kasih sharingnya pak/bu Fitriani …

          1. Terima kasih kembali pak…. salam kenal juga …. pak saya boleh minta email bpk atau WA krn klu di blog ini sering ada kendala klu ada yg mau ditanyakan terkait k13…. trims pak…

  19. Malam pak saya mau nanya. Kalo silabus tidak sesuai dengan buku bahan ajar kita itu bagaimana ya pak?
    Saya bku pegangan guru sudah pakai edisi revisi 2017, sedangkan kalo dicari di internet silabus tdk cocok dgn bku pegangan pak. Itu bagaimana ya pak?

    1. bu Anjel … menurut pemahaman saya dalam bimtek implementasi Kurikulum … pembelajaran kita adalah berbasis pasangan Kompetensi Dasar BUKAN berbasis buku teks. Jadi materi yang menjadi bahan pelajaran … di analisis dan diturunkan dari Kompetensi Dasar … buku guru sebagai petunjuk bagaimana CARA membelajarkan siswa … demikian bu Anjel …

  20. Assalamualaikum Wr.Wb
    Salam kenal Pak Endarta Adi. Saya Moch Aditya mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan Universitas Negeri Jakarta.
    Tulisan Pak Endarta Adi di atas sangat bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar saya untuk memahami RPP 2013. Untuk bapak ketahui, bahwa di Ibukota Jakarta pun guru-guru SMK masih banyak belum memahami apa itu RPP 2013 dan pelaksanaannya. Semoga tulisan-tulisan yang bapak buat membuat saya, kami mahasiswa (calon guru) dan para guru termotivasi untuk terus belajar.
    Terima Kasih

    1. Wa alaikum salam Wr. Wb.
      Salam kenal kembali mas Moch Aditya … terima kasih banyak sudah mengunjungi blog sederhana ini. Apalagi sambil mengungkapkan/memberikan apresiasi demikian yang sejujurnya jauh dari dugaan saya. Saya sangat gembira ternyata tulisan-tulisan yang juga jauh dari kata baik … tapi sudah memberi manfaat khususnya mas Aditya. Semoga saja ada rekan lain (mudahan banyak) yang terbantu dengan sedikit posting di atas.
      Jangan lupa sharing buat saya juga ya … mungkin dari sudut pandang yang lain … Selamat belajar semoga sukses …
      Wassalam Wr.Wb.

        1. ooo jadi maksud pertanyaan bu Nur … format penilaian untuk Otomatisasi dan tata kelola perkantoran … kalau format umum dapat dipelajari dari Panduan Penilaian SMK 2017 , saya belum pernah membuatkan yang khusus untuk Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran … apa bu Nur pernah melihat Aplikasi Penilaian yang saya buat untuk program keahlian lain?

  21. BAPAK SAYA MINTA FORMAT RPP YANG BARU ITU BISA YA PAK, ke email saya, saya kesulitan bikin rpp untuk kejuruan kimia industri

  22. Assalamualaikum pak, pak mau tny utk buku peminatan utk jurusan jasa perhotelan dan pariwisata apa sdh tersedia pak?
    Mksh pak sblm-a

  23. Assalamualaikum pak
    pak maaf boleh minta silabus, KI dan KD untuk mapel bahasa indonesia kelas X dan XI?
    kenapa ngga bisa di download ya…

    1. Wa alaikum salam Wr.Wb. …
      Bu Zaitun Nuhri Khasani … Silabus sejauh ini memang tidak dibuatkan PSMK … saya tdk/belum punya …
      Kalai KI KD Bahasa Indonesia … itu ada di setiap Program Keahlian … Filenya sudah bisa di download di bagian tengah postingan ini …

  24. Maaf, Pak Saya sebelumnya adalah Praktisi Teknik mesin, Saya baru di dunia pendidikan dan belum genap satu tahun, Saya masih bingung tentang pembuatan dokumen dan lata pembelajaran. Saya mengajar Teknologi dasara Otomotif. Apakah Bapak bisa memberikan contoh satu Ki Kd lengkap , untuk pembelajaran Saya selanjutnya. saya lebih cepat memahami dengan melihat yang sudah jadi , kemudian Saya membuat untuk ki kd yang selanjutnya. Terima kasih Pak.

    1. Pak Teguh Priyono … saya bisa memahami situasinya … namun saya juga melihat semangat pak Teguh untuk bisa … ada beberapa pengetahuan yang diperlukan untuk bisa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang operasional dan profesional untuk mengantarkan siswa mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang diharapkan.
      Kita memulainya dengan melakukan Analisis SKL KI KD … Coba sampian baca di posting saya … Analisis SKL KI KD … Coba dianalisis sepasang KD mapel pak Teguh … kalau sudah bisa berarti dasar-dasar pedagogis nya cukup … kalau ada yang belum paham … berarti dasar-dasar pedagogik kita perlu ditambah dulu … bisa kita diskusikan … atau dibaca di posting saya lainnya …

  25. Assalamu alaikum Pak… pak apa benar dalam pembuatan silabus hanya terdapat 3 kolom saja yaitu kolom KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. mohon penjelasan. makasih…

    1. wa alaikum salam bu Indrayani … sepanjang bimtek K2013 yang saya ikuti … saya tidak pernah mendapat informasi seperti itu … Kalau dalam modul 2 Pedoman Penyusunan KTSP 310317 yang saya terima dalam Bimtek Penyegaran Instruktur K2013 bulan April 2017 … kolomnya seperti saya contohkan pada posting saya … Silabus SMK 2017 … Disitu juga ada contoh Silabus yang sudah diverifikasi DITPSMK … keduanya bukan yang terdiri atas 3 kolom seperti yang bu Indra tanyakan …

      1. terimakasi atas penjelasannya pak… sy juga cuman mendengar informasi dari teman saya… sekarang saya lagi mencoba membuat silabus mengikuti contoh yang bapak posting.. ditunggu postingan terbarunya pak…

  26. siang pak…saya guru prakarya dan kewirausahaan dan sudah sertifikasi, apakah mapel produk kreatif dan kewirausahaan masih relevan dengan prakarya dan kewirausahaan ?

    1. maaf bu Halimah … jawaban saya tertunda ini …
      yang saya tahu masih relefan … tetapi … pengembangan kewirausahaan siswa selanjutnya adalah berbasis jurusan atau program keahlian yang sudah dipelajarinya
      Karena itu … menurut saya rekan-rekan guru PKWU … harus mau mempelajari … produk-produk barang dan jasa apa yang bisa dikembangkan sebagai komoditas kewirausahaan siswa … misalnya … siswa jurusan TITL … dimotivasi menjual jasa instalasi tenaga listrik nya … ya sesuai jurusannya itu …

  27. assalamualaikum pak Endarta Adi, bagaimana kalau SILABUS untuk SMK mata pelajaran KOMUNIKASI INDUSTRI PARWSATA dengan PENGELOLAAN MICE..
    saya agak kebingungan membuatnya, mohon bantuannya..

  28. assalammualaikum, selamat malam pa…apakah silabus dan Rpp seni budaya K 13 revisi ada pa,,bolehkah saya unduh,,hatturnuhun sebelumnya

    1. wa alaikum salam …
      Pak Yan Hudayana … maaf saya tidak memiliki silabus dan rpp … saya sebatas menguraikan pengetahuandan keterampilan merancang rpp sesuai panduan implementasi kurikulum 2013 …
      terima kasih kunjungannya

  29. selamat siang pak Endarta, mhn info terkait dengan silabus dan rpp dalam mengatur kompetensi dasar dstnya terkait dengan bidang keahlian kemaritiman dan agribisnis kelautan dan perikanan seperti nautika kapal penangkap ikan, teknika, agribisnis air tawar, payau dan laut, pengolahan hasil perikanan dari timk mana yang telah menyusunnya dan apakah standar silabus dan kurikulum sudah mengakomodir kebutuhan DU/DI kelautan dan perikanan pada umumnya, atau yang dibuat masih bersifat turunan dari silabus-silabus sebelumnya, dan apakah sdh ada keterlibatan DU/DI dalam pengembangan silabus kurukulum 13, mohon info dan diskusinya pak, thks.

    1. Selamat malam pak Million … saya coba ringkas sbb:
      1. Silabus dan RPP adalah bagian dari KTSP K2013 (disebut Dokumen 2 dan Dokumen 3) dan menjadi tugas/hak/kewajiban setiap satuan pendidikan (SMK) untuk menyusunnya/mengembangkannya berdasar pada KI KD yang ditetapkan Dirjen Dikdasmen
      Ketajaman, kelengkapan dan akurasi konten / materi maupun kesesuaian dengan DUDI ditentukan oleh kemampuan Tim Pengembang Kurikulum yang diberi tugas menyusun dokumen 2 dan dokumen 3 ini. Karena itu seharusnya Tim Pengembang Kurikulum ini sudah menguasai teknik-teknik analisis dalam rangka pengembangan silabus dan RPP. Teknik-teknik analisis ini dilatihkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum 2013 (secara singkat saya tulis dalam posting ini dan beberapa posting terkait lainnya).
      2. Saya tidak mempunyai catatan SMK atau Tim mana yang sudah melaksanakan penyusunan/pengembangan silabus dan RPP pada bidang ini.
      3. Silabus dan RPP tidak disarankan ‘hanya’ meniru yang pernah ada karena pendekatan belajar yang berbeda dengan sebelumnya…. di sini pentingnya kompetensi Tim Pengembang Kurikulum dan secara umum guru-guru yg mengampu mata pelajaran.

      Demikian pak Million … semoga membantu …

  30. struktur kurikulum bongkar pasang dan revisi tak henti-hentinya karena arah tujuan indonesia yang dicapai pada jangka pendek, menengah dan jangka panjang tak menentu karena selalu berpedoman yang dilakukan oleh negara lain yang belum tentu sesuai dengan karakter bangsa sendiri. Jabarkan dulu apa yang akan dicapai Indonesia 10, 25 tahun kedepan baru merumuskan struktur kurikulum dan lebih pokok lagi struktur kurikul selesai silabus tidak perna dibuat sampai kurikulum lagi direvisi

    1. maaf pak Bakri …
      – Struktur kurikulum sudah tetap … menggunakan Struktur Kurikulum 2013 Revisi thn 2017 SK Dirjen No. 130 tahun 2017
      – KI KD juga sudah ditetapkan …… menggunakan KI KD SMK sesuai SK Dirjen no. 330 tahun 2017
      – KTSP disusun oleh masing-masing sekolah mengacu
      – Silabus (bagian dari KTSP sbg Dokumen 2) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013)
      – RPP (bagian dari KTSP sbg Dokumen 3) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013)
      Demikian pak … terima kasih sudah sharing dengan kami …

  31. Minta tolong pak kalau bisa dikirimkan di email saya struktur Kurikulum K13 Revisi 2017 dan KI/KD sesuai Permen Dikbud 330. Terima kasih sebelumnya pak atas bantuannya !

    1. pak Rajamuddin … Struktur Kurikulum 2017 sudah saya kirim ke email … untuk KI KD saya beri contoh satu program keahlian yang di dalamnya sudah lengkap KI KD semua mata pelajaran … untuk program keahlian yg lain silahkan di download sesuai keperluan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *