Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan ialah pengorganisasian pengetahuan pada Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Dimensi pengetahuan otomatis menjadi istilah baru di Indonesia sejak penerapan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, dimensi pengetahuan wajib dipahami setiap guru mengingat istilah dimensi pengetahuan ini menjadi salah satu rujukan Kurikulum 2013. Pemahaman dimensi pengetahuan menjadi pilar utama keberhasilan implementasi kurikulum oleh guru/pendidik.

dimensi pengetahuan

Konsep pembelajaran di Indonesia saat ini berfokus pada proses aktif, kognitif, dan konstruktif yang terlibat dalam pembelajaran yang bermakna. Peserta didik diasumsikan menjadi agen aktif dalam pembelajaran mereka sendiri, bukan botol kosong yang dapat dituangi materi pembelajaran. Hal ini berarti, siswa dapat memilih informasi yang ingin mereka miliki dan membangun makna mereka sendiri dari informasi yang dipilih ini. Peserta didik bukanlah penerima pasif, mereka juga bukan perekam informasi sederhana yang diberikan kepada mereka oleh orang tua, guru, buku teks, atau media. Perpindahan dari pandangan pembelajaran pasif menuju perspektif yang lebih kognitif dan konstruktivis menekankan apa yang siswa ketahui (pengetahuan) dan bagaimana mereka berpikir (proses kognitif) tentang apa yang mereka ketahui saat mereka secara aktif terlibat dalam pembelajaran yang bermakna. Dalam konteks inilah pemahaman dimensi pengetahuan memiliki peran yang penting.

Pengertian Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan diperkenalkan oleh Anderson & Krathwohl dalam buku “A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives”. Istilah dimensi pengetahuan ini merupakan bagian dari Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Dimensi pengetahuan (berupa, baris tabel taksonomi revisi) berisi empat kategori: Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif. Kategori-kategori ini diasumsikan berada di sepanjang kontinum dari konkret (faktual) hingga abstrak (metakognitif). Kategori Konseptual dan Prosedural tumpang tindih dalam hal keabstrakan, dengan beberapa pengetahuan prosedural lebih konkret daripada pengetahuan konseptual yang paling abstrak.

Dimensi pengetahuan mencakup empat jenis pengetahuan yang dapat membantu pendidik membedakan apa yang harus diajarkan. Dimensi pengetahuan tersebut mencerminkan tingkat kekhususan tersendiri yang terkait dengan tujuan pendidikan. Secara umum jenis pengetahuan tersebut dapat diterapkan ke semua tingkatan kelas dan mata pelajaran. Bagaimanapun, empat jenis pengetahuan yang termasuk dalam dimensi pengetahuan taksonomi Bloom olahan Anderson berguna bagi pendidik untuk berpikir tentang mengajar dalam berbagai mata pelajaran serta pada tingkat kelas yang berbeda.

Dimensi Pengetahuan Dalam Standar Kompetensi Lulusan

Dimensi pengetahuan seperti diuraikan dalam taksonomi olahan Anderson yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif pada tahun 2016 melalui Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, juga ditetapkan sebagai bagian dari Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasard dan Menengah.

dimensi pengetahuan dalam SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

Dimensi pengetahuan jelas sekali telah ditetapkan sebagai bagian Standar Kompetensi Lulusan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK. Berdasarkan fakta di atas, sesungguhnya tidak ada kata tawar menawar bagi segenap pendidik untuk menguasai dimensi pengetahuan yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif.

Cakupan Dimensi Pengetahuan Taksonomi Revisi Anderson

  1. Pengetahuan Faktual
    1. Pengetahuan istilah (terminologi)
    2. Pengetahuan elemen detail dan spesifik
  2. Pengetahuan Konseptual
    1. Pengetahuan klasifikasi dan kategori
    2. Pengetahuan prinsip dan generalisasi
    3. Pengetahuan teori, model dan struktur
  3. Pengetahuan Prosedural
    1. Pengetahuan keterampilan dan algoritma subyek tertentu
    2. Pengetahuan teknik dan metode subyek tertentu
    3. Pengetahuan kriteria kapan menggunakan prosedur yang tepat
  4. Pengetahuan Metakognitif
    1. Pengetahuan strategi
    2. Pengetahuan tugas kognitif, kontekstual dan kondisional
    3. Pengetahuan diri

Dimensi pengetahuan ada pada setiap mata pelajaran di SD, SMP, SMA maupun SMK dan bahkan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Karena itu rekan-rekan pendidik pada mata pelajaran apapun perlu dan harus mampu mengenali dimensi pengetahuan mata pelajaran yang diampu. Pada berbagai kesempatan workshop, in house training maupun bimbingan teknis kami masih menemukan banyak rekan yang belum memahami  dimensi pengetahuan pada mata pelajaran yang di ampunya.

Manfaat Mengenali Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan wajib dipahami guru. Memahami dengan baik dimensi pengetahuan merupakan perwujudan kompetensi pedagogik seorang guru. Ketika guru tidak memahami dimensi pengetahuan ini profesionalitas kita sebagai pendidik pantas dipertanyakan.

Dimensi pengetahuan yang dipahami dengan baik memudahkan guru mengorganisasikan materi pembelajaran sesuai kategori jenis pengetahuannya. Hal ini juga berdampak pada pemahaman jenis pengetahuan pada kompetensi dasar / KD. Seiring dengan itu, kemampuan guru melakukan analisis/pengkajian kompetensi dasar meningkat dan memudahkan guru membuat indikator pencapaian kompetensi, membuat tujuan pembelajaran. Mari kita kenali lebih dekat tentang dimensi pengetahuan pada mata pelajaran kita masing-masing.

Dimensi Pengetahuan Faktual

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan faktual dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/gyg8I5q_TRw

Dimensi Pengetahuan Konseptual

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan konseptual dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/gUDIh1FOXVQ

Dimensi Pengetahuan Prosedural

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan prosedural dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/qsH_8qfljG8

Dimensi Pengetahuan Metakognitif

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan metakognitif dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/YV0lFnnZ6rE

Demikianlah diskusi kita … dimensi pengetahuan … bagaimana sharing rekan-rekan?

Diposkan oleh Endarta

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta

Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta

Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta

Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)

Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta

Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )

Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018

Juara ke 2 Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional 2019

Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.