Struktur Kurikulum SMK 2017

struktur kurikulum

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum pondasi sistem pendidikan. Struktur Kurikulum berisi susunan mata pelajaran. Struktur Kurikulum SMK resmi dirilis berdasar SK Dirjen Dikdasmen. Struktur Kurikulum SMK 2017 memuat Muatan Umum yang terdiri dari Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan yang dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah dan Muatan Peminatan Kejuruan yang terdiri dari Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian.

A. Muatan Nasional
B. Muatan Kewilayahan
C. Muatan Peminatan Kejuruan

Struktur Kurikulum merupakan susunan / bangunan berbagai mata pelajaran yang diperlukan untuk membentuk satu kompetensi tertentu yang disusun menurut pengelompokan, urutan dan intensitas tertentu. Struktur Kurikulum SMK yang merupakan Struktur Kurikulum SMK Terbaru diilustrasikan seperti gambar di atas.

silabus dan rpp smk k2013
HOTS ….. MENYUSUN SILABUS DAN RPP K2013 REVISI 2017 ….. KLIK GAMBAR DIATAS

SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK 2017

Struktur Kurikulum SMK 2017 merupakan Struktur Kurikulum SMK terbaru. Struktur Kurikulum SMK ini ditetapkan penggunaannya melalui SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK 2017. Struktur Kurikulum SMK 2017 wajib digunakan sebagai acuan penyelenggaraan pendidikan kejuruan sejak tanggal penetapannya pada tanggal 10 Februari 2017. SK Dirjen Dikdasmen ini merupakan jawaban tentang perbincangan beberapa waktu yang lalu terkait Struktur Kurikulum SMK 2017 draft maupun hasil uji publik yang sudah cukup lama beredar.

struktur kurikulum
struktur kurikulum

Struktur Kurikulum SMK 2017 ini diterbitkan mengingat bahwa struktur kurikulum pendidikan menengah kejuruan yang saat ini berlaku sudah tidak sesuai dengan tuntutan perkembangan, ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan dunia kerja. Struktur Kurikulum SMK 2017 untuk Pendidikan Menengah Kejuruan ini memuat Muatan Umum yang terdiri dari Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan yang dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah dan Muatan Peminatan Kejuruan yang terdiri dari Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian sebagaimana terlampir dalam keputusan ini.

Struktur Kurikulum SMK 2017 tersebut dinyatakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran di SMK/MAK. Hal ini jelas memberi pesan kepada seluruh warga SMK untuk segera mengupdate dokumen-dokumen yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang digunakan saat ini.

SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK 2017 ini juga menyebutkan bahwa perangkat pembelajaran meliputi beberapa jenis perangkat akan ditetapkan oleh Direktur Pembinaan SMK. Perangkat pembelajaran dimaksud meliputi:

  1. Kompetensi Dasar tiap Mata Pelajaran;
  2. Silabus;
  3. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  4. Kelompok Kompetensi yang akan dilakukan sertifikasi

Download Kompetensi Inti Kompetensi Dasar KI KD Suplemen Struktur Kurikulum SMK 2017

struktur kurikulum
ki kd struktur kurikulum smk 2017

Acuan Penetapan Struktur Kurikulum SMK 2017

Struktur Kurikulum SMK 2017 yang ditetapkan dengan SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK 2017 ini mengacu pada beberapa Undang-undang dan Peraturan Menteri yang saat ini berlaku sebagai payung hukum penyelenggaraan pendidikan, pembelajaran dan penilaian yaitu:

kurikulum-smk-terbaru
kurikulum-smk-terbaru
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 953);
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 954);
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 955);
  9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 897);
  10. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 Tahun 2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan;

Struktur Kurikulum SMK 2017 dan Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Struktur Kurikulum SMK 2017 yang ditetapkan dengan SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 memiliki perbedaan yang bagi saya sangat penting bagi seorang alumni SMK. Mungkin sebagian pembaca menganggap perbedaan struktur kurikulum SMK 2017 ini tidak seberapa. Itu sah-sah saja bagi anda, tetapi sebagai alumni sekolah kejuruan saya merasakan hal yang sangat penting. Perbedaan yang saya anggap sangat penting adalah adanya Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

kewirausahaan smk
kewirausahaan smk

Struktur Kurikulum SMK 2017 yang mendesain ulang mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kemudian menggabung sekaligus memasukkannya ke dalam  mata pelajaran peminatan kejuruan merupakan satu terobosan yang berani. Saya yakin perubahan ini telah melalui diskusi yang alot karena ‘mengubah’ struktur kurikulum tidaklah mudah. Struktur Kurikulum SMK 2017 tidak seutuhnya mengubah struktur kurikulum 2013 yang sudah ditetapkan secara nasional, namun hanya menajamkan pembelajaran kejuruan dan pembelajaran kewirausahaan.

Kompetensi kewirausahaan bagi siswa SMK menurut saya wajib bahkan seharusnya otomatis mereka memiliki jiwa kewirausahaan dengan berbekal berbagai keterampilan yang dipelajari pada mata pelajaran kejuruan. Namun fakta yang ada hingga saat ini banyak alumni SMK yang belum mampu mewujudkan kompetensi kewirausahaan berbasis pada keterampilan-keterampilan yang sudah dipelajari hingga berdampak masih banyaknya siswa SMK yang menganggur.

Jiwa dan semangat kewirausahaan dengan memanfaatkan keterampilan kejuruan harus ditumbuhkembangkan bersama-sama. Karena itulah Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam Struktur Kurikulum SMK 2017 ini sangat tepat. Dengan prinsip-prinsip ini seharusnya tidak ada lagi pelajaran kewirausahaan di SMK tetapi materi atau keterampilan yang di angkat sebagai bidang berwirausaha adalah jenis keterampilan lain dan bukan keterampilan kejuruan yang dipelajarinya. Jadi Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam Struktur Kurikulum SMK 2017 harus menjadi titik tolak revolusi pembelajaran kewirausahaan yang linier dengan keterampilan kejuruan setiap siswa SMK.

Contoh Mapel dan Alokasi waktu pada Struktur Kurikulum SMK 2017 Teknologi Rekayasa

MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
318
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
212
3.
Bahasa Indonesia
354
4.
Matematika
424
5.
Sejarah Indonesia
108
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
352
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
108
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
144
Jumlah A dan B
2.020
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
108
2.
Fisika
108
3.
Kimia
108
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik
180
2.
Dasar Listrik dan Elektronika
180
3.
Dasar Pemrograman
108
C3. Kompetensi Keahlian
1.
Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler
144
2.
Penerapan Rangkaian Elektronika
456
3.
Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
420
4.
Penerapan Sistem Radio dan Televisi
456
5.
Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video
238
6.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
350
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
2.856
Total
4.876

Struktur Kurikulum SMK 2017 Teknologi & Rekayasa Teknik Audio Video

MATA PELAJARAN
KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
4.
Matematika
4
4
4
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
3
3
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3
3
3
3
4
4
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
2.
Fisika
3
3
3.
Kimia
3
3
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik
5
5
2.
Dasar Listrik dan Elektronika
5
5
3.
Dasar Pemrograman
3
3

C3. Kompetensi Keahlian

1.
Mikroprosesor dan Mikrokontroler
4
4
2.
Penerapan Rangkaian Elektronika
7
7
6
6
3.
Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video
6
6
6
6
4.
Penerapan Sistem Radio dan Televisi
7
7
6
6
5.
Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio dan Video
7
7
6.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46

Struktur Kurikulum SMK 2017 Teknologi & Rekayasa | Teknik Elektronika Industri

MATA PELAJARAN
KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
4.
Matematika
4
4
4
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
3
3
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3
3
3
3
4
4
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
2.
Fisika
3
3
3.
Kimia
3
3
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik
5
5
2.
Dasar Listrik dan Elektronika
5
5
3.
Dasar Pemrograman
3
3

C3. Kompetensi Keahlian

1.
Mikroprosesor dan Mikrokontroler
7
7
2.
Penerapan Rangkaian Elektronika
6
6
6
6
3.
Sistem Pengendali Elektronik
7
7
6
6
4.
Pengendali Sistem Robotik
4
4
6
6
5.
Pembuatan , Perbaikan dan Pemeliharaan Peralatan Elektronika
7
7
6.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46

Struktur Kurikulum SMK 2017 Bisnis dan Manajemen | Bisnis Daring dan Pemasaran

MATA PELAJARAN
KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
4.
Matematika
4
4
4
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
3
3
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3
3
3
3
4
4
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
2.
Ekonomi Bisnis
2
2
3.
Administrasi Umum
2
2
4.
IPA
2
2
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Marketing
4
4
2.
Perencanaan Bisnis
4
4
3.
Komunikasi Bisnis
5
5
C3. Kompetensi Keahlian
1.
Penataan Produk
4
4
6
6
2.
Bisnis Online
7
7
7
7
3.
Pengelolaan Bisnis Ritel
6
6
6
6
4.
Administrasi Transaksi
7
7
6
6
5.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46

Struktur Kurikulum SMK 2017 Bisnis dan Manajemen | Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

MATA PELAJARAN
KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
4.
Matematika
4
4
4
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
3
3
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3
3
3
3
4
4
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
2.
Ekonomi Bisnis
2
2
3.
Administrasi Umum
2
2
4.
IPA
2
2
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Teknologi Perkantoran
4
4
2.
Korespondensi
5
5
3.
Kearsipan
4
4
C3. Kompetensi Keahlian
1.
Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
6
6
7
7
2.
Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
6
6
6
6
3.
Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
6
6
6
6
4.
Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
6
6
6
6
5.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46

Struktur Kurikulum SMK 2017 Bisnis dan Manajemen | Akuntansi dan Keuangan Lembaga

MATA PELAJARAN
KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.
Bahasa Indonesia
4
4
3
3
3
3
4.
Matematika
4
4
4
4
4
4
5.
Sejarah Indonesia
3
3
6.
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3
3
3
3
4
4
B. Muatan Kewilayahan
1.
Seni Budaya
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
Jumlah A dan B
24
24
17
17
16
16
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1.
Simulasi dan Komunikasi Digital
3
3
2.
Ekonomi Bisnis
2
2
3.
Administrasi Umum
2
2
4.
IPA
2
2
C2. Dasar Program Keahlian
1.
Etika Profesi
4
4
2.
Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
5
5
3.
Akuntansi Dasar
5
5
4.
Perbankan Dasar
4
4
C3. Kompetensi Keahlian
1.
Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
6
6
7
7
2.
Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
4
4
4
4
3.
Akuntansi Keuangan
6
6
6
6
4.
Komputer Akuntansi
5
5
5
5
5.
Administrasi Pajak
3
3
3
3
5.
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
5
5
5
5
Jumlah C (C1, C2, dan C3)
22
22
29
29
30
30
Total
46
46
46
46
46
46

Struktur Kurikulum SMK 2017 adalah Struktur Kurikulum 2013 SMK Revisi 2016

Struktur Kurikulum SMK 2017 adalah Struktur Kurikulum 2013 SMK Revisi 2016 . Mengapa saya katakan demikian? Sejak pertengahan tahun 2105 telah dilakukan berbagai diskusi dan kegiatan penyusunan draft Revisi Kurikulum 2013. Dalam kegiatan Diklat Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 di VEDC Malang, salah satu Instruktur Nasional Kurikulum 2013 juga sudah menginformasikan telah diperolehnya Draft Revisi Kurikulum 2013 dan sudah dilakukan uji publik. Ini telah mengindikasikan adanya revisi terhada Kurikulum 2013 SMK.

Namun, hingga tahun 2016 berakhir, berita tentang Kurikulum 2013 SMK Revisi belum ada kepastian sampai terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 Tahun 2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan yang menata terlebih dahulu sebaran (spektrum) bidang keahlian, program keahlian dan paket keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK/MAK)

Adanya rencana Kurikulum 2013 Revisi juga menghembuskan isu dan atau istilah yang lain tentang Kurikulum SMK yaitu istilah Kurikulum Nasional, Kurikulum Terbaru, Kurikulum 2013 Revisi 2016. Di samping itu kita juga sama-sama tahu di tahun 2016 telah diterbitkan Spektrum SMK yang baru. Spektrum SMK yang baru dan final itu telah mengisyaratkan adanya perubahan-perubahan. Akhirnya Struktur Kurikulum SMK 2017 berlaku sebagai Struktur Kurikulum 2013 SMK Revisi 2016.

Struktur Kurikulum SMK 2017 adalah Struktur Kurikulum SMK Terbaru

Struktur Kurikulum SMK 2017 adalah Struktur Kurikulum SMK Terbaru. Sejak diberlakukan mulai tahun 2013 belum pernah ada lagi struktur kurikulum yang ditetapkan. Mengingat banyaknya tantangan ke depan bagi lulusan SMK sangat tepat adanya langkah penataan ulang Kurikulum 20013 ini.

Struktur Kurikulum SMK 2017 mengucapkan terima kasih kepada www.google.co.id atas penayangan snippet posting Struktur Kurikulum SMK 2017 yang mendapat tempat penayangan spesial.

kurikulum smk terbaru
kurikulum smk terbaru

.

Download Struktur Kurikulum SMK 2017

Struktur Kurikulum SMK 2017 yang ditetapkan dengan SK Dirjen Dikdasmen No. 130/D/KEP/KR/2017 dapat di download di sini …

Salinan SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK No 130 ( https://drive.google.com/file/d/0BxuiQ-cxi2TYRVhxUVhwekFVcms/view )
Salinan Lamp SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK No 130 ( https://drive.google.com/file/d/0BxuiQ-cxi2TYMGwyd0U1VFNFa3c/view )

struktur kurikulum saat ini struktur kurikulum smk 2018

Kompetensi Inti – Kompetensi Dasar (KI-KD) Struktur Kurikulum SMK 2017

Kompetensi Inti (KI) menurut Permendikbud No. 24 Tahun 2016 yang dibedakan dalam 4 (empat) jenis kompetensi inti, sesungguhnya adalah kompetensi generik untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan SMK pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi Inti (KI) sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas:
a. Kompetensi Inti (KI) sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti (KI) sikap sosial;
c. Kompetensi Inti (KI) pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti (KI) keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi dan ruang lingkup materi yang bersifat spesifik untuk setiap mata pelajaran.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Berdasarkan Permendikbud No. 24 2016

Kompetensi Inti yang tercantum dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 untuk Sekolah Menengah Kejuruan SMK terdiri atas kompetensi inti mata pelajaran – mata pelajaran sebagai berikut:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Sejarah Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi Inti untuk mata pelajaran kelompok C yang merupakan ciri khas SMK pada permendikbud No. 24 Tahun 2016 belum tercantum. Karena itulah Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Revisi 2017 tidak lama lagi tentu akan di rilis.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Bahasa Indonesia Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Matematika Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah”.
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Revisi 2017

Kompetensi Inti KI SMK (Revisi 2017) berdasarkan Pedoman Penataan Ulang Spektrum Keahlian PMK (Edisi 2017), rumusan Kompetensi Inti SMK Revisi menggunakan format :

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________ _______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Mata Pelajaran Kelompok A dan B selain PA-BP dan PPKn untuk Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja ______ ___________________________(diisi Nama Mapel) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja _________ _________________ ___________________(diisi Nama Mapel).

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Mata Pelajaran Kejuruan Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

133 thoughts on “Struktur Kurikulum SMK 2017”

  1. bagaimana pembagian jam untuk bahasa inggris dan bahasa asing lainnya biasa nya guru bahasa inggris disekolah lebih banyak dari guru bahasa asing lainnya dan biasa nya sekolah mengambil kebijakan memberi jam mengajar untuk bahasa inggris dan guru bahasa asing lainnya tidak diberi jam mengajar atau pembagian jam nya di bagi 2? mohon penjelasannya soalnya kami guru2 bahasa asing lainnya sering dianak tirikan untuk diberi jam mengajar disekolah padahal siswa-siswi banyak sekali berminat dengan bahasa asing lainnya khusus bahasa jepang disekolah saya dan permasalahan didapodik untuk pelajaran bahasa asing lainnya apakah sudah ada semenjak diterbitkan nya sk dirjen?semenjak kebijakan muatan lokal untuk di smk dihapus didata dapodik tidak dapat memuat pelajaran bahasa asing lainnya.mohon penjelasannya sehingga kami dapat mengajar sesuai dengan bidang ajar yg kami kuasai khususnya bahasa jepang dismk

    1. Terima kasih bu Novita sari sudah berkunjung …
      mengenai pembagian jam seperti yg ibu tanyakan, sampai saat ini kita masih menunggu mungkin ada petunjuk lebih lanjut dari pembina kita
      menurut hemat saya, kita menyediakan pembelajaran di SMK dengan harapan dapat menjadi bekal siswa terjun di persaingan global. Untuk itu siswa harus mampu berkomunikasi sekurang-kurangnya dengan bahasa internasional dan Bhs Inggris masih menjadi bahasa pengantar paling umum. Karena itu kayaknya bhs inggris perlu mendapat porsi lebih banyak atau lebih dahulu sehingga siswa ‘nanti’ mempunyai kesempatan lebih luas.
      Namun jika SMK ybs memiliki MoU dgn negara tertentu yg menggunakan bahasa tertentu, menurut saya bahasa pengantar untuk negara tertentu ini perlu mendapat porsi lebih banyak atau lebih dahulu.
      Maaf .. hanya logika saya sebagai pemerhati pendidikan SMK
      Terima kasih sharingnya, semoga diperhatikan oleh para pembina kita. Semangat!!

      1. Aslmkm. perkenalkan kami dari SMK di Kabupaten Banyumas dan baru akan melaksanakan Kur2013, karena sekolah kami sebelumnya menggunakan KTSP 2006. mohon pencerahannya atas beberapa hal yang belum kami pahami yakni sebagai berikut :
        1. Pemberlakuan Kur 2013 revisi 2016 proses pembelajarannya sesuai informasi yg saya dapat dari berbagai sumber, apakan akan dilaksanakan 5 hari dalam seminggu atau pelaksanaan 8 jam sehari?
        2. sesuai dengan struktur kurikulum yang diterbitkan oleh Dirjen yang terbaru bahwa ada beberapa mapel yang semula di KTSP 2006 ada namun di Kur 2013 hilang misalnya mapel IPA, mohon solusi atas pendidik yang mengampu mapel yang hilang tersebut.
        3. pemahaman kami mengenai alokasi Jam perminggu yg tertera di struktur itu belum termasuk mapel muatan lokal (istilah mapel di KTSP 2006) yakni mapel Bahasa Jawa, apakan boleh mapel tersebut dimasukan dengan tanpa mengurangi jumlah jam yang tertera distruktur tersebut dengan konsekuwensi waktu pembelajaran akan bertambah.
        4. Mohon petunjuk untuk SILABUS seluruh Mata Pelajaran yang sesuai dengan Mapel Kur 2013 revisi 2016 kami bisa peroleh dari mana, mohon kami untuk dikirimkan softcopy bila ada di alamat email : wawan_hermawanto82@yahoo.com
        5. untuk mapel khususnya yang Produktif (istilah di KTSP 2006) apakah kompetensinya boleh dikolaborasikan sesuai dengan kebutuhan DU/DI jika ada beberapa Kompetensi Keahlian ditempat kami yg sudah MoU dengan Industri?
        6. Apakah kami (Sekolah) tetap membuat Kurikulum yang disyahkan oleh Dinas Propinsi sebagaimana posisi pada saat kami melaksanakan Kurikulum KTSP 2006, apabila tetap untuk membuatnya sudilah kiranya Bapak / Ibu untuk memberikan sekedar contoh guna acuan pembuatan Kurikulum tersebut karena sekolah kami berarti berlaku 2 kurikulum sekaligus yakni KTSP 2006 (Kelas XI dan XII) dan Kurikulum revisi 2016-Kurikulum Nasional (kelas X).

        Sekali lagi kami mohon maaf atas kelancangan kami dalam menanyakan banyak pertanyaan diatas, mohon perkenan Bapak / Ibu untuk memberikan pencerahan ataupun Solusi agar dapat segera kami tindaklanjuti mengingat waktu pelaksanaan Tahun Pelajaran 2017/2018 akan segera diberlakukan

        1. Wa alaikum salam wr wb .. trims pak Wawan kunjungannya.
          1. Pembelajaran K2013 dengan pola 5 hari pada dasarnya tetap bisa diterapkan.
          2. mapel IPA memang tidak tersedia lagi alokasi waktunya, solusi atas pendidik yang mengampu mapel yang hilang tersebut sudah disediakan pemerintah, yaitu mengikuti Program Keahlian Ganda atau pindah mengajar pada Program Keahlian Kuliner (masih ada IPA)
          3. Mulok silahkan jawaban saya di atas.
          4. silabus (yang lama karena yang revisi masih draft) bisa didapat di sini https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1133/silabus-mata-pelajaran-dan-kompetensi-dasar
          5. Kompetensi dasar-kompetensi dasar dapat dilakukan sinkronisasi dengan DU/DI tentunnya bukan mengurangi yg ada ditingkat nasional.
          6. Sekolah tetap membuat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai acuan operasional.

          Demikian pak Hermawan .. mudah-mudahan membantu … Semangat !!!

          1. tambahan untuk pendidik pengampu mapel ipa (guru honorer) tidak bisa ikut program keahlian ganda kalau belum punya NUPTK kan pak? Mohon infonya bagaimana mendapatkan NUPTK bagi guru honorer

  2. Untuk muatan KI/KD tiap mata pelajaran apakah sudah ada pak, mengingat banyak materi baru.kami bisa download dimana? terimakasih penjelasannya

    1. Terima kasih bu Nawang, sudah berkunjung di blog saya … untuk KI KD secara resmi belum di release … mungkin masih dalam proses .. namun dalam kegiatan penyegaran k13 .. baru-baru ini sudah diperkenalkan KI KD baru seperti yg bu Nawang maksudkan … kita tuggu..

        1. pak Slamet Riyadi … biasanya kalo sudah direlease … rekan2 dari direktorat menyebarkan lewat grup-grup atau komunitas dimana mereka tergabung. Kemudian menyebar ke grup yang lain dst. Tapi biasanya beritanya direlease juga di web psmk. …

    2. Assalamualaikum, mohon maaf Admin juga pak Nawang.KI KD SMK Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru sudah muncul per tanggal 6 juli 2017 kemarin. Coba cek disitus PSMK Kemdikbud!

  3. informasi yang sangat bermanfaat, yang menjadi pertanyaan saya, jika mapel produk kreatif dan kewirausahaan dimasukkkan ke dalam kelompok C3, maka yang berhak mengampu mapel ini apakah guru kewirausahaan atau guru produktif? terima kasih

    1. bu Silvi terima kasih kunjungannya,
      sangat menarik memang ‘terobosan’ dengan adanya produk kreatif dan kewirausahaan … saya sangat yakin … kewirausahaan yang berbasis keterampilan kejuruan akan mampu menabur benih wirausahawan muda di negara kita untuk menjemput peluang global.
      Untuk mengajar mapel ini , guru perlu memiliki kemampuan ‘menangkap peluang-peluang disekitar penerapan kejuruan’ tersebut. Contoh, di bidang elektronika guru perlu pengetahuan dasar-dasar kejuruan , penerapan-penerapan dasar kejuruan, dst.
      Jadi, menurut saya ‘berbekal guru kwu saja’ tidak cukup … perlu belajar dasar kejuruan … karena itu bu Silvi saya anjurkan mendaftar program Keahlian Ganda … masih banyak yg diperlukan

      salam …

      1. Pak maaf untuk guru yg gtt di smk negeri kan kalo ikut keahlian ganda harus yg sudah 5 tahun pk..sedangkan sya baru 3 tahun ngarya dan sya guru mapel prakarya dan kwu. Lah apa nanti kalo diterapkan spektrum yg baru sya masih bisa mengajar pk? Mohon penjelasannya..

        1. bu Markhatun … saya bisa memahami ‘kekhawatiran’ penjenangan … kita masih menunggu .. mungkin ada kebijakan terkait siapa yang mengajar mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan apakah guru produkif saja atau guru kwu saja atau guru produktif dan guru kwu sebagai tim … walaupun belum bisa resmi mendaftar keahlian ganda … saya menyarankan bu Markhatun belajar mandiri dulu pada program keahlian ganda yang sesuai minat penjenengan … tentunya banyak cara bisa ditempuh. Pada saatnya bisa mengikuti program keahlian ganda secara resmi …penjenengan sudah lebih siap. Ini jauh lebih baik. Rekan-rekan di sekolah secara tidak langsung akan ‘menghargai’ dan ‘mencatat’ usaha keras penjenengan … Tetap semangat bu !!!

  4. Mohon Informasi Kurikulum dan Struktur Kurikulum SMK Nomor 130/D/KR/2017 apakah diberlakukan pada Ajaran Baru 2017/2018 dan sudah match atau sudah teradopsi dalam Dapodikdasmen, mohon informasinya

    1. bu Wienaulia … terima kasih sudah berkunjung…
      Struktur kurikulum seharusnya diberlakukan pada klas X tahun ini … dan dapodikdasmen … pasti akan mengadopsinya karena … penataan kurikulum smk kali ini … termasuk implementasi Instruksi Presiden tahun 2016 yang lalu
      menurut saya .. begitu bu Wienaulia …

  5. Assalamualaikum Pak Endarta, berarti dari sumber tulisan Bapak di atas, maka ada berberapa mata pelajaran yang tidak diajarkan di kelas XI dan kelas XII, seperti halnya pelajaran Seni budaya. Maka kelas XI dan XII akan mengalami penambahan jam di mapel yang laen atau kelas tersebut mengalami pengurangan jam belajar? Mohon infonya ya pak, terima kasih sebelumnya.

    1. wa alaikum salam … betul pak Ronald Tarakindo … beberapa mata pelajaran tidak diajarkan lagi pada klas XI dan XII … ya seperti Seni Budaya, Kimia, Fisika, Sejarah … namun jam belajar per minggunya tetap. Jam belajarnya bertambah di program kejuruannya … terima kasih sudah berkunjung …

  6. Terimakasih atas pencerahan perihal kurikulum untuk smk. Yang ingin sy tanyakan, bagaimana dengan muatan lokal seperti bahasa daerah ? Kemudian bagi guru kewirausahaan yang belum mengambil keahlian ganda, mata pelajaran apa yang bisa diampu ? Apakah keahlian ganda di programkan untuk semua guru yg termasuk kel. muatan nasional, kewilayahan atau kejuruan? Bagaimana pemetaan bagi guru baik yg ASN maupun honor yg kekurangan jam akibat perubahan kurikulum ini ? Terimakasih

    1. bu Yekti Wahyuningdyah … terima kasih sudah berkunjung …
      Menurut penjelasan dalam PEDOMAN PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN pada PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN (modul pelengkap bimtek Kurikulum 2013), sekolah masih dimungkinkan menambah jam belajar, kemudian dalam struktur kurikulum, terdapat Muatan Kewilayahan. Sepertinya ini bisa menjadi pintu masuk Muatan Lokal seperti bahasa daerah.
      Struktur kurikulum sudah sangat jelas, saran saya, rekan-rekan pengajar kewirausahaan mengikuti Program Keahlian Ganda …
      Guru-guru normatif dan adaptif diundang untuk mengambil keahlian ganda. Ini adalah langkah pemerintah mengatasi kekurangan guru produktif. Saran saya, ikuti program keahlian ganda.
      Semangat bu …. !!!

      1. Pak untuk Muatan Lokal pada Laporan Hasil Belajar apakah bisa dimasukkan ke dalam kelompok muatan kewilayahan….. ? Dan apakah include dalam jam KBM 2 JP? Struktur Kurikulum perminggu 46 JP bolehkah ditambahkan menjadi 48 JP?… mohon penjelasannya pak…..thanks u….

    1. Wa alaikum salam bu Erma Suryani … terima kasih sudah mampir di blog saya
      Maaf bu … saya tidak bisa menyatakan linier atau tidak linier … saya juga belum mendapat info yang pasti tentang hal ini. Tetapi rekan-rekan normatif dan adaptif … menurut info yang saya baca … diundang mengikuti program keahlian ganda. Kalau bu Erma punya sertifikat ganda yg dipilih .. tentunya akan mendapat mapel sesuai keahlian ganda .. boleh jadi mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan ..
      Semangat Bu …!

  7. Mohon info pak, pedoman penerapan Spektrum baru ini bagaimana pak? Sekolah kami ada program keahlian teknik konstruksi kayu dan di Spektrum baru sekarang yg ada desain permodelan dan informasi bangunan dan program keahlian bisnis konstruksi dan properti, jadi kami pilih mana? Dan perubahan ini apakah otomatis atau harus ada persyaratan lain seperti SK dari dinas pendidikan?
    Terimakasih

    1. Pak Ali Rahman Lubis, terima kasih sudah berkunjung …
      Teknik Konstruksi Kayu menurut hemat saya lebih sesuai pada Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti. Konstruksi sudah menunjukkan ciri yang isinya serupa .. Properti itu istilah yg ngetrend untuk barang-barang perlengkapan yang kita perlukan. Jadi, menurut saya pas! dan keren ! … dengan mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan … nantinya siswa terlatih … bukan hanya jadi (maaf) tukang doang .. seperti dipersepsikan sebagian masyarakat … tetapi juga terlatih untuk menjadi pengusahanya … kalau Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan .. itu merujuk pada Gambar Bangunan .. Dengan nama baru .. semoga anak-anak kita termotivasi … menjadi pengusahanya … walaupun memang bagus dimulai dari tahapan yg sesuai … Penerapannya mulai klas X 2017-2018 ini .. Semangat Pak … Sukses!!!

  8. untuk pelajaran Produk dan Kewirausahaan. Guru apa yg bawa mata pelajarannya,. guru Kewirausahaan kah, atau Guru Produktif. Mohon infonya pak. Terima kasih

    1. Bu Lilik Subagio yang berbahagia … saya tidak berhak untuk membuat keputusan siapa yang paling berhak mengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan … jika diampu oleh guru produktif maka yang bersangkutan seharusnya dibekali kompetensi profesional kewirausahaan … jika diampu oleh guru kewirausahaan maka yang bersangkutan seharusnya dibekali kompetensi profesional / kejuruan yang relefan … jika diperbolehkan diampu 2 guru sebagai tim yaitu guru kewirausahaan bersama guru kejuruan … terima kasih sudah berkunjung …

  9. Assalamualaikum wr.wb.
    kak saya ingin bertanya apakah kurikulum ini akan berlaku untuk seluruh sekolah smk di wilayah indonesia ataukah kurikulum ini hanya akan dilakukan dibeberapa daerah tertentu saja sbg uji coba spt yang terjadi pada kurikulum 2013 yang lalu yg pada akhirnya di revisi krn ada yang harus diubah?

    1. Dinda Anisa … terima kasih sudah berkunjung … mungkin anda membacanya sebagai Kurikulum SMK 2017 … saya koreksi sedikit lebih tepatnya Struktur Kurikulum SMK Revisi 2017 … jadi Struktur Kurikulum ini adalah juga Struktur Kurikulum 2013 SMK . Struktur Kurikulum ini merevisi Struktur Kurikulum 2013 untuk SMK yang dinilai tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini. Seperti kita ketahui bahwa secara bertahap penerapan kurikulum 2013 akan terus diperluas ke sekolah2 yang baru yang sebelumnya masih menggunakan kurikulum 2006. Kurikulum 2013 bagi SMK sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo terus disempurnakan dan saat ini yang sudah diumumkan adalah Spektrum Keahlian SMK dan Struktur Kurikulum SMK yang menurut item Keputusan Dirjen yang kedua berbunyi …. Struktur Kurikulum sebagaimana dimaksud merupakan acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran di SMK/MAK.

  10. Pak KI KD untuk struktur kurikulum revisi ini kok belum ada juga ya? padahal sebentar lagi tahun ajaran baru, terus kalau sampai tahun ajaran baru belum juga ada kami mesti menggunakan KI KD yang lama atau gimana? tolong dishare secepatnya kalau KI KD sudah ada ya pa, terimakasih!

    1. Kang Abi .. memang benar KI KD untuk struktur kurikulum revisi ini belum resmi di release .. tetapi versi draft 2017 sudah ada .. mudah-mudahan tidak lama lagi segera di realese . Insya Allah kalau sudah ada secepatnya kita sharing kan dengan rekan-rekan pendidik.
      Semangat Kang Abi!!

  11. Maaf pak Endarta… KI KD untuk jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang versi draft 2017 apa ada sama Bapak? klo ada bisa tolong dishare pak

    1. Pak Rizko … KI KD untuk jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang versi draft 2017 .. ada .. kalau pak Rizko mau bisa saya share …
      Terima kasih sudah berkunjung …

      1. selamat malam pak endarta adi DI KURIKULUM TERBARU mata pelajaran smk khususnya jurusan otomotif apakah masih ada mata pelajaran K3 KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA ,mohon penjelasan nya terima kasih

        1. pak / bu Ari … K3S otomotif ada di mapel Teknologi Dasar Otomotif … 3.1 Memahami prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 4.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko kecelakaan kerja …. jadi sepasang KD

          1. oh itu di kurikulun 2013 ya pak endarta?k3 jadi satu KD dengan mapel teknologi dasar otomotif ,apakah pak endarta punya rpp, silabus dan materi yang mengenai untuk mapel K3 di mapel teknologi dasar otomotif?kalau ada boleh kirim ke email saya musaalasrary@yahoo.com mohon penjelasanya terima kasih.

  12. Bagaimana dengan keberadaan mulok dalam spektrum 130 2017? Penerapannya seperti apa? Muloknya apa? Apakah berdiri sendiri atau diintegrasikan dengan Mapel lain? Dalam spektrum tidak diatur jelas tapi di Dapodik muncul dengan alokasi 2 jam…mohon pencerahannya

    1. ya pak Adi Hidayat Argubi .. pada peraturan sebelumnya (agak lupa) memang dinyatakan bahwa daerah dapat menambah jam belajar sebanyak-banyaknya 2 jam pelajaran. Ini untuk mengakomodir mata pelajaran daerah. Contoh di Kalimantan Selatan ditambah Pendidikan Baca Tulis Al Quran. Jika sudah digunakan maka seharusnya tidak ada lagi mata pelajaran muatan lokal yang lain. Jika ada kompetensi yang masih perlu ditambahkan .. seharusnya hanya bisa ditambahkan sebagai sub KD atau materi ajar tambahan. Tentunya ini dilakukan pada saat menyusun KTSP nya atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau Kurikulum Tingkat Sekolah.
      Demikian pak Adi Hidayat … terima kasih sharingnya ..

      1. pa maaf boleh minta file file administrasi kurikulum 2013 versi revisi 2016 untuk jurusaN TKJ. kebetulan saya tenaga pengajar baru,jadi belum terlalu paham klo untuk versi yg terbaru.

  13. Assalamualaikum wr.wb.
    Ma’af pak , saya mantan pengajar sekolah pertanian ( SPP-SPMA ) di bawah binaan Dinas Pertanian kalau boleh ada usul atau saran terhadap Kurikulum 2017 yang merupakan revisi kurikulum 2013 untuk SMK Pertanian bidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi , program keahlian Agribisnis Produksi Tanaman mapel Pemupukan , Penyuluhan Pertanian dan perlindungan tanaman (Perlintan) ini sangat penting dalam menyiapkan tenaga pertanian untuk melaksanakan tugas – tugas dilapangan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Khususnya mapel pemupukan dan perlintan ini berbeda dengan pemupukan dan perlintan di dalam mapel paket keahlian . Dalam mapel paket keahlian hanya menjelaskan pemupukan atau pengendalian hama ( perlintan ) terhadap tanaman yang diusahakan . Misalnya mapel dalam paket keahlian tidak membahas tentang pengertian pestisida , penggolonngan pestisida , cara kerja pestisida, sifat – sifat pestisida, formula pestisida, asal mula munculnya hama , perkembangan hama, status hama, penyebab perubahan status hama, aras keseimbangan umum ( AKU ) hama, tingkat ambang batas hama , aras luka ekonomi dsb. Begitu pula mapel pemupukan tidak hanya sekedar dosis , umur dan cara pemupukan saja tetapi mambahas jenis – jenis pupuk sesuai kebutuhan , jenis pupuk berdasarkan banyaknya unsur hara yang di kandungnya, cara penyimpanan pupuk , sifat – sifat pupuk , pengaruh masing – masing pupuk terhadap tingkat keasaman tanah, macam – macam unsur hara, menghitung kadungan unsur hara pada pupuk , menghitung jumlah pupuk berdasarkan kandungan unsur hara dsb. sedangkan mapel penyuluhan ini sangat penting karena ilmu ini di pergunakan lulusan SMK Pertanian tidak hanya berinteraksi saja dengan masyarakat tetapi mempelajari ilmu sosiologi pedesaan dalam mempengaruhi masyarakat untuk melakukan perubahan inovasi teknologi pertanian . Mohon kiranya bila di kemudian hari ada perbaikan kurikulum 2017 ini ketiga mapel tersebut di masukan kembali seperti kurikulum SMK 2013. Demikian saran dan usulan ini semoga bermanfa’at . Terima kasih . .

    1. Pak Suwardi, terima kasih sharing bapak …
      saya sendiri kurang memahami kd maupun mapel di program keahlian pertanian … jadi tidak pe de untuk ikut membahasnya … memang sebenarnya diperlukan kejelian guru untuk mengkaji dan mem breakdown … suatu KD ke dLm indikator pencapaian kompetensi (IPK) dan selanjutnya mempertajamnya di pembuatan tujuan pembelajaran
      Maksud saya .. mungkin ada KD yang kata-kata seperti sederhana .. tetapi kemampuan guru membreakdown KD ke dlm IPK-IPK dan tujuan-tujuann pembelajaran tadi … akan mampu menyusun materi-materi ajar apa yang harusnya tercover dalam RPP yang lengkap sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lengkap.
      Mudah-mudahan posting blog ini juga dibaca mereka yang berkepentingan yang terlibat dalam penyusunan atau revisi Kurikulum khususnya bidang pertanian.
      Sekali lagi terima kasih …

      1. Terimakasih informasinya pak.
        Jadi bingung sekarang mau buang RPPnya, karena belum keluar silabusnya…heheheheee
        Tuntutan klau sudah masuk udh punya perangkat pembelajaran…ehehhehe

        1. pak Tadonny .. silabus itu sesungguhnya juga salah satu kompetensi wajib guru .. artinya guru diharapkan mampu membuat silabus .. kalau pak Tadonny mau .. coba baca posting saya yang lain yg menyangkut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP .. Indikator Pencapaian Kompetensi IPK .. Tujuan Pembelajaran .. Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Silabus dan RPP SMK Terbaru .. masing2 ada konten menyangkut RPP .. kalau masih ada yangbelum jelas nanti saya bantu …

  14. Aslkm wr wb
    Apakah untuk bidang produktif telah disediakan buku2 pelajarannya, karena selama ini kami mncari sendiri litelatur dari apa yg akan diajarkan, karena tidak adanya buku pegangan untuk guru

    1. pak Marwan … buku sebagai sumber belajar bisa menggunakan BSE Buku sekolah elektronik .. sudah banyak disediakan .. mungkin belum komplit banget … tapi buanyak kok, dulu waktu kami baru mulai mengajar di tahun 87 juga belum ada buku guru – buku siswa bahkan buku teknik berbahasa Indonesia saja juga belum ada .. jadi nerjemahkan sendiri .. tapi sekarang ini PSMK sudah banyak menyediakan buku kejuruan yang disebut Buku Sekolah Elektronik ..

  15. Assalamualaikum, mohon maaf pa sy tertarik dengan keahlian ganda, bagaimana caranya kita bisa mengikuti pendidikan keahlian ganda bagi guru yg tidak mendapatkan undangan ?
    Terima kasih.

    1. pak Muhamad … mungkin tidak masuk kategori ini … Persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru yang akan mengikuti Program Keahlian Ganda adalah sebagai berikut.
      1. Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1/D-4
      2. Usia maksimal antara 45 sd 55 tahun sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian (lampiran 1).
      3. Guru dengan kondisi sebagai berikut:
      a. guru mengampu mata pelajaran adaptif di SMK yang tidak tercantum dalam kurikulum 2013, yaitu guru mata pelajaran IPA, IPS, Kewirausahaan, dan KKPI;
      b. guru mengampu mata pelajaran normatif di SMK yang berlebih yaitu guru Matematika, PPKn, Penjas, dan Seni Budaya;
      c. guru SMA yang berlebih yaitu PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Antropologi, dan TIK.
      d. guru produktif SMK lebih yang berlebih (yang kekurangan jam mengajar) sesuai dengan sertifikat yang dimilikinya.
      e. guru produktif SMK yang paket/program keahlian yang diampunya tidak diselenggarakan lagi di sekolahnya.

      1. Syarat no.1,2 dan 3 sy terpenuhi semua pa.
        Tp ga dapat undangan.
        Sy ingin ikut caranya bagaimana, diluar undangan tapi legal dan syah di akui sertifikatnya.

      2. maaf pak kapan dibuka program keahlian ganda tahap 2? dan bagimana prosedur nya untuk bisa mengikuti program KG tersebut?

  16. Untuk bisnis daring dan pemasaran dimana bisa download materinya? Karena sprtinya materinya agak susah d dapat. Apakah bpk bsa kasi info utk mncri materi utk jurusan daring dan pemasaran

  17. Assallamualaikum,
    sebelumnya saya menghargai atas kebijakan pemerintah atas perubahan kurikulum 13 di dalam spektrum yg terbaru,bahwa mata pelajaran penjaskes di smk ada pengurangan jam dan yg anehnya kenapa di kelas 12 di hapus mata pelajaran penjaskes,padahal peran olahraga di sekolah itu sangat d gemari untuk siswa/siswi,karena untuk memasuki kuliah,kepolisian,tni,cpns dll, ada tes jasmani nya,
    Contoh saya guru honor yg mengajar sudah 3 tahun di smk di kelas 12 ,sedangkan sekolah mempunyai 3 guru penjaskes di antaranya 1 orang pns,2 orang gtt,
    Mudah2n ada pencerahan untuk guru honor penjaskes

  18. Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Silabus Sejarah Indonesia Revisi 2016 materinya mulai dari kelas X,XI,XII, sementara dalam struktur kurikulum SMK , Pelajaran Sejarah Indonesia hanya di buat di kelas X,lalu kapan materi yang lainya diajarkan ?

    1. Saya sependapat.
      Mengingat jumlah KD yang cukup banyak dengan alokasi waktu yang hanya diajarkan di kelas x saya juga merasakan tidak sampai semua materi kepada anak.
      Ditambah lagi akan banyak guru sejarah yang kekurangan jam dan guru lain juga membuat nasib guru GTT semakin tidak diperhatikan.
      Apakah ada solusi untuk GTT untuk menambah kekurangan jam ditambah lagi ada kebijakan linier dan non linier.

  19. Assalamualaikum..pak Erdarta Adi
    Mohon Maaf lahir batin pak
    Mohon bantuannya pak utk dishar kan KI, KD Farmasi Indusri dan Farmasi klinik n Komunitas
    Terima kasih sbelumnya pak

  20. salam Pak Endarta…
    Saya mau tanya pak, sekolah kami tahun kemarin sudah melaksanakan kurikulum 2013 revisi 2016 kelas X yang tahun ini naik ke kelas XI, kemudian tahun ini ada kurikulum 2013 revisi 2017. yang jadi pertanyaan saya, apakah kami masih menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016 atau revisi 2017 untuk kelas XI sekarang? mengingat banyak mapel KI dan KD nya berubah/bertambah (dalam draft).
    terima kasih atas jawabannya pak.

    1. Pak Slamet Riyanto … seperti kita ketahui sama-sama telah terbit KI KD SMK versi FINAL dengan keputusan Dirjen Dikdasmen No. 330 /D.D5/KEP/KR/2017 … dan salah satu item menyatakan KI KD yang lama dicabut … maka dengan ini saya ralat jawaban saya sebelumnya … dan saya anjurkan untuk menyesuaikan dengan KI-KD yang baru

      Demikian semoga terbaca …

      1. Pak Endarta sesuai juga dengan edaran no.4540/D5.3/TU/2017 tanggal 22 Juni 2017, kelas XI untuk menyesuaikan, setuju lanjut… KI KD yang baru tidak draf.

  21. Salam pak Endarta.
    Yang mau saya tanyakan kenapa mapel c2 dan c3 teknik audio video skr disamakan dg mapel elektronika industri?
    mapel nya pun tidak sama sm ktsp kmrn..
    Untuk kami yg d daerah kesusahan dalam mencari buku pegangan guru untuk jurusan produktif.

    1. wa alaikum salam … bu Sari … setelah saya cek di Struktur Kurikulum … antara Audio Video dengan Elektronika Industri … berbeda di mapel Kompetensi Keahlian … saya minta maaf Struktur Kurikulum Elektronika Industri di posting saya … bagian C3 nya lupa belum di edit
      Tentang buku pegangan guru dan siswa untuk Elektronika sebagian ada di Buku Sekolah Elektronik (BSE) … dapat di download gratis … di print sendiri trus di fotocopy (jika perlu) … kebetulan background saya juga Teknik Audio Video …

  22. Salam pak Endarta..yg ingin saya tanyakan adalah mulai juli khusus kls X utk Smk sda di berlakukan kurtilas revisi 2016…khusus pljran Kewirauasahahn utk SMK suda menjadi nama PKK..dan pljran PKK ini sesuai sepktrum akan diajarkan thn depan yg jelas akan berpengarug pada kami yg ngajr kewirausahaan/dan berpengaruh jg bagi teman2 yg sertifikasi ( kekurangan jam) yg ingin saya tanyakan adalah
    1.apakah kekurangan jam ini kami sudah boleh ngjara produktif( krna di sekolah kami SMK N 4) kami ada 3 org guru Kewirausahaan sedang mengikuti keahlian ganda.tuk itu apakh kami sudah boleh mengajar mata peljaran produktif
    2. Klo belum boleh mata pelajaran apa yg harus kami ampuh supaya di dapodik tidak muncul masalah..karana kami guru kewirausahaan terkena dampak dari Kurtilas revisi 2016 (catatn sekolah kami adalah sekolah seni dan budaya yg jelas mata pelajaran yg berbaur ekonomi tdk ada ) trims pak Endarta mohon pencerahannya…

    1. wa alaikum salam bu Yanti … menurut permendikbud 46 tahun 2016 yang mengatur tentang linieritas pendidik dalam Dapodik belum/tidak ada penyebutan bahwa rekan2 yang sedang mengikuti keahlian ganda dapat mengajar mapel kejuruan tetapi ada kalusul yang menyatakan seperti ini ….
      (1) Selama dalam proses penyesuaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, guru bersertifikat pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik wajib memenuhi beban mengajar paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu.
      (2) Bagi guru yang terkena dampak perubahan kurikulum, dalam pemenuhan beban mengajar dapat mengajar:
      a. mata pelajaran sesuai dengan rumpun keilmuannya;
      b. sesuai dengan kualifikasi akademiknya meskipun sertifikat pendidiknya tidak linier dengan kualifikasi akademiknya; atau
      c. sesuai bidang keilmuan lainnya yang dikuasainya.

      Demikian bu Yanti …

    1. bu Stefany … sampai saat ini setahu saya Direktorat PSMK belum merilis ‘Contoh Silabus’… mungkin maksudnya mendorong rekan guru untuk menyusun silabus masing-masing mapel … melalui kemampuan Analisis-analisis yang sudah dipelajari di setiap Bimtek Kurikulum 2013 …

  23. PAK ENDARTA, mohon bantuannya di share silabus silabus untuk mapel c1 dan c2 akuntansi.karena pelajaran baru,agar guru tidak kesulitan.

    1. Bu Hani Endah … saat ini saya juga belum punya silabus-silabus itu. Pihak yang berwenang (PSMK) belum merilis silabus contohnya. Rekan-rekan bisa menyusun silabus masing-masing denga melakukan (1) Analisis SKL KI KD , (2) Analisis Materi Pembelajaran, (3) Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan (4) Analisis Penilaian . Dengan langkah itu … Silabus dan RPP mapel sudah bisa disusun …

  24. Assalamualaikum,,, pak Endarta Adi mohon bantuan dan informasinya berkaitan dengan struktur kurikulum SMK 2017 Bisnis Manajemen | Akuntansi dan keuangan lembaga di dalam struktur tersebut ada mata pelajaran di C.3. Kompetensi Keahlian | Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah, dan untuk mata pelajaran tersebut di SMK kami baru akan diajarkan kepada siswa jadi saya mohon bantuan dan informasinya berkaitan dengan Silabus dan RPP untuk mata pelajaran tersebut. Atas bantuan dan informasinya saya ucapkan terima kasih banyak.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    1. Pak Hery Wibowo … pihak PSMK belum merilis silabus contohnya … jadi saya juga belum punya … tapi KI KD resmi bisa di download di sini selanjutnya lakukan langkah ini … (1) Analisis SKL KI KD , (2) Analisis Materi Pembelajaran, (3) Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan (4) Analisis Penilaian . Dengan langkah itu … Silabus dan RPP mapel sudah bisa disusun … demikian pak …

      1. Dear Pak Endarta terima kasih atas informasinya…. satu lagi pak untuk modul praktikum akuntansi lembaga atau instansi pemerintah, standar atau bentuknya seperti apa sudah adakah pak? karena untuk mapel tersebut di SMK saya mengajar baru akan diajarkan kepada siswa pak, dan kebetulan untuk mapel tersebut pengampunya saya sendiri pak, mohon bantuannya pak endarta… demi mencerdaskan anak didik kita dan kebanggaan bangsa pak… terima kasih

  25. Selamat Malam Pak Endarta Adi, sy dari smk bisnis manajemen|Akutansi dan otomatisasi dan tata kelola perkantoran.
    Ada yg mau sy tanyakan ttg spektrum struktur kurikulum SMK 2017 :
    Apakah spektrum itu otonomi sekolah dalam menentukannya ?.
    Kalau iya,gunanya spektrum dari dinas untuk apa pak ?.
    Kalau otonomi sekolah sendiri, berarti melintang dong dari dinas dan dapodik 》output raport.
    Mohon pencerahannya pak.trims.
    Nb. Ratna Apriyani Setyawati.

    1. bu Ratna … selamat sore …
      1. Spektrum itu dari Direktorat sumbernya … berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen 4678/D/Kep/MK/2016 … Diknas harusnya juga merujuk pada kep dirjen tersebut
      2. Struktur Kurikulum … berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen 130/D/Kep/KR/2017
      3. KI KD … berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen 330/D.D5/Kep/KR/2017
      jika terkait dengan Dapodik, perlu kita ikuti berita terakhir dari Dapodik
      demikian bu Ratna …

  26. Assalaamu’alaikum ww….
    Saya akhmad samaun, momong anak di SMKN 2 Purwokerto…..
    Kami melaksanakan kurikulum 2013 sejak piloting. Pada tahun ini ada beberapa hal yg saya lihat tumpang tindih dan tidak sama satu dengan yg lainnya….
    contohnya:
    Pada struktur kurikulum berdasar Keputusan Dirjen Dikdasmen 130/D/Kep/KR/2017 (bulan Pebruari) ada alokasi pembagian jam untuk masing-masing mapel, kemudian pada bulan Juni 2017 sesuai Keputusan Dirjen Dikdasmen 330/D.D5/Kep/KR/2017 beserta lampirannya, dan dipublikasikan KIKD melalui situs Direktorat PSMK…..
    ternyata pembagian jam untuk masing-masing mapel ada beberapa yg berbeda…..
    Dengan kondisi seperti ini, kami harus ikut yg mana? Keputusan itu ditanda tangani oleh pejabat yg sama, tetapi isinya berbeda…. pada keputusan yg lama dilampiri Struktur Kurikulum, sedangkan yg baru Struktur Kurikulumnya tidak ada, tetapi jumlah jam untuk beberapa mapel berbeda….
    Mohon pencerahannya, karena nantinya jelas akan terkait dengan Dapodik…
    Pengalaman tahun kemarin hanya perbedaan satu karakter saja, teman2 guru yg mengampu mapel tertentu kesulitan liniernya (karena ketidak samaan tulisan pada Info GTK dan di Dapodik ===> tulisan Antena dan Atena, berbeda satu karakter huruf n, sampai dirembug nasional di Bogor)….. lha sekarang terkait jumlah jam untuk yg kelas X berbeda….. apa nanti tidak tambah banyak dinamika dilapangan?
    Terima kasih, wassalamu’alaikum ww

    1. pak Akhmad Samaun … terima kasih sudah sharing dengan kami … di SK 130 ada struktur kurikulum yang menyebutkan jam tatap muka per minggu dan jumlah jam seluruhnya masing-masing mapel, sedangkan di SK 330 tentang KI KD yang tertera adalah jumlah jam untuk mapel tersebut. Apakah jumlah jam ini yang pak Akhmad maksudkan? Apakah jumlah jam mapel seluruhnya ini menjadi salah satu item isian Dapodik? Kalau boleh sharing mapel apa saja yang menurut bapak tadi berbeda?
      pertanyaan pak Akhmad S saya coba teruskan ke admin FB PSMK mudah-mudahan ada penjelasan .

      ok trims

      1. Untuk renungan bersama:

        Pada SK Dirjen 130/D/KEP/KR/201 TANGGAL : 10 Februari 2017

        Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
        Program Keahlian : Teknik Elektronika
        Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video

        C. Muatan Peminatan Kejuruan
        C2. Dasar Program Keahlian
        1. Kerja Bengkel dan Gambar Teknik : Jam Pelajaran 180 JP
        2. Dasar Listrik dan Elektronika : Jam Pelajaran 180 JP
        3. Dasar Pemrograman : Jam Pelajaran 108 JP

        C3. Kompetensi Keahlian
        1. Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler 144

        Sedangkan pada :
        SK Dirjen No. 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017
        Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
        Program Keahlian : Teknik Elektronika
        Kompetensi Keahlian : Teknik Audio Video

        C. Muatan Peminatan Kejuruan
        C2. Dasar Program Keahlian
        1. Kerja Bengkel dan Gambar Teknik : Jam Pelajaran : 144 JP
        2. Dasar Listrik dan Elektronika : Jam Pelajaran : 180 JP
        3. Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroller Jam Pelajaran : 144 JP

        C3. Kompetensi Keahlian
        1. Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler 144 JP
        Pemograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Jam Pelajaran : 144 JP

        Sehingga kalau dicermati ada perbedaan antara lain:
        1. Jumlah jam pelajaran KBGT berubah dari 180 JP menjadi 144 JP
        2. Jumlah jam pelajaran DLE tetap 180 JP
        3. Nama mapel Teknik Pemrograman berubah menjadi Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroller, dengan jumlah jam berubah dari 108 JP menjadi 144 JP (pada C2), sedangkan pada C3 juga tetap ada mapel yg sama, tetapi materi lanjutannya…..

        demikian yg saya lihat, kebetulan saya mengampu di elektronika, dan menurut beberapa teman yg mengajar pada paket keahlian lainnya, juga ada beberapa mapel yg tidak sama….

        Wassalam

      2. Di sklah kami pak, menyelenggarakan k13 revisi 2016 dan2017.sementara dapodik sklh kami y muncul k13 yg awal, yg blm ada revisi.operator sekolah bilang sesuai SK dirjen.koq bisa? Ngapain ada revisi klw yg dipake tetap k13 sebelum revisi? Krn jjm kami jd berantakan.mohon pencerahan pak

  27. Pagi pak,mau nanya,saya guru produktif atph SMK, jmlh guru utk jurusan kami terlalu banyak.krn saya dan 2 rekan lainnya blm sertifikasi MK kami hanya mendapatkan 6 jam tuk 2 guru dan utk g satu lg tdk dpt,hny mngajar simulasi digital. saya liat d internet, program keahlian ganda hny bs diikuti oleh guru yg sdh sertifikasi.bgmn nasib saya n rekan2 yg kekurangan jam? Apakah ada pengecualian utk kami agar bs mengikuti program keahlian ganda ini?

    1. Bu Irma … kayaknya kurang sinkron antara pengadaan guru dan jumlah rombel … atau mungkin itu sementara saja karena baru sampai klas X … mungkin ini ygterjadi … jadi masih kelihatan kelebihan guru

  28. assalamualaikum pak Endarta sekolah kami ( SMK, jurusan usaha perjalanan wisata) untuk kls XI dan XII msh ngajar pake ktsp yang mapelnya tidak singkron dengan mapel yg ada di dapodik .saya yang tadinya total jam mengajar 32 jam yang terdaftar di dapodik hanya 2 jam,, ini gimana pak.trims pak sebelumnya

    1. wa alaikum salam bu Hasnah … itu suatu konsekwensi perubahan dari K 2006 ke K 2013 di aplikasi dapodik. Tentunya yg menerapkan aplikasi sudah tahu bakal seperti itu … jadi … tenang saja bu … yang penting tetap melaksanakan tugas … semangat bu Hasnah !!!

    1. Ada bu … di dalam KI KD Program Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran … di halaman 125 … dalam satu judul Program Keahlian … semua mapel pada Program Keahlian itu sudah tersedia …

  29. Assalamualaikum pak Endarta, saya guru mapel kewirausahaan dan saya belum sertifikasi, dlm K13 mapel kewirausahaan akan dihapus, sdgkan dlm C3 guru produktif yg mengajar, utk mengikuti keahlian ganda syaratnya harus sdh sertifikasi. Mohon sarannnya pak, Terima kasih sebelumnya

    1. Wa alaikum salam bp/ibu Hikma … menurut permendikbud no. 46 tentang Linieritas … pasal 4 …. berbunyi begini … Pasal 4
      (1) Selama dalam proses penyesuaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, guru bersertifikat pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik wajib memenuhi beban mengajar paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per minggu.
      (2) Bagi guru yang terkena dampak perubahan kurikulum, dalam pemenuhan beban mengajar dapat mengajar:
      a. mata pelajaran sesuai dengan rumpun keilmuannya;
      b. sesuai dengan kualifikasi akademiknya meskipun sertifikat pendidiknya tidak linier dengan kualifikasi akademiknya; atau
      c. sesuai bidang keilmuan lainnya yang dikuasainya.
      ……

  30. siang pak.. saya guru prakarya dan kewirausahaan dan sudah sertifikasi, apakah pelajaran produk kreatif masih bisa kami ajarkan dan linier dengan sertifikasi saya pak? padahal kode mapel y dah ganti, tlng bantu pak

    1. selamat siang bu Halimah … saya pernah membaca .. (tapi saya lupa … apakah berupa surat edaran atau Juknis) … mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan bisa diampu oleh guru produktif atau guru kewirausahaan … tentunya bu Halimah perlu adaptasi … dan mempelajari … produk2 pada kejuruan atau program keahlian ybs … yang bisa dijadikan sebagai USAHA oleh siswa … sehingga anak-anak sekaligus belajar sebagai pengusaha berbasis keterampilan kejuruan yang dipelajarinya …

  31. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh . ..
    Dengan aturan seperti ini membatasi jumlah guru, semantara sarjana pendidikan masih banyak yang nganggur, belum lagi dari tahun ke tahun akan datang lagi guru-guru baru yang akan menganggur, mengertilah … jangan egois para pembuat aturan , buatlah aturan untuk kemaslahatan umat …

    fakta di lapangan banyak yang di coret bahkan di keluarkan karena tidak mendapat jam

  32. Assalamualaikum bpk..perkenalkan nama sy Anjar Wulandari…guru prakarya dan kewirausahaan d smkn1pacitan..kebetulan sy juga guru ekonomi d sman 2 pacitan(guru rangkap karena kekurangan jam), karena serfifikasi sy ekonomi kode 210..sy juga ikut keahlian ganda jurusan tata kecantikan rambut yg kebetulan di sekolah kami ada..pertanyaannya..kalo prakarya da kewirausahann d spektrum yg baru masuk mapel profuktif yaitu produk kreatif dan kewirausahaan..apakah sy nnt masih bisa mengampu mapel produk kreatif dan kewirausahaan tersebut..karena menurut info yg berhak mengampu adalah guru yg berkode sertifikasi 100, 120 dan 331…maturswn..kami tunggu pencerahannya..

    1. wa alaikum salam bu Anjar Wulandari … salam perkenalan juga …
      maaf agak terlambat menjawab pertanyaan bu Anjar … karena saya harus mencari rujukan agar jawaban nya tidak terlalu meleset
      Sertifikasi menurut Permendikbud No. 46 Tahun 2016 yang ditetapkan pada tgl 29 Agustus 2016 namun berlaku surut mulai tgl 4 Januari 2016 menyatakan penggunaan Aplikasi Dapodik dinyatakan pada Pasal 3 (1) Penetapan linieritas bagi guru bersertifikat pendidik dilakukan melalui sistem Data Pokok Pendidikan dengan menggunakan program aplikasi yang dikembangkan.
      Menurut Surat Edaran Direktur Pembinaan SMK Nomor : 4540/D5.3/TU/2017 Tanggal : 22 Juni 2017 dinyatakan Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang sebelumnya masuk dalam mata pelajaran wajib B, saat ini di ubah menjadi Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. dan masuk ke dalam muatan peminatan kejuruan (C3). Untuk pemenuhan kebutuhan guru, Mata Pelajaran ini dapat di ampu oleh Guru Kewirausahaan dan atau guru kejuruan (Produktif) sesuai program keahliannya.
      Demikian bu Anjar … namun perlu disadari … jika guru yang mengampu tidak memahami Produk Kreatif apa yang bisa dibuat dan tidak mampu membimbing siswa menghasilkan produk kreatif itu maka besar kemungkinannya akan menghadapi kendala . Semangat !!!

  33. ASSALAMUALAIKUM
    BPK mau nanya mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan itu 5 jam, alokasi waktu per kelas, apakah boleh dipecah menjadi 3 jam dan 2 jam diajarkan oleh 2 org guru. Dapodiknya bagaimana pakah tidak masalah, trimakasih

    1. wa alaikum salam bu Ning …
      saya tidak punya dasar aturan yg diterapkan oleh dapodik , jadi tidak punya dasar menyatakan boleh atau tidaknya dipisahkan
      namun demikian … karena Produk Kreatif dan Kewirausahaan adalah C3 maka hal ini dimungkinkan diajarkan oleh 2 orang guru namun konsepnya tentunya bukan karena pemisahan. jika dilakukan pemisahan seperti sebelumnya tentunya maksud penggabungan / integrasi sebagai penanaman kewirausahaan tidak akan terwujud.
      Kalau saya berpendapat … Produk Kreatif dan Kewirausahaan tetap satu mapel berdurasi 5 jam diampu oleh 2 orang guru
      Demikian bu ….

  34. Assalamualaikum.

    mau tanya.
    1. apakah KI/KD untuk kategori C (Fisika dan IPA)
    2. hanya menggunakan KI 3 dan KI4 saja?
    3. apakah untuk fisika dan ipa pada k13r17 ini hanya berada dikelas X saja? kalau benar, berarti diajarkan materi fisika/ipa seluruhnya dalam waktu hanya 2 semester. karena kendala buku pelajaran k13 yg belum kami dapatkan, sehingga tidak mengetahui apa yang akan kami ajarkan dan dikejar akreditasi sekolah dan sertifikasi jurusan pula..

    1. wa alaikum salam …
      – untuk SMK sekarang Struktur Kurikulum yang digunakan Struktur Kurikulum SMK 2018
      – dalam RPP … untuk mapel SELAIN PABP dan PKN … sesuai panduan implementasi K13 SMK, cukup ditulis KI-3 dan KI-4
      – apa yang diajarkan di analisis oleh guru masing-masing / mgmp tingkat sekolah hingga muncul SILABUS dan RPP
      – cara analisis dan membuat silabus dan rpp bisa dibaca di posting saya yang lain
      Menyusun Silabus dan RPP SMK
      – gunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi … kelas online dll
      – Buku … hanya salah satu sumber belajar … sumber belajar yang lain banyak sekali …
      Semoga membantu …

  35. Assalamu’alaikum …

    Maaf pak, baru bisa berkunjung saat ini. Ada pertanyaan dari teman2x tentang struktur kurikulum terbaru. Dikarenakan jumlah jam yang banyak pada mapel produktif, boleh tidak mengurangi jumlah jam pada struktur tersebut? dikarenakan banyak faktor, lab belum memenuhi, jumlah pengajar yang kurang dst. Jika boleh atau sebaliknya, adakah dasar hukum baik permen atau aturan lain yang mengakomodir hal tsb.

    Terima kasih atas kesempatannya

    Wassalamu’alaikum

    1. wa alaikum salam …
      pak Ardhi … jumlah jam yang ada dalam struktur itu adalah jumlah minimal … kita tidak boleh mengurangi jumlah jam itu …
      memang perlu dicarikan solusi misalnya dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi … dan kerja sama industri sehingga bisa mendekati pemenuhan jam pembelajaran tersebut sambil sesegeranya menutupi kekurangan guru tersebut.

      wassalamualaikum wr.wb.

  36. pak mohon pencerahannya..
    apakah guru sertifikasi keahlian ganda hanya boleh mengajar di kelompok mapel C2 atau dasar-dasar saja? atau boleh di kelompok C3 juga?kalau ada dasar hukum/landasannya yang menyebutkan itu,mohon dishare pak.terimaksih

    1. bu Lista Muntisa … sejauh yang saya tahu tidak ada aturan yang meminta pengaturan pelaksanaan seperti itu, kalau ada pengaturan seperti itu mungkin maksudnya memberi kesempatan rekan guru keahlian ganda untuk memantapkan pengetahuan dan keterampilan (yang masih baru dimasuki) pada kompetensi keahlian barunya itu.
      Pengalaman saya pribadi, untuk mengajar pengetahuan dan keterampilan di C3 akan sangat baik jika kita menguasai dengan baik pengetahuan dan keterampilan di C1 dan C2 (dasar-dasar keahlian C3 tersebut). Dengan begitu kita bisa, yakin dan percaya diri membimbing, melatih keterampilan di C3 karena ketika mengajar mapel C3 seringkali kita perlu menghubungkan pengetahuan dan keterampilan di C1 dan C2 dengan KD di C3. Penjelasan dan jawaban kita yang MEYAKINKAN … memberi sugesti positif kepada siswa kita untuk mencapai kesuksesan belajar.
      Begitu bu Lista … sekedar sharing saja …

  37. Pak mohon pencerahannya… Untuk guru mapel Fisika di didapodik supaya dapat memenuhi linier 12 jam di sekolah induk.bisa mengajar mapel apa ? Selain mapel Fisika. Tks

    1. pak Nurmajid … menurut pemahaman saya … pemenuhan beban kerja guru seharusnya berpedoman ke PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
      REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2018 TENTANG PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU, KEPALA SEKOLAH, DAN PENGAWAS SEKOLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.