kata kerja operasional kko

Kata Kerja Operasional KKO

Kata Kerja Operasional KKO ialah kata yang menyatakan aktivitas. Kata Kerja Operasional KKO bagian teori taksonomi dalam pendidikan. Kata Kerja Operasional KKO digunakan untuk menyatakan dimensi proses pembelajaran dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

kata kerja operasional kko
kata kerja operasional kko

Kata Kerja Operasional KKO pada K2013 menggunakan Kata Kerja Operasional KKO Bloom-Anderson, Kata Kerja Operasional KKO Krathwohl, Kata Kerja Operasional KKO Simpson, Kata Kerja Operasional KKO Dave dan Kata Kerja Operasional KKO Dyers.

kata kerja operasional kko
kata kerja operasional kko gtk kemdikbud 2019

Kata Kerja Operasional KKO ini diperlukan untuk memahami kompetensi dasar, melakukan analisis dan pengembangan indikator pencapaian kompetensi, analisis dan pengembangan tujuan pembelajaran, analisis dan pengembangan kisi soal evaluasi. Dengan menggunakan kata kerja operasional, kemajuan proses pembelajaran sikap, pengetahuan dan keterampilan menjadi mudah diukur dan dievaluasi kemajuannya. Oleh karena itu, Kata Kerja Operasional KKO menjadi salah satu ‘alat utama’ pendidik dalam proses perencanaan pembelajaran.

Kata kerja operasional KKO KD Sikap Sosial Sptritual berdasar Taksonomi Bloom olahan Krathwohl

Kata Kerja Operasional KKO menjadi salah satu perlengkapan utama pendidik sejak pemberlakuan Kurikulum 2013 yang diterapkan untuk mengkaji kompetensi dasar, membuat indikator pencapaian kompetensi maupun tujuan pembelajaran. Pada Kurikulum 2013 kita memerlukan Kata Kerja Operasional KKO pengetahuan, Kata Kerja Operasional KKO keterampilan kongkret, Kata Kerja Operasional KKO keterampilan abstrak, Kata Kerja Operasional KKO sikap. Hal ini diperlukan pada saat melakukan analisis SKL KI KD dan analisis materi pembelajaran dalam rangka menyusun silabus dan RPP.
Kata Kerja Operasional KKO di atas mengikuti teori taksonomi yang diterapkan dalam Kurikulum 2013 yaitu Teori Taksonomi Bloom olahan Anderson untuk pengetahuan, Teori Taksonomi Simpson dan Dave untuk keterampilan konkret dan Teori Taksonomi Dyers untuk keterampilan abstrak serta Teori Taksonomi olahan Kratwhol untuk aspek sikap.

Kata Kerja Operasional KKO KD Sikap Spiritual-Sosial Taksonomi Krathwohl

Kata Kerja Operasional KKO selalu digunakan pada perencanaan pembelajaran. Kata Kerja Operasional KKO pada Kurikulum 2013 ranah sikap menggunakan taksonomi Krathwohl. Penggunaan Kata Kerja Operasional KKO yang tepat dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran akan menjamin akurasi dan linieritas pembelajaran sikap spiritual maupun sikap sosial. Hal ini terutama diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

kata kerja operasional kko sikap
kata kerja operasional kko sikap

Deskripsi Dimensi Proses Acuan Kata Kerja Operasional KKO Sikap Spiritual-Sosial

Kata Kerja Operasional KKO yang akan kita gunakan untuk merepresentasikan aktifitas proses belajar sesungguhnya harus sesuai dan selaras dengan deskripsi dimensi prosesnya. Pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial mengacu pada teori taksonomi Krathwohl.
Menurut teori taksonomi Krathwohl, yang dikutip dari modul Bimtek K2013 tentang Analisis SKL KI KD, kompetensi sikap peserta didik diperoleh melalui tahapan-tahapan (1) menerima (2) merespon (3) menghargai (4) mengorganisasikan (5) mengamalkan dengan isi deskripsi masing-masing tahapan adalah sebagai berikut:

Tingkatan Sikap Deskripsi
Menerima (accepting) nilai Kesediaan menerima suatu nilai dan memberikan perhatian terhadap nilai tersebut.
Menanggapi (responding) nilai Kesediaan menjawab suatu nilai dan ada rasa puas dalam membicarakan nilai tersebut.
Menghargai (valuing) nilai Menganggap nilai tersebut baik, menyukai nilai tersebut, dan komitmen terhadap nilai tersebut.
Menghayati (organizing/ internalizing) nilai Memasukkan nilai tersebut sebagai bagian dari sistem nilai dirinya.
Mengamalkan (characterizing/ actualizing) nilai Mengembangkan nilai tersebut sebagai ciri dirinya dalam berpikir, berkata, berkomunikasi, dan bertindak (karakter).
Daftar Kata Kerja Operasional KKO KD Sikap Spiritual-Sosial Taksonomi Krathwohl

Kata Kerja Operasional KKO yang termasuk dalam dimensi proses pembentukan sikap sosial dan sikap spiritual adalah sebagai berikut:

A1

A2

A3

A4

A5

menerimameresponmenghargaimengorganisasikankarakterisasi menurut nilai
mengikutimenyenangimengasumsikanmengubahmembiasakan
menganutmenyambutmeyakinkanmenatamengubah perilaku
mematuhimendukungmemperjelasmembangunberakhlak mulia
meminatimaporkanmenekankanmembentuk pendapatmelayani
 memilihmenyumbangmemadukanmembuktikan
 menampilkanmengimanimengelolamemecahkan
 menyetujui merembuk 
 mengatakan menegoisasi 
memilihmenjawabmengasumsikanmenganutmengubah prilaku
mempertanyakanmembantumeyakinimengubahberakhlak mulia
 mengajukanmelengkapimenatamempengaruhi
memberimengkompromikanmeyakinkanmengklasifikasikanmendengarkan
 menyenangimemperjelasmengkombinasikanmengkualifikasi
 menyambutmemprakarsaimempertahankanmelayani
 mendukungmengimanimembangunmenunjukkan
 mendukungmengundangmembentuk pendapatmembuktikan
 menyetujuimenggabungkanmemadukanmemecahkan
 menampilkanmemperjelasmengelola 
 melaporkanmengusulkanmenegosiasi 
 memilihmenekankanmerembuk 
 mengatakanmenyumbang  
 memilah   
 menolak   

Kata Kerja Operasional KKO KD Pengetahuan Taksonomi Bloom – Anderson

Kata Kerja Operasional KKO selalu digunakan pada perencanaan pembelajaran. Kata Kerja Operasional KKO KD pengetahuan Kurikulum 2013 mengacu pada taksonomi Bloom revisi Anderson. Penggunaan Kata Kerja Operasional KKO yang tepat dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran akan menjamin akurasi dan linieritas pembelajaran.

kata kerja operasional kko bloom
kata kerja operasional kko bloom

Deskripsi Dimensi Proses Kata Kerja Operasional KKO Pengetahuan Taksonomi Bloom – Anderson

Kata Kerja Operasional KKO yang akan kita gunakan untuk merepresentasikan aktifitas proses belajar sesungguhnya bukanlah sekedar kata itu saja, namun harus pula cocok dengan deskripsi kemampuan yang direpresentasikannya. Jadi kita jangan hanya sekedar mencari kata itu saja namun harus sesuai pula dengan deskripsi masing-masing dimensi proses seperti yang dimaksud teori taksonomi terkait.

Menurut teori taksonomi Bloom olahan Anderson , pengetahuan diperoleh melalui tingkatan-tingkatan (1) mengingat (2) memahami (3) menerapkan (4) menganalisis (5) mengevaluasi dan (6) mengreasi.

Mengingat (C1) ialah kemampuan untuk mengenali dan mengingat peristilahan, definisi, fakta-fakta, gagasan, pola, urutan, metodologi, prinsip dasar, dan informasi yang telah diterima sebelummya.
Memahami (C2) ialah kemampuan untuk memahami makna, menjelaskan dan menyatakan kembali gagasan.
Menerapkan (C3) ialah kemampuan untuk menggunakan materi yang sudah dipelajari dalam situasi baru.
Menganalisa (C4) ialah kemampuan untuk memisahkan materi menjadi komponen-komponen dan menunjukkan hubungan antara bagian-bagian tersebut.
Mengevaluasi (C5) ialah kemampuan menilai nilai material terhadap kriteria yang ada.
Mengreasi (C6) ialah kemampuan mengumpulkan gagasan terpisah untuk membentuk keseluruhan baru, membangun hubungan baru.

Daftar Kata Kerja Operasional KKO Pengetahuan Taksonomi Bloom olahan Anderson (2001)

Mengingat (C1)

Memahami
(C2)

Menerapkan (C3)

Menganalisa (C4)

Mengevaluasi (C5)

Mengkreasi (C6)

mendefinisikanmemilihmenerapkanmenganalisamempertimbangkanmenyusun
mengidentifikasimengulas contohmendemonstrasikanmenilaimengujimerangkai
mendaftar memerankanmengkalkulasimemutuskanmengumpulkan
menamaimendemonstrasikan fungsi darimempekerjakanmenggolongkanMembandingkan terhadap kriteriamenyampur
mengingat kembali menggeneralisasimembandingkanmengkritisimengonstruksi
mengenalimenjelaskanmengilustrasikanmenyimpulkanmengestimasimembuat
merekammenentukanmenginterpretasikanmengurai perbedaanmengevaluasimendesain
mengaitkanmembedakan antaramengoperasikanmengkorelasikanmenghakimimengembangkan
mengulang mengontrolmengkritisimengukurmemformulasikan
menggaris bawahimembedakanmelatihkanMenarik kesimpulanmengukur tingkatanmengelola
Referencesmendiskusikanmenghubungkanmemperdebatkanmerevisimemodifikasi
 menjelaskanmengacarakanmendeteksimenyekormengorganisasikan
 mengekspresikanmembelanjakanmemutuskanmemilih sesuai kriteriamerencanakan
 menjelaskan dengan kalimat sendirimenggunakanmengembangkanmenguatkanmenyiapkan
  memfungsikanmendiagramkanmenilaimemproduksi
 mengidentifikasimenginisiasikanmengurai perbedaan-perbedaanmengetesmengusulkan
 menginterprestasikanmemprakarsaimembedakan memprediksi
 menemukan lokasimengajukanmenggambarkan merekonstruksi
 Pickmemulaimenyimpulkan mempersiapkan
 melaporkanmemulakanmengestimasi mempersatukan
 menyatakan kembali mengevaluasi mengatur
 mereview mengeksplore merancang
 mengenali melakukan eksperimen  
 memilih Mengidentifikasi rinci  
 menceritakan mengambil kesimpulan  
 menerjemahkan menginspeksi  
 merespon menginventarisir  
 melakukan latihan meperkirakan  
 menyimulasikan mempertanyakan  
   mengaitkan  
   menyelesaikan  
   mengetes  
   mendiagnosa  
      

Kata Kerja Operasional KKO Keterampilan Konkret Taksonomi Simpson

Kata Kerja Operasional KKO keterampilan konkret merujuk pada taksonomi Simpson dan Dave. Penggunaan Kata Kerja Operasional KKO yang tepat dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran akan menjamin akurasi dan linieritas pembelajaran.

kata kerja operasional kko konkret simpson
kata kerja operasional kko

Deskripsi Dimensi Proses Kata Kerja Operasional KKO Keterampilan Konkret Taksonomi Simpson

Kata Kerja Operasional KKO yang akan kita gunakan untuk merepresentasikan aktifitas proses belajar sesungguhnya bukanlah sekedar kata itu saja, namun harus pula cocok dengan deskripsi kemampuan yang direpresentasikannya. Seringkali kita mendapati suatu kata terdaftar dalam satu atau lebih dimensi proses pengetahuan maupun keterampilan. Oleh karena itu kita jangan hanya sekedar mencari kata itu saja namun harus pula diverifikasi dengan deskripsi masing-masing dimensi proses seperti yang dimaksud teori taksonomi terkait.
Menurut teori taksonomi Simpson , keterampilan diperoleh melalui tingkatan-tingkatan (P1) Persepsi, kesiapan, meniru (P2) membiasakan gerakan (mechanism) (P3) mahir (complex or overt response) (P4) menjadi gerakan alami (adaptation) (P5) menjadi tindakan orisinal (origination). Adapun deskripsi masing-masing tahapan adalah sebagai berikut:

No

Tingkat Taksonomi Simpson

Uraian

1.

Persepsi

 

Kesiapan

Meniru

Menunjukkan perhatian untuk melakukan suatu gerakan.

 

Menunjukkan kesiapan mental dan fisik untuk melakukan suatu gerakan.

Meniru gerakan secara terbimbing.

2.

Membiasakan gerakan    (mechanism)Melakukan gerakan mekanistik.

3.

Mahir (complex or overt response)Melakukan gerakan kompleks dan termodifikasi.

4.

Menjadi gerakan alami (adaptation)Menjadi gerakan alami yang diciptakan sendiri atas dasar gerakan yang sudah dikuasai sebelumnya.

5.

Menjadi tindakan orisinal (origination)Menjadi gerakan baru yang orisinal dan sukar ditiru oleh orang lain dan menjadi ciri khasnya.

Daftar Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Simpson

Persepsi, kesiapan, meniru
(P1)

Membiasakan gerakan (mekanisme)
(P2)

Menjadi Mahir (kompleks & termodifikasi)
(P3)

Menjadi gerakan alami (adaptasi)
(P4)

Menjadi
Tindakan
Orisinil ybs.
(P5)

menirumembuatmengoordinasikanmengaturmerancang
menyalinmelakukanmemasangmengintegrasikanmemformulasikan
mengikutimembentukmendemonstrasikanmenyelesaikanmemodifikasi
mencobamelengkapi  mendesain ulang
    menemukan kerusakan (trouble-shoot)

Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Dave

Kata Kerja Operasional KKO selalu digunakan pada perencanaan pembelajaran. Kata Kerja Operasional KKO yang digunakan Kurikulum 2013 berasal dari taksonomi Bloom revisi Anderson. Penggunaan Kata Kerja Operasional KKO yang tepat dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran akan menjamin akurasi dan linieritas pembelajaran.

kata kerja operasional kko
kata kerja operasional kko konkret dave

Kata kerja operasional KKO KD Keterampilan konkret berdasar Taksonomi Dave

Deskripsi Dimensi Proses Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Dave

Kata Kerja Operasional KKO yang akan kita gunakan untuk merepresentasikan aktifitas proses belajar sesungguhnya bukanlah sekedar kata itu saja, namun harus pula cocok dengan deskripsi kemampuan yang direpresentasikannya. Jadi kita jangan hanya sekedar mencari kata itu saja namun harus sesuai pula dengan deskripsi masing-masing dimensi proses seperti yang dimaksud teori taksonomi terkait.
Menurut teori taksonomi Dave , keterampilan diperoleh melalui tingkatan-tingkatan (1) imitasi (2) manipulasi (3) presisi (4) artikulasi (5) naturalisasi.
Deskripsi Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Dave

Deskripsi Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Dave

No

Tingkatan Taksonomi Dave

Uraian

1.

ImitasiMeniru kegiatan yang telah didemonstrasikan atau dijelaskan, meliputi tahap coba-coba hingga mencapai respon yang tepat.

2.

ManipulasiMelakukan suatu pekerjaan dengan sedikit percaya dan kemampuan melalui perintah dan berlatih.

3.

PresisiMelakukan suatu tugas atau aktivitas dengan keahlian dan kualitas yang tinggi dengan unjuk kerja yang cepat, halus, dan akurat serta efisien tanpa bantuan atau instruksi.

4.

ArtikulasiKeterampilan berkembang dengan baik sehingga seseorang dapat mengubah pola gerakan sesuai dengan persyaratan khusus untuk dapat digunakan mengatasi situasi problem yang tidak sesuai SOP.

5.

NaturalisasiMelakukan unjuk kerja level tinggi secara alamiah, tanpa perlu berpikir lama dengan mengkreasi langkah kerja baru.

Daftar Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Konkret Taksonomi Dave

Imitasi (P1)

Manipulasi (P2)

Presisi (P3)

Artikulasi (P4)

Naturalisasi (P5)

menirukanmembuat kembalimendemonstrasikanmengonstruksimendesain
mengikutimembangunmelengkapimenyelesaikanmenspesifikasikan
mereplikasimelakukanmemperagakanmengombinasikanmengelola
mengulangmengeksekusimenyempurnakanmengkoordinasikanmenemukan
adheremengimplementasikanmengkalibrasimengintegrasikanmengelola proyek
  mengendalikanmengadaptasikanmenciptakan
   mengontrolmengembangkan 
   memformulasikan 
   memodifikasi 
   menguasai 

Kata Kerja Operasional KKO KD Keterampilan Abstrak Taksonomi Dyers

Kata Kerja Operasional KKO keterampilan abstrak digunakan pada perencanaan pembelajaran. Kata Kerja Operasional KKO ini merujuk pada taksonomi Dyers. Kata Kerja Operasional KKO yang tepat dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran akan menjamin akurasi dan linieritas pembelajaran. Otomatis juga memberi penjaminan mutu pendidikan.

kata kerja operasional kko
kata kerja operasional kko dyers

Deskripsi Dimensi Proses Kata Kerja Operasional KKO Keterampilan Abstrak Taksonomi Dyers

Kata Kerja Operasional KKO pada KI KD sering merepresentasikan aktifitas proses belajar yang tidak tampak atau bersifat abstrak.
Deskripsi keterampilan abstrak pada Kurikulum 2013 ditata sebagai berikut:

Kemampuan Belajar

Deskripsi

MengamatiPerhatian pada waktu mengamati suatu objek/ membaca suatu tulisan/mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibuat tentang yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati.
MenanyaJenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik (pertanyaan faktual, konseptual, operasional, dan hipotetik).
Mengumpulkan informasi / mencoba mengolahJumlah dan kualitas sumber yang dikaji/digunakan, kelengkapan informasi, validitas informasi yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang digunakan untuk mengumpulkan data.
Menalar/ mengasosiasi/ mengolah informasiMengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua fakta/konsep/teori, mensintesis dan argumentasi serta kesimpulan keterkaitan antar berbagai jenis fakta-fakta/konsep/teori/pendapat; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi, dan kesimpulan yang menunjukkan hubungan fakta/konsep/teori dari dua sumber atau lebih yang tidak bertentangan; mengembangkan interpretasi, struktur baru, argumentasi dan kesimpulan dari konsep/teori/pendapat yang berbeda dari berbagai jenis sumber.
Mengomunikasikan/ menyajiMenyajikan hasil kajian (dari mengamati sampai menalar) dalam bentuk tulisan, grafis, media elektronik, multi media dan lain-lain.
Mencipta (creating)Menghasilkan ide-ide, rancangan dan atau keputusan-keputusan baru.

Kata kerja operasional KKO Sikap – GTK Kemdikbud

Kata kerja operasional KKO Sikap – GTK Kemdikbud ialah daftar kata kerja operasional (KKO) yang tercantum dalam buku yang dirilis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2018 yang berjudul Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

kata kerja operasional kko sikap
kko – kata kerja operasional sikap

Kata kerja operasional KKO Pengetahuan – GTK Kemdikbud

kko - kata kerja operasional pengetahuan
kko – kata kerja operasional pengetahuan

Kata kerja operasional KKO Keterampilan – GTK Kemdikbud

kko - kata kerja operasional keterampilan
kko – kata kerja operasional keterampilan

Dengan daftar kata kerja operasional KKO sikap, pengetahuan dan keterampilan psikomotor – GTK kemdikbud diharapkan para pendidik mempunyai keseragaman interpretasi KD-KD khususnya dalam KI KD SMK Terbaru tahun 2018 sehingga mutu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan implementasinya semakin meningkat.

Memilih Kata kerja operasional KKO untuk Indikator / IPK dan Tujuan Pembelajaran

Kata kerja operasional KKO memang digunakan untuk menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi / IPK maupun Tujuan Pembelajaran. Bagaimana kiat kita memilih kata kerja operasional yang tepat? Jawaban pertanyaan ini sejujurnya belum pernah admin temukan pada buku-buku (kurang baca kayaknya) namun lebih pada pemaknaan dari kompetensi dasar yang bersangkutan terkait level/dimensi proses kognitif kompetensi dasar, jenis pengetahuan pada kompetensi dasar dan deskripsi indikator pencapaian kompetensi. Jadi hampir tidak bisa dipastikan ‘daftar tetap’ kata kerja operasional untuk suatu kompetensi dasar, namun ada beberapa kata kerja operasional yang bisa sering terpakai

dimensi proses mengidentifikasi

Mengidentifikasi beberapa kali admin temukan pada KD mapel tertentu khususnya sebelum revisi. Mengidentifikasi termasuk dalam dimensi proses kognitif C1 (mengingat) … lihat daftar kata kerja operasional Puspendik Kemdikbud tahun 2017.

deskripsi dimensi proses C1 mengingat adalah Mengambil pengetahuan dari memori jangka panjang.

Dalam dimensi proses ini kita hanya meminta siswa ingat atau mengambil ingatan dari memori jangka panjangnya dan tidak melakukan apa-apa.

Kata kerja operasional yang dipakai menyebutkan, menunjukkan, memilih, mengidentifikasi, mengungkapkan  kembali, menuliskan kembali, menyebutkan kembali.

dimensi proses memahami

Memahami C2 adalah dimensi proses yang meminta siswa Mengkonstruk makna dari materi pembelajaran, termasuk apa yang diucapkan, ditulis, dan digambar oleh guru.

Kata kerja operasional yang bisa dipakai meliputi menafsirkan, memparafrasekan, mengungkapkan dengan kata-kata sendiri, mencontohkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, mengkelompok-kelompokkan, mengidentifikasi berdasarkan kategori tertentu, merangkum, meringkas, membuat ikhtisar, menyimpulkan, mengambil kesimpulan,
membandingkan, membedakan, menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan, menuliskan, mencontohkan, memberi contoh, merangkum, meringkas, membuat ikhtisar, menyimpulkan, mengambil kesimpulan, membandingkan, membedakan, menjelaskan, menguraikan, mendeskripsikan, menuliskan.

Kata kerja operasional yang mana bisa kita gunakan untuk membuat IPK ? Tentu saja kata kerja yang sesuai dengan jenis pengetahuan yang diminta pada KD yang akan dipelajari. Dan tentu saja jenis kata yang bisa dipakai bervariasi bergantung materi pembelajaran atau jenis pengetahuan rincian dalam KD tersebut

Demikianlah diskusi sekitar Kata Kerja Operasional KKO Sikap, KKO Pengetahuan dan KKO Keterampilan … semoga bermanfaat …

Sumber:

  1. Modul Bimtek Implementasi K2013, Kemdikbud, 2018
  2. https://www.apu.edu/live_data/files/333/blooms_taxonomy_action_verbs.pdf
  3. http://www.businessballs.com/bloomstaxonomyoflearningdomains.htm
  4. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 2018 GTK Kemdikkbud.

Diterbitkan

dalam

,

oleh

Tags:

Comments

48 tanggapan untuk “Kata Kerja Operasional KKO”

  1. Avatar Beni
    Beni

    Mantap pak Endar, sangat bermanfaat, banyak ilmu yang bisa kami dapatkan. Sayangnya gak bisa di download. Terima kasih

    1. Avatar Endarta

      terima kasih pak Beni … dulu pernah kita buka share dengan mudah … tetapi kemudian ada penggunaan yang menurut saya kurang sportif … dan itu tidak mendidik … sementara ini saya kurangi dulu fasilitas itu …
      Kalau pak Beny memerlukan bisa kita share … yang diperlukan …

  2. Avatar Dyah Soewandi
    Dyah Soewandi

    Yth Pak Endarta
    Terima kasih untuk tulisannya terkait dengan kurikulum yang Bapak share.
    Sangat membantu saya yang sudah lama tidak belajar secara formal. Namun dapat belajar secara mandiri melalui blok Bapak ini terkait dengan Kurikulum K13
    Sama seperti kesulitan yang dialami Bpk Beni tidak dapat di download. Saya memahami alasan Bapak.
    Apakah saya dapat dishare melalui email saya seperti yang Bapak janjikan kepada Bpk Beni.
    Jika bisa saya sangat berterima kasih. Sehingga membantu saya untuk mendampingi teman-teman di sekolah.
    Jika tidak keberatan, dapatkah saya di share materi sbb.:
    a) KKO (Kata Kerja Operasional), b) Ketrampilan Konkret dan Ketrampilan Abstrak, c) Pengetahuan Faktual-konseptual-prosedural-metakognisi, dan d) Analisis materi pembelajaran
    Terima kasih

    1. Avatar Endarta

      terima kasih bu Dyah Soewandi apresiasinya … syukurlah kalau bisa membantu barang sedikit … apalagi bisa menolong belajar secara mandiri … nanti saya downloadkan … kadang nulisnya langsung online … semoga bermanfaat juga … semangat bu Dyah !!!

  3. Avatar Nanda
    Nanda

    Terima kasih pak Endarta atas materi2nya yg luar biasa..
    Oh ya pak, itu yg KKO nya dyer blm ada d tulisan d atas. Kalo bisa ditambahkan pak, kebetulan saya jg sdg belajar dan msh bingung bgmn menyelaraskan antara kd 3 dan 4.
    Semoga bapak sekeluarga selalu d beri kesehatan. Terima kasih 🙏

    1. Avatar Endarta

      Terima kasih apresiasinya pak Nanda … saya sudah mencoba mencari KKO dari Dyer tapi belum menemukan kumpulan yang berisi kata kerja … tetapi … berdasarkan deskripsinya bisa kita ambil kata kerja yang sesuai …. misalnya menalar … menurut deskripsinya … Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep…..
      CONTOH …. siswa diajak mengamati … kuat arus yang lewat pada suatu resistor menggunakan voltmeter …. dari nilai resistor dan kuat arus yang melewatinya … siswa dapat didorong Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan …. jadi … boleh jadi kata kerjanya tidak tunggal …
      Dalah hal penyelarasan KD seharusnya KD3 yang disesuaikan, sedangkan KD4 nya jangan dinaikkan atau diturunkan … KD4 atau keterampilan sudah ditentukan … sedangkan KD3 (pengetahuan) harus bisa mendukung tercapainya KD4 … karena itu … jika KD3 lebih rendah dari level KD4 … maka … KD3 nya yang dinaikkan jangan menurunkan KD4 …
      Demikian pak Nanda …

  4. Avatar B. Sukandari
    B. Sukandari

    Mohon maaf bisa minta filenya Pak?

    1. Avatar Endarta

      boleh bu …

  5. Avatar andy
    andy

    maaf pa bisa minta file kko dan silabus smk 2017 pak?

    1. Avatar Endarta

      sudah mas andy … cek emailnya … semoga bermanfaat

  6. Avatar Ida
    Ida

    Yth pa Endarta. Trimakasi atas materi yg Bpk tulis ini sangat membantu saya dalam merumuskan IPK ketrampilan dngn taksonomi yg dipaparkan. Kiranya bpk terus diberkati bagi banyak orang khususnya para guru.

    1. Avatar Endarta

      terima kasih bu Ida … syukurlah bisa membantu sedikit-sedikit… tetap semangat !! sedikit demi sedikit tapi maju terus …

  7. Avatar Ricca
    Ricca

    Terimakasih bapak, sangat membantu saya dalam pengembangan RPP. Tetapi tetap saja saya kadang masih bingung dalam pemilihan KKO disetiap KD. Misal, didalam KD ada kata “mengidentifikasi”, variasi KKO apasaja yang sesuai untuk IPK. Kata “memahami” KKO untuk IPK apa…, “membanding”, dll. berharap bapak bisa membantu variasi KKO untuk IPK pada masing masing KD yang diatas. Terimakasih sebelumnya.

    1. Avatar Endarta

      bu Ricca … terima kasih sharing nya … akan saya coba buatkan postingan … Cara memilih KKO yang sesuai … mohon ditunggu …

    2. Avatar Endarta

      Bu Ricca … saya coba tambahkan di bagian akhir postingan di atas … karena saya tidak tahu mapel atau KD nya secara pasti … maka di situ masih agak umum … dan variasi kata yang pas masih tergantung apa materi pembelajarannya …

  8. Avatar fairus
    fairus

    Saya merasa sangat terbantu dengan materi yang Bapak paparkan, sayang tidak bisa di dounload. Sama seperti permintaan teman-teman pak… saya juga mau di kirimkan materi KKO sikap, pengetahuan dan keterampilan. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  9. Avatar Ana
    Ana

    Terima kasih bapak Endarta,blog yang luar biasa, sangat membantu saya yang baru mengajar secara formal, jika tidak keberatan, dapatkah bapak share materi tentang :
    1. KKO 2. Silabus SMK 2017 3. Analisis Materi Pembelajaran 4. Keterampian Konkret dan Keterampilan Abstrak 5. Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognisi.
    Terima kasih.

    1. Avatar Endarta

      coba di cek emailnya bu Ana …

  10. Avatar Taty Hasrawati Asana
    Taty Hasrawati Asana

    Terima kasih banyak pak Endarta, materi ini sangat bermanfaat, apa sy juga bisa memperoleh filenya seperti bu Ana? Analisis materi pembelajaran, KKO, Keterampilan konkret dan abstrak, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif? Saya memerlukannya untuk membuat Analisis SKL, KI KD dll.
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Avatar Endarta

      sudah di email … semoga bisa membantu bu Taty Hasrawati …

  11. Avatar Mimy Rahayu
    Mimy Rahayu

    Slamat pagi pak, trimakasih atas artikel yang bapak postkan, boleh minta filenya pak karena ini sangat membantu saya dalam merumuskan IPK untuk menyusun RPP. Trima kasih pak atas perhatian dan kebaikannya semoga bapak sekeluarga berkah selalu.

    1. Avatar Endarta

      ya selamat malam … coba cek di email …

  12. Avatar Demianus Bidana
    Demianus Bidana

    Selamat siang pak Endarta. Terima kasih pak atas pembagian ilmunya. namun sayang saya tidak bisa download pak bisa bantu saya untuk kirim filenya. terima kasih sebelumnya.

    1. Avatar Endarta

      selamat malam … coba cek di email …

  13. Avatar Lailatul
    Lailatul

    Pak saya mau bertanya. kata kerja yang sesuai untuk membuat indikator pencapauan kompetensi dgn KD 4 menyimpulkan subtansi dan strategi dakwah khulafaurrasyin itu apa. Mengingat ini pembelajaran yg bersifat konsep untuk indikaotnya itu apa ya pak. Terima kasih

    1. Avatar Endarta

      menyimpulkan … termasuk keterampilan abstrak tingkat menalar (KA-4) … deskripsinya Mengembangkan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasi dari dua fakta/konsep … mengembangkan interpretasi , mengembangkan argumentasi , mengembangkan kesimpulan leterkaitan …
      kayaknya seperti itu bu Lailatul …

  14. Avatar Suisyen

    Yth Bapak Endarta
    Terima kasih telah share ilmunya tentang kurikulum.
    Saya adalah guru di salah satu SD Negeri, Jujur pak saya masih bingung tentang bagaimana cara penentuan KKO dalam membuat IPK dan hal ini masih baru saya dengar melalui program PKP berbasis zonasi dan saya tidak mendapatkan apa-apa. Jadi saya sangat berharap bapak bisa share ilmunya kepada saya dan ini akan saya kembangkan di sekolah saya pak. Terima kasih semoga bapak diberi rejeki dan panjang umur. Amin

    1. Avatar Endarta

      bu Suisyen … terima kasih sudah sempat mampir … mungkin sudah baca beberapa posting saya … iya memang jarang pembina2 kita mencontohkan … bagaimana memilih KKO … saya sendiri … menjawab pertanyaan bu Suisyen juga canggung ini … tapi saya coba lah
      misal mapel IPA KD 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
      kata kerja KD nya menganalisis
      deskripsi dari menganalisis adalah kemampuan memisahkan menjadi komponen komponen yg lebih kecil dan menunjukkan hubungan antara komponen tersebut
      dalam konteks KD ini … ada kemungkinan 1 … kalor ditambah / meningkat 2. kalor berkurang / menurun kemudian dari wujud benda kan ada juga perubahan
      dari daftar KKO level C4 menganalisis … ada KKO yaitu mengaitkan nah ini pas bisa dipakai sesuai konteks
      Jadi bisa dibuat IPK : mengaitkan penambahan kalor pada air, perubahan suhu air dan perubahan wujud nya
      Nah … itu hanya sekedar mencoba … bisa didiskusikan lebih lanjut … tentunya bisa dikembangkan pada contoh benda yang lain
      semoga menginspirasi ….

  15. Avatar sarno
    sarno

    pa endar gmn cara mendownload KKO, makasih sebelum……

  16. Avatar sarno
    sarno

    terimakasih banyak sangat membatu guru dalam menyusun soal

    1. Avatar Endarta

      coba cek di email pak Sarno …

  17. Avatar Nasihah
    Nasihah

    Pak Endar …..selamat mslam gimana cara mendownload kko nya saya sangat kesulitan. Matur nuwun

    1. Avatar Endarta

      cek di emailnya bu …

  18. Avatar Fika natalia
    Fika natalia

    Pak jika kd 3.10 Mendeskripsikan integral
    tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi.
    Maka ipk nya apa y pak?

  19. Avatar Sriewid
    Sriewid

    sangat membantu minta share ke email boleh ya,..

  20. Avatar Tya
    Tya

    Pak, kalo kata menjelaskan itu masuk ke kategori keterampilan abstrak yang bagian mana?

    1. Avatar Endarta

      kalau merujuk ke K2013, menurut taksonomi bloom anderson … menjelaskan itu masuk ke kategori pengetahuan … memahami

  21. Avatar Balqis
    Balqis

    alhamdulillah sangat membantu pak, kalau boleh minta file nya pak

  22. Avatar Marfan Lamangga

    terima kasih pak, sangat mencerahkan, dari kemarin-saya mencari penjelasan mengenai Taksonomi sekaligus penjelasannya terkait KKO, dan yang saya dapat disini adalah penjelasan secara komprehensif tapi disajikan secara sederhana..saya ingin bertanya pak, di KD-3 saya KKO nya itu ”menganalisis” (C4) tapi di KD-4 KKO nya ”mengomunikasikan” yang menurut penjelasan bapak di atas itu masuk dalam ranah keterampilan abstraknya Dyers, nah poin pertanyaan saya pak, KKO yang cocok untuk kata ”mengomunikasikan” itu apa ya pak? jadi KD-4 nya itu”mengomunikasikan contoh kisah yang berkaitan dengan taubat”. jadi saya bingungnya, menyelaraskan KD-3 (menganalisis (C4)) dengan KD-4 (mengomunikasikan). terima kasih pak

    1. Avatar Endarta

      menurut KBBI Kemdikbud, mengomunikasikan berarti mengirim lewat saluran komunikasi; menyebarkan melalui saluran komunikasi. Menurut dimensinya berarti Menyajikan hasil kajian (dari mengamati sampai menalar) dalam bentuk tulisan, grafis, media elektronik, multi media dan lain-lain. Jadi itulah bentuk-bentuk kegiatan mengomunikasikan, KKO nya disesuaikan dengan kegiatan tadi, misalnya menyajikan contoh taubat secara tertulis, menyajikan contoh taubat dalam bentuk grafis dll. Kalau hanya menyelaraskan KD3 level C4 sedang KD4 nya level KA5, sehingga KD3 direkomendasikan naik satu tingkat menjadi C5 = mengevaluasi. Demikian pak Marfan menurut saya … semoga menjadi bahan diskusi

  23. Avatar Bernaty Palimbunga
    Bernaty Palimbunga

    Terimakasih atas pembagian ilmunya, tapi sayang tidak bisa di download. Maaf pak,bisakah sy dikirimkan filenya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    1. Avatar Endarta

      Sudah saya send di email … coba di cek

  24. Avatar luthfi
    luthfi

    Bapak, saya mau bertanya, apakah boleh KKO yang dipakai untuk KD4 diambil dari Simpson utk IPK 4.1 sementara IPK 4.2nya memakai KKO dari dyers pak?

    1. Avatar Endarta

      saya kira itu hanya kebetulan saja pak Luthfi … yang pasti perlu disadari bahwa kko dyers harusnya lebih mengarah ke keterampilan abstrak sedangkan kko simpson lebih bersifat konkrit ya …

  25. Avatar Eva Sofiah

    Terimakasih postingannya pak…. Semoga menjadi amalnya menyampaikan sesuatu yang bermanfaat. Bolehkah saya minta dikirimkan KKO ini ke email saya? Jazakallah

    1. Avatar Endarta

      coba cek di email bu … tolong tidak diupload lagi ke website lain …

  26. Avatar natsir muhamad
    natsir muhamad

    Terima kasih atas postingannya Pak Endarta, sangat membantu sekali dalam penerapan pembuatan soal berbasis HOTS, disajikan secara komprehensif/lengkap sekali KKO sikap, KKO pengetahuan, dan KKO keterampilan. melalui postingan seperti ini guru dapat belajar secara mandiri, karena guru diabat melenial ini dituntun untuk mengembangkan kemampuan pedagoginya dan ke profesionalisannya didalam mengemban tugas sebagai guru.
    Sekali terima kasih.
    Mungkin file nya bisa dibagi Pak Endarta

Tinggalkan Balasan ke Demianus Bidana Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.