SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

SMK PK SMK Pusat Keunggulan

Pengertian SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

SMK PK – Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan adalah program yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. SMK PK artinya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikembangkan sebagai Pusat Keunggulan. SMK PK adalah model satuan pendidikan bermutu jenjang SMK. Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja.

SMK PK SMK Pusat Keunggulan diharapkan bisa menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Hal ini akan terwujud apabila program-program pengembangan yang direncanakan terlaksana sesuai harapan. Salah satu program

Dasar Hukum SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

SMK PK – Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2021 diselenggarakan berdasarkan KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 165/M/2021 TENTANG PROGRAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN. Keputusan Menteri ini disertai 2 (dua) lampiran. Lampiran I mengatur Pedoman penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan meliputi latar belakang, tujuan, sasaran, ruang lingkup, sosialisasi, seleksi, penetapan SMK pelaksana, pelaksanaan kegiatan dan Evaluasi penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan.

Lampiran II dari Keputusan Menteri No. 165/M/2021 Lampiran II Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 165/M/2021 Tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan mengatur PEDOMAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PUSAT KEUNGGULAN (SMK PK)

Tujuan SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

SMK PK – Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. 

Secara khusus, Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk:

1. memperkuat kemitraan antara Kemendikbudristek dan pemerintah daerah dalam pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan;

2. memperkuat kualitas sumber daya manusia SMK, antara lain kepala SMK, pengawas sekolah, guru, teknisi, dan tenaga administrasi untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia  kerja;

3. memperkuat kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hard skills) peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila;

4. mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen berbasis sekolah;

5. meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas pada sekolah dengan menggunakan platform digital;

6. peningkatan sarana dan prasarana praktik belajar peserta didik yang berstandar dunia kerja; dan

7. memperkuat kemitraan dan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan dunia kerja dalam pengembangan dan pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan.

Pedoman Pembelajaran SMK PK – SMK Pusat Keunggulan
https://duniapendidikan.putrautama.id/smk-pk-smk-pusat-keunggulan/

SMK PK SMK Pusat Keunggulan harus melaksanakan pembelajaran yang berpedoman pada Lampiran II Keputusan Menteri No. 165/M/2021 yang meliputi Kerangka Dasar, Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, Prinsip Pembelajaran dan Asesmen, Perangkat Ajar, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Kewenangan Mengajar Guru dan Evaluasi Pembelajaran pada SMK PK Pusat Keunggulan.

Pedoman Pembelajaran SMK PK SMK Pusat Keunggulan memiliki ciri-ciri umum yang serupa dengan pedoman pembelajaran Program Sekolah Penggerak. SMK PK SMK Pusat Keunggulan memang ditunjuk sebagai pelaksana program sekolah penggerak jenjang SMK.

Struktur Kurikulum SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

Struktur kurikulum SMK PK SMK Pusat Keunggulan merupakan pengorganisasian muatan pembelajaran dalam bentuk mata pelajaran dan beban belajar.

Struktur kurikulum berisi mata pelajaran yang mewakili sekumpulan muatan pembelajaran tertentu baik berdasarkan disiplin ilmu (subject matter) maupun berdasarkan kumpulan tema dan/atau kompetensi dari berbagai disiplin ilmu yang diintegrasikan (integrated curriculum).

Struktur kurikulum SMK PK SMK Pusat Keunggulan mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP)  tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan  dapat  mengatur  pembelajaran  secara  fleksibel  dimana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun.

Struktur Kurikulum SMK PK SMK Pusat Keunggulan Kelompok A
Struktur Kurikulum SMK PK SMK Pusat Keunggulan Kelompok B
Kurikulum Operasional SMK PK – SMK Pusat Keunggulan

SMK PK SMK Pusat Keunggulan menggunakan kurikulum operasional yang digunakan untuk pembelajaran dikembangkan dan dikelola oleh satuan pendidikan. Kurikulum SMK PK Pusat Keunggulan mengacu kepada kerangka dasar dan struktur kurikulum Program SMK Pusat Keunggulan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kurikulum operasional SMK PK SMK Pusat Keunggulan memuat kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, dunia kerja serta karakteristik peserta didik. Dalam penyusunan kurikulum operasional, satuan pendidikan melibatkan dunia kerja dan komite sekolah. Kurikulum operasional SMK PK SMK Pusat Keunggulan disahkan oleh kepala dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

Komponen kurikulum SMK PK SMK Pusat Keunggulan yang dikembangkan dan digunakan di satuan pendidikan terdiri atas karakteristik satuan pendidikan, visi, misi, tujuan, pengorganisasian pembelajaran, dan rencana pembelajaran, dan pendampingan evaluasi dan pengembangan professional.

Demikian bahan diskusi sementara untuk SMK PK SMK Pusat Keunggulan. Walaupun masih sangat terbatas admin berharap konten ini dapat memberi inspirasi dan menambah semangat kita membangun Indonesia melalui pendidikan. Salam.

One thought on “SMK PK – SMK Pusat Keunggulan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.