Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif

Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif adalah dimensi-dimensi pengetahuan. Mengenali pengetahuan faktual, konseptual, prosedural / operasional dasar dan metakognitif memandu guru menemukan materi pembelajaran. Mari kita diskusikan pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif dan dimensi proses kognitif

Pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif ada di dalam setiap mata pelajaran di SD, SMP, SMA maupun SMK dan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Karena itu rekan-rekan pendidik pada mata pelajaran apapun perlu dan harus mampu mengenali dimensi pengetahuan yang tersirat dan tersurat di dalam kompetensi – kompetensi dasar. Pada berbagai kesempatan workshop, in house training maupun bimbingan teknis kami masih menemukan banyak rekan yang belum memahami dimensi-dimensi pengetahuan pada mata pelajaran yang di ampunya.

Manfaat Mengenali Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif

Mengenali dengan baik dimensi-dimensi pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif merupakan perwujudan kompetensi profesional guru. Setiap kita yang telah diberi amanat sebagai guru sudah sewajarnya dan menjadi keharusan memiliki kemampuan mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan dalam setiap KD pada mata pelajaran kita. Justru ketika kita tidak mampu  mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan ini di setiap KD pada mata pelajaran kita menjadi wajar jika masyarakat mempertanyakan profesionalitas kita sebagai pendidik.

Manfaat utama mengenali dengan baik Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif ialah memudahkan kita mendeskripsikan materi pembelajaran sesuai kompetensi dasar / KD yang dipelajari. Linier dengan hal tersebut, kemampuan guru mendiskripsikan dimensi pengetahuan juga mendukung dan memudahkan guru membuat indikator pencapaian kompetensi, membuat tujuan pembelajaran. Mari kita kenali lebih dekat tentang dimensi pengetahuan pada KD kita masing-masing.

Pengetahuan Faktual

Pengetahuan  faktual ialah pengetahuan tentang fakta-fakta yang detail, spesifik dan elementer. Harap rekan-rekan baca dan diresapi … fakta-fakta yang detailspesifikelementer. Semua hal yang bisa ditangkap dengan panca indera adalah fakta-fakta namun biasanya kita tidak menyebutkannya secara detail, spesifik dan elementer. Seringkali kita menyebutkannya secara singkat saja dengan berprinsip asal yang diajak bicara sudah faham maksudnya.

Pengetahuan Faktual Menurut Ahli Taksonomi

Anderson & Krathwohl (2001) mendefinisikan pengetahuan faktual adalah pengetahuan tentang elemen-elemen “bit informasi” yang terpisah dan terisolasi. Jenis-jenis pengetahuan faktual mencakup (1) pengetahuan tentang terminologi (istilah) dan (2) pengetahuan tentang detail dan elemen tertentu.

Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah

Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah ada pada semua bidang atau disiplin ilmu. Sebagai contoh, penulis memiliki latar belakang keilmuan Teknik Elektronika. Pada bidang ilmu elektronika banyak sekali terminologi / istilah / peristilahan yang dikenal dan digunakan untuk mengomunikasikan, memahami hal-hal pada bidang tersebut. Pengetahuan faktual bidang elektronika antara lain resistor nilai tertentu, capasitor nilai tertentu, transistor tipe tertentu, induktor nilai tertentu dll. Masing-masing memiliki deskripsi sendiri. Resistor ialah alat/komponen untuk menimbulkan resistans (tahanan listrik). Nah, ini contoh pengetahuan faktual pada bidang ilmu elektronika.

Pengetahuan Faktual berupa Elemen Tertentu dan Detail

Pengetahuan faktual detail dan elemen spesifik mengacu pada pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber informasi, dan sejenisnya. Baik, untuk contoh saya akan ulangi contoh resistor yang saya sebut di atas. Resistor (alat/komponen untuk menimbulkan resistans atau tahanan listrik) mempunyai gelang warna coklat, hitam, merah, emas. Gelang warna tersebut merupakan sumber informasi yang artinya memiliki nilai resistans 1000 ohm toleransi 5%. Ini juga contoh pengetahuan faktual.

pengetahuan faktual

Benda-benda dalam gambar di atas beserta deskripsinya itulah manifestasi dari pengetahuan faktual dalam contoh ini.

Contoh pengetahuan faktual

Pengetahuan faktual bisa berupa kejadian atau peristiwa yang dapat dilihat, didengar, dibaca, atau diraba. Bagaimana atau seperti apa contohnya pengetahuan faktual itu?

Coba rekan-rekan menoleh ke kanan. Apa saja yang terlihat? Coba ceritakan yang tampak oleh anda dengan rinci, detail. Itulah salah satu contoh pengetahuan faktual … detail, spesifik dan elementer.

Pengetahuan faktual juga saya ilustrasikan pada gambar di atas. Periksalah dengan teliti gambar spidol pada no 1 dan 2 di atas, deskripsikan dengan detil dan spesifik. Bandingkan dengan deskripsi yang saya buat !

Contoh pengetahuan faktual lainnya, cobalah rekan-rekan menyalakan sepeda motor. Setelah mesin sepeda motor menyala, dengarkan suaranya dengan cermat. Bagaimana suara mesin sepeda motor tersebut?

Pengetahuan Konseptual

Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif pensil

Berdasarkan gambar di atas, dapatkah rekan-rekan menemukan Pengetahuan Faktual, pengetahuan Konseptual, pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar dan pengetahuan Metakognitif?

pengetahuan konseptual

Pengetahuan Konseptual Menurut Ahli

Pengetahuan konseptual mencakup pengetahuan tentang kategori dan klasifikasi dan hubungan antara dan di antara mereka – bentuk pengetahuan yang lebih kompleks dan terorganisir (Anderson & Krathwohl, 2001)

Pengetahuan konseptual mencakup tiga jenis:

  • (1) pengetahuan konseptual jenis klasifikasi dan kategori, pada contoh foto yang ditayangkan di atas, kita bisa menyebut sesuai kategorinya yaitu alat tulis tangan.
  • (2) pengetahuan konseptual jenis prinsip dan generalisasi dan
  • (3) pengetahuan konseptual jenis teori, model, dan struktur.
Contoh Pengetahuan Konseptual

Contohnya fungsi kunci kontak pada mesin mobil, prinsip kerja starter, prinsip kerja lampu, prinsip kerja rem. Contoh lain: pengertian arsip dan dokumen, fungsi arsip dan dokumen.

Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar

Pengetahuan prosedural adalah “pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu” mencakup pengetahuan tentang keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan tentang kriteria yang digunakan untuk menentukan dan / atau membenarkan “kapan harus melakukan apa” dalam domain dan disiplin ilmu tertentu.

(Anderson – Krathwohl, 2001)

Pengetahuan prosedural merupakan pengetahuan bagaimana melakukan sesuatu termasuk pengetahuan keterampilan, algoritma (urutan langkah- langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis), teknik, dan metoda seperti langkah-langkah membongkar mesin, langkah- langkah mengganti lampu, langkah-langkah mengganti sepatu rem.

Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu & Algoritma

Contoh Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan dalam merakit amplifier
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan untuk menentukan arti kata berdasarkan analisis struktur kalimat
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang terkait membuat papan rangkaian tercetak
Contoh Pengetahuan Prosedural Algoritma
  • Pengetahuan tentang berbagai algoritma untuk memecahkan persamaan kuadrat

Pengetahuan Prosedural Teknik & Metoda

Contoh Pengetahuan Prosedural Teknik
  • Pengetahuan tentang teknik menemukan kerusakan pesawat TV
  • Pengetahuan tentang teknik pengujian komponen dioda
Contoh Pengetahuan Prosedural Metoda
  • Pengetahuan tentang metode penelitian tindakan kelas
  • Pengetahuan tentang metode pengaturan tata letak halaman pengetikan
  • Pengetahuan tentang berbagai metode kritik sastra

Pengetahuan Prosedural Kriteria

Selain pengetahuan tentang cara dan metode, seringkali kita juga harus memiliki pengetahuan tentang kriteria dan menentukan kapan menggunakan cara atau metode yang tepat seperti diuraikan di atas.

Contoh Pengetahuan Prosedural Kriteria
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan kapan sebuah tabung gambar televisi harus diganti baru
  • Pengetahuan tentang kriteria menentukan metode mana yang digunakan dalam memecahkan persamaan aljabar
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan prosedur statistik mana yang akan digunakan dengan data yang dikumpulkan dalam eksperimen tertentu
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan teknik mana yang akan diterapkan untuk menciptakan efek yang diinginkan dalam lukisan cat air tertentu

Contoh Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar

Contoh lain: Langkah-langkah menyusun arsip sistem alphabet dan geografik.

Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan prosedural / operasional dasar nya?

Pengetahuan Metakognitif

Pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan tentang kognisi (mengetahui dan memahami) yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman meliputi kesadaran dan pengendalian berpikir, serta penetapan keputusan tentang   sesuatu.

Flavell mendefinisikan metakognisi / metakognitif sebagai pengetahuan tentang kognisi dan kontrol kognisi. Sebagai contoh, seseorang terlibat dalam metakognisi (sifatnya pengetahuan metakognitif ) jika ia menyadari bahwa ia mengalami lebih banyak kesulitan dalam mempelajari A daripada B, atau jika itu menyerangnya ia harus mengecek ulang C sebelum menerimanya sebagai fakta. J. H. Flavell (1976, hal. 232) (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).

Metakognisi juga melibatkan pemikiran tentang proses berpikir sendiri seperti keterampilan belajar, kemampuan ingatan, dan kemampuan untuk memantau pembelajaran. Konsep ini perlu secara eksplisit diajarkan bersama dengan instruksi konten. Pengetahuan metakognitif adalah tentang proses kognitif seseorang dan pemahaman tentang bagaimana mengatur proses-proses tersebut untuk memaksimalkan

pengetahuan metakognitif

pembelajaran. (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).

Contoh Pengetahuan Metakognitif

Sebagai   contoh   memperbaiki   mesin   yang   rusak, membuat instalasi kelistrikan lampu, mengapa terjadi rem blong. Contoh lain: Apa yang terjadi jika penyimpanan arsip tidak tepat?

Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan metakognitif  nya?

Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif dalam Kompetensi Dasar KD

Contoh pada KD Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

3.1 Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik

4.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik

Pengetahuan Faktual Olahraga permainan bola besar (volly)

  • bola volly merk Molten warna putih garis biru no registrasi 123454321
  • net / jaring olah raga volly merk AAA, warna biru dongker, tali nilon
  • lapangan volly SMK Putra Utama Banjarmasin

Pengetahuan Konseptual Olahraga permainan bola besar (volly)

  • macam-macam teknik servis
  • peraturan permainan volly
  • macam-macam teknik smash

Pengetahuan Prosedural Olahraga permainan bola besar (volly)

  • cara melakukan servis bola bawah
  • cara melakukan servis bola atas
  • cara melakukan pukulan quick smash
  • cara menerima pukulan servis

Pengetahuan Metakognitif Olahraga permainan bola besar (volly)

  • melakukan permainan menyerang sesuai situasi permainan
  • melakukan permainan bertahan dari serangan lawan sesuai situasi permainan

Nah … ini sekedar contoh yang masih perlu didiskusikan bersama rekan-rekan ahlinya … bagi admin … contoh itu hanya kenangan permainan masa muda … mungkin banyak yang tidak pas … karena itu sambil dinanti pembahasan rekan-rekan ahli olahraga …

Demikianlah diskusi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif … bagaimana sharing rekan-rekan?

Baca juga …

Diposkan oleh Endarta

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta

Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta

Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta

Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)

Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta

Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )

Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018

Juara ke 2 Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional 2019

Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia

150 Komentar

    1. Trim shere ilmux bapak sy banyak mendapatkan pengetahuan dr bpk terutama tentang 4 dimensi pengetahuan ,sebagai dasar sy menyampaikan materi tentang pembelajaran berorientadi HOTS

      1. syukurlah … kalau bisa menginspirasi bu Ketut Sulastri … memang dengan memahami betul dimensi pengetahuan itu khususnya pada KD yang dipelajari … sebagai guru kita menjadi tambah percaya diri membawakan materi … sukses bu Ketut Sulastri

  1. Terima kasih. Sangat membantu wawasan kerena km selaku pelaksana K13 atau sebagai guru masih sangat perlu referensi krn mengetrapkan K13 baru 1 th.

  2. terimakasih banyak pak, bolehkah saya melihat dan mempelajari materinya pak? dan apakah bapa ada contoh RPP nya pak yang berkaitan dengan hal tsb? Terimakaasih pak 🙂

    1. bu Lia … tulisan di atas lebih kepada memberi contoh tentang bentuk-bentuk pengetahuan (contoh tentang macam2 alat tulis saya pakai kebetulan mudah dipahami) … karena saya masih sering melihat rekan-rekan belum memahami tentang bentuk-bentuk pengetahuan itu … nah dari pemahaman contoh di atas kemudian di bawa untuk memahami bentuk2 pengetahuan dalam KD / kompetensi dasar yang akan kita ajarkan …
      Saya tidak punya RPP terkait contoh uraian di atas … tapi kalau mau mendiskusikan yang ada di mata pelajaran yang bu Lia ampu … boleh juga untuk belajar saya …

  3. Terimakasih, sangat bermanfaat Bapak. Sedikit pertanyaan Bapak, apakah tipe pengetahuan tersebut mempengaruhi metode / model pembelajaran? mohon tanggapannya.

    1. mas Nugroho dan kawan-kawan … tipe atau jenis pengetahuan memberi petunjuk dan mengarahkan pada kita tentang materi pembelajaran yang sesuai misalnya jenis pengetahuan faktual / fakta … memandu kita kepada materi yang berupa pengetahuan spesifik dan elementer (umumnya merujuk pada sesuatu yang unik) … contoh benda yang dinyatakan secara spesifik … pengetahuan konseptual mengarahkan pada klasifikasi atau penggolongan … saya contohkan ALAT TULIS … klasifikasi kan? dst prosedural dan metakognitif.
      apakah jenis2 penngetahuan mempengaruhi metode / cara mengajarkan … menurut saya iya … misalnya benda yang bentuknya unik atau mungkin spesifik dapat diajarkan … dengan mengajak siswa mengamati / menggambar … TIDAK SESUAI kalau hanya kita omongkan saja … betulkan? dst
      sedangkan model pembelajaran … ini beda dengan metode di atas … ditentukan berdasarkan rumusan KD nya … apakah siswa dituntut kemampuan meng ekplanasi … atau membuat atau menganalisis atau mencari solusi2 …
      kira-kira begitu mas Nugroho … semoga menginspirasi …

  4. terimaksih pak, saya jadi mengerti makna kata2 tersebut.karna zaman saya kuliah lulus tahun 2012 masih belum faham betul k13.sekarang saya mulai faham tentang rpp k13.sungguh catatan yang luar biasa membantu bagi saya. kalau boleh saya minta materinya?

  5. terima kasih pa, sy jd mulai faham, utk lebih jelasnya bolehkah materinya dikirimkan ke saya? sy adl guru bhs jepang dan saat ini sedang dalam proses pembuatan rpp, dan sy msh blm terlalu faham Dimensi Pengetahuan ttg faktual, konseptual dll. terima kasih

  6. Terima kasih pak… Sangat bermanfaat sekali untuk saya… Bila berkenan, bolehkah minta materi nya pak!

  7. Bapak Endarta Yth., terimakasih atas ilmunya yang menguraikan dengan bahasa yang dapat kami pahami, semoga menjadi amal ibadah bagi bapak dan bermanfaat bagi para pendidik yang menyusun materi pembelajaran dalam RPP sesuai dengan panduan. jika Bapak tdk keberatan saya mohon dikirimkan penjelasan tentang konten materi tersebut, terimakasih.

  8. Materinya sangat bermanfaat bagi saya yang masih belum mampu memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Saya masih bingung terkait materi tersebut. Saya request materinya saja pak, mudah2an bisa dipahami lebih lanjut. Terima kasih sebelumnya.
    Salam.

  9. Alhamdulillah dapat pencerahan tentang menentukan dimensi pengetahuan. Terimakasih Pak. Boleh materinya di kirim Pak.

  10. Ass.Wr.Wb.
    Bapak Endarta yth, Alhamdulillah kami mendapat pencerahan. Trimakasih atas uraian ilmunya yang mudah dipahami, kami doakan semoga ini menjadi amal ibadah Bapak…Aamiin. Bila tidak keberatan saya mohon dikirimkan uraian penjelasan materi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognetif. trimakasih

    1. Wa alaikum salam wr wb. … iya bu Nurhayati … terima kasih doanya … amiin amiin ya Robbal alamin …
      sudah saya kirim coba di cek di email … semoga membantu …

  11. PAK MINTA REFERENSI PANDUAN MENGENAI 4 DIMENSI PENHETAHUAN ITU. DAN CONTOH RPP YG MATERIX SDH DIURAIKAN MJD 4 DIMENSI PENGETAHUAN ITU (FAKTUAL, KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF)

  12. Terima kasih penjelasannya Pak, sangat bermanfaat..
    Untuk materi seperti letak astronomis Indonesia apakah juga bisa dilihat sebagai pengetahuan prosedural.
    Mohon penjelasannya Pak..
    Dan juga mohon dikirim file materinya

    1. bu Ika Widyawati … sepertinya letak astronomis indonesia (pemahaman saya adalah … posisi indonesia secara astronomis … itu hanya ada 1 (satu) artinya unik … tidak ada kembaran nya … jadi masuk pengetahuan faktual … maaf saya kurang mempelajari astronomi … tetapi seandainya … pandangan astronomis itu referensi razi bintang nya ada beberapa yang serupa … harusnya termasuk konseptual … cek n ricek karena saya kurang mendalami astronomi … jadi bisa salah persepsi …

  13. Uraian bapak sangat membantu saya memahami keempat jenis pengetahuan itu, karena bapak menjelaskannya dengan sederhana dan mudah utk dipahami, juga disertai ilustrasi dan contoh2 yang relevan.

    Boleh minta kirim materinya ke email saya bapak.

  14. Alhamdulillah, terima kasih Pak Endarta atas sharing-nya. Saya mantan Praktisi Perhotelan yang sekarang menekuni dunia pendidikan di SMK Pariwisata. saya belum banyak memahami cara pembuatan RPP, karena harus beranjak pada pemahaman awal dari KI-KD dan analisis yang begitu banyak dan membosankan. Tp dengan penjelasan Bapak, saya bisa sedikit memahami dan sekaligus dapat membedakan 4 dimensi pengetahuan yang Bapak sebutkan tersebut. Mohon kiranya Bapak kalau punya materi yang berkaitan dgn analisis KI-KD, cara menentukan model pembelajaran, dan penentuan RPP. Terima kasih sebelumnya Pak …

    1. Alhamdulillah … pak Mastur Idris … ini hanya sharing ya … membuat RPP yang baik kewajiban semua pendidik. Saya sudah mencoba menguraikan tahapan2 membuat RPP yang saya uraikan di postingan2 berikut:
      1. Analisis SKL KI KD
      2. Analisis Materi Pembelajaran
      3. Analisis Penerapan Model Pembelajaran
      4. Analisis Penilaian Hasil Belajar
      atau ada juga yang saya rangkai menjadi satu postingan lengkap
      5. Menyusun Silabus dan RPP SMK
      coba dibaca-baca juga pak mungkin bisa membantu …

  15. Terima kasih pak…uraiannya, karena selama ini kami belum mengerti ttg penjelasan pengetahuan tsb. Boleh minta materinya pak….supaya lebih memahami

  16. Terimakasih Pak Endarta atas sharingnya, sangat membantu kami yang belum begitu paham tentang 4 jenis pengetahuan tsb.
    Mohon berkenannya utk mengirimkan filenya, Pak, beserta analisis model pembelajaran yg tepat utk mapel Bahasa Indonesia.
    Terimakasih.

  17. Assalamu’alaikum.
    Terima kasih Pak. Materinya sangat bermanfaat untuk saya yang belum pernah mengetahui tentang hal tersebut. Kalau boleh saya mau minta materinya. Dan mohon dibantu sebagai pencerahan bebarapa contoh untuk mapel Prakarya di tingkat SMP. Terimakasih.

    1. Wa alaikum salam bu Yanti Budianti …
      berikut bahan diskusi / contoh analisis pada mapel prakarya SMP … saya mengambil KD nya dari salah satu blog … benar/salah silahkan cek n ricek
      KD Pengetahuan 3.3 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran
      pengetahuan faktual bahan kertas:
      – contoh kertas cd
      – contoh kertas hvs
      – contoh kertas karton ciwi
      – contoh kertas karton hammer
      – karakteristik kertas cd
      – contoh kertas cd
      – karakteristik kertas hvs
      – karakteristik kertas karton ciwi
      – karakteristik kertas karton hammer
      Pengetahuan konseptual
      – jenis kertas
      – sifat-sifat kertas
      Pengetahuan prosedural
      – teknik pengolahan bahan kertas
      – cara membuat ….. dari bahan kertas

      dan seterusnya … silahkan didiskusikan lebih lanjut

  18. Tulisan Pak Endarta bagus sekali, mudah difahami..contoh-contoh yang sederhana dan mudah difahami.terimakasih pak sudah menginspirasi, jika diperkenankan..boleh saya minta materinya

  19. Terima kasih, Pak atas suluh (obor)-nya. Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat dan amal jariyah, Amin.
    Jika diperkenankan, kami akan sering mengunjungi laman ini.

  20. terima kasih infonya. jika diperkenankan sy minta di krm materinya karena ternyata tidak bisa dicopy. terima kasih sebelum & sesudahnya

  21. Trima kasih yang tulus buat bapak Endarta, super sekali semoga saya lebih profesional dalam melaksanakan pembelajaran !

    1. pak Taufiq … mata pelajaran yang diampu apa? supaya mudah dipahami … saya coba buatkan contoh … sementara saya buat contoh pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan …

    1. sudah terkirim pak Wildan … semoga membantu …….. sayangnya emailnya tidak bisa menerima email masuk …. ini pesannya >>> Alamat tidak dapat ditemukan
      Pesan Anda tidak terkirim ke wbuldani@yahoo.com karena alamat tersebut tidak dapat ditemukan, atau tidak bisa menerima email.

  22. Pak saya mahasiswa PGSD FKIP UNTAD di Palu Sulteng, laman bapak sangat membantu tugas perkuliahaan saya. Terima kasih pak

    1. iya … syukurlah mbak Astrid Putri … semoga memperkuat kita semua menjadi guru kompeten untuk melahirkan generasi emas … semangat mbak …

  23. Lamannya bapak sangat membantu tugas perkuliahan sy pak, perkenalkan sy Mahasiswa PGSD FKIP UNTAD di Palu Sulteng pak

  24. Bagaimana caranya saya mendapatkan materi bapak ini ? sangat bermanfaat bagi saya. Bisakah saya minta tolong untuk mengiirimkan ke email saya ?

  25. Alhamdulillah…. tulisan bapak sangat menginspirasi dan membantu saya untuk memahami materi…. bolehkah di kirimkan ke email sy… ?? terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan ke Syaiful Hasbi Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.