profil pelajar pancasila

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila ialah gambaran kompetensi yang dicita-citakan agar dimiliki oleh setiap pelajar sebagai hasil keluaran sistem pendidikan Indonesia. Profil Pelajar Pancasila digambarkan terdiri atas 6 (enam) dimensi meliputi : (1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, (2) Berkebinekaan Global, (3) Mandiri, (4) Bergotong royong, (5) Bernalar kritis, dan (6) Kreatif.

profil pelajar pancasila
Photo Sumber https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=2817

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia mengharapkan agar Pelajar Indonesia selalu mampu menghayati keberadaan Tuhan dan selalu berupaya mentaati perintah serta menjauhi larangan sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya.

Perwujudan dari kompetensi Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dimanifestasikan ke dalam akhlak yang mulia, baik dalam beragama, akhlak yang baik kepada diri sendiri, kepada sesama manusia, kepada alam dan kepada negara Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global

Profil Pelajar Pancasila Dimensi berkebinekaan global mengharapkan setiap pelajar Indonesia memiliki identitas diri yang matang. Dalam hal ini, pelajar Indonesia mampu menunjukan dirinya sebagai representasi budaya luhur bangsanya. Di samping itu, pelajar Indonesia memiliki wawasan serta keterbukaan tentang eksistensi ragam budaya daerah, nasional dan global. Pelajar Indonesia juga memiliki sikap menghormati keberagaman dan toleransi terhadap perbedaan.

Untuk mencapai kompetensi Berkebinekaan Global, pelajar Indonesia harus dapat mengenal dan menghargai budaya, dapat berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya, berefleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan serta berkeadilan sosial.

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri dimaknai dengan kompetensi dimana Pelajar Indonesia memiliki prakarsa atas pengembangan dirinya yang tercermin dalam kemampuan untuk bertanggung jawab, memiliki rencana strategis, melakukan tindakan dan merefleksikan proses dan hasil pengalamannya.

Karena itu, setiap pelajar Indonesia perlu didorong agar memiliki kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta memiliki regulasi diri.

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong royong

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong royong menghendaki agar Pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama. Di samping itu setiap Pelajar Indonesia diharapkan selalu berusaha melihat kekuatan-kekuatan yang dimiliki setiap orang di sekitarnya, yang dapat memberi manfaat bersama. Berhubungan dengan gotong royong pelajar Indonesia selalu berupaa mencegah terjadinya konflik dan tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

Agar mampu mencapai Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong royong maka setiap  pelajar Indonesia didorong untuk melakukan kolaborasi, memiliki kepedulian yang tinggi, dan berbagi dengan sesama.

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar kritis

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar kritis menghendaki setiap Pelajar Indonesia mampu bernalar secara kritis berpikir secara objektif, sistematik dan saintifik dengan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan data dan fakta yang mendukung, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan berkontribusi memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan baru.

Agar mencapai kompetensi bernalar kritis, pelajar Indonesia perlu memperoleh dan memproses informasi serta gagasan dengan baik, lalu menganalisa dan mengevaluasinya, kemudian merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya.

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif

Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif mengharapkan setiap Pelajar Indonesia mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak, dalam bentuk gagasan, tindakan, dan karya nyata secara proaktif dan independen untuk menemukan cara-cara lain dan berbeda untuk bisa berinovasi.

Pelajar Indonesia yang kreatif adalah pelajar yang bisa menghasilkan gagasan, karya dan tindakan yang orisinil, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

Demikian sekilas diskusi Profil Pelajar Pancasila semoga berguna .

Sumber:

MATERI PELATIHAN
PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK
RINGKASAN MATERI, Kemendikbud Ristek.


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.