pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif

Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif

Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif adalah komponen dimensi pengetahuan. Mengenali pengetahuan faktual, konseptual, prosedural / operasional dasar dan metakognitif memandu guru menemukan materi pembelajaran. Mari kita diskusikan pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif
pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif dan dimensi proses kognitif

Pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural / operasional dasar dan pengetahuan metakognitif ada di dalam setiap mata pelajaran di SD, SMP, SMA maupun SMK dan pada mata kuliah di perguruan tinggi. Karena itu rekan-rekan pendidik pada mata pelajaran apapun perlu dan harus mampu mengenali dimensi pengetahuan yang tersirat dan tersurat di dalam kompetensi – kompetensi dasar. Pada berbagai kesempatan workshop, in house training maupun bimbingan teknis kami masih menemukan banyak rekan yang belum memahami dimensi pengetahuan pada mata pelajaran yang di ampunya.

Manfaat Mengenali Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif

Mengenali dengan baik dimensi pengetahuan mencakup pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif merupakan perwujudan profesional guru. Setiap kita yang telah diberi amanat sebagai guru sudah sewajarnya dan menjadi keharusan memiliki kemampuan mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan dalam setiap KD pada mata pelajaran kita. Justru ketika kita tidak mampu  mengenali, memahami, memilah dimensi pengetahuan ini di setiap KD pada mata pelajaran kita menjadi wajar jika masyarakat mempertanyakan profesionalitas kita sebagai pendidik.

Manfaat utama mengenali dengan baik Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif ialah memudahkan kita mendeskripsikan materi pembelajaran sesuai kompetensi dasar / KD yang dipelajari. Linier dengan hal tersebut, kemampuan guru mendiskripsikan dimensi pengetahuan juga mendukung dan memudahkan guru membuat indikator pencapaian kompetensi, membuat tujuan pembelajaran. Mari kita kenali lebih dekat tentang dimensi pengetahuan pada KD kita masing-masing.

Pengetahuan Faktual

pengetahuan faktual

Pengetahuan  faktual ialah pengetahuan tentang fakta-fakta yang detail, spesifik dan elementer. Harap rekan-rekan baca dan diresapi … fakta-fakta yang detailspesifikelementer. Semua hal yang bisa ditangkap dengan panca indera adalah fakta-fakta namun biasanya kita tidak menyebutkannya secara detail, spesifik dan elementer. Seringkali kita menyebutkannya secara singkat saja dengan berprinsip asal yang diajak bicara sudah faham maksudnya.

Pengetahuan Faktual Menurut Ahli Taksonomi

Anderson & Krathwohl (2001) mendefinisikan pengetahuan faktual adalah pengetahuan tentang elemen-elemen “bit informasi” yang terpisah dan terisolasi. Jenis-jenis pengetahuan faktual mencakup (1) pengetahuan tentang terminologi (istilah) dan (2) pengetahuan tentang detail dan elemen tertentu.

Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah

Pengetahuan Faktual Terminologi / Istilah ada pada semua bidang atau disiplin ilmu. Sebagai contoh, penulis memiliki latar belakang keilmuan Teknik Elektronika. Pada bidang ilmu elektronika banyak sekali terminologi / istilah / peristilahan yang dikenal dan digunakan untuk mengomunikasikan, memahami hal-hal pada bidang tersebut. Pengetahuan faktual bidang elektronika antara lain resistor nilai tertentu, capasitor nilai tertentu, transistor tipe tertentu, induktor nilai tertentu dll. Masing-masing memiliki deskripsi sendiri. Resistor ialah alat/komponen untuk menimbulkan resistans (tahanan listrik). Nah, ini contoh pengetahuan faktual pada bidang ilmu elektronika.

Pengetahuan Faktual berupa Elemen Tertentu dan Detail

Pengetahuan faktual detail dan elemen spesifik mengacu pada pengetahuan tentang peristiwa, lokasi, orang, tanggal, sumber informasi, dan sejenisnya. Baik, untuk contoh saya akan ulangi contoh resistor yang saya sebut di atas. Resistor (alat/komponen untuk menimbulkan resistans atau tahanan listrik) mempunyai gelang warna coklat, hitam, merah, emas. Gelang warna tersebut merupakan sumber informasi yang artinya memiliki nilai resistans 1000 ohm toleransi 5%. Ini juga contoh pengetahuan faktual.

pengetahuan faktual
pengetahuan faktual

Benda-benda dalam gambar di atas beserta deskripsinya itulah manifestasi dari pengetahuan faktual dalam contoh ini.

Contoh pengetahuan faktual

Pengetahuan faktual bisa berupa kejadian atau peristiwa yang dapat dilihat, didengar, dibaca, atau diraba. Bagaimana atau seperti apa contohnya pengetahuan faktual itu?

Coba rekan-rekan menoleh ke kanan. Apa saja yang terlihat? Coba ceritakan yang tampak oleh anda dengan rinci, detail. Itulah salah satu contoh pengetahuan faktual … detail, spesifik dan elementer.

Pengetahuan faktual juga saya ilustrasikan pada gambar di atas. Periksalah dengan teliti gambar spidol pada no 1 dan 2 di atas, deskripsikan dengan detil dan spesifik. Bandingkan dengan deskripsi yang saya buat !

Contoh pengetahuan faktual lainnya, cobalah rekan-rekan menyalakan sepeda motor. Setelah mesin sepeda motor menyala, dengarkan suaranya dengan cermat. Bagaimana suara mesin sepeda motor tersebut?

Pengetahuan Konseptual

pengetahuan konseptual

Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan berbentuk klasifikasi, kategori, prinsip dan generalisasi.

pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif
pengetahuan faktual konseptual prosedural metakognitif pensil

Berdasarkan gambar di atas, dapatkah rekan-rekan menemukan Pengetahuan Faktual, pengetahuan Konseptual, pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar dan pengetahuan Metakognitif?

pengetahuan konseptual
pengetahuan konseptual

Pengetahuan Konseptual Menurut Ahli

Pengetahuan konseptual mencakup pengetahuan tentang kategori dan klasifikasi dan hubungan antara dan di antara mereka – bentuk pengetahuan yang lebih kompleks dan terorganisir (Anderson & Krathwohl, 2001)

Pengetahuan konseptual mencakup tiga jenis:

  • (1) pengetahuan konseptual jenis klasifikasi dan kategori, pada contoh foto yang ditayangkan di atas, kita bisa menyebut sesuai kategorinya yaitu alat tulis tangan.
  • (2) pengetahuan konseptual jenis prinsip dan generalisasi dan
  • (3) pengetahuan konseptual jenis teori, model, dan struktur.
Contoh Pengetahuan Konseptual

Contohnya fungsi kunci kontak pada mesin mobil, prinsip kerja starter, prinsip kerja lampu, prinsip kerja rem. Contoh lain: pengertian arsip dan dokumen, fungsi arsip dan dokumen.

Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar

pengetahuan prosedural

Pengetahuan prosedural adalah “pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu” mencakup pengetahuan tentang keterampilan dan algoritme, teknik dan metode, serta pengetahuan tentang kriteria yang digunakan untuk menentukan dan / atau membenarkan “kapan harus melakukan apa” dalam domain dan disiplin ilmu tertentu.

(Anderson – Krathwohl, 2001)

Pengetahuan prosedural merupakan pengetahuan bagaimana melakukan sesuatu termasuk pengetahuan keterampilan, algoritma (urutan langkah- langkah logis pada penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis), teknik, dan metoda seperti langkah-langkah membongkar mesin, langkah- langkah mengganti lampu, langkah-langkah mengganti sepatu rem.

Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu & Algoritma

Contoh Pengetahuan Prosedural Keterampilan Tertentu
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan dalam merakit amplifier
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang digunakan untuk menentukan arti kata berdasarkan analisis struktur kalimat
  • Pengetahuan tentang keterampilan yang terkait membuat papan rangkaian tercetak
Contoh Pengetahuan Prosedural Algoritma
  • Pengetahuan tentang berbagai algoritma untuk memecahkan persamaan kuadrat

Pengetahuan Prosedural Teknik & Metoda

Contoh Pengetahuan Prosedural Teknik
  • Pengetahuan tentang teknik menemukan kerusakan pesawat TV
  • Pengetahuan tentang teknik pengujian komponen dioda
Contoh Pengetahuan Prosedural Metoda
  • Pengetahuan tentang metode penelitian tindakan kelas
  • Pengetahuan tentang metode pengaturan tata letak halaman pengetikan
  • Pengetahuan tentang berbagai metode kritik sastra

Pengetahuan Prosedural Kriteria

Selain pengetahuan tentang cara dan metode, seringkali kita juga harus memiliki pengetahuan tentang kriteria dan menentukan kapan menggunakan cara atau metode yang tepat seperti diuraikan di atas.

Contoh Pengetahuan Prosedural Kriteria
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan kapan sebuah tabung gambar televisi harus diganti baru
  • Pengetahuan tentang kriteria menentukan metode mana yang digunakan dalam memecahkan persamaan aljabar
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan prosedur statistik mana yang akan digunakan dengan data yang dikumpulkan dalam eksperimen tertentu
  • Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan teknik mana yang akan diterapkan untuk menciptakan efek yang diinginkan dalam lukisan cat air tertentu

Contoh Pengetahuan Prosedural / Operasional Dasar

Contoh lain: Langkah-langkah menyusun arsip sistem alphabet dan geografik.

Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan prosedural / operasional dasar nya?

Pengetahuan Metakognitif

pengetahuan metakognitif

Pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan tentang kognisi (mengetahui dan memahami) yang merupakan tindakan atas dasar suatu pemahaman meliputi kesadaran dan pengendalian berpikir, serta penetapan keputusan tentang   sesuatu.

Flavell mendefinisikan metakognisi / metakognitif sebagai pengetahuan tentang kognisi dan kontrol kognisi. Sebagai contoh, seseorang terlibat dalam metakognisi (sifatnya pengetahuan metakognitif ) jika ia menyadari bahwa ia mengalami lebih banyak kesulitan dalam mempelajari A daripada B, atau jika itu menyerangnya ia harus mengecek ulang C sebelum menerimanya sebagai fakta. J. H. Flavell (1976, hal. 232) (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).

Metakognisi juga melibatkan pemikiran tentang proses berpikir sendiri seperti keterampilan belajar, kemampuan ingatan, dan kemampuan untuk memantau pembelajaran. Konsep ini perlu secara eksplisit diajarkan bersama dengan instruksi konten. Pengetahuan metakognitif adalah tentang proses kognitif seseorang dan pemahaman tentang bagaimana mengatur proses-proses tersebut untuk memaksimalkan

pengetahuan metakognitif
pengetahuan metakognitif

pembelajaran. (https://en.wikipedia.org/wiki/Metacognition, diakses 05 Agustus 2018 pada jam 20:40 Wita).

Contoh Pengetahuan Metakognitif

Sebagai   contoh   memperbaiki   mesin   yang   rusak, membuat instalasi kelistrikan lampu, mengapa terjadi rem blong. Contoh lain: Apa yang terjadi jika penyimpanan arsip tidak tepat?

Berdasarkan gambar pensil, ballpoint, spidol di atas … dapatkah rekan-rekan menunjukkan pengetahuan metakognitif  nya?

Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif dalam Kompetensi Dasar KD

Contoh pada KD Mapel Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

3.1 Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik

4.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik

Pengetahuan Faktual Olahraga permainan bola besar (volly)

  • bola volly merk Molten warna putih garis biru no registrasi 123454321
  • net / jaring olah raga volly merk AAA, warna biru dongker, tali nilon
  • lapangan volly SMK Putra Utama Banjarmasin

Pengetahuan Konseptual Olahraga permainan bola besar (volly)

  • macam-macam teknik servis
  • peraturan permainan volly
  • macam-macam teknik smash

Pengetahuan Prosedural Olahraga permainan bola besar (volly)

  • cara melakukan servis bola bawah
  • cara melakukan servis bola atas
  • cara melakukan pukulan quick smash
  • cara menerima pukulan servis

Pengetahuan Metakognitif Olahraga permainan bola besar (volly)

  • melakukan permainan menyerang sesuai situasi permainan
  • melakukan permainan bertahan dari serangan lawan sesuai situasi permainan

Nah … ini sekedar contoh yang masih perlu didiskusikan bersama rekan-rekan ahlinya … bagi admin … contoh itu hanya kenangan permainan masa muda … mungkin banyak yang tidak pas … karena itu sambil dinanti pembahasan rekan-rekan ahli olahraga …

Demikianlah diskusi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif  sebagai bagian atau komponen dimensi pengetahuan … bagaimana sharing rekan-rekan?

Baca juga …

membuat soal hots
discovery learning

Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

154 tanggapan untuk “Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural / Operasional Dasar dan Metakognitif”

  1. Avatar Taufiq Hidayaturrohman
    Taufiq Hidayaturrohman

    Sangat membantu pak tp saya masih belum paham betul jika dikaitkan dengan materi pembelajaran

    1. Avatar Endarta

      pak Taufiq … mata pelajaran yang diampu apa? supaya mudah dipahami … saya coba buatkan contoh … sementara saya buat contoh pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan …

  2. Avatar Mustafa
    Mustafa

    materinya bermanfaat sekali pak, boleh dapat materinya?

    1. Avatar Endarta

      sudah saya kirim pak Mustafa … semoga berguna …

  3. Avatar wildan buldani
    wildan buldani

    Terimakasih pak sangat bermanfaat, boleh miinta materinya

    1. Avatar Endarta

      sudah terkirim pak Wildan … semoga membantu …….. sayangnya emailnya tidak bisa menerima email masuk …. ini pesannya >>> Alamat tidak dapat ditemukan
      Pesan Anda tidak terkirim ke wbuldani@yahoo.com karena alamat tersebut tidak dapat ditemukan, atau tidak bisa menerima email.

  4. Avatar SUPRAYITNO
    SUPRAYITNO

    Terima kasih Pak atas penjelasannya. Kalau diperkenankan bolehkah minta materinya?

    1. Avatar Endarta

      cek email pak Suprayitno

  5. Avatar TENGKU MASRATU AYU
    TENGKU MASRATU AYU

    Bapak bisa minta filenya karena tak bisa dikopi. saya butuh sekali Pak.

    1. Avatar Endarta

      cek email bu Ayu …

  6. Avatar Darmadi
    Darmadi

    Terimaksih Pk sangat bermanfaat bagi saya, mohon kalau boleh dibagikan filenya ke Email saya

    1. Avatar Endarta

      yaa sudah di sent … coba periksa di email …

  7. Avatar Fikri

    terima kasih banyak infonya

    1. Avatar Endarta

      terima kasih pak Fikri … sudah berkunjung …

  8. Avatar murtini andriani
    murtini andriani

    Wah…makasih pak jadi paham…. Kalau boleh contohnya di banyakin ya pak…

  9. Avatar murtini andriani
    murtini andriani

    Thank pak…sangat bermnfaat

  10. Avatar murtini andriani
    murtini andriani

    Makasih Pak…sangat bermanfaat.

  11. Avatar Dadan Firdaus
    Dadan Firdaus

    Terimakasih Pa,sangat bermanfaat untuk saya,
    kalau boleh ,saya mohon dibagi filenya pa ke email saya.

    1. Avatar Endarta
      Endarta

      syulur alhamdulillah … cek emailnya pak Dadan Firdaus

  12. Avatar Astrid Putri Ayu Ningrum
    Astrid Putri Ayu Ningrum

    Pak saya mahasiswa PGSD FKIP UNTAD di Palu Sulteng, laman bapak sangat membantu tugas perkuliahaan saya. Terima kasih pak

    1. Avatar Endarta
      Endarta

      iya … syukurlah mbak Astrid Putri … semoga memperkuat kita semua menjadi guru kompeten untuk melahirkan generasi emas … semangat mbak …

  13. Avatar Astrid Putri Ayu Ningrum
    Astrid Putri Ayu Ningrum

    Lamannya bapak sangat membantu tugas perkuliahan sy pak, perkenalkan sy Mahasiswa PGSD FKIP UNTAD di Palu Sulteng pak

  14. Avatar ABDURRAHIM
    ABDURRAHIM

    Bagaimana caranya saya mendapatkan materi bapak ini ? sangat bermanfaat bagi saya. Bisakah saya minta tolong untuk mengiirimkan ke email saya ?

    1. Avatar Endarta

      cek di email pak Abdurrahim … terima kasih

  15. Avatar ALIFAH
    ALIFAH

    TERIMA KASIH SANGAT MEMBANTU DALAM BELAJAR KAMI

    1. Avatar Endarta

      syukur alhamdulillah … semoga membantu dan semangat bu Alifah !!!

  16. Avatar Misnomo
    Misnomo

    Trima kasih bpk semoga dapat menambah wawasan saya

    1. Avatar Endarta

      aamiin ya robbal alamin …

  17. Avatar aminah
    aminah

    terima kasih pak , sangat bermanfaat

    1. Avatar Endarta

      alhamdulillah … semangat bu Aminah …

  18. Avatar hikmat
    hikmat

    Alhamdulillah…. tulisan bapak sangat menginspirasi dan membantu saya untuk memahami materi…. bolehkah di kirimkan ke email sy… ?? terimakasih sebelumnya

    1. Avatar Endarta

      terima kasih pak Hikmat … coba cek di email

  19. Avatar Heny mardiana
    Heny mardiana

    Terima kasih pak sanagat memebantu sekali, maaf boleh minta materi lengkapnya

    1. Avatar Endarta

      alhamdulillah … semoga berguna dan menginspirasi … cek emailnya bu Heny …

  20. Avatar AWINTA SUCITANJANI
    AWINTA SUCITANJANI

    Bagus maerinya. Apakah saya boleh minta maternya?

    1. Avatar Endarta

      cek emailnya bu Suci

  21. Avatar Girmono DK
    Girmono DK

    alhamdulillah, materinya bagus untuk menambah wawasan tentang k13. Bapak, boleh minta materinya?

    1. Avatar Endarta

      terima kasih pak Girmono DK … coba cek email nya

  22. Avatar I Gusti Lanang Gede Putra Astawa

    Saya membaca materi ini di tahun 2021. Contoh yang disajikan sederhana sehingga mudah dimengerti…

  23. Avatar Lisa
    Lisa

    sangat senang berjumpa artikel ini, sangat gamblang,saya langsung paham.

    1. Avatar Endarta

      alhamdulillah … semangat terus bu Lisa

  24. Avatar M.rizki candra k

    Bagaimana caranya saya mendapatkan materi bapak ini ? sangat bermanfaat bagi saya. Bisakah saya minta tolong untuk mengiirimkan contoh nya ke email saya karena saya masih kesulitan dalam menyusun nya terimakasih

Tinggalkan Balasan ke Detik aldrianti Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.