Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabus dan rpp smk

Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP K13 Rev. 2017 adalah RPP Pembelajaran Keterampilan Abad 21. Karena itu, RPP bukan sekedar administrasi guru tetapi pedoman pelaksanaan pembelajaran. Ya … kini RPP adalah pedoman operasional guru pada saat melaksanakan pembelajaran K13 Revisi 2017. Sayangnya banyak dari kita masih berpikir dan bertindak dengan paradigma lama dan memperlakukan RPP tidak semestinya sehingga hal-hal berikut sering terjadi:

  • RPP hanyalah sekedar pelengkap administrasi guru, hanya berguna saat ditanya kepala sekolah atau pengawas sekolah, … ada RPP? … Ada!
  • RPP hanyalah sekedar pelengkap dokumen sekolah, hanya berguna saat ditanya asesor akreditasi sekolah, … ada RPP? … Ada!
  • Saya mengajar tidak pakai RPP juga bisa! Kenapa harus ribet-ribet bikin RPP?

RPP & Silabus

RPP
RPP

silabus
SILABUS

Bagaimanapun, admin masih percaya yang berpendirian seperti di atas hanya beberapa saja. Sebagian besar yang lain masih sependapat dengan saya bahwa RPP itu rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman melaksanakan pembelajaran. Dan mungkin masih penasaran … RPP K13 atau RPP K2013 Revisi 2017 itu seperti apa? Bagaimana ciri-ciri RPP K13 yang benar atau ideal …?

Menyusun Silabus dan RPP SMK kewajiban guru. Menyusun Silabus dan RPP SMK salah satu tugas utama merencanakan pembelajaran. Menyusun Silabus dan RPP SMK banyak ditanyakan rekan pendidik dari berbagai mata pelajaran. Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seharusnya di susun berdasarkan Spektrum Keahlian SMK 2016, Struktur Kurikulum SMK 2017 dan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017 yang telah diputuskan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

menyusun silabus dan rpp
menyusun silabus dan rpp
silabus dan rpp smk n5 2
Workshop menyusun silabus dan rpp di smk n5

Untuk menyusun Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini seharusnya pendidik menerapkan analisis SKL KI KD, analisis materi pembelajaran, analisis penerapan model pembelajaran dan perancahan pemaduan sintak model pembelajaran dengan tahapan pendekatan saintifik 5 M. Dengan ke 4 jenis analisis tersebut, sebagian besar unsur-unsur atau komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP telah teridentifikasi.

Di samping itu, menyusun Silabus dan RPP SMK dengan cermat ikut menginisiasi Pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang telah diadopsi dalam Standar Kompetensi Lulusan SMK dan menjadi rujukan pengembangan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar SMK. Rekan-rekan pendidik, menurut saya, harusnya juga mengimplementasikannya dalam silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017. Bahkan, bagi yang masih berbasis KTSP Kurikulum 2006 pun seharusnya memperbaiki silabus dan rpp dan proses pembelajarannya agar para siswa tetap mendapatkan Pembelajaran Keterampilan Abad 21.

Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seharusnya telah mencirikan pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang banyak dikenal dengan 4C yaitu Critical ThinkingCreative Thinking, Collaborating dan Communicating yang per

silabus rpp smk
silabus rpp smk

lu didukung pengembangan Literacy dan Life Skill. Kita tentu tidak ingin siswa atau peserta didik kita tersisih dari persaingan pada jamannya gara-gara silabus dan rpp smk persiapan pembelajaran kita yang belum di revisi. Oleh karena itu marilah kita Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang mendukung pengembangan Keterampilan Abad 21.

 

Dokumen dan Pengetahuan Dasar Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Menyusun silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 memerlukan dokumen dan pengetahuan dasar kurikulum. Dokumen-dokumen yang diperlukan pada kegiatan menyusun silabus dan rpp smk antara lain :

  • Struktur Kurikulum SMK Tahun 2017, bagi rekan-rekan yang belum memiliki silahkan mengunduh dulu di sini >> Struktur Kurikulum SMK Tahun 2017
  • Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) SMK Tahun 2017, silahkan mengunduh di sini >> Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD SMK 2017
  • Modul-modul Bimbingan Teknik Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang berisi pengetahuan dasar untuk implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • Daftar Kata Kerja Operasional (KKO)

Beberapa pengetahuan dasar yang mendukung kegiatan Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 pernah atau sudah kita diskusikan dan dapat rekan-rekan temukan di blog ini, antara lain :

Langkah-langkah Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 diawali dengan melakukan kegiatan analisis-analisis untuk mendapatkan elemen-elemen silabus dan RPP SMK yang akurat. Analisis dan kajian untuk menyusun silabus dan RPP SMK adalah seperti terurai di bawah ini.

  1. Analisis SKL KI KD Silabus dan RPP SMK
  2. Analisis Materi Pembelajaran Silabus dan RPP SMK
  3. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Silabus dan RPP SMK
  4. Analisis Penilaian Hasil Belajar SMK

Setelah melakukan 4 (empat) macam analisis tersebut pada dasarnya, semua elemen yang diperlukan untuk menyusun silabus dan rpp SMK sudah kita miliki. Langkah selanjutnya adalah mengisikan elemen-elemen silabus dan RPP hasil analisis ke dalam format-format silabus dan RPP SMK.

Analisis SKL KI KD untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 di awali dengan Analisis SKL KI KD. Mengapa ini harus kita lakukan? Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP SMK yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan SMK maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP SMK terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.

Contoh Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMK

Contoh Analisis SKL KI KD dalam posting ini admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
(PENGETAHUAN)
(KETERAMPILAN)
1 2 3
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Grafikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Grafika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan pada Kompetensi Keahlian Desain Grafika (3 Tahun)

 

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
(KD-3)
(KD-4)
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran  ·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1 2 3 4 5 6 7
3.1      Memahami pola tata letak. 4.1      Memilih pola tata letak. Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami(C2), dan pola tata letak …adalah bentuk dimensi pengetahuan Konseptual Memahami (C2), SESUAI dipasangkan dengan pola … (pengetahuan konseptual) Memilih adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) KD-3 Memahami (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 memilih (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan, tetapi dire komendasikan KD-3 dinaikkan menjadi menerapkan (C3) KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaranDasar-Dasar Kegrafikaan sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan  metakognitif.
Cara Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMK
  • Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisis KD 3)

Pada KD contoh di atas berbunyi … Memahami pola tata letakMemahami merupakan tingkat kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa yang menunjukkan tingkat dimensi kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Sedangkan … pola tata letak … merujuk kepada … macam-macam bentuk tata letak yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain tetapi sama-sama dapat digolongkan sebagai pengaturan tata letak. Pengetahuan seperti ini disebut bentuk pengetahuan konseptual.

  • Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar

Setelah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan kita temukan, selanjutnya diperiksa apakah  tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan tersebut SESUAI dipasangkan ? Atas dasar apakah kita menyatakan sesuai atau tidak sesuai ? Lihat pada gambar di bawah ini ….

Berdasarkan skema di atas …. Memahami atau level C2 sesuai jika dipasangkan dengan bentuk pengetahuan konseptual … jadi pada KD contoh di atas … Memahami pola tata letakSUDAH SESUAI.

  • Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisis KD 4)

Pada KD 4 contoh di atas berbunyi … Memilih pola tata letakMemilih (pola tata letak) adalah keterampilan kongkrit. Karena keterampilan kongkrit selanjutnya periksa dalam taksonomi Simpson dan Dave dan lihat … levelnya adalah P2 (manipulasi).  Disimpulkan, memilih adalah keterampilan kongkrit level P2 (manipulasi) . Rekan-rekan perlu melihat kata kerja operasional (KKO) pada taksonomi Simpson atau Dave ini untuk memastikan … memilih … itu pada level apa?

analisis skl ki kd 4
analisis skl ki kd 4
  • Menentukan KESETARAAN taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan  dan rekomendasi nya

Langkah analisis SKL KI KD selanjutnya adalah menentukan kesetaraan KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan. Seharusnya KD Pengetahuan TIDAK BOLEH lebih rendah dari KD Keterampilan. Mengapa demikian? Logikanya … untuk melakukan suatu keterampilan diperlukan pengetahuan-pengetahuan sebagai dasar dan pedoman kerja melakukan suatu keterampilan. Logis kan?

Sekarang, bagaimana kita memutuskan KD3 sudah SETARA dengan KD4 ?

Berdasarkan taksonomi Bloom olahan Anderson, taksonomi terklasifikasi menjadi 6 level dari C1 s.d. C6 dan jenjang SMA-SMK sekurang-kurangnya dimulai dari C2 (memahami). Taksonomi keterampilan memiliki 5 level mulai dari P1 s.d. P5 baik taksonomi Simpson maupun taksonomi Dave. Perhatikan ilustrasi berikut :

PENGETAHUAN
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN ABSTRAK
TAKSONOMI BLOOM OLAHAN ANDERSON
TAKSONOMI DAVE
TAKSONOMI SIMPSON
TAKSONOMI DYERS
Mengkreasi
C6
Naturalisasi
P5
Menjadi tindakan orisinal Mencipta
Mengevaluasi
C5
Artikulasi
P4
Menjadi gerakan alami Mengomunikasikan
Menganalisis
C4
Presisi
P3
Mahir Mengasosiasi
Menerapkan
C3
Manipulasi
P2
Membiasakan gerakan Mengumpulkan informasi
Memahami
C2
Imitasi
P1
Persiapan, Kesiapan, Meniru Menanya
Mengingat
C1
Mengamati

KD 3 Memahami (C2) setara dengan level keterampilan Imitasi (meniru) P1 … sedangkan … KD 4 Memilih … pada level … manipulasi P2 … oleh karena itu KD 3 DIREKOMENDASIKAN dinaikkan satu tingkat pada tingkat Menerapkan (C3). Ditingkatkan pada Indikator Pencapaian Kompetensi IPK, jadi biarkan bunyi KD 3 nya tetap.

Dengan langkah analisis SKL KI KD seperti tampak di atas, kita dapatkan Kompetensi Dasar KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan dan KD Keterampilan cocok berpasangan. Seiring dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi atau C6 mengkreasi. Bentuk-bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural maupun meta kognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak. Pada tahap ini pula bisa kita bayangkan perolehan hasil belajar apakah pada Low Order Thinking Skills (LOTS) ataukah sudah berada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus memperhatikan hal-hal penting di atas.

Analisis Materi Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Langkah lanjutan Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah melakukan Analisis Materi Pembelajaran. Kegiatan Analisis Materi Pembelajaran adalah penjabaran Kompetensi Dasar lebih lanjut yaitu penyusunan indikator pencapaian kompetensi, pengembangan tujuan pembelajaran dan penentuan materi pembelajaran.

Pada Analisis Materi Pembelajaran kali ini kita harus menggunakan sepasang KD yaitu KD Pengetahuan dan KD Keterampilan (bagi rekan guru PKn dan PABP ke empat unsur Kompetensi Dasar). Dalam konteks belajar Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 akan tidak menguntungkan jika saya gunakan pasangan KD kejuruan saya yaitu, Teknik Elektronika. Rekan-rekan dari mata pelajaran yang lain akan kurang maksimal menyerap inti posting saya yaitu cara menyusun Silabus dan RPP SMK.

OK, saya yakin, hampir semua kita memiliki kompetensi pengetahuan tentang sepeda roda 2 dan kompetensi keterampilan mengoperasikan sepeda roda 2. Agar pembaca yang berasal dari berbagai disiplin ilmu dapat mengikuti dan menyerap pembelajaran pada posting Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 maka saya sengaja gunakan pasangan kompetensi dasar buatan saya yaitu KD 3.1 Memahami sepeda roda 2 dan KD 4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2. Setuju ya … yang penting cara Menyusun Silabus dan RPP SMK dapat sampai dengan optimal. Tujuan akhir saya adalah rekan-rekan khususnya yang belum mengikuti langsung workshop Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 dapat menguasai cara menyusun silabus dan RPP SMK Abad 21.

KI Program Pendidikan 3 Tahun
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran Materi Pembelajaran
3.1 Memahami sepeda roda 2 menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2
menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2 Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri

Sepeda Roda 2
menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri

Cara mengoperasikan sepeda roda 2
4.    Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar IPK Tujuan Pembelajaran Materi Pembelajaran
4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 mengoperasikan sepeda roda 2 Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri
Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri

 

Demikianlah format dan hasil Analisis Materi Pembelajaran untuk cara menyusun Silabus dan RPP SMK.

Analisis Penerapan Model Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Langkah berikutnya Menyusun Silabus dan RPP SMK adalah melakukan Analisis Penerapan Model Pembelajaran. Rekan-rekan dapat membaca dulu posting model pembelajaran SMK (baca model pembelajaran SMK). Berdasarkan sifat KD 3.1 memahami sepeda roda 2 dan KD 4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 dan bentuk pengetahuan faktual dan konseptual maka model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran penemuan (discovery).

Analisis-penerapan-model-pembelajaran-silabus-dan-rpp
No. Kompetensi Dasar Analisis KD Model Pembelajaran
3.1 memahami sepeda roda 2 KD-3.1 menitikberatkan pada pembentukan pengetahuan konseptual dan prosedural Model Pembelajaran Discovery Learning
4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 KD-4.1 Pernyataan pada taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi presisi.

Matriks Perancah Pemaduan Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning dan Proses Berpikir Ilmiah (Saintifik) pada Mapel xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx 

  1. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
  2. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup kajian xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

  Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,     kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang    dipelajarinya  di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

 Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadika ngerak  alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang  dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

 

Pemaduan Sintak Model Pembelajaran dan Proses Berpikir Scientific
Silabus dan RPP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Sintaksis model Discovery Learning
Proses Berpikir Ilmiah
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan Informasi
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
3.1 memahami sepeda roda 2 menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

·

 

 

 

 

 

 

 

menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri

Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri

Pemberian stimulus terhadap siswa. Guru meminta siswa untuk melihat berbagai jenis sepeda roda 2 melalui bahan tayangan.

Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru.

Guru meminta siswa membaca buku untuk meng identifikasi berbagai bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama

Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis sepeda roda 2, bagian-bagian utama sepeda roda 2 dan cara mengoperasikan sepeda roda 2

2. Identifikasi Masalah Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

4.1 mengoperasikan sepeda roda 2 Mengoperasikan sepeda roda 2 • Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri

• Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri

• Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri

• Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri

3. Pengumpulan Data

Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Guru meminta siswa memperhatikan demonstrasi cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Guru meminta siswa mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa secara bergiliran mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

4. Pembuktian

Guru meminta siswa dalam kelompok untuk membuat kesimpulan bersama tentang terkait · bagian-bagian utama sepeda roda 2, · fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa bersama sama dalam kelompok menyimpulkan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

5. Menarik kesimpulan/ generalisasi

Guru meminta siswa untuk menyajikan 1. bagian-bagian utama sepeda roda 2, 2. fungsi setiap bagian utama tersebut dan 3. cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa membuat bahan presentasi tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, · fungsi setiap bagian utama tersebut dan · cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.dalam bentuk PPT.

Siswa menyajikan tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan · cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.

Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.

Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.

Guru memberikan klarifikasi dan penguatan hasil diskusi siswa.

Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan

Analisis Penilaian Pembelajaran untuk Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 perlu dan harus dilengkapi dengan rencana penilaian pembelajaran yang akan digunakan. Berikut adalah format dan contoh Analisis Penilaian Pembelajaran yang hasilnya dapat digunakan untuk mengisi Format Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Penilaian Pengetahuan

Kompetensi Dasar
Indikator (IPK)
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
Butir Soal
3.1 memahami sepeda roda 2 1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.   menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

 

 

 

 

 

 

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

 

Bagian-bagian utama sepeda roda 2 1.  Peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2

3.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2

4.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2

5.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2

 

6.  Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2

7.  Peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2

8.  Peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2

9.  Peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2

Tes tulis 1.  Jelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.  Jelaskan fungsi stang sepeda roda 2

 

3.  Jelaskan fungsi roda sepeda roda 2

 

4.  Jelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2

 

5.  Jelaskan fungsi sadel sepeda roda 2

 

6.  Jelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2

 

7.  Jelaskan cara mengayuh sepeda roda 2

 

8.  Jelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2

 

9.  Jelaskan cara memarkir sepeda roda 2

 

Kunci Jawaban Soal:

1.    bagian utama sepeda roda 2

a.     stang

b.     sadel

c.     roda depan dan belakang

d.     pedal dan gir

2.    fungsi stang sepeda roda 2 untuk menentukan arah gerakan sepeda ke depan, ke kiri dank ke kanan

3.    fungsi roda sepeda roda 2 untuk memindahkan posisi keseluruhan badan sepeda pada arah horisontal

4.    fungsi sistem pedal dan gir sepeda roda 2 untuk memutar poros roda belakang menggunakan tenaga kaki pengendara

5.    fungsi sadel sepeda roda 2 untuk tempat duduk pengendara

6.    cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 :

a.     duduk mapan di atas sadel

b.     tangan kanan memegang pegangan stang kanan dan tangan kiri memegang pegangan stang kiri

c.     kedua kaki lurus menumpu di atas tanah masing-masing membentuk sudut 60-70 derajat dengan permukaan tanah

7.    cara mengayuh sepeda roda 2

a.     duduk mapan di atas sadel

b.     kedua tangan memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan

c.     kaki kiri menumpu di tanah, kaki kanan menumpu di atas pedal kanan pada posisi jam 11

d.     kaki kanan menjejak pedal ke depan, ketika sepeda bergerak ke depan , kaki kiri diangkat dan naik di pedal kiri

e.     ketika pedal kiri posisi jam 12 menuju posisi jam 11, kaki kiri menjejak pedal kiri ke depan, demikian seterusnya

8.    cara mengarahkan sepeda roda 2

a.     kedua tangan lurus memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan

b.     untuk belok kiri, pedal tidak digenjot, tangan kiri sedikit ditarik ke belakang, tangan kanan sedikit ke depan

c.     untuk belok kanan, pedal tidak digenjot, tangan kanan sedikit ditarik ke belakang, tangan kiri sedikit ke depan

9.    cara memarkir sepeda roda 2

a.     kedua tangan memegang pegangan stang, kedua kaki menumpu di tanah

b.     pindahkan tangan kanan memegang sadel,

c.     turunkan standar miring sepeda menggunakan kaki kanan

d.     miringkan badang sepeda kekiri sampai standar menumpu di atas tanah dengan sempurna

 

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai

Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan

Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban

Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban

Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

  Contoh Pengolahan Nilai
IPK
No Soal
Skor Penilaian 1
Nilai
1.
1
1
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK

(…./14) * 100 = …..

2.
2
1
3
1
4
1
5
1
3.
6
2
7
2
8
2
9
2
Jumlah
14

Penilaian Keterampilan

Sampai dengan langkah ini, analisis-analisis untuk menyusun Silabus dan RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 telah mencukupi. Langkah menyusun Silabus dan RPP SMK selanjutnya adalah memasukkan elemen-elemen silabus dan RPP SMK K2013 ke dalam format-format sesuai panduan.

Menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Hasil Analisis

Langkah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 telah mencapai ujung akhirnya. Langkah penutup selanjutnya adalah memasukkan komponen-komponen silabus ke dalam format silabus. Berikut adalah contoh silabus SMK hasil analisis / susunan kita yang menggunakan Format Silabus SMK sesuai Modul Pedoman Pengembangan KTSP Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Perhatikan setiap elemen. Tampak bahwa masing-masing elemen isiannya bisa kita dapatkan dari hasil analisis di atas.

Bagaimana pendapat rekan-rekan? Apakah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 masih asing dan terasa sulit? Tidak juga kan?

Silabus SMK
Nama Sekolah SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
Kelas/Semester X / 1
Kompetensi Keahlian Nama Kommpetensi Keahlian
Mata Pelajaran Nama Mata Pelajaran
Durasi Pembelajaran 12 jp
Deskripsi KI
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Silabus
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pembalajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

3.1 memahami sepeda roda 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2

1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

 

 

 

 

4. mengoperasikan sepeda roda 2

Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2

 

Fungsi setiap bagian utama Sepeda Roda 2

 

 

Cara pengoperasian Sepeda Roda 2

 

 

 

 

Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2

Mengamati:

  • sepeda roda 2
  • gambar sepeda roda,
  • gbr bagian-bagian utama sepeda roda 2,
  • video pengoperasian sepeda roda 2

Menanya:

  • membaca buku sepeda roda 2,
  • diskusi terkait bagian-bagian utama, fungsi tiap bagian dan cara pengoperasian sepeda roda 2

Mengumpulkan informasi / mencoba / eksperimen:

  • membaca buku sepeda roda 2
  • mengakses informasi sepeda roda 2 di internet
  • mengakses video belajar sepeda roda 2 di Youtube
  • berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 secara bergiliran

Mengasosiasi / menalar :

  • mendiskusikan hasil mengamati, menanya dan mengumpulkan informasi sepeda roda 2
  • kesimpulan kelompok

Mengomunikasikan:

  • presentasi kelompok
  • tanya jawab dan klarifikasi
  • penguatan
  • mengunggah hasil diskusi ke media blog komunitas
Tes Tertulis

 

 

 

 

Tes Kinerja

 

12 jp

Buku Teks Sepeda Roda 2

Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2

http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html

Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo

https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda

 

Agar silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang kita susun akurat dan tepat maka sangat dianjurkan agar praktek penyusunan silabus mengikuti langkah-langkah menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 seperti dicontohkan di atas.

Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Hasil Analisis

Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 sesungguhnya telah banyak diuraikan oleh rekan pendidik maupun para ahli lainnya. Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 juga memerlukan hasil analisis yang sama dengan menyusun silabus.

Berikut adalah contoh RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) hasil susunan kita yang menggunakan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP sesuai Modul Panduan Pengembangan RPP dalam Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Akhirnya rekan-rekan bisa Menyusun RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang teliti, lengkap dan akurat sesuai dengan harapan dan panduan. Dengan begitu, misi pembelajaran Pendidikan Abad 21 bagi siswa bisa kita penuhi. Perhatikan setiap elemen, masing-masing elemen kita dapatkan dari hasil analisis di atas.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  • Nama Sekolah            :  SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
  • Mata Pelajaran           :   XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
  • Komp. Keahlian         :   XXXXXXXXXXXXXXXX
  • Kelas/Semester          :   X / 1
  • Tahun Pelajaran         :   2017/2018
  • Alokasi Waktu            :   12 x 45 menit

A. Kompetensi Inti (KI)

KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI.4  Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

3.1 Memahami sepeda roda 2 (C2)

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 (P2)

C. Indikator Pencapaian Kompetensi 

3.1.1 menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

3.1.2 menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

3.1.2 menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

4.1.1 mengoperasikan sepeda roda 2 

D. Tujuan Pembelajaran 

  1. Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2 dengan santun
  2. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2 dengan percaya diri
  3. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2 dengan percaya diri
  4. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2 dengan percaya diri
  5. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2 dengan percaya diri
  6. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 dengan percaya diri
  7. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2 dengan percaya diri
  8. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2 dengan percaya diri
  9. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2 dengan percaya diri
  10. Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
  11. Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang berdasarkan contoh dengan percaya diri
  12. Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri
  13. Disediakan sepeda roda 2 peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 berdasarkan contoh dengan percaya diri

E. Materi Pembelajaran 

  1. Bagian utama sepeda roda 2
  2. Fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2
  3. Cara pengoperasian sepeda roda 2
  4. Praktek/latihan mengoperasikan sepeda roda 2

F. Model dan Metode Pembelajaran 

     Model             :   Discovery Learning

     Metode           :    Ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Eksperimen/latihan , Tanya jawab

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
AKTIFITAS GURU DAN SISWA
DURASI
KEGIATAN PENDAHULUAN Pengkondisian 1 Guru mengucapkan salam dan mengontrol kebersihan lingkungan tempat belajar dan kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran
40 menit
2 Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kesiapan mereka.
3 Guru meminta ketua kelas memimpin berdo’a, dilanjutkan pemeriksaan kehadiran
4 Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
5 Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
6 Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan dan atau menyampaikan tujuan pembelajaran
7 Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
8 Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
KEGIATAN INTI Mengamati 9 Guru meminta siswa untuk mengamati berbagai jenis sepeda roda 2 melalui bahan tayangan.
45 menit
10 Siswa mengamati bahan tayang yang disajikan guru.
11 Guru meminta siswa membaca buku teks untuk mengidentifikasi berbagai bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama
12 Siswa membaca buku berkaitan dengan berbagai jenis sepeda roda 2, bagian-bagian utama sepeda roda 2 dan cara mengoperasikan sepeda roda 2
KEGIATAN INTI Menanya 13 Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
60 menit
14 Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan dan menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
15 Guru meminta siswa dalam kelompok untuk mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
16 Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2
KEGIATAN INTI Mengumpulkan informasi 17 Siswa dalam kelompok mengakses internet atau intranet dan melengkapi bahan diskusi kelompok terkait menentukan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
180 menit
18 Guru meminta siswa memperhatikan demonstrasi cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
19 Guru meminta siswa mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
20 4.      Siswa secara bergiliran mencoba melakukan cara menjaga keseimbangan, – cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
KEGIATAN INTI Mengasosiasi 21 Guru meminta siswa dalam kelompok untuk membuat kesimpulan bersama tentang terkait bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
65 menit
22 Siswa bersama sama dalam kelompok menyimpulkan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2
KEGIATAN INTI Mengomu-nikasikan 23 Guru meminta siswa untuk menyajikan bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
100 menit
24 Siswa membuat bahan presentasi tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2,  fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 seperti cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.dalam bentuk PPT.
25
Siswa menyajikan tentang bagian-bagian utama sepeda roda 2, fungsi setiap bagian utama tersebut dan cara mengoperasikan sepeda roda 2 termasuk cara menjaga keseimbangan, cara mengayuh, cara mengarahkan gerakan dan cara memarkir sepeda roda 2.
26
Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
27
Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
28
Guru memberikan klarifikasi dan penguatan hasil diskusi siswa.
29
Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan
KEGIATAN PENUTUP
Evaluasi dan Refleksi
30
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
50 menit
31
Guru meminta siswa mengerjakan soal evaluasi pembelajaran.
32
Siswa mengerjakan / menyelesaikan evaluasi pembelajaran
33
Guru menyampaikan rencana kegiatan selanjutnya
34
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
35
Guru dan siswa bersama-sama mengakhiri pembelajaran dengan menutup salam.

H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar

  1. Media :   file presentasi, unit sepeda roda 2 konvensional, internet, blog komunitas kelas
  2. Alat     :   LCD Proyektor, laptop/PC, unit sepeda roda 2 konvensional
  3. Bahan :   –
  4. Sumber Belajar :
  • Buku Teks “Pengoperasian & Perbaikan Sepeda Roda 2”
  • Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda
  • http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html
  • Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo 

I. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan 

  1. Instrumen dan Teknik Penilaian

Penilaian Pengetahuan

Kompetensi Dasar
Indikator (IPK)
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
Butir Soal
3.1 memahami sepeda roda 2 1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.   menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

 

 

 

 

 

 

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

 

Bagian-bagian utama sepeda roda 2 1.  Peserta didik dapat menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi stang sepeda roda 2

3.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi roda sepeda roda 2

4.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2

5.  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sadel sepeda roda 2

 

6.  Peserta didik dapat menjelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2

7.  Peserta didik dapat menjelaskan cara mengayuh sepeda roda 2

8.  Peserta didik dapat menjelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2

9.  Peserta didik dapat menjelaskan cara memarkir sepeda roda 2

Tes tulis 1.  Jelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2.  Jelaskan fungsi stang sepeda roda 2

 

3.  Jelaskan fungsi roda sepeda roda 2

 

4.  Jelaskan fungsi sistem pedal sepeda roda 2

 

5.  Jelaskan fungsi sadel sepeda roda 2

 

6.  Jelaskan cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2

 

7.  Jelaskan cara mengayuh sepeda roda 2

 

8.  Jelaskan cara mengarahkan sepeda roda 2

 

9.  Jelaskan cara memarkir sepeda roda 2

 

Kunci Jawaban Soal:

1.    bagian utama sepeda roda 2

a.     stang

b.     sadel

c.     roda depan dan belakang

d.     pedal dan gir

2.    fungsi stang sepeda roda 2 untuk menentukan arah gerakan sepeda ke depan, ke kiri dank ke kanan

3.    fungsi roda sepeda roda 2 untuk memindahkan posisi keseluruhan badan sepeda pada arah horisontal

4.    fungsi sistem pedal dan gir sepeda roda 2 untuk memutar poros roda belakang menggunakan tenaga kaki pengendara

5.    fungsi sadel sepeda roda 2 untuk tempat duduk pengendara

6.    cara menjaga keseimbangan di atas sepeda roda 2 :

a.     duduk mapan di atas sadel

b.     tangan kanan memegang pegangan stang kanan dan tangan kiri memegang pegangan stang kiri

c.     kedua kaki lurus menumpu di atas tanah masing-masing membentuk sudut 60-70 derajat dengan permukaan tanah

7.    cara mengayuh sepeda roda 2

a.     duduk mapan di atas sadel

b.     kedua tangan memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan

c.     kaki kiri menumpu di tanah, kaki kanan menumpu di atas pedal kanan pada posisi jam 11

d.     kaki kanan menjejak pedal ke depan, ketika sepeda bergerak ke depan , kaki kiri diangkat dan naik di pedal kiri

e.     ketika pedal kiri posisi jam 12 menuju posisi jam 11, kaki kiri menjejak pedal kiri ke depan, demikian seterusnya

8.    cara mengarahkan sepeda roda 2

a.     kedua tangan lurus memegang pegangan stang kiri dan kanan arah lurus ke depan

b.     untuk belok kiri, pedal tidak digenjot, tangan kiri sedikit ditarik ke belakang, tangan kanan sedikit ke depan

c.     untuk belok kanan, pedal tidak digenjot, tangan kanan sedikit ditarik ke belakang, tangan kiri sedikit ke depan

9.    cara memarkir sepeda roda 2

a.     kedua tangan memegang pegangan stang, kedua kaki menumpu di tanah

b.     pindahkan tangan kanan memegang sadel,

c.     turunkan standar miring sepeda menggunakan kaki kanan

d.     miringkan badang sepeda kekiri sampai standar menumpu di atas tanah dengan sempurna

 

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai

Nilai 4 : jika Jawaban sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan

Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban

Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban

Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban

  Contoh Pengolahan Nilai
IPK
No Soal
Skor Penilaian 1
Nilai
1.
1
1
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK

(…./14) * 100 = …..

2.
2
1
3
1
4
1
5
1
3.
6
2
7
2
8
2
9
2
Jumlah
14

Penilaian Keterampilan

Kompetensi Dasar

Indikator (IPK)

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

Butir Soal

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2 Mengoperasikan sepeda roda 2 Praktek / Berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 Peserta didik dapat duduk di atas sadel dengan seimbang Penilaian Kinerja
  1. Duduklah di atas sadel sepeda dengan seimbang sesuai langkah-langkah standar
Peserta didik dapat mengayuh pedal sepeda roda 2 dengan seimbang Penilaian Kinerja
  1. Kayuhlah sepeda dengan seimbang sesuai langkah-langkah standar
Peserta didik dapat mengarahkan gerakan sepeda roda 2 Penilaian Kinerja
  1. Arahkan gerakan  sepeda dengan seimbang ke depan, ke kiri dan ke kanan sesuai langkah-langkah standar
Peserta didik dapat memarkir sepeda roda 2 Penilaian Kinerja
  1. Parkirkan  sepeda dengan stabil sesuai langkah-langkah standar

 

 

Rubrik Penilaian Keterampilan

IPK

Kategori

1

2

3

4

Mengoperasikan sepeda roda 2

 

Duduk seimbang di atas sadel, belum bisa memarkir, belum bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, belum bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, bisa mengayuh, belum bisa mengarahkan Duduk seimbang di atas sadel, bisa memarkir, bisa mengayuh, bisa mengarahkan

2. Analisis Hasil Penilaian (lihat di atas)

  • Hasil penilaian diolah dan disimpulkan peserta didik yang sudah memenuhi KKM dan yang belum memenuhi KKM
  • Bagi peserta didik yang sudah memenuhi KKM dapat menambah pengerjaan tugas pengayaan.
  • Bagi peserta didik yang belum memenuhi KKM agar mempelajari kembali tugas-tugas yang sudah diberikan, dan bila sudah siap dapat meminta untuk mengerjakan kembali soal evaluasi.

Banjarmasin,  1 Juli 2017

Mengetahui,                                                                                                                      Guru Pengajar,

Kepala SMK Banjarmasin

 

( ………………………………… )                                                                                              (  ENDARTA     )


Demikianlah diskusi Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 . Semoga diskusi ini dapat menginspirasi kita semua dan silabus dan RPP rekan-rekan dapat ditingkatkan. Mari sharingkan silabus dan RPP SMK rekan-rekan dipersilahkan …

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

146 thoughts on “Menyusun Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017”

    1. Pak Amran Ali … terima kasih sudah berkunjung … dan langsung memberikan sharing pian … silahkan pak … harapan saya bisa menambah pemahaman siapapun yang membaca … kalau ada yang perlu dilengkapi … silahkan disampaikan … kalau rekan-rekan punya contoh lain yang lebih lengkap … sharingkan dengan kami …

  1. Pa Endarta Adi terima kasih Postingannya,,,mohon bantuannya penyusunan KTSP revisi 2016,,soalnya pada saat bintek k13 agustus 2017 di kabupaten kurang paham…minta contoh saatu mapel produktif otomatisasi dan tata kelola perkantoran, terima kasih bantuannya.

  2. terima kasih pak atas postingannya..
    sangat membantu saya dalam penyusunan perangkat..
    jika mau softcopynya gimana ya pak? biar lebih mudah berbagi dengan teman

    1. bp/ibu Hasriani … maaf saya tidak/belum punya rpp yang sudah jadi … kalau mau membuat … saya bersedia menjadi teman diskusi … dan saya pandu dari sini .. semacam konsultasi online begitu …

      1. Bapak Endarta saya berminat konsultasi online sama bapak ,,.. saya masih awam dalam pembuatan RPP, dan di PPG tiap hari dikasih tugas membuat RPP ,…

        1. boleh bu Nur … tahapan merancang RPP yang baik … seperti posting di atas … melalui analisis2 untuk menemukan hal-hal atau aspek-aspek yang penting dalam pembelajaran … yang hasil analisisnya nanti bisa dibuat RPP yang baik … bukan sembarang RPP …

      2. Assalamualaikum..pak slmat siang,
        saya mau dong pak konsultasi dengan bapak mengenai pembuatan RPP dengan kurikulum k13 revisi terbaru, jujur saya masih kebingungan karena selama perkuliahan mat kul ttg administrasi guru dosennya jarang sekali masuk dan tidak menjelaskan secara jelas ttg pembuatan silabus sampai RPP ,
        apalagi sampai ke pembuatan soal HOTS dan kartu soal
        mhon kiranya bapak segera membalas pesan saya ini, saya sangat mengharapkan bantuan bapak sesegera mungkin
        terimakasih

        1. wa alaikum salam mas Yosi … semua yang saya tuliskan di blog ini berbasis Kurikulum 2013 … dan mengarah pada perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. kalau berkenan mas Yosi baca i … trus yang perlu ditannyakan bisa ditulis dikomentar sperti ini … insyaAllah saya mengikuti komen rekan-rekan …

  3. Assalamualaikum ,,,, terima kasih Pak Endarta atas postingannya ,… mohon maaf pak sebelumnya, mau bertanya cara download postnya bapak kira-kira bagaimana caranya? dan apa perbedaannya K13 setelah di revisi dan sebelum revisi ,.. soalnya masih awam mempelajari K13 ,.. sekian dan terima kasih di tunggu jawaban dari Bapak .

  4. Salam kenal pak endarta, sy mohon ijin share dan download. bagus pak seluruh isi blog ini. sangat membantu wawasan kami.
    terima kasih

    1. Salam kenal kembali pak Nurrofizh (maaf kalau salah) … terima kasih apresiasinya … saya baru bisa sedikit silahkan kalau berkenan nge share … mohon sharingnya juga untuk belajar kita bersama … terima kasih … lain kali mampir lagi …

  5. Assalamu’alaikum Pak Endarta..

    Saya mau bertanya pak, itu alokasi waktu di silabus sama di rpp kok tidak sama ya pak? di silabus 12 jam, di rpp 500 menit (8,3 jam) yang benar bagaimana pak? Lalu alokasi waktu tersebut dibuat berapa pertemuan pak?

    1. Wa alaikum salam pak Ikhsan … kalau pada silabus skope nya 1 semester dengan satuan jam … lebih realistis dan mudah diinterpretasikan … pengertian ‘jam’ di silabus itu mengacu 45 menit ( 1 jam pelajaran SMK = 45 menit >> Standar Proses ), kalau pada RPP skope nya bisa 2 x 45 menit, lebih mudah dengan menit. RPP disusun setelah menghitung minggu efektif semester tersebut, sehingga alokasi waktu tiap KD nya mungkin berkurang. Banyaknya pertemuan yang dipakai/diperlukan tentunya mengacu pada jumlah jam per minggu mapel tersebut menurut struktur kurikulum yang berlaku. Menurut saya begitu pak Ikhsan …

      1. ohh seperti itu pak… Saya tidak lihat “durasi pembelajaran 12 jam x 45 menit” di silabus bapak, yang saya lihat “alokasi waktu 12 jam” dibagian pemaparan KD-nya, makanya saya bingung pak.

        Jadi, yang di silabus itu disesuaikan durasi pembelajarannya dengan SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK ya pak? sedangkan yang di rpp disesuaikan dengan kondisi minggu efektif di kalender pendidikan?

        1. pak Ikhsan … contoh saya di atas sudah saya rapikan … idealnya antara jam di silabus dan jam di RPP ya SAMA … HARUS nya juga SAMA dengan jumlah jam pada Struktur Kurikulum (SK DIRJEN) tapi biasanya banyaknya minggu efektif RIIL di sekolah lebih sedikit dengan hitungan minggu efektif teoritis di SK DIRJEN
          demikian … mudahan bisa dipahami

          1. Alhamdulillah sudah paham pak, jadi harus sama ya…
            Terima kasih banyak pak endarta karena sudah berbagi ilmunya 🙂

  6. Terimah kasih banyak ilmunya pak, boleh penjelasannya mengenai teknik dan strategi yang di gunakan dalam k13 yang terbaru ini pak?

    1. Alhamdulillah … mudah-mudahan bermanfaat untuk kita … dan menarik sekali usulan bu Humairah … tentang Teknik dan Strategi Pembelajaran K2013 … akan saya siapkan … ditunggu ya …

    1. wa alaikum salam bu Dewi Puspitasari … terima kasih sempat mengunjungi blog ini … mudah-mudahan bu Dewi tidak lupa … memberi feedback apa saja yang perlu diperbaiki dari blog ini … trims

  7. Sangat menginspirasi pak postingannya, tapi saya coba copy sebagai contoh bahan membuat silabus dan rpp itu untuk rekan-rekan saya, koq gak bisa ya pak? saya ingin simpan di email saya gitu pak…..

    1. Alhamdulillah … walaupun super sibuk … Prof. Herman Dwi Surjono, Drs., M.Sc., MT., Ph.D. – Staff UNY … menyempatkan memberi komentar di sini … terima kasih sudah menengok pak … sukses selalu juga Pak Prof. Herman … salam hangat juga dari Banjarmasin …

      1. Isi tulisannya bagus dan lengkap, sangat cocok untuk teman2 guru. Ini saya share ke para peserta PLPG di UNY. Semoga bermanfaat bagi mereka.

  8. Ass.wr.wb. Pak Endarta Adi
    Tulisan Bapak tentang menyusun RPP runtut,lengkap dan jelas. Tapi maaf tidak bisa di-copy untuk di-paste ke halaman Word.
    Jika Bapak berkenan, mohon kirim ke e-mail saya soft copy tulisan ini

  9. Ass.wr.wb pak Endarta boleh di share tulisannya bapak ke email saya, karena saya profesinya sama dengan bapak. Setelah saya baca tulisan bapak gampang dipahami dan mudah dicontoh. Boleh diminta soft copynya? tlg dikirim ke email saya.
    Terimakasih

  10. Assalamu’alaikum
    terima kasih pak ilmunya sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula menjadi guru, mohon maaf jika bapak berkenan saya ingin meminta softfilenya pak karena saya mengajar di pedalaman dan masih sedikit koneksi sehingga untuk mengerjakan perangkat saya masih kebingungan karena saya kuliahnya bukan pendidikan guru jadi saya sangat bersyukur dipertemukan dengan web bapak

  11. assalamualaikum,,, postingan nya sangat bagus boleh minta sofcopy nya kirim k email saja pak,terimakasih ini sangat bermanfaat buat saya, saya harap bapa bisa bantu cara bikin rpp soalnya saya masih awan pak. di tunggu pak balesan nya

      1. assalamualaikum pak Endarta, postingan ini sangat bermanfaat pak bagi kami, saya harap bapak bisa membantu cara membuat rpp, saya masih awam pak jdi mohon bantuannya..

  12. assalamualaikum…..postingannya sangat bagus pak, dengan sangat memohon , boleh minta softcopy nya pak, biar lebih mudah untuk dipelajari, tolong nanti di kirim lewat email pak. mohon bantuannya.terima kasih.

  13. postingan nya bagus dan bermanfaat, pak mau tanya barangkali ada contoh format rpp k13 mapel produktif atph(agribisnis tanaman pangan dan hortikultura) / apkj (agribisnis pembibitan dan kultur jaringan),,bisa d sahre pak, trimakasih sblmnya..

    1. terima kasih pak Catur Wahyu … kunjungan dan apresiasinya … untuk contoh RPP atph(agribisnis tanaman pangan dan hortikultura) / apkj (agribisnis pembibitan dan kultur jaringan) … saya coba carikan … atau mungkin pak Catur punya … anggaplah ‘seadanya’ nanti saya bantu modifikasi dengan penerapan teknis K13 nya … ini bisa lebih cepat …

  14. Terima kasih pak atas ilmunya.
    Kebetulan saya mengajar baru 1,5 tahun ini.
    Ada yang ingin saya tanyakan ini pak, saya masih bingung dengan penyusunan silabusnya. Kira2 yg benar itu formatnya 3 kolom atau 7 kolom ya? Karena ada yg bilang 3 kolom yg meliputi KD,materi dan kegiatan pembelajaran. Kebetulan saya sudah in on dan silabus yg saya serahkan hanya 3 kolom. Mohon pencerahannya pak. Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Dessy … terima kasih sudah mengunjungi blog saya yang amat sederhana … terkait format silabus … saya catat ada 3 format :
      1. format 7 kolom, yang dimuat di dalam modul Bimtek K13 folder Pedoman Kur 2013 SMK file 2 Pedoman Penyusunan KTSP 310317
      2. format 6 kolom, yang dimuat dalam Contoh Silabus dari Direktorat PSMK yang sudah diverifikasi Tim Pengembang Kurikulum Direktorat PSMK
      3. format 3 kolom, yang dikabarkan rekan-rekan
      Menurut hemat saya, kita ikuti yang format 6 kolom saja bu Dessy … contohnya bisa lihat di sini ==> Silabus SMK 2017

  15. Sangat bermanfaat sekali pak, mohon maaf bisa minta soft copy nya supaya saya bisa mengaplikasikannya pada rpp yang akan saya buat. terima kasih

  16. assalamualaikum wr. wb. sangat bermanfaat sekali pak. mohon maaf pak, kalau boleh minta softcopy file nya untuk pembuatan rpp saya. terima kasih

  17. terima kasih pak, sangat bermanfaat sekali….buat saya, maaf kalo boleh minta softcopy file pembuatan silabus dan RPPnya pak via email saya. saya juga alumnus FPTK IKIP Jogja (PT Mesin)

    1. Bu Lia … contoh rpp dan silabus sudah saya contohkan pada posting ini … namun yang lebih lengkap dengan menerapkan PPK, Literasi akan saya susulkan.
      Kalau bu Lia belum paham, saran saya … bacalah posting saya yang lain …
      Analisis SKL KI KD,
      Analisis Materi Pembellajaran,
      Analisis Penerapan Model Pembelajaran,
      Analisis Penilaian Hasil Belajar
      Semua jenis analisis di atas adalah tuntunan dan panduan memahami K2013 untuk membuat Silabus dan RPP
      Semoga berkenan ….

  18. Assalamuallaikum. Salam knal Pak, saya ngajar di smk.Pak boleh minta materinya dalam bentuk softcopy..bisa di kirim via email. klw mau nanya lebih lanjut..ke bpk ,apa via email atau bgmn?

  19. Assalamuallaikum. salam kenal pak. berhubung saya magang di smk. boleh saya inta materinya dalam softcopy. atau bisa dikirim melalui email saya pak ?

  20. assalamualaikum salam kenal pak. bolehkah sya minta materinya dalam softcopy?materinya mempermudah sy memahami penyusunan perangkat guru khususnya bgi sy yg belum paham untuk K13.. trimksh pak sebelumnya…

    1. pak Wasti … pada contoh saya ini … sebenarnya kegiatan pembelajaran sudah disusun sesuai sintak model pembelajaran … tetapi penulisan saya memakai format generik nya yaitu 5M … kalau untuk penulisan dengan sintak model nya … tinggal 5M nya diganti dengan tahapan sintak model yang bersesuaian

  21. Terimakasih banyak bapak untuk pencerahannya…sangat membantu sekali, namun jika berkenan mohon dikirimkan ke email saya semua materi yang bapak ulas dimulai dari analisis skl ki kd, analisis materi, model, penyusunan silabus, rpp dan yang lainnya pak…terimakasih banyak sebelumnya, Tuhan berkati bapak dalam tugas dan karyanya.

  22. Assalamualaikum Pak, ini sangat bermanfaat sekali buat saya belajar apalagi masih guru baru masih harus banyak belajar untuk membuat RPP revisi 2017 ini. kalau boleh bisa kirim via email gak pak ?
    terimakasih

  23. benar benar bagus dan sangat bermanfaat sekali…
    maafkan bapak, kalo boleh minta softcopy yaa..

    terimakasih banyak, semoga ilmu yg dibagikan menjadi amal untuk bapak dan keluarga,,aamiin

  24. assalamualaikum pak endarta adi
    bisa saya minta soft copi, sebagai contoh saya untuk menyusun perangkat pembelajaran

  25. Assalamu’alaikum, salam kenal Pak Endarta kami mohon dikirimkan soft file materi penyusunan RPP K13 revisi 2017, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih

  26. ass.. blognya sangat bermanfaat pak, kalau boleh minta tolong.. softcopynya bisa saya minta tidak?? untuk memudahkan saya dlm penyusunan RPP. maaf sebelumnya

  27. mohon bantuan dan arahannya pak bisa dikirimkan ke email saya, karena kami baru pakai kurtilas tahun kemarin dan tahun ini alhamdulillah setelah meninjau punya bapak sepertinya lebih simpel dan lengkap

  28. salam Pak Endarta ..maaf mohon petunjuknya jika kdnya 3.1 Menerapkan tipografi sesuai media, 4.1. Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat, maka sebaiknya model pembelajaran apa yg cocok, apa discofery learning, atau project basic learning, mohon bri contoh silabusnya project basic learning..

    1. salam kembali pak Burhan …
      KD 3.1 Menerapkan tipografi sesuai media, cenderung pada penerapan prosedur-prosedur dan KD 4.1. Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat mengarah pada penerapan solusi teknologi dan menghasilkan karya
      Dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
      • Mengidentifikasi masalah;
      • Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan;
      • Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang;
      • Melakukan tindakan strategis, dan
      • Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan.
      Demikian pak Burhan … mungkin bisa menginspirasi…

  29. Assalamu’alaikum wr wb
    Mohon maaf pak, mohon bapak Endarto berkenan mengirimkan ke email materi untuk menyusun silabus dan menyusun RPP K13 edisi revisi 2017.
    Atas bantuannya,terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    1. bu Sri Hamdanah … menurut saya … perlu disesuaikan dengan tersedianya minggu efektif pada semester ganjil dan minggu efektif pada semester genap khususnya pada jam pelajaran kita.
      Misalnya durasi tiap KD (diasumsikan sama) dengan jumlah KD seluruhnya 30, minggu efektif semester ganjil 16, minggu efektif semester genap 14, jadi jumlah minggu efektif 30 minggu.
      KD yang dilaksanakan pada semester ganjil = (mg efektif sm ganjil / jumlah mg efektif) x jumlah KD = (16/30) x 30 = 16 KD
      KD yang dilaksanakan pada semester genap = jumlah KD – KD semester ganjil = 30 – 16 = 14
      Jadi, semester ganjil mulai KD 3.1 4.1 s.d. KD 3.16 4.16
      kira kira begitu bu Sri Hamdanah … semoga membantu …

  30. Terima kasih pak artikelnya, mohon izin share dg teman-teman di sekolah dan bgmn cara mendwonload materi ini. Terima kasihSukses selalu buat Bapak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.