analisis-penilaian-hasil-belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar

analisis penilaian hasil belajar
analisis penilaian hasil belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar sering kurang mendapat perhatian yang serius. Analisis penilaian hasil belajar sesungguhnya  juga bagian yang sangat penting dalam RPP K2013 SMK. Coba rekan-rekan bayangkan, KI dan KD sudah direvisi, Indikator Pencapaian Kompetensi sudah optimal, Tujuan Pembelajaran sudah benar, materi pembelajaran sudah OK, proses pembelajaran OK, namun kompetensi siswa diukur dengan alat ukur yang tidak tepat … apa jadinya? Inilah alasannya mengapa kita perlu lakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.

analisis penilaian hasil belajar
analisis penilaian hasil belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar adalah aktivitas pendidik menjabarkan berbagai aspek penilaian hasil belajar yang sesuai untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar yang dipelajari siswa. Dalam konteks Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 analisis Penilaian Hasil Belajar merupakan langkah analisis yang ke empat untuk mengisi format RPP.

Sebagai rencana penilaian, Analisis Penilaian Hasil Belajar memberi ruang bagi guru untuk mengevaluasi penguatan pendidikan karakter (PPK) yang sudah dilakukan.

Acuan Dasar Analisis Penilaian Hasil Belajar

Analisis Penilaian Hasil Belajar sebagai suatu aktivitas pendidik dalam menjabarkan aspek-aspek penilaian hasil belajar yang direncanakan, memerlukan pengetahuan terkait penilaian pembelajaran. Analisis Penilaian Hasil Belajar akan mengalami kendala dan terancam gagal jika kita selaku pendidik tidak memahami acuan dasar, pedoman dan panduan teknis Penilaian Hasil Belajar. Hal ini sangat masuk akal sebab bagaimana mungkin kita mampu melakukan analisis penilaian hasil belajar kalau kita sebagai pendidik tidak memiliki pemahaman dengan hal-hal terkait analisis penilaian hasil belajar.

Agar rekan-rekan pendidik SMK mudah dan sukses melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar, pedoman utama dan pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar yang perlu dipahami adalah:

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  3. Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah pada dasarnya adalah peraturan transisi yang memberi arah dan kepastian terkait penilaian oleh penddik dan satuan pendidikan. Peraturan ini belum bersifat teknis sehingga perlu dilengkapi dengan petunjuk teknis atau panduan operasional bagi pendidik dan satuan pendidikan dalam bentuk Panduan Penilaian SMK. Namun demikian, regulasi ini mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 adalah regulasi pemerintah tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menetapkan kriteria mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai regulasi yang menstandarkan penilaian hasil belajar, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 juga mengamanatkan agar pendidik melakukan Analisis Penilaian Hasil Belajar.

Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Revisi 2017 (Panduan Penilaian SMK 2017) adalah pedoman praktis bagi pendidik dan satuan pendidikan seperti diungkapkan Direktur Jenderal Penddikan Dasar dan Menengah seperti kutipan berikut :

“Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik secara sahih, obyektif, sistematis dan komprehensif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Panduan ini juga sekaligus merupakan pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akuntabel dan informatif.

Panduan ini akan sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang penggunaan beragam teknik penilaian, dilengkapi contoh dan langkah-langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor.

Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih profesional sehingga pada gilirannya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.”

Dengan demikian, sangat jelas bagi kita bahwa kita sangat memerlukan pengetahuan dasar terkait penilaian sebelum melakukan analisis penilaian hasil belajar. Pengetahuan dasar analisis penilaian hasil belajar ada di dalam Panduan Penilaian SMK 2017.

Dengan uraian pengantar ini diharapkan rekan pendidik telah memahami mengenai lingkup penilaian, tujuan penilaian, manfaat penilaian, prinsip penilaian, mekanisme penilaian, prosedur penilaian dan instrumen penilaian dengan membaca secara mandiri Panduan Penilaian SMK 2017. Dengan begitu insya Allah rekan-rekan mudah dan sukses melakukan analisis penilaian hasil belajar.

Pengetahuan Penilaian Pendidikan untuk Analisis Penilaian Hasil Belajar

Kegiatan analisis penilaian hasil belajar jelas memerlukan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar dan cara melakukan analisis penilaian hasil belajar. Sebelum masuk pada cara melakukan analisis penilaian hasil belajar terlebih dahulu perlu dipahami Standar Penilaian Pendidikan dan petunjuk teknis tentang penilaian hasil belajar tersebut. Ringkasan pengetahuan tentang aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan penilaian hasil belajar yang sesuai Standar Penilaian khususnya di SMK dapat dibaca pada posting ……..

Analisis Penilaian Hasil Belajar menurut Prosedur Penilaian Pembelajaran dan Hasil Belajar (Oleh pendidik)

Analisis Penilaian Hasil Belajar oleh pendidik tidak lepas dari prosedur penilaian pendidikan yang sudah ditetapkan pemerintah. Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian pasal 13 yang berbunyi Prosedur penilaian proses belajar dan hasil belajar oleh pendidik dilakukan dengan urutan:

  • Menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah disusun;
  • Menyusun kisi-kisi penilaian;
  • Membuat instrumen penilaian berikut pedoman penskoran;
  • Melakukan analisis kualitas instrumen;
  • Melakukan penilaian;
  • Mengolah, menganalisis, dan Menginterpretasikan hasil penilaian;
  • Melaporkan hasil penilaian; dan
  • Menindaklanjuti laporan hasil penilaian.

Penilaian yang sedang kita diskusikan adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa sesuai KD yang dipelajari yang sudah dianalisis pada Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran, oleh karena itu langkah selanjutnya adalah menyusun kisi-kisi.

Menyusun Kisi-kisi Penilaian dan Soal HOTS dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar

Kegiatan Analisis Penilaian Hasil Belajar lazimnya identik dengan penyusunan kisi-kisi penilaian, penyusunan instrumen penilaian (soal), pedoman penskoran dan analisis kualitas instrumen. Oleh karena itu sebelum dipaparkan contoh terkait kisi-kisi penilaian saya menganjurkan untuk mengenal lebih jauh tentang penyusunan / pembuatan soal berkategori HOTS terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan mengingat kita masih asing dengan soal-soal HOTS. Rekan-rekan dapat menggali lebih jauh terkail Soal HOTS pada posting saya yang lain di …..

Contoh Kisi-kisi Penilaian dalam Analisis Penilaian Hasil Belajar

KISI-KISI DAN SOAL

Bidang Keahlian        : Bisnis dan Manajemen

Program Keahlian      : Manajemen Perkantoran

Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Mata Pelajaran         : Teknologi Kantor

Kompetensi Dasar    :

3.10. Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

4.10. Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

  • Penilaian Pengetahuan
Kompetensi DasarIPKMateriIndikator SoalBentuk SoalNo Soal
3.10 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4)1.  Menjelaskan pengertian dataDefinisi Data dan Informasi1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian dataPG1
2.  Membedakan data dengan informasi (C2)Jenis-jenis Data di tempat kerja2.  Siswa dapat membedakan data dengan informasiUraian2
3.  Menguraikan jenis-jenis data di tempat kerja (C2)Kualifikasi/Persyaratan Informasi di tempat kerja3.  Disajikan berbagai data yang ada diperusahaan, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis data sesuai kebutuhan di tempat kerja (C2)Uraian3
4.  Menerapkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3)Internet Browsing dan Searching4.  Disajikan data kegiatan pencarian informasi, siswa dapat mengurutkan prosedur pencarian informasi melalui internet (C3)PG / Uraian4
5.  Merinci agenda perjalanan dinas pimpinan berdasarkan informasi dari internet (C4)5.  Disediakan informasi hasil pencarian dari internet, siswa dapat merinci agenda perjalanan dinas pimpinanUraian5

Instrumen / Soal Pengetahuan

NoSoalKunci JawabanSkor
1Manakah pernyataan yang paling benar dari pilihan berikut :
a. Data merupakan informasi yang diolah dari fakta
b. Data merupakan fakta yang dioalah dari informasi
c. Data merupakan bahan mentah yang diolah menjadi informasi
d. Data merupakan bahan mentah yang diolah dari informasi
e. Data merupakan informasi yang diolah menjadi fakta
Kunci Jawaban: C.
Data adalah bahan mentah yang diolah menjadi informasi (keterangan)
2Jelaskan perbedaan data dengan informasi?Data merupakan bahan mentah yag belum diolah, sedangan Informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentuSkor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidaktepat
Skor 1 : Jika jawaban salah
3Jelaskan lima jenis data yang ada di tempat kerja?Jenis-jenis data di tempat kerja terdiri dari :
Data keuangan, adalah data-data terkait hal-hal seputar keuangan perusahaan
Data administrasi umum, adalah data yang berhubungan dengan hal-hal rutin operasional kegiatan kantor
Data kepegawaian, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan
Data pemasaran, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pemasaran perusahaan
Data produksi, adalah data yang berhubungan dengan kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk/jasa di perusahaan
Skor 4 : Jika jawaban lengkap (5 data) dan benar
Skor 3 : Jika jawaban lengkap (5 data) tetapi kurang tepat
Skor 2 : Jika jawaban benar tetapi kurang lengkap
Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah
4Di bawah ini merupakan kegiatan-kegiatan dalam mencari informasi melalui internet.
Buka aplikasi web browser pada komputer
Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat
Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat
Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan
Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan
Dari kegiatan-kegiatan di atas, prosedur/langkah mencari informasi melalui internet yang benaraddalah :
a. (1); (2); (3); (5); (4)
b. (1); (2); (3); (4); (5)
c. (1); (3); (2); (4); (5)
d. (1); (3); (3); (5); (4)
e. (1); (2); (4); (5); (4)
Atau dibuat dalam bentuk uraian
Untuk mendapatkan data dan informasi lewat internet sesuai dengan yang diminta, langkah/prosedur apa yang harus dilakukan?
Kunci Jawaban : A
a. (1); (2); (3); (5); (4)

Kunci Jawaban :
Langkah-langkah untuk mencari informasi lewat internet adalah :
Buka aplikasi web browser pada komputer
Masukan kata kunci pencarian informasi pada aplikasi web browser dengan berpedoman pada penulisan keyword pencarian dengan tepat
Klik atau pilih salah satu halaman internet yang tersedia dengan tepat
Salin informasi dari halaman internet yang dipilih ke dalam aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya sesuai kebutuhan
Format dan edit informasi yang diperoleh sesuai keperluan
Skor 4 : Jika jawaban lengkap, benar dan berurut (1-5)
Skor 3 : Jika jawaban lengkap, benar (1-5), tetapi tidak berurut
Skor 2 : Jika jawaban tidak lengkap, benar dan berurut
Skor 1 : Jika jawaban tidak lengkap dan salah
5
  1. Tiara bekerja sebagai seketaris pada PT EKA JAYA yang bergerak dalam bidang elektronik dan berkedudukan di Bandung. Ir. Zulkarnaen sebagai pimpinan perusahaan ingin mengetahui kondisi salah satu anak perusahaan yang dibinanya yaitu CV. Agung Jaya yang berkedudukan di Malang. Dia meminta Tiara untuk mendapatkan data dan informasi. Data yang diminta adalah jenis data yang ada di tempat/lingkungan kerja perusahaan yang menjadi binaanya. Selain itu, diminta mengagendakan kunjungan/perjalanan dinas dan mencari informasi tentang waktu, pesawat dan penginapan untuk melakukan pertemuan dengan perusahaan tersebut. Untuk mengerjakan semua permintaan tersebut, Tiara mencarinya lewat internet melalui aplikasi web browser.

Dari data yang diperoleh, buat rincian agenda perjalanan pimpinan dan salin ke dalam bentuk pengolah kata untuk dilaporkan kepada pimpinannya.

  • Penilaian Keterampilan
Kompetensi DasarMateri BahasanIndikatorIndikator SoalBentuk SoalNo Soal
4.10 Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (C4)· Definisi Data dan Informasi
· Jenis-jenis Data di tempat kerja
· Kualifikasi /Persyaratan Informasi di tempat kerja
· Internet Browsing dan Searching
1.       Memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja (P4)  
2.       Membuat laporan dari informsi yang didapat lewat internet (P4)
1.    Siswa dapat memodifikasi sebuah informasi berdasarkan kualifikasi informasi di tempat kerja  
2.    Disajikan data dan informasi dari internet, siswa dapat membuat laporan.
Tes Praktek1

Soal Keterampilan :

Carilah informasi tiket pesawat dan hotel untuk keperluan perjalanan dinas pimpinan ke Surabaya selama 3 hari, pada tanggal 28-31 Maret 2017. Selain pimpinan, yang berangkatadalah manager pemasaran dan manajer produksi. Untuk keperluan pemberangkatan pimpinan beserta 2 orang stafnya, alokasi biaya yang digunakan sebesar Rp. 18.000.000.000.,-. Susunlah informasi dari internet tersebut kedalam aplikasi pengolah kata.

NoKomponen/Sub
Komponen Penilaian
IndikatorSkor
1. Persiapan Kerja
a. Penggunaan alat dan bahan
  • NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK

Aplikasi Penilaian Hasil Belajar SMK 2017


Sumber:

  1. Analisis Penilaian Hasil Belajar Modul Bimtek Implementasi K2013 Tahun 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud
  2. Panduan Penilaian Hasil Belajar pada SMK 2017, Dit PSMK, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

7 tanggapan untuk “Analisis Penilaian Hasil Belajar”

  1. Avatar Fitriani
    Fitriani

    Salam pembuka pak Endarta….
    Penilaian merupakan salah satu pembuktian dari hasil belajar setelah dilaksanakannya pembelajaran….itu menurut saya, mungkin salah menurut Bpk….Tolong pak, berikan pencerahan pada Penguatan Pendidikan Karakter yang saat ini sedang gencar untuk diimplementasikan, dan apakah Bpk memiliki aplikasi khusus untuk untuk merumuskan penilaian sikap peserta didik baik dari guru mapel maupun dari guru BK? Smoga Bpk bisa membantu…. Trims pak…

  2. Avatar Gina
    Gina

    Assalamu’alaikum pak, mau tanya:
    1. IPK di RPP dan kisi-kisi soal sama atau beda
    2. Bagaimana merumuskan tujuan dari IPK yang mengandung unsur ABCD
    3. KD 3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang brkaitan dgn program linear
    KD 4.4 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear (kira-kira perlu berapa IPK untuk KD 3.4 dan KD 4.4)

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam bu Gina … saya sedang siapkan jawaban pertanyaan bu Gina … sabar ya … saya harus belajar matematika dulu ini … secepatnya saya upload …

      1. Avatar Gina
        Gina

        Iya terima kasih pak saya tunggu dengan sabar

    2. Avatar Endarta

      Wa alaikum salam …
      Bu Gina … perlu dipahami saya tidak menguasai matematika … tetapi hanya berusaha memahami untuk bisa sharing saja
      Pertanyaan 1 IPK di RPP apa sama dengan IPK di kisi2 soal … seharusnya IPK di RPP sama dengan IPK di kisi2 soal karena IPK yang berfungsi sebagai penanda tercapainya kompetensi digunakan untuk menentukan materi pembelajaran, menentukan tujuan pembelajaran dan wajib digunakan untuk mendasari pembuatan soal evaluasi sehingga antara materi pembelajaran dengan soal evaluasi nya klop …
      Pertanyaan 2 merumuskan tujuan dari IPK yang mengandung unsur ABCD
      Anggaplah kita sudah membuat IPK (harusnya IPK tepat sesuai KD nya). Supaya siswa menunjukkan apa yg ditulis di IPK … bu Gina harus mengajarkan apa saja, bagaimana mengajarkannya … semua itu merupakan komponen2 menuliskan tujuan pembelajaran. Penulisannya memenuhi komponen ABCD itu. Bisa dianggap sejumlah tujuan pembelajaran akan mengarahkan siswa menguasai satu IPK. Atau dg kalimat sebaliknya … IPK dapat dirinci-rinci menjadi tujuan tujuan pembelajaran.
      Pertanyaan 3 … saya coba membuat contoh analisis nya di Analisis KI KD IPK Tujuan dan Materi Pembelajaran Matematika
      Sekali lagi … saya tidak ahli di matematika … mungkin analisis yang saya buat tidak pas benar …
      Sangat baik jika bu Gina membaca buku guru … selain tentu buku siswa …
      Semoga menginspirasi …
      wassalam …

  3. Avatar Gazken

    Apakah metode ini juga cocok diterapkan untuk SMA? Thanks

    1. Avatar Endarta

      Terima kasih pak Gasken sudah berkunjung … menurut saya sih bisa pak … tetapi biasanya tiap direktorat punya petunjuk masing-masing pak

Tinggalkan Balasan ke Gazken Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.