dimensi pengetahuan

Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan ialah pengorganisasian pengetahuan pada Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Dimensi pengetahuan otomatis menjadi istilah baru di Indonesia sejak penerapan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, dimensi pengetahuan wajib dipahami setiap guru mengingat istilah dimensi pengetahuan ini menjadi salah satu rujukan Kurikulum 2013. Pemahaman dimensi pengetahuan menjadi pilar utama keberhasilan implementasi kurikulum oleh guru/pendidik.

dimensi pengetahuan

Konsep pembelajaran di Indonesia saat ini berfokus pada proses aktif, kognitif, dan konstruktif yang terlibat dalam pembelajaran yang bermakna. Peserta didik diasumsikan menjadi agen aktif dalam pembelajaran mereka sendiri, bukan botol kosong yang dapat dituangi materi pembelajaran. Hal ini berarti, siswa dapat memilih informasi yang ingin mereka miliki dan membangun makna mereka sendiri dari informasi yang dipilih ini. Peserta didik bukanlah penerima pasif, mereka juga bukan perekam informasi sederhana yang diberikan kepada mereka oleh orang tua, guru, buku teks, atau media. Perpindahan dari pandangan pembelajaran pasif menuju perspektif yang lebih kognitif dan konstruktivis menekankan apa yang siswa ketahui (pengetahuan) dan bagaimana mereka berpikir (proses kognitif) tentang apa yang mereka ketahui saat mereka secara aktif terlibat dalam pembelajaran yang bermakna. Dalam konteks inilah pemahaman dimensi pengetahuan memiliki peran yang penting.

Pengertian Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan diperkenalkan oleh Anderson & Krathwohl dalam buku “A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives”. Istilah dimensi pengetahuan ini merupakan bagian dari Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Dimensi pengetahuan (berupa, baris tabel taksonomi revisi) berisi empat kategori: Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif. Kategori-kategori ini diasumsikan berada di sepanjang kontinum dari konkret (faktual) hingga abstrak (metakognitif). Kategori Konseptual dan Prosedural tumpang tindih dalam hal keabstrakan, dengan beberapa pengetahuan prosedural lebih konkret daripada pengetahuan konseptual yang paling abstrak.

Dimensi pengetahuan mencakup empat jenis pengetahuan yang dapat membantu pendidik membedakan apa yang harus diajarkan. Dimensi pengetahuan tersebut mencerminkan tingkat kekhususan tersendiri yang terkait dengan tujuan pendidikan. Secara umum jenis pengetahuan tersebut dapat diterapkan ke semua tingkatan kelas dan mata pelajaran. Bagaimanapun, empat jenis pengetahuan yang termasuk dalam dimensi pengetahuan taksonomi Bloom olahan Anderson berguna bagi pendidik untuk berpikir tentang mengajar dalam berbagai mata pelajaran serta pada tingkat kelas yang berbeda.

Dimensi Pengetahuan Dalam Standar Kompetensi Lulusan

Dimensi pengetahuan seperti diuraikan dalam taksonomi olahan Anderson yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif pada tahun 2016 melalui Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, juga ditetapkan sebagai bagian dari Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasard dan Menengah.

dimensi pengetahuan
dimensi pengetahuan dalam SKL Pendidikan Dasar dan Menengah

Dimensi pengetahuan jelas sekali telah ditetapkan sebagai bagian Standar Kompetensi Lulusan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK. Berdasarkan fakta di atas, sesungguhnya tidak ada kata tawar menawar bagi segenap pendidik untuk menguasai dimensi pengetahuan yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif.

Cakupan Dimensi Pengetahuan Taksonomi Revisi Anderson

  1. Pengetahuan Faktual
    1. Pengetahuan istilah (terminologi)
    2. Pengetahuan elemen detail dan spesifik
  2. Pengetahuan Konseptual
    1. Pengetahuan klasifikasi dan kategori
    2. Pengetahuan prinsip dan generalisasi
    3. Pengetahuan teori, model dan struktur
  3. Pengetahuan Prosedural
    1. Pengetahuan keterampilan dan algoritma subyek tertentu
    2. Pengetahuan teknik dan metode subyek tertentu
    3. Pengetahuan kriteria kapan menggunakan prosedur yang tepat
  4. Pengetahuan Metakognitif
    1. Pengetahuan strategi
    2. Pengetahuan tugas kognitif, kontekstual dan kondisional
    3. Pengetahuan diri

Dimensi pengetahuan ada pada setiap mata pelajaran di SD, SMP, SMA maupun SMK dan bahkan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Karena itu rekan-rekan pendidik pada mata pelajaran apapun perlu dan harus mampu mengenali dimensi pengetahuan mata pelajaran yang diampu. Pada berbagai kesempatan workshop, in house training maupun bimbingan teknis kami masih menemukan banyak rekan yang belum memahami  dimensi pengetahuan pada mata pelajaran yang di ampunya.

Manfaat Mengenali Dimensi Pengetahuan

Dimensi pengetahuan wajib dipahami guru. Memahami dengan baik dimensi pengetahuan merupakan perwujudan kompetensi pedagogik seorang guru. Ketika guru tidak memahami dimensi pengetahuan ini profesionalitas kita sebagai pendidik pantas dipertanyakan.

Dimensi pengetahuan yang dipahami dengan baik memudahkan guru mengorganisasikan materi pembelajaran sesuai kategori jenis pengetahuannya. Hal ini juga berdampak pada pemahaman jenis pengetahuan pada kompetensi dasar / KD. Seiring dengan itu, kemampuan guru melakukan analisis/pengkajian kompetensi dasar meningkat dan memudahkan guru membuat indikator pencapaian kompetensi, membuat tujuan pembelajaran. Mari kita kenali lebih dekat tentang dimensi pengetahuan pada mata pelajaran kita masing-masing.

Dimensi Pengetahuan Faktual

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan faktual dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/gyg8I5q_TRw

Dimensi Pengetahuan Konseptual

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan konseptual dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/gUDIh1FOXVQ

Dimensi Pengetahuan Prosedural

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan prosedural dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/qsH_8qfljG8

Dimensi Pengetahuan Metakognitif

Deskripsi dan uraian selengkapnya terkait pengetahuan metakognitif dapat pembaca temukan pada posting pengetahuan faktual konseptual prosedural operasional dasar metakognitif . Atau dapat mengikuti informasi video pada Chanel Youtube https://youtu.be/YV0lFnnZ6rE

Demikianlah diskusi kita … dimensi pengetahuan … bagaimana sharing rekan-rekan?


Diterbitkan

dalam

, ,

oleh

Tags:

Comments

4 tanggapan untuk “Dimensi Pengetahuan”

  1. Avatar AMIRULLAH M
    AMIRULLAH M

    judulnya analisis SKL KI dan KD. Pertanyaan saya mengapa yang dianalisis hanya KD saja? Mengapa tidak ada analisis SKL dan KI nya. apakah memang yang dianalisis hanya KD? jika SKL dan KI juga harus di analisis bagaimana cara? mohon penjelasan

    1. Avatar Endarta

      Pertanyaan pak Amirullah M bagus sekali … sesuai panduan ada dua bagian analisis skl ki kd itu bisa dilihat di tautan ini Analisis SKL KI KD
      Analisis yang pertama menghubungkan Kompetensi Inti dan penggunaannya untuk program 3 tahun atau 4 tahun. Analisis bagian ke 2 menganalisis KD nya hingga menemukan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sesuai KD yg dianalisis itu. Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif ini merupakan tuntutan SKL . Nah dari kedua bagian analisis itu membentuk Analisis SKL KI KD

  2. Avatar AMIRULLAH M
    AMIRULLAH M

    dari beberapa referensi yang saya baca diinternet cara menganalisis berbeda-beda. apakah ada panduan yang bisa dishare sebagai pedoman

    1. Avatar Endarta

      pada implementasi kurikulum 2013 masing-masing direktorat yang membidangi jenjang-jenjang sekolah berbeda menyiapkan pedoman / panduan bagi guru di bawah pembinaannya untuk melakukan analisis skl ki kd dan analisis lainnya. Kita yang memilih apakah jenjang SD, SMP, SMA atau SMK. Blog Dunia Pendidikan menggunakan pedoman/panduan untuk jenjang SMK.
      Terima kasih pak Amirullah M sharingnya … semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.