Silabus SMK 2017

silabus kurikulum 2013 smk 2017

Silabus SMK 2017

Silabus SMK 2017 dokumen turunan KI KD SMK 2017. Silabus SMK 2017 tentunya juga ditunggu rekan pendidik. Akankah Silabus SMK 2017  juga dirilis oleh PSMK ? Pada tahun-tahun sebelumnya, setiap kali terjadi perubahan kurikulum, silabus juga dirilis Direktorat PSMK. Apakah di tahun ini PSMK juga merilis Silabus SMK 2017  juga ?

silabus smk 2017
silabus_smk_2017

Silabus SMK 2017 sesungguhnya sudah dapat di susun oleh masing-masing pendidik pengampu mata pelajaran. Begitupun untuk silabus smk 2017 ini. Beberapa tahun terakhir, ribuan pendidik sudah memperoleh pelatihan kurikulum 2013 yang memungkinkan para pendidik memliki kompetensi menyusun sendiri silabus smk 2017. Jenis-jenis kegiatan analisis yang mampu dilakukan yaitu:

  • Analisis Keterkaitan SKL-KI-KD
  • Analisis Materi Pembelajaran
  • Analisis Penerapan Model Pembelajaran
  • Analisis Penilaian

Pengertian Silabus SMK 2017

Silabus SMK 2017  merupakan elemen dari perencanaan pembelajaran pada suatu kelompok kompetensi atau mata pelajaran. Silabus berfungsi sebagai acuan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran. Silabus SMK 2017, sesuai penjelasan dalam Modul Panduan Penyusunan KTSP (Kurikulum 2013) Penyegaran Instruktur Tahun 2017, seyogyanya memuat rumusan kompetensi Bidang Keahlian masing-masing mata pelajaran yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber / bahan / alat belajar. Silabus menjadi acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Prinsip-prinsip Pengembangan Silabus SMK 2017

Silabus SMK 2017  seyogyanya disusun para pendidik atau pengampu mata pelajaran. Hal ini sesuai dengan Standar Kompetensi Pendidik / Guru pada kompetensi profesionalnya. Kompetensi pendidik / guru saat ini juga sudah cukup memadai dengan diberikannya bimbingan teknis dan pelatihan pedagogis dalam rangka implementasi Kurikulum 2013.

Silabus SMK 2017 hendaknya dikembangkan dengan mengacu prinsip-prinsip pengembangan silabus, seperti :

  1. Ilmiah
  2. Relevan
  3. Sistematis
  4. Konsisten
  5. Memadai
  6. Aktual dan kontekstual
  7. Fleksibel
  8. Menyeluruh

Langkah-langkah Pengembangan Silabus SMK 2017

Silabus SMK 2017 hendaknya dikembangkan dengan tahapan seperti pada bagan di bawah:

silabus smk 2017
pengembangan silabus smk 2017

Silabus SMK 2017 (perhatikan kotak gambar bagian bawah) terdiri atas komponen-komponen :

  • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
  • Indikator / Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Materi Pembelajaran
  • Penilaian
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar
Komponen Silabus SMK 2017

Komponen Silabus SMK 2017 berisi tentang hal-hal sebagai berikut:

  • Nama SMK/MAK;
  • Kompetensi Keahlian:
  • Nama Mata Pelajaran;
  • Kelas;
  • Alokasi waktu;
  • Deskripsi Kompetensi Inti;
  • Deskripsi Kompetensi Dasar;
  • Indikator Pencapaian Kompetensi;
  • Materi Pembelajaran, dan
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian
  • Alokasi waktu
  • Sumber Belajar.
Format Silabus SMK 2017 

Nama Sekolah                             : diisi dengan nama SMK

Kelas/Semester                           : diisi dengan kelas dan semester berapa mata pelajaran tersebut diberikan

Kompetensi Keahlian                : diisi dengan nama kompetensi keahlian sesuai dengan keputusan Dirjen Dikdasmen                                                             Nomor 4678/D/KEP/MK/2016

Mata Pelajaran                            : diisi dengan mata pelajaran yang tertuang pada struktur kurikulum

Durasi Pembelajaran                 : diisi dengan Jumlah jam yang tertuang pada struktur kurikulum

Deskripsi KI                                 : Diisi dengan rumusan kompetensi inti untuk program pendidikan 3 atau 4 tahun

 

…………………Deskripsi Ki3………………

…………………Deskripsi Ki4………………

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pembalajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
diisi dengan kompetensi dasar sebagaimana tertulis pada Keputusan Dirjen Dikdasmen diisi dengan penanda pencapaian kompetensi dasar berupa perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan diisi dengan materi apa yang akan diajarkan agar siswa dapat mencapai IPK yang diharapkan Diisi dengan aktifitas peserta didik mengikuti sintak model yang dipilih. diisi dengan teknik penilaian yang akan digunakan baik bentuk tes maupun nontes disesuaikan dengan karakteristik IPK antara lain diisi dengan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari 1 pasang KD diisi dengan rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya
             
             

Contoh Silabus SMK 2017 

Silabus SMK 2017 yang banyak ditunggu rekan-rekan pendidik hingga saat ini tidak/belum diterbitkan Direktorat PSMK. Mungkin, kita (sekolah dan pendidik) di dorong untuk membuat sendiri Silabus SMK 2017 . Hal ini memang sesuai dengan Standar Kompetensi Pendidik, karena itu bagaimanapun penyusunan Silabus SMK 2017 tetap menjadi bagian tanggung jawab kita.

 

Silabus SMK 2017 hasil Analisis

Silabus SMK 2017, seperti saya sampaikan di awal posting ini dapat disusun setelah kita melakukan beberapa analisis. Contoh analisis selengkapnya dapat dibaca pada posting menyusun Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 . Setelah menyelesaikan semua analisis kita dapat mengisikan hasil analisis pada format Silabus SMK 2017 seperti contoh di bawah ini.

Contoh Silabus SMK 2017 hasil analisis ini menggunakan format yang tertera pada modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 SMK.

Silabus SMK
Nama Sekolah SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
Kelas/Semester X / 1
Kompetensi Keahlian Nama Kommpetensi Keahlian
Mata Pelajaran Nama Mata Pelajaran
Durasi Pembelajaran 12 jam x 45 menit
Deskripsi KI
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Silabus
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pembalajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

3.1 memahami sepeda roda 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2

1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

 

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

 

 

 

 

4. mengoperasikan sepeda roda 2

Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2

 

Fungsi setiap bagian utama Sepeda Roda 2

 

 

Cara pengoperasian Sepeda Roda 2

 

 

 

 

Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2

Mengamati:

  • sepeda roda 2
  • gambar sepeda roda,
  • gbr bagian-bagian utama sepeda roda 2,
  • video pengoperasian sepeda roda 2

Menanya:

  • membaca buku sepeda roda 2,
  • diskusi terkait bagian-bagian utama, fungsi tiap bagian dan cara pengoperasian sepeda roda 2

Mengumpulkan informasi / mencoba / eksperimen:

  • membaca buku sepeda roda 2
  • mengakses informasi sepeda roda 2 di internet
  • mengakses video belajar sepeda roda 2 di Youtube
  • berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 secara bergiliran

Mengasosiasi / menalar :

  • mendiskusikan hasil mengamati, menanya dan mengumpulkan informasi sepeda roda 2
  • kesimpulan kelompok

Mengomunikasikan:

  • presentasi kelompok
  • tanya jawab dan klarifikasi
  • penguatan
  • mengunggah hasil diskusi ke media blog komunitas
Tes Tertulis

 

 

 

 

Tes Kinerja

 

12 jam

Buku Teks Sepeda Roda 2

Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2

http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html

Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo

https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda

 

 

Contoh Silabus SMK 2017 dari PSMK

 

Silabus SMK
Nama Sekolah SMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
Kelas/Semester X / 1
Kompetensi Keahlian Semua Bidang Keahlian
Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi Pembelajaran 108 Jam Pelajaran (JP)
   
Kompetensi Inti (KI)

KI-3 (Pengetahuan)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Simulasi dan Komunikasi Digital pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..

KI-4 (Keterampilan)

Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Silabus
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pokok JP Kegiatan Pembelajaran Alternatif Penilaian
3.1  Menerapkan logika dan algoritma komputer

 

 

 

 

 

 

4.1  Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)

3.1.1  Menjelaskan konsep logika

 

3.1.2  Mengurutkan prosedur fungsi- fungsi algoritma sederhana dalam kehidupan sehari- hari

 

 

4.1.1  Menggunakan perintah berdasarkan fungsi

 

4.1.2  Membuat permainan dengan perangkat lunak animasi

● Konsep logika dan algoritma

 

● Notasi flowchart

 

 

 

 

 

●  Pembuatan permainan sederhana dengan perangkat lunak animasi

6

  • Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan algoritma menggunakan flowchart

 

  • Mengumpulkan data tentang penggunaan fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi

 

  • Mengolah data tentang fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi

 

  • Mengomunikasikan tentang fungsi-fungsi perintah perangkat lunak animasi

 

Pengetahuan:

  • Tes tulis
  • Tes lisan
  • Penugasan
  • Portofolio

 

Keterampilan:

  • Penilaian unjuk kerja
  • Proyek/

penugasan

•  Portofolio

Demikianlah diskusi Silabus SMK 2017 , semoga bermanfaat.

 

Sumber :

PEDOMAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 
PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN 
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017

 

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

33 thoughts on “Silabus SMK 2017”

  1. Assalamualaikum.
    Pa bagimana cara membuat rpp untuk mata pelajaran IlMu kesehatan untuk sekolah SMK…
    Untuk K13 pa… Mohon panduannya. Pak

    Makasih pak.

    Wassalam

  2. Pak gimana mau buat rpp. Silabus. Sementara br ad kd dan ki saja untuk seni budaya. Sudah keliling cr buku untuk materi ny.. Gx ada yg sm dengn kd terbaru 2017.mohon pengarahan ny pak. Kami d sini belum ad yg png bukunya

    1. Bp / Ibu Yuniar … saya bisa memahami kesulitan yg bapak/ibu hadapi … tapi pasti ada rujukan yg bisa dipakai sebagai sumber belajar … kalau buku cetak yang ‘pas’ belum ada … ya gak papa … sumber belajarnya dari aneka sumber … dijadikan diktat atau modul … saya dulu … nerjemahkan dulu dari buku teks bahasa inggris … karena tdk ada buku cetak tentang teknik yang sesuai … mudahan membantu .. trims

  3. selamat malam, bisa minta di kirim email rpp, silabus,prota,prosem,kkm dll bahasa inggris kls x kurtilas revisi 2016. karena urgent banget utk akre. tq pak

    1. Mohon sekiranya materi yang ada di blog Bapak dapat dikirimkan ke email saya. Saya mengajar fisika smk TIK. Terimakasih atas bantuan Bapak.

  4. selamat sore pak, saya mau bertanya bagai mana cra.a membuat rpp, silabus, mata pelajaran hindolik dan kompresor untuk SMK kls x

  5. Selamat sore pak, pak bagaimana membuat silabus dan rpp fisika smk pak, sedangkan hanya ki dan kd saja, jika bpk ada silabus fisika smk jurusan tkj, mohon infonya pak, terima kasih sblmny

    1. bu Rosalina … maaf baru di balas … sebenarnya saya juga pingin bisa membuatkan contoh untuk mata pelajaran yang lain … bahasa inggris misalnya, tapi saya tidak kompeten dalam materi bahasa inggris … kalau bu Rosa mau membuat … saya bersedia menjadi teman diskusi … dan saya pandu dari sini .. semacam konsultasi online begitu …

  6. Slmat pagii,. Utk silabus bhs. Indonesia K13,. mmg harus di susun oleh guru pengampu,.?? Apakah tdk smdgn KTSP yg lngsung dikeluarkan oleh Dirjen,.

  7. Terima Kasih atas Postingan kali ini.. Semoga saya bisa terus belajar dan mengerti akan semua hal mengenai silabus dan yang lainnya untuk jenjang SMK. Terima Kasih banyak.
    mohon bimbinganya Pak.

    1. Terima kasih juga pak Ali … sudah berkunjung di blog sederhana ini … kita semua memang harus ‘belajar’ menjadi contoh bagi anak-anak … menjadi pembelajar sepanjang hayat …

  8. Selamat Malam Pak, untuk Buku peminatan dan silabus Jasa perhotelan dan pariwisata apakah sdh tersedia pak?
    krn sy kesulitan dalam membuat silabus dan rpp kurikulum revisi 2017.
    trima ksh pak sblm-a.

    1. Selamat siang pak Indra Suryadinata … buku peminatan Perhotelan dan Pariwisata … mungkin ada di SINI
      Tentang SILABUS yang sudah jadi … BELUM / TIDAK ada dari PSMK … menurut pemahaman saya … kita yang membuat. CARA_CARANYA sudah dilatih dalam BIMTEK Implementasi K2013
      Membuat SILABUS dan RPP sudah dapat dilakukan guru berdasarkan KI-KD … asumsinya … tiap guru telah terpenuhi kompetensi pedagogik dan profesionalnya.
      Kira-kira begitu pak … Terima kasih sudah berkunjung dan sharing dengan kami …

    1. siang pak Bayu … kalau pak Bayu mencari silabus smk 2017 yang sudah jadi … saya tidak punya … Direktorat juga tidak menerbitkan silabus yang sudah jadi tersebut … Karena itulah saya mencoba membantu … memposting cara membuat silabus tersebut … termasuk analisis2 yang perlu dilakukan …
      1. Analisis SKL KI KD
      2. Analisis Materi Pembelajaran
      3. Analisis Penerapan Model Pembelajaran
      4. Analisis Penilaian Hasil Pembelajaran

      Demikian pak Bayu … terima kasih sharing nya …

  9. Selamat malam pak. Mau nanya nih pak, apa ada Perangkat Pembelajaran K-13 Sejarah Indonesia Revisi terbaru pak….???

  10. Selamat pagi Pak Endarta, Informasi dan Pentujuknya dapat di lakukan dengan berkelanjutan, saya baca sudah dapat dikembangkan pak…. silabus yang baik atomatis nilai kompetensi (SKL) baik, bila fasilitas sekolahnya baik,Sekolah baik tentunya fasilitas baik pula, sekolah baik modal dasr besar sehingga bayaran sekolah mahal…perlu peikiran… The best school.trimakasih paka

    1. selamat pagi dini hari (malam banget) …
      Sekolah yang berpotensi maju (baik) menurut regulasi adalah sekolah yang mengelola dengan baik 8 standar nasional pendidikan pak … standar isi, proses, kompetensi lulusan, penilaian, pengelolaan, pembiayaan, sarana prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan. Silabus yang baik menjadi salah satu penjaminan mutu pendidikan internal sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.