Analisis SKL KI KD

analisis skl ki kd

Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD itu apa sih? Mengapa perlu Analisis SKL KI KD ? Bagaimana cara melakukan Analisis SKL KI KD pada K2013 SMK Revisi 2017 ? Pertanyaan-pertanyaan terkait Analisis SKL KI KD itu mungkin menggelayuti banyak pendidik yang telah mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017.

analisis skl ki kd
analisis skl ki kd

Analisis SKL KI KD seperti ditunjukkan pada ilustrasi pertama (tabel 1) dan ilustrasi kedua (tabel 2) boleh jadi menimbulkan pertanyaan kita.

  1. Mengapa ada 2 bagian Analisis SKL KI KD ?
  2. Pada gambar 1, Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan?
  3. Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan pada ilustrasi yang ke 2 ?
  4. Mengapa pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 beberapa kata dituliskan dengan warna? Apa maksudnya?
  5. Pada ilustrasi Analisis SKL KI KD ke 2 terdapat kode-kode C2, P1, P2 apa maksudnya?
  6. Apa yang dimaksud dimensi kognitif ?
  7. Apa yang dimaksud bentuk dimensi pengetahuan konseptual ?
  8. Mengapa memahami dinyatakan SESUAI dengan pengetahuan konseptual?
  9. Apa dasar kita menyetarakan C2 dengan P1?
  10. Apa yang harus dilakukan jika terjadi KESETARAAN atau KETIDAKSETARAAN ?
  11. Semua inikah yang dimaksud Analisis SKL KI KD ?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sudah terjawab tetapi tidak tertutup kemungkinan masih banyak yang belum terjawab. Pada kesempatan ini saya coba tuangkan bahan diskusi Analisis SKL KI KD ini.

Tujuan Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD sebagai titik awal perencanaan pembelajaran tentu memiliki maksud dan tujuan. Analisis SKL KI KD menjadi titik awal penguatan pendidikan karakter. Kita perlu memahami kerangka berpikir terkait analisis skl ki kd ini agar pembelajaran yang kita sajikan berjalan sesuai skema besar pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013. Ok, mari berangkat dari cita-cita dan impian penerapan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diterapkan BUKAN SEKEDAR UPDATE PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN SAJA. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi baik sikap spiritual, sikap sosial , pengetahuan dan keterampilan agar nantinya unggul dalam persaingan global abad 21 ini. Keunggulan ini ditunjang dengan pengembangan keterampilan abad 21 seperti critical thinking, creative thinking, collaborating dan communicating (4 C). Keunggulan-keunggulan ini sudah dicanangkan dan dirumuskan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pada ranah operasional, pembentukan kompetensi lulusan dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks ini, materi pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju tercapainya Standar Kompetensi Lulusan yang dicita-citakan. Materi pembelajaran yang TIDAK LINIER dengan Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan JELAS menjadi PENYEBAB tidak tercapainya kompetensi yang diinginkan. Demikian juga dengan proses pembelajaran. Terbentuknya kompetensi lulusan pada siswa tergantung juga dengan proses pembentukan kompetensi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan optimal jika guru memahami Kompetensi Dasar (KD), dan MENERAPKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK nya agar kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kalimat-kalimat dapat diwujudkan pada diri siswa atau peserta didik.

Analisis SKL KI KD inilah wujud langkah guru meluruskan dan melinierkan perencanaan proses pembelajaran untuk pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan.

Pengertian Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD wajib dipahami oleh setiap pendidik. Analisis SKL KI KD ialah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL KI KD atas berbagai bagiannya, menelaah bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh berbagai informasi pedagogis yang berguna untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar.

Analisis SKL KI KD menjabarkan komponen SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) baik KD Pengetahuan maupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Analisis SKL KI KD juga menjabarkan hubungan dan keterkaitan antar komponen yang di analisis tersebut.

Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP adalah dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP SMK yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan SMK maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP SMK terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.

Memahami Contoh Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD pada setiap mata pelajaran dilakukan mengikuti contoh dalam Bimtek Implementasi K2013. Pada posting ini contoh analisis skl ki kd admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2017.

Cobalah rekan-rekan pembaca amati tabel berikut ini.

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
(PENGETAHUAN)
(KETERAMPILAN)
1 2 3
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Grafikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. 4.     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Grafika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan; adalah untuk program pendidikan 3 tahun
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. KI-3 dan KI-4 tersebut sesuai menjadi rujukan KD-KD mata pelajaran Dasar-dasar Kegrafikaan pada Kompetensi Keahlian Desain Grafika (3 Tahun)

Analisis SKL KI KD
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD pada Mapel
(KD-3)
(KD-4)
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomi dan Tingkat Taksonomi
Kesetaraan Taksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran  ·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1 2 3 4 5 6 7
3.1      Memahami pola tata letak. 4.1      Memilih pola tata letak. Tingkat dimensi kognitif adalah Memahami(C2), dan pola tata letak …adalah bentuk dimensi pengetahuan Konseptual Memahami (C2), SESUAI dipasangkan dengan pola … (pengetahuan konseptual) Memilih adalah keterampilan konkret, tingkat Manipulasi (P2) KD-3 Memahami (C2) setara dengan meniru (P1), sedang kan KD-4 memilih (P2). Hal ini masih dalam batas kesetaraan, tetapi dire komendasikan KD-3 dinaikkan menjadi menerapkan (C3) KD-3 dari KD-KD pengetahuan mata pelajaranDasar-Dasar Kegrafikaan sudah memenuhi Dimensi Kognitif tuntutan KI-3 yaitu memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan Bentuk Pengetahuan juga sudah terpenuhi yaitu konseptual, prosedural, dan  metakognitif.

 

Cara Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD dikerjakan secara berturut-turut seperti diuraikan di bawah.

  • Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisis KD 3)

Pada KD contoh di atas berbunyi … Memahami pola tata letakMemahami merupakan tingkat kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa yang menunjukkan tingkat dimensi kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Sedangkan … pola tata letak … merujuk kepada … macam-macam bentuk tata letak yang bisa jadi berbeda satu dengan yang lain tetapi sama-sama dapat digolongkan sebagai pengaturan tata letak. Pengetahuan seperti ini disebut bentuk pengetahuan konseptual.

  • Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar

Setelah tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan kita temukan, selanjutnya diperiksa apakah  tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan tersebut SESUAI dipasangkan ? Atas dasar apakah kita menyatakan sesuai atau tidak sesuai ? Lihat pada gambar di bawah ini ….

analisis skl ki kd
analisis skl ki kd

Berdasarkan skema di atas …. Memahami atau level C2 sesuai jika dipasangkan dengan bentuk pengetahuan konseptual … jadi pada KD contoh di atas … Memahami pola tata letak … SUDAH SESUAI.

  • Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisis KD 4)

Pada KD 4 contoh di atas berbunyi … Memilih pola tata letakMemilih (pola tata letak) adalah keterampilan kongkrit. Karena keterampilan kongkrit selanjutnya periksa dalam taksonomi Simpson dan Dave dan lihat … levelnya adalah P2 (manipulasi).  Disimpulkan, memilih adalah keterampilan kongkrit level P2 (manipulasi) . Rekan-rekan perlu melihat kata kerja operasional (KKO) pada taksonomi Simpson atau Dave ini untuk memastikan … memilih … itu pada level apa?

analisis skl ki kd
analisis skl ki kd
  • Menentukan KESETARAAN taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan  dan rekomendasi nya

Langkah Analisis SKL KI KD selanjutnya adalah menentukan kesetaraan KD Pengetahuan dengan KD Keterampilan. Seharusnya KD Pengetahuan TIDAK BOLEH lebih rendah dari KD Keterampilan. Mengapa demikian? Logikanya … untuk melakukan suatu keterampilan diperlukan pengetahuan-pengetahuan sebagai dasar dan pedoman kerja melakukan suatu keterampilan. Logis kan?

Sekarang, bagaimana kita memutuskan KD3 sudah SETARA dengan KD4 ?

Berdasarkan taksonomi Bloom olahan Anderson, taksonomi terklasifikasi menjadi 6 level dari C1 s.d. C6 dan jenjang SMA-SMK sekurang-kurangnya dimulai dari C2 (memahami). Taksonomi keterampilan memiliki 5 level mulai dari P1 s.d. P5 baik taksonomi Simpson maupun taksonomi Dave. Perhatikan ilustrasi berikut :

Analisis SKL KI KD
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN KONGKRIT
KETERAMPILAN ABSTRAK
TAKSONOMI BLOOM OLAHAN ANDERSON
TAKSONOMI DAVE
TAKSONOMI SIMPSON
TAKSONOMI DYERS
Mengkreasi
C6
Naturalisasi
P5
Menjadi tindakan orisinal Mencipta
Mengevaluasi
C5
Artikulasi
P4
Menjadi gerakan alami Mengomunikasikan
Menganalisis
C4
Presisi
P3
Mahir Mengasosiasi
Menerapkan
C3
Manipulasi
P2
Membiasakan gerakan Mengumpulkan informasi
Memahami
C2
Imitasi
P1
Persiapan, Kesiapan, Meniru Menanya
Mengingat
C1
Mengamati

KD 3 Memahami (C2) setara dengan level keterampilan Imitasi (meniru) P1 … sedangkan … KD 4 Memilih … pada level … manipulasi P2 … oleh karena itu KD 3 DIREKOMENDASIKAN dinaikkan satu tingkat pada tingkat Menerapkan (C3). Ditingkatkan pada Indikator Pencapaian Kompetensi IPK, jadi biarkan bunyi KD 3 nya tetap.

Hasil Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD seperti tampak di atas, memberikan kita informasi penting terkait Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Hasil analisis SKL KI KD penting ini antara lain:

  1. Kompetensi Dasar KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan dan KD Keterampilan cocok berpasangan. Ini berarti kita sudah mantap pada titik tolak yang benar untuk menjabarkan pasangan KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi.
  2. Seiring dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif apakah berada pada C1 mengingat, C2 memahami, C3 menerapkan, C4 menganalisis, C5 mengevaluasi atau C6 mengkreasi. Hal ini memastikan kita mencari dan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang tepat untuk digunakan dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.
  3. Analisis SKL KI KD menemukan bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural ataupun meta kognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak dan dengan itu memudahkan kita memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan.
  4. Pada tahap ini pula bisa kita bayangkan perolehan hasil belajar apakah pada Low Order Thinking Skills (LOTS) ataukah sudah berada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Latihan Analisis SKL KI KD

 

Penguatan Pendidikan Karakter PPK dalam Analisis SKL KI KD

……………………………………………….. maaf belum sempat di tuliskan ……………………………………………………..

Silabus dan RPP SMK Berdasar KI KD SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 harus memperhatikan hal-hal penting di atas.

Demikianlah sharing tentang Analisis SKL KI KD … semoga menambah pemahaman kita bersama …

Lahir dan dibesarkan di Yogyakarta
Belajar Teknik Elektronika di STM Pembangunan Yogyakarta
Belajar menjadi pendidik di IKIP Yogyakarta
Dibakar semangat mentor Pak (Alm.) Mustaghfirin (Orientasi Mahasiswa Baru 1982)
Pernah belajar di Universitas Gadjahmada Yogyakarta
Pernah mengikuti Master Trainer Pedagogy Program 2012 kerjasama Kemdikbud dengan ITE Singapore ( semacam diklat guru kejuruan Standar ITE Singapore )
Mengikuti Diklat Instruktur Kurikulum 2013 s.d. Penyegaran 2018
Mengabdi untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

21 thoughts on “Analisis SKL KI KD”

  1. Terima Kasih atas informasinya. Pak mohon maaf. Adakah referensi yang seperti Bapak jelaskan diatas?
    Apakah Buku atau ebook atau dari sumber yang lain?
    Terimakasih atas perhatian Bapak.

  2. Selamat Pagi Pak, Saya guru Bahasa Arab SMA, pak. Saya mau bertanya.

    Untuk KD Pengetahuan (Mendemonstrasikan, mengemukakan, menunjukkan, menggambarkan, membedakan, menyatakan kembali, dan menentukan) itu level kognitifnya pada level berapa ya pak ?

    Dan untuk KD Keterampilan (Menggunakan dan menjelaskan) ada pada level berapa untuk taksonomi dave nya.

    Sebelumnya terimakasih atas bantuannya, saya dari kemaren berusaha untuk memahami, tapi sampai sekarang belum bisa menentukan level kognitifnya pak.

    1. Selamat malam pak Edrizal … untuk KD Pengetahuan kita merujuk pada taksonomi Bloom revisi … Anderson … mendemonstrasikan (demonstrate) ada di level C2 (olahan 2001) tetapi pada taksonomi sebelum revisi (masih 1956) berada di C3 mengemukakan C2, menunjukkan C1, membedakan C2, menyatakan kembali C2 ..
      Menggunakan (Manipulation setara P2) , menjelaskan saya belum menemukan … mungkin perlu dilihat konteks penggunaan kata ‘menjelaskan’ itu … coba dicek pada sumber lain … gunakan keywords … dave taxonomy action verbs … mungkin ditemukan … trims

      1. pak kalau saya membuat indikator seperti ini benar atau tidak ?

        3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur (memahami / C2)

        indikator :
        3.1.1. Mengidentifikasi (C2)
        3.1.2. Menentukan (C2)
        3.1.3. Mendiskusikan (C2)
        3.1.4. Mempraktekkan (C3)

        1. Pak Edrisal … KD nya yang benar ini ya …?

          3.1 Memahami tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
          4.1 Mendemontrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dalam bentuk teks interaksi lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

          kalau dari KD ini … setuju C2
          Indikator 3.1.1 ATAU 3.1.2 OK … (menurut saya cukup salah satu karena 3.1.1 dan 3.1.2 MIRIP)
          Indikator 3.1.3 OK
          Indikator 3.1.4 Mempraktekkan … lebih cocok untuk indikator KD 4.1 ….

          demikian pak Edrizal …

          1. Maaf pak kalau saya mengganggu :
            KD BAHASA ARAB SMA PERMENDIKBUD 24 TAHUN 2016 (saya singkat)

            KELAS X
            3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa ….
            3.2. Mengemukakan jati diri ….
            3.3. Mengemukakan nama hari ….
            3.4. menunjukkan bangunan publik ….
            3.5. menggambarkan sifat orang ….
            3.6. membedakan aktifitas orang ….
            3.7. menyatakan kembali ungkapan sederhana tentang deskripsi orang …
            3.8. menentukan peribahasa arab ….

            4.1. menggunakan tindak tutur menyapa ….
            4.2. menjelaskan jati diri ….
            4.3. menggunakan teks sederhana terkait nama hari…..
            4.4. menggunakan teks sederhana terkait bangunan publik …
            4.5. menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang …
            4.6. menggunakan teks sederhana terkait aktivitas orang ….
            4.7. menjelaskan teks sederhana terkait deskripsi orang ….
            4.8. menjelaskan perbahasa arab ……

            maaf merepotkan bapak. saya bingung untuk menganalisis KD yang ada pada taksonomi blooms dan dave serta mengaitkannya ke KD di atas ada pada C dan P ke berapa? mohon bimbingan pak.

          2. Ohh … KD di permendikbud 24 … setelah saya bandingkan ternyata memang berbeda …

            Menurut Permendikbud 24 seperti ini …
            3.1 mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), dst
            4.1 menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),

            Kalau pada KI KD SMK yang sudah direvisi seperti ini …
            3.1 Memahami tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
            4.1 Mendemontrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),

            karena itu saya mencontohkan seperti yang komentar sebelumnya …
            kembali ke pertanyaan pak Edrizal semula ….
            3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur (memahami / C2)
            indikator :
            3.1.1. Mengidentifikasi (C2) saran saya …. yang ini tidak digunakan sebab … mengidentifikasi … itu C3
            3.1.2. Menentukan (C2) yang ini bisa digunakan sebagai IPK jembatan menuju IPK sesungguhnya (define = C1)
            3.1.3. Mendiskusikan (C2) ini bisa … tapi saya sarankan pakai mengelompokkan atau mengklasifikasi (clasify = C2)
            3.1.4. Mempraktekkan (C3) yang ini saran saya … mendemonstrasikan … selevel dengan KD (tapi jujur saya ‘terganggu’ alias tidak sepaham karena kata mempraktekkan itu merujuk pada perbuatan … jadi cocoknya dipakai di IPK keterampilan …

            demikian pak Edrizal …
            oh ya … saya merujuk KKO nya dari Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing, Abridged Edition. Boston, MA: Allyn and Bacon

  3. Terima kasih banyak pak bantuannya. saya juga baru tahu kalau ada yang sudah direvisi KI-KD bahasa arab smk. kalau boleh saya tau, dimana kita bisa dapatkan dokumen-dokumen k-13 dan modul modul yang sudah direvisi, pak?

    1. kalau pak Edrizal mencari KI KD SMK yang sudah revisi 2017 ada di posting saya http://duniapendidikan.putrautama.id/kompetensi-inti-kompetensi-dasar-silabus-dan-rpp-smk-terbaru-revisi-2017/
      Link Download nya ada di bagian tengah seterusnya ke bawah . Ada untuk semua program keahlian. Di setiap program keahlian itu berisi semua mata pelajaran yang ada pada program tersebut lengkap. Jadi DOWNLOAD nya BUKAN per mata pelajaran. Pilih salah satu program dimana pak Edrizal mengajar seterusnya bisa didownload.

      Demikian pak … mudahan membantu …

      1. Pak…. smoga sehat slalu…
        Adakah Bpk memiliki KKO untuk ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan… penunjang untuk analisis SKL KI KD? komplit maksudnya…. Bisa share di blog ini pak? supaya terbantu untuk menganalisis SKL KI KD…. trims atas berbaginya pak…

  4. Asssalamualaikum,
    1. Bagaimana cara menyetarakan jika KD Pengetahuan C2 dedangkan keterampilan sudah P5. Sedangkan menurut info menaikan atau menurunkan hanya bisa 1 tingkat saja?

    2. Bagaimana Cara menentukan keterampilan abstrak? apakah dilihat dari KKO? tapi sampai sekarang belum pernah lihat kko keterampilan abstrak?

    1. Wa alaikum salam …
      1. sejauh yang saya tahu … tidak ada ketentuan menaikkan level itu hanya 1 tingkat, yang seharusnya adalah … kd pengetahuan harus mampu medukung kd keterampilan yang diminta. Jika kd keterampilan sudah P5 maka KD pengetahuan ya harusnya sudah di C6. Tapi perlu di cek ulang .. coba cari KKO lain sebagai cek n ricek
      2. keterampilan abstrak coba bapak baca di posting saya Keterampilan konkret keterampilan abstrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.