kompetensi-inti-kompetensi-dasar-silabus-dan-rpp-smk-2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar (KI KD) Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK dokumen penting  SMK. Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD Kurikulum 2013 SMK Revisi 2017 sudah resmi dirilis (DOWNLOAD) sedangkan contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK hingga 24 Juli 2017 masih dikembangkan (?). Ketersediaan dokumen Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar KI-KD, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK wajib dan sangat mendesak mengingat tahun pelajaran baru sebentar lagi akan berjalan.

kompetensi inti kompetensi dasarsilabus rpp
kompetensi inti kompetensi dasar KI KD smk 2017
kompetensi inti kompetensi dasar KI KD smk 2017

Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK berdasarkan Keputusan Dirjen Dikdasmen NOMOR : 130/D/KEP/KR/2017 Tentang STRUKTUR KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN akan segera ditetapkan menyusul keputusan tersebut. Karena itulah hingga posting ini ditulis begitu banyak pembaca blog yang telah menantikan dokumen-dokumen Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SMK Terbaru Revisi 2017.

silabus dan rpp smk k2013
Contoh menyusun silabus dan rpp smk k2013 revisi 2017 (KLIK di GBR di atas)

Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK

Kompetensi Inti (KI) menurut Permendikbud No. 24 Tahun 2016 yang dibedakan dalam 4 (empat) jenis kompetensi inti, sesungguhnya adalah kompetensi generik untuk menekankan pentingnya keseimbangan fungsi sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan SMK merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik sekolah menengah kejuruan SMK pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi Inti (KI) sebagaimana dimaksud di atas terdiri atas:
a. Kompetensi Inti (KI) sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti (KI) sikap sosial;
c. Kompetensi Inti (KI) pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti (KI) keterampilan.

Kompetensi Inti (KI) selanjutnya digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Kompetensi Dasar dan ruang lingkup materi yang bersifat spesifik untuk setiap mata pelajaran. Selain untuk pengembangan Kompetensi Dasar (KD) Kompetensi Inti juga merupakan rujukan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Revisi Berdasarkan Permendikbud No. 24 2016 Kurikulum 2013 

Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 SMK telah diperbaiki pada 7 Juni 2016 dengan penerbitan Permendikbud No. 24 tahun 2016. Perbaikan kompetensi inti ini terbit mempertimbangkan bahwa berdasarkan perkembangan dan kebutuhan pendidikan saat ini diperlukan perbaikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang mengakomodasikan prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi Kurikulum 2013 yang telah diperbaiki ini seperti tercantum dalam Lampiran Permendikbud No. 24 Tahun 2016 terdiri atas kompetensi intikompetensi inti dan kompetensi dasar-kompetensi dasar mata pelajaran sebagai berikut:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Sejarah Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI KD) untuk mata pelajaran kelompok C yang merupakan ciri khas SMK pada permendikbud No. 24 Tahun 2016 belum tercantum. Karena itulah Rumusan Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD) SMK Revisi 2017  di rilis revisi terbarunya.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Bahasa Indonesia Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Matematika Klas X

  • Kompetensi Inti 1 Sikap Spiritual, yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
  • Kompetensi Inti 2 Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
  • Kompetensi Inti 3 Pengetahuan, yaitu “Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah”.
  • Kompetensi Inti 4 Keterampilan, yaitu “Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan”.

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti KI SMK Terbaru Revisi 2017 berdasarkan Pedoman Penataan Ulang Spektrum Keahlian PMK (Edisi 2017) secara generik menggunakan format tertentu. Rumusan Kompetensi Inti SMK Terbaru Revisi 2017 menggunakan format-format seperti contoh berikut:

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian_____________ ___________ (diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian _______________ _____________ _______________________(diisi nama Mapel: PA-BP atau PPKn).

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kelompok A dan B selain PA-BP dan PPKn untuk Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja ______ ___________________________(diisi Nama Mapel) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja _________ _________________ ___________________(diisi Nama Mapel).

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Format

Rumusan Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Mata Pelajaran Kejuruan Program Pendidikan 3 Tahun

Rumusan kompetensi inti sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Rumusan kompetensi inti sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

 

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Audio Video
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Audio Video pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Audio Video .

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Teknik Komputer Jaringan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer Jaringan .

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Inti (KI) SMK Terbaru Revisi 2017 Bisnis Daring dan Pemasaran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran .

 

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Back to top

Kompetensi Dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016-2017

Kompetensi dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Pengertian kompetensi dasar ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016.

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2016 yang saat ini (Juni 2017) masih berlaku dan digunakan adalah kompetensi dasar pada mata pelajaran kelompok A dan B, yaitu :

  1. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Matematika
  3. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  4. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  5. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  6. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
  7. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  8. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Seni Budaya
  9. Kompetensi Dasar SMK Terbaru Revisi 2016 Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

Kompetensi dasar (KD) SMK Terbaru Revisi 2017 yang dirilis (Juli 2017) khususnya adalah Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017 pada mata pelajaran kelompok C yaitu mata pelajaran kelompok kejuruan.

Download Kompetensi Inti Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 Kurikulum 2013 atau sering di cari dengan kata kunci ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 sudah dirilis resmi oleh Direktorat PSMK. Seluruh ki kd kurikulum 2013 smk revisi 2017 telah dapat di download di posting ini pada link-link di bawah.

DOWNLOAD KI KD (Kompetensi Inti –Kompetensi Dasar) SMK Terbaru Revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) SMK FINAL

1. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

1.1 Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti

1.1.1 Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan
1.1.2 Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan
1.1.3 Bisnis Konstruksi dan Properti
1.1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

1.2 Program Keahlian Teknik Geomatika dan Geospasial

1.2.1 Teknik Geomatika
1.2.2 Informasi Geospasial

1.3 Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

1.3.1 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
1.3.2 Teknik Jaringan Tenaga Listrik
1.3.3 Teknik Instalasi Tenaga Listrik
1.3.4 Teknik Otomasi Industri
1.3.5 Teknik Pendinginan dan Tata Udara
1.3.6 Teknik Tenaga Listrik

1.4 Program Keahlian Teknik Mesin

1.4.1 Teknik Pemesinan
1.4.2 Teknik Pengelasan
1.4.3 Teknik Pengecoran Logam
1.4.4 Teknik Mekanik Industri
1.4.5 Teknik Perancangan dan Gambar Mesin
1.4.6 Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

1.5 Program Keahlian Teknologi Pesawat Udara

1.5.1 Airframe Power Plant
1.5.2 Aircraft Machining
1.5.3 Aircraft Sheet Metal Forming
1.5.4 Airframe Mechanic
1.5.5 Aircraft Electricity
1.5.6 Aviation Electronics
1.5.7 Electrical Avionics

1.6 Program Keahlian Teknik Grafika

1.6.1 Desain Grafika
1.6.2 Produksi Grafika

1.7 Program Keahlian Teknik Instrumentasi Industri

1.7.1 Teknik Instrumentasi Logam
1.7.2 Instrumentasi dan Otomatisasi Proses

1.8 Program Keahlian Teknik Industri

1.8.1 Teknik Pengendalian Produksi
1.8.2 Teknik Tata Kelola Logistik

1.9 Program Keahlian Teknologi Tekstil

1.9.1 Teknik Pemintalan Serat Buatan
1.9.2 Teknik Pembuatan Benang
1.9.3 Teknik Pembuatan Kain
1.9.4 Teknik Penyempurnaan Tekstil

1.10 Program Keahlian Teknik Kimia

1.10.1 Analisis Pengujian Laboratorium
1.10.2 Kimia Industri
1.10.3 Kimia Analisis
1.10.4 Kimia Tekstil

1.11 Program Keahlian Teknik Otomotif

1.11.1 Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
1.11.2 Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
1.11.3 Teknik Alat Berat
1.11.4 Teknik Bodi Otomotif
1.11.5 Teknik Ototronik
1.11.6 Teknik dan Manajemen Perawatan Otomotif
1.11.7 Otomotif Daya dan Konversi Energi

1.12 Program Keahlian Teknik Perkapalan

1.12.1 Konstruksi Kapal Baja
1.12.2 Konstruksi Kapal Non Baja
1.12.3 Teknik Pemesinan Kapal
1.12.4 Teknik Pengelasan Kapal
1.12.5 Teknik Kelistrikan Kapal
1.12.6 Desain dan Rancang Bangun Kapal
1.12.7 Interior Kapal

1.13 Program Keahlian Teknik Elektronika

1.13.1 Teknik Audio Video
1.13.2 Teknik Elektronika Industri
1.13.3 Teknik Mekatronika
1.13.4 Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
1.13.5 Instrumentasi Medik

2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan

2.1 Program Keahlian Teknik Perminyakan

2.1.1 Teknik Produksi Minyak dan Gas
2.1.2 Teknik Pemboran Minyak dan Gas
2.1.3 Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia

2.2 Program Keahlian Geologi Pertambangan

2.2.1 Geologi Pertambangan

2.3 Program Keahlian Teknik Energi Terbarukan

2.3.1 Teknik Energi Surya, Hidro, dan Angin
2.3.2 Teknik Energi Biomassa

3. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi

3.1 Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika

3.1.1 Rekayasa Perangkat Lunak
3.1.2 Teknik Komputer dan Jaringan
3.1.3 Multimedia
3.1.4 Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

3.2 Program Keahlian Teknik Telekomunikasi

3.2.1 Teknik Transmisi Telekomunikasi
3.2.2 Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

4.1 Program Keahlian Keperawatan

4.1.1 Asisten Keperawatan

4.2 Program Keahlian Kesehatan Gigi

4.2.1 Dental Asisten

4.3 Program Keahlian Teknologi Laboratorium Medik

4.3.1 Teknologi Laboratorium Medik

4.4 Program Keahlian Farmasi

4.4.1 Farmasi Klinis dan Komunitas
4.4.2 Farmasi Industri

4.5 Program Keahlian Pekerjaan Sosial

4.5.1 Social Care (Keperawatan Sosial)
4.5.2 Caregiver

5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi

5.1 Program Keahlian Agribisnis Tanaman

5.1.1 Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
5.1.2 Agribisnis Tanaman Perkebunan
5.1.3 Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman
5.1.4 Lanskap dan Pertamanan
5.1.5 Produksi dan Pengelolaan Perkebunan
5.1.6 Agribisnis Organik Ekologi

5.2 Program Keahlian Agribisnis Ternak

5.2.1 Agribisnis Ternak Ruminansia
5.2.2 Agribisnis Ternak Unggas
5.2.3 Industri Peternakan

5.3 Program Keahlian Kesehatan Hewan

5.3.1 Keperawatan Hewan
5.3.2 Kesehatan dan Reproduksi Hewan

5.4 Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

5.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
5.4.2 Pengawasan Mutu Hasil Pertanian
5.4.3 Agroindustri

5.5 Program Keahlian Teknik Pertanian

5.5.1 Alat Mesin Pertanian
5.5.2 Otomatisasi Pertanian

5.6 Program Keahlian Kehutanan

5.6.1 Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan
5.6.2 Teknik Konservasi Sumber Daya Hutan
5.6.3 Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan
5.6.4 Teknologi Produksi Hasil Hutan

6. Bidang Keahlian Kemaritiman

6.1 Program Keahlian Pelayaran Kapal Penangkap Ikan

6.1.1 Nautika Kapal Penangkap Ikan
6.1.2 Teknika Kapal Penangkap Ikan

6.2 Program Keahlian Pelayaran Kapal Niaga

6.2.1 Nautika Kapal Niaga
6.2.2 Teknika Kapal Niaga

6.3 Program Keahlian Perikanan

6.3.1 Agribisnis Perikanan Air Tawar
6.3.2 Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
6.3.3 Agribisnis Ikan Hias
6.3.4 Agribisnis Rumput Laut
6.3.5 Industri Perikanan Laut

6.4 Program Keahlian Pengolahan Hasil Perikanan

6.4.1 Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan

7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

7.1 Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran

7.1.1 Bisnis Daring dan Pemasaran

7.2 Program Keahlian Manajemen Perkantoran

7.2.1 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

7.3 Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan

7.3.1 Akuntansi dan Keuangan Lembaga
7.3.2 Perbankan dan Keuangan Mikro
7.3.3 Perbankan Syariah

8. Bidang Keahlian Pariwisata

8.1 Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata

8.1.1 Usaha Perjalanan Wisata
8.1.2 Perhotelan
8.1.3 Wisata Bahari dan Ekowisata

8.2 Program Keahlian Kuliner

8.2.1 Tata Boga

8.3 Program Keahlian Tata Kecantikan

8.3.1 Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
8.3.2 Spa dan Beauty Therapy

8.4 Program Keahlian Tata Busana

8.4.1 Tata Busana
8.4.2 Desain Fesyen

9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif

9.1 Program Keahlian Seni Rupa

9.1.1 Seni Lukis
9.1.2 Seni Patung
9.1.3 Desain Komunikasi Visual
9.1.4 Desain Interior dan Teknik Furnitur
9.1.5 Animasi

9.2 Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya

9.2.1 Kriya Kreatif Batik dan Tekstil
9.2.2 Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi
9.2.3 Kriya Kreatif Keramik
9.2.4 Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan
9.2.5 Kriya Kreatif Kayu dan Rotan

9.3 Program Keahlian Seni Musik

9.3.1 Seni Musik Klasik
9.3.2 Seni Musik Populer

9.4 Program Keahlian Seni Tari

9.4.1 Seni Tari
9.4.2 Penataan Tari

9.5 Program Keahlian Seni Karawitan

9.5.1 Seni Karawitan
9.5.2 Penataan Karawitan

9.6 Program Keahlian Seni Pedalangan

9.6.1 Seni Pedalangan

9.7 Program Keahlian Seni Teater

9.7.1 Pemeranan
9.7.2 Tata Artistik Teater

9.8 Program Keahlian Seni Broadcasting dan Film

9.8.1 Produksi dan Siaran Program Radio
9.8.2 Produksi dan Siaran Program Televisi
9.8.3 Produksi Film dan Program Televisi

Back to top

Silabus SMK Terbaru Revisi 2017

Silabus adalah elemen dari sistem kurikulum. Silabus, menurut Permendikbud No. 60 tahun 2014 tentang Kurikulum SMK, merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

silabus
silabus

Pengertian Silabus

Silabus adalah bagian dari perencanaan pembelajaran pada suatu kelompok kompetensi atau mata pelajaran sebagai acuan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran. Silabus memuat rumusan kompetensi bidang keahlian masing-masing mata pelajaran yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus SMK merupakan acuan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap bahan kajian mata pelajaran di SMK. Walaupun hingga saat ini Direktorat Pembinaan SMK belum mengeluarkan silabus contoh kepada rekan pendidik di SMK, namun sesungguhnya Silabus SMK Terbaru Revisi 2017 dapat disusun sendiri oleh rekan-rekan pendidik SMK.

Prinsip-prinsip Pengembangan Silabus

  1. Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan pebelajaran yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

  1. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus masing-masing mata pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, spiritual peserta didik, dan level 2 dan 3 KKNI.

  1. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam pencapaian kompetensi inti sikap spiritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan ketrampilan (KI-4). (Lihat Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, Tabel 4, Tabel 5 di atas).

  1. Konsisten

Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

  1. Memadai

Cakupan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memadai untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar dan KI.

  1. Aktual dan kontekstual

Cakupan IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi di dunia kerja.

  1. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

  1. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi dimensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif, afektif, dan psikomotor).

Langkah-langkah Pengembangan Silabus

Silabus seyogyanya dikembangkan mengikuti langkah-langkah pengembangan silabus seperti disajikan pada diagram alir berikut. Diagram Alir Pengembangan  Silabus Mata Pelajaran.

silabus smk 2017
pengembangan silabus
Silabus Hasil Pengembangan

Silabus hasil pengembangan yang diturunkan dari kompetensi dasar dapat dilihat di bawah ini. Contoh silabus ini menggunakan pasangan kompetensi dasar ‘virtual’ saja. Pertimbangan saya, agar silabus contoh pengembangan ini mudah dipahami oleh rekan-rekan sebab hampir semua kita memiliki ‘kompetensi dasar sepeda roda 2’. Uraian selengkapnya langkah pengembangan silabus contoh ini dapat di baca di menyusun silabus dan RPP SMK berdasar KI KD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Nama SekolahSMK DUNIA PENDIDIKAN BANJARMASIN
Kelas/SemesterX / 1
Kompetensi KeahlianNama Kommpetensi Keahlian
Mata PelajaranNama Mata Pelajaran
Durasi Pembelajaran12 jam x 45 menit
Deskripsi KI 
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi DasarIndikator Pencapaian KompetensiMateri PembalajaranKegiatan PembelajaranPenilaianAlokasi WaktuSumber Belajar

3.1 memahami sepeda roda 2

4.1 Mengoperasikan sepeda roda 2

1. menjelaskan bagian utama sepeda roda 2

 

2. menjelaskan fungsi setiap bagian utama sepeda roda 2

3. menjelaskan cara mengoperasikan sepeda roda 2

4. mengoperasikan sepeda roda 2

Bagian-bagian utama Sepeda Roda 2

 

Fungsi setiap bagian utama Sepeda Roda 2

Cara pengoperasian Sepeda Roda 2

Praktek / latihan mengoperasikan sepeda roda 2

Mengamati:

 

  • sepeda roda 2
  • gambar sepeda roda,
  • gbr bagian-bagian utama sepeda roda 2,
  • video pengoperasian sepeda roda 2

Menanya:

  • membaca buku sepeda roda 2,
  • diskusi terkait bagian-bagian utama, fungsi tiap bagian dan cara pengoperasian sepeda roda 2

Mengumpulkan informasi / mencoba / eksperimen:

  • membaca buku sepeda roda 2
  • mengakses informasi sepeda roda 2 di internet
  • mengakses video belajar sepeda roda 2 di Youtube
  • berlatih mengoperasikan sepeda roda 2 secara bergiliran

Mengasosiasi / menalar :

  • mendiskusikan hasil mengamati, menanya dan mengumpulkan informasi sepeda roda 2
  • kesimpulan kelompok

Mengomunikasikan:

  • presentasi kelompok
  • tanya jawab dan klarifikasi
  • penguatan
  • mengunggah hasil diskusi ke media blog komunitas
Tes Tertulis

 

Tes Kinerja

12 jam

Buku Teks Sepeda Roda 2

Video Pembelajaran Pengoperasian Sepeda Roda 2

http://www.waroengpit.com/2015/02/struktur-komponen-sepeda.html

Zara belajar naik sepeda roda 2 (YOUTUBE) https://www.youtube.com/watch?v=pEWlZpyVEIo

https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda

Back to top

RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 merujuk kepada RPP di jenjang SMK  hasil Revisi Terbaru pada tahun 2017.  Hemat saya, RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tidak akan lepas dari panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017.  Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.

RPP
RPP

Konsep RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tetap merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti konsep sebelumnya yang merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilaksanakan di kelas teori, kelas praktik dan/atau dunia kerja. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seharusnya menerapkan prinsip-prinsip pedagogis secara tertulis untuk direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik memperoleh pengalaman belajar yang efektif dalam mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dan tidak kalah pentingnya juga perlu diingat bahwa RPP disusun agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Prinsip Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 harus juga memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

(a) Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik;

(b) partisipasi aktif peserta didik;

(c) berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian;

(d) pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan;

(e) pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi;

(f) penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar; (g) mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya;

(h) penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi;

(i) pembelajaran mata pelajaran umum harus mendukung pencapaian kompetensi keahlian kejuruan.

Format dan Komponen RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 sesuai dengan Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru disusun dengan menggunakan format seperti tampak pada ilustrasi di bawah.

rpp smk terbaru revisi 2017
rpp smk terbaru revisi 2017

Komponen RPP yang seharusnya tercantum dalam RPP meliputi:

  • Bagian Identitas RPP

Identitas Sekolah

Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Tahun Pelajaran

Alokasi waktu

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Model dan Metode Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Media, Alat dan Sumber Belajar
  • Penilaian Pembelajaran
Rambu-rambu Penyusunan RPP SMK Terbaru Revisi 2017
 

No.

Komponen

Keterangan

1.

Identitas Sekolah

Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Tahun Pelajaran

Diisi nama satuan pendidikan.

Diisi dengan Kompetensi Keahlian tempat; mata pelajaran tersebut diajarkan

Diisi nama Mata Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum

Diisi kelas dan semester; ganjil/genap.

Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berlangsung

2.

Alokasi waktuDiisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program semester.

3.

Kompetensi Inti

Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI keterampilan.

4.

Kompetensi Dasar

KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.

Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan KD dari keterampilan.

5.

Indikator Pencapaian KompetensiDirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD

 

Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2   Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD pengetahuan di atas sebagai berikut:

  • Menjelaskan simbul yang digunakan pada komunikasi daring online;
  • Menjelaskan pengertian komunikasi daring online;
  • Mendeskripsikan jenis-jenis komunikasi daring online;
  • Menentukan teknik komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang disediakan

Contoh IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:

Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.

Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas

6.

Tujuan PembelajaranTujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.

 

Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan pembelajarannya yaitu:

  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online dengan santun.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
  • Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan percaya diri.
  • Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
  • Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.

7.

Materi PembelajaranMateri Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan materi pembelajaran

 

Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka materi pembelajarannya adalah:

  • Pengertian komunikasi daring online
  • Simbol pada digital daring online
  • Jenis komunikasi daring online
  • Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
  • Cara melakukan komunikasi daring online

Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan (dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada kegiatan ekstrakurikuler.

8.

Model dan Metode Pembelajaran

Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak sainitifik ).

9.

Kegiatan Pembelajaran

Diisi mengacu sintaks model pembelajaran yang ditetapkan.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:

  • Kegiatan Pendahuluan

Pada kegiatan pendahuluan guru:

  1. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
  2. Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
  3. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya bagi kehidupan.
  4. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
  5. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
  • Kegiatan Inti

Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (hasil analisis pemaduan model tugas sesi 3).

Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang sedang dibahas.

Catatan: sintaksis (langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah  pendekatan (proses berfikir dan bertindak) sainitifik  (5M) dapat menggunakan hasil penataan dari format perancah.

  • Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup meliputi antara lain:

  1. membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
  2. refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  3. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  4. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

11.

Media, Alat, dan Sumber Belajar

Diisi dengan:

  • Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada proses pembelajaran di setiap RPP.
  • Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
  • Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan literatur/referensi.

Contoh:

KD

Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD ProjectorAlat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet
Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain
KD

Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD ProjectorAlat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet
Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain
KD

Media/Alat , Bahan, dan Sumber Belajar

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Media:
LCD ProjectorAlat/bahan:
Fasilitas komunikasi daring dan jaringan internet
Sumber belajar: buku teks pembelajaran, buku referensi lain

11

Penilaian (KD 3 dan KD 4)
  • Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).

Contoh:

KD

Teknik Penilaian

Instrumen

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
  • Tes Tertulis
  • Penugasan
  • Soal tes tertulis
  • Lembar tugas dan
  • Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
  • Tes praktik/ unjuk kerja
  •  Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
  • Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
KD

Teknik Penilaian

Instrumen

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
  • Tes Tertulis
  • Penugasan
  • Soal tes tertulis
  • Lembar tugas dan
  • Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
  • Tes praktik/ unjuk kerja
  •  Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
KD

Teknik Penilaian

Instrumen

KD 3.2 menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring
  • Tes Tertulis
  • Penugasan
  • Soal tes tertulis
  • Lembar tugas dan
  • Lembar penilaian tugas
KD 4.2
Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
  • Tes praktik/ unjuk kerja
  •  Lembar soal praktik dan Lembar observasi unjuk kerja
 Peniaian  SikapDibuatkan jurnal harian tentang kejadian istimewa yang dilakukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh: Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
No.

Nama

Uraian Kejadian Istimewa

Rencana Tindakan/Pembinaan

    
    
    

Langkah Pengembangan RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 / RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 dikembangkan / dirancang dengan di dahului beberapa analisis-analisis. Analisis-analisis ini akan menghasilkan elemen-elemen yang digunakan di dalam RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seperti indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, proses pembelajaran, model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Jadi, sesungguhnya analisis-analisis yang dilakukan itu sebenarnya adalah menyiapkan isian-isian yang akan dimasukkan ke dalam format RPP sehingga tersusunlah RPP SMK Terbaru Revisi 2017 yang berciri RPP Keterampilan Abad 21 atau RPP Abad 21.

Analisis SKL KI KD RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Analisis Materi Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017

Analisis Penerapan Model Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017
Analisis Penilaian Pembelajaran RPP SMK Terbaru Revisi 2017

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 RPP Keterampilan Abad 21

RPP SMK Terbaru Revisi 2017  atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil Analisis SKL KI KD, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran dan Analisis Penilaian Pembelajaran yang lakukan dengan cermat dan konsisten pada dasarnya telah mengimplementasikan dasar-dasar RPP yang bermutu tinggi. RPP SMK Terbaru Revisi 2017 seperti ini bisa disebut RPP Keterampilan Abad 21 atau RPP Abad 21.

RPP SMK Terbaru Revisi 2017 yang didesain dengan cermat dan konsisten dengan 4 (empat) macam analisis itu otomatis telah mengimplementasikan pembelajaran Keterampilan Abad 21 yang dikenal 4C. Keterampilan Abad 21 tersebut ialah Critical Thinking, Creatif Thinking, Collaborating dan Communicating. Hal ini didukung dengan penerapan model pembelajaran yang menerapkan discovery learning, inquiry learning, problem based learning, problem solving learning, project based learning, production based training.

Back to top

 


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

297 tanggapan untuk “Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017”

  1. Avatar Sison
    Sison

    Mohon rujukan buku mapel Teknologi Dasar Otomotif sesuai KI KD untuk Kur 2013 Rev 2017.. Terima Kasih

    1. Avatar Endarta Adi

      pak Sison … kalo buku rujukan yg sesuai KI KD rev 2017 … menurut prediksi saya belum ada … tapi kalo isinya bisa sebagai salah satu sumber (tdk persis KI KD 2017) mungkin ada … bisa di cari di sini

  2. Avatar Hena ferlina
    Hena ferlina

    Terimakasih banyak pak sebagai calon pendidik saya sangat terbantu dengan konten web ini. mohon ijin saya untuk mengunduh materi ini.

    1. Avatar Endarta Adi

      mbak Hena Ferlina … syukurlah bisa menemukan manfaat blog sederhana ini … walaupun mungkin sedikit ya … kalau boleh saya titip pesan … mbak Hena bersemangat untuk ‘learning by doing‘ … insya Allah … sukses!!

  3. Avatar panji
    panji

    punten pak, bisa tolong jelaskan Buku 1 buku 2 buku 3 Kurikulum?

    1. Avatar Endarta Adi

      Pak Panji … menurut Permendikbud No. 61 thn. 2014 tentang KTSP pada Pendidikan Dasar dan Menengah dinyatakan :
      Komponen KTSP meliputi 3 dokumen.
      Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan. Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan,
      Dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.
      Penyusunan Buku I KTSP menjadi tanggung jawab kepala sekolah/madrasah, sedangkan penyusunan Buku III KTSP menjadi tanggung jawab masing-masing tenaga pendidik.
      Buku II KTSP sudah disusun oleh Pemerintah … yang terakhir ini dulu … tahun ini sepertinya Silabus juga harus disusun oleh masing-masing sekolah …

      begitu pak Panji …

      1. Avatar Fitriani
        Fitriani

        Jadi Silabus satuan pendidikan yg membuatnya ya pak? bukankah dari kemendikbud…

      2. Avatar Endarta Adi

        iya bu Fitri … silabus yang membuat masing-masing satuan pendidikan … PSMK … hanya memberi contoh saja … makanya rekan-rekan guru secara serius dilatih melalui Bimtek Implementasi K13 … melakukan analisis-analisis kita bisa membuat silabus yang sesuai dengan peralatan dan sumber belajar yang kita punya …

  4. Avatar Rizal
    Rizal

    Selamat malam pak
    saya mau tanya
    yang benar dalam pembuatan RPP itu setelah alokasi waktu itu Tujuan apa KI KD ya
    soalnya saat IHT pemateri bilang tujuan pembelajaran kalau yang K13 Rev 2017

    1. Avatar Endarta Adi

      Selamat malam pak Rizal … ikuti Modul Bimtek saja pak … setelah alokasi waktu … KI terus KD terus Indikator … baru tujuan …
      Lihat format RPP

  5. Avatar Maman Komarudin
    Maman Komarudin

    Selamat Siang pak!
    Saya baru pertama kali menyusun RPP, mohon bantuan bapak untuk bisa mengkoreksinya.
    Filenya bisa dikirim kemana ya pak? Terimakasih

    1. Avatar Endarta Adi

      email saya ada di atas sendiri … endarta.am@gmail.com

  6. Avatar Gupito
    Gupito

    Ass. Wr. Wb.
    Selamat Siang P’ Endarta,
    Saya mau bertanya mengenai RPP dan Silabus Teknik Alata Berat, apakah ada contohnya?
    Pada BIMTEK K-13 Revisi 2017 pada buku panduanBIMTEK tsb pada penyusunan silabus format kolom-kolomnya cuma ada KD, IPK, Tujuan Pembelajaran , dan materi pembelajaran. Akan tetapi pada Silabus yang Bapak share tampilkan diatas kok ada kolom Penilaian, Alokasi Waktu , dan sumber belajar. Yang mana yang harus di-ikuti Pak?
    Selanjutnya, pada buku panduan BIMTEK juga terdapat Tabel.2 dimana Materi yang kita ajarkan harus “bersinggungan” dengan MULOK. Terus terang saya bingung Pak, karena Saya mengajar MAPEL Kelistrikan Alat Berat, sedangkan MULOK tempat saya adalah KERJA BANGKU “WORK BENCH”, dimana ada singungannya yha???
    Atas pencerahannya Saya ucapkan Banyak terima kasih

    Salam

    Gupito BY

    1. Avatar Endarta Adi

      Wa alaikum salam wr wb
      Selamat malam pak Gupito … terima kasih sudah berkunjung
      – Contoh RPP Teknik Alat Berat saya tidak punya contohnya
      – Saya tidak tahu yang mana yang bapak maksud …… buku panduanBIMTEK
      – Format yang saya upload … saya kutip dari … modul Pedoman Penyusunan KTSP 310317 … dalam folder pHsl Pedoman Kur 13 SMK …. yang saya dapat dalam Bimtek Penyegaran Instruktur K. 2013 tingkat Nasional tahun 2017 bulan April 2017 yg lalu yang dilaksanakan di PPPPTK Penjas BK Parung Bogor. Coba di periksa . Dokumen ini yang saya gunakan sebagai rujukan. Sebagai Instruktur di propinsi … file ini yang kami sebarkan sesuai panduan dari bimtek tersebut.

      – Materi kita kalau memang tidak ada bersinggungan dengan Mulok ya tidak harus dipaksakan, tetapi jika ada sebaiknya diintegrasikan juga.
      Demikian pak Gupito sharing dari saya … mudahan bermanfaat.

      1. Avatar jusak panggabean
        jusak panggabean

        Bagaimana cara untukmendapatkan rpp sistem komputer serta komputer dan jaringan dasar yang revisi k13 tahun 2017

      2. Avatar Endarta Adi

        maaf pak Jusak … saya menganjurkan … RPP itu kita (guru) yang membuatnya … karena kita tahu persis karakteristik2 … yang perlu diantisipasi dalam pembelajaran …

  7. Avatar carsono
    carsono

    Pak, saya mu nanya, kalau ki-kd teknik elektronika industri ko tidak ada ya, tidak bisa di download. mohon info nya.

    1. Avatar Endarta Adi

      pak Carsono … link downloadnya sudah saya update … silahkan di download … sekarang sudah ada

  8. Avatar Halim Harahap

    kami dari SMKN 4 Padangsidimpuan mhn di share alamat Link untuk mendownload paket keahlian Akuntansi, Multimedia, teknik kendaraan ringan, perbankan

    1. Avatar Endarta Adi

      Pak Halim Harahap … terima kasih sudah berkunjung di blog saya …
      Untuk alamat link … maksudnya untuk mendownload yang mana ya ? kalau KI KD … link downloadnya ada di postingan ini juga … di bagian tengah …
      Kalau silabus dan rpp … saya tdk / belum punya … kita harus membuat … CARA MEMBUATNYA ada pada postingan Menyusun Silabus dan RPP

  9. Avatar kojiew

    yang masih kebingungan nyari referensi rpp nya silahkan kunjung link berikut
    https://forshareblogger.blogspot.com/2017/09/rpp-matematika-kelas-X-k13.html

  10. Avatar FITRIANI
    FITRIANI

    Asslamu’alaikum Wr. Wb.
    KD untuk mapel Matematika apa tidak dibedakan seperti KTSP 2006 ada 3 kelompok (TKP, AKP dan PSP) tapi K13 revisi ini banyak KD nya sama untuk semua kelompok paket keahlian, mohon penjelasannya pak, trima kasih….

    1. Avatar Endarta Adi

      Wa alaikum salam Wr. Wb.
      Dalam bimtek penyegaran maupun beberapa event tidak disebutkan adanya pembedaan … pada KD Matematika, bahkan pada halaman KI nya (bagian identitas) jelas dituliskan … berlaku bagi …. Seluruh Bidang Keahlian …

      Terima kasih sharingnya pak/bu Fitriani …

      1. Avatar Fitriani
        Fitriani

        Saya ibu (perempuan) bukan pak ….

      2. Avatar Endarta Adi

        Terima kasih bu Fitri … kadang saya membalas sharing rekan-rekan … itu agak larut … mulai kurang jeli … hehe … salam kenal …

      3. Avatar Fitriani
        Fitriani

        Terima kasih kembali pak…. salam kenal juga …. pak saya boleh minta email bpk atau WA krn klu di blog ini sering ada kendala klu ada yg mau ditanyakan terkait k13…. trims pak…

  11. Avatar Anjel
    Anjel

    Malam pak saya mau nanya. Kalo silabus tidak sesuai dengan buku bahan ajar kita itu bagaimana ya pak?
    Saya bku pegangan guru sudah pakai edisi revisi 2017, sedangkan kalo dicari di internet silabus tdk cocok dgn bku pegangan pak. Itu bagaimana ya pak?

    1. Avatar Endarta Adi

      bu Anjel … menurut pemahaman saya dalam bimtek implementasi Kurikulum … pembelajaran kita adalah berbasis pasangan Kompetensi Dasar BUKAN berbasis buku teks. Jadi materi yang menjadi bahan pelajaran … di analisis dan diturunkan dari Kompetensi Dasar … buku guru sebagai petunjuk bagaimana CARA membelajarkan siswa … demikian bu Anjel …

  12. Avatar Moch Aditya
    Moch Aditya

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Salam kenal Pak Endarta Adi. Saya Moch Aditya mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan Universitas Negeri Jakarta.
    Tulisan Pak Endarta Adi di atas sangat bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar saya untuk memahami RPP 2013. Untuk bapak ketahui, bahwa di Ibukota Jakarta pun guru-guru SMK masih banyak belum memahami apa itu RPP 2013 dan pelaksanaannya. Semoga tulisan-tulisan yang bapak buat membuat saya, kami mahasiswa (calon guru) dan para guru termotivasi untuk terus belajar.
    Terima Kasih

    1. Avatar Endarta Adi

      Wa alaikum salam Wr. Wb.
      Salam kenal kembali mas Moch Aditya … terima kasih banyak sudah mengunjungi blog sederhana ini. Apalagi sambil mengungkapkan/memberikan apresiasi demikian yang sejujurnya jauh dari dugaan saya. Saya sangat gembira ternyata tulisan-tulisan yang juga jauh dari kata baik … tapi sudah memberi manfaat khususnya mas Aditya. Semoga saja ada rekan lain (mudahan banyak) yang terbantu dengan sedikit posting di atas.
      Jangan lupa sharing buat saya juga ya … mungkin dari sudut pandang yang lain … Selamat belajar semoga sukses …
      Wassalam Wr.Wb.

  13. Avatar Anhi
    Anhi

    Ada mata pelajaran ipa kah pak???

    1. Avatar Endarta Adi

      yang dimaksud apanya bu/pak ?

  14. Avatar abdus sani
    abdus sani

    Ass. adakah bahan Powerpoin untuk materi pengembangan silabus yang terbaru, kalau ada mhn dishare

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam …
      pak Abdus Sani … saya tidak punya bahan yang bapak maksudkan … malah bapak yang punya kayaknya … minta tolong sharing ppt pian …

  15. Avatar Nur Fadhillah
    Nur Fadhillah

    pak mau tanya ,.. bapak ada format penilaian stimulasi dan digital?

    1. Avatar Endarta Adi

      bu Nur Fadhillah … boleh dijelaskan … apa yg dimaksud …format penilaian stimulasi dan digital … sejauh ini saya belum mendengar … istilah itu

      1. Avatar Nur Fadhillah Al Mukarramah
        Nur Fadhillah Al Mukarramah

        Otomatisasi dan tata kelola pak….

      2. Avatar Endarta Adi

        ooo jadi maksud pertanyaan bu Nur … format penilaian untuk Otomatisasi dan tata kelola perkantoran … kalau format umum dapat dipelajari dari Panduan Penilaian SMK 2017 , saya belum pernah membuatkan yang khusus untuk Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran … apa bu Nur pernah melihat Aplikasi Penilaian yang saya buat untuk program keahlian lain?

  16. Avatar Mustafah
    Mustafah

    Bang,mohon silabus dan rpp BIOGI UNTUK SMK,TRIMS

    1. Avatar Endarta Adi

      pak Mustafah … maaf … saya tidak punya Silabus dan RPP …

  17. Avatar yasmin
    yasmin

    pak untuk konstruksi jalan , jembatan, dan irigasi belum ada ya ?

    1. Avatar Endarta Adi

      KI KD nya sudah ada … kalau silabus dan rpp … kita yang buat …

  18. Avatar SRI MULYANINGSIH
    SRI MULYANINGSIH

    BAPAK SAYA MINTA FORMAT RPP YANG BARU ITU BISA YA PAK, ke email saya, saya kesulitan bikin rpp untuk kejuruan kimia industri

    1. Avatar Endarta Adi

      sudah terkirim … format modul ada dalam uraian di dalam

  19. Avatar yane _bandung
    yane _bandung

    terima kasih bp Endarta adi, share ilmunya sangat bermanfaat bagi saya
    untuk silabus (Kecantikan) sudah adakah ?

    1. Avatar Endarta Adi

      Terima kasih bu Yane nyempetin berkunjung … silabus yang jadi … saya tdk/belum punya … maksud hati ingin membantu tapi saya tidak ahli di mapel kawan2 …

  20. Avatar ulises
    ulises

    cara copy nya gimana ya pak? apa boleh sy minta format nya ke email sy untuk pel. Bahasa Inggris pak, mksh pak.

    1. Avatar Endarta Adi

      bp/ibu … coba klik di TANDA PLUS …. ada pilihannya

      1. Avatar ulises
        ulises

        tolong diemailkan blh tidak pak?

  21. Avatar Indra Suryadinata
    Indra Suryadinata

    Assalamualaikum pak, pak mau tny utk buku peminatan utk jurusan jasa perhotelan dan pariwisata apa sdh tersedia pak?
    Mksh pak sblm-a

    1. Avatar Endarta Adi

      Wa alaikum salam … pak Indra Suryadinata … buku peminatan Perhotelan dan Pariwisata … mungkin ada di SINI

  22. Avatar Zaitun Nuhri Khasani
    Zaitun Nuhri Khasani

    Assalamualaikum pak
    pak maaf boleh minta silabus, KI dan KD untuk mapel bahasa indonesia kelas X dan XI?
    kenapa ngga bisa di download ya…

    1. Avatar Endarta Adi

      Wa alaikum salam Wr.Wb. …
      Bu Zaitun Nuhri Khasani … Silabus sejauh ini memang tidak dibuatkan PSMK … saya tdk/belum punya …
      Kalai KI KD Bahasa Indonesia … itu ada di setiap Program Keahlian … Filenya sudah bisa di download di bagian tengah postingan ini …

  23. Avatar arfan nur
    arfan nur

    pak. Mohon ijin sy g bisa download RPP KDM keperawatannya . Mintol gmn caranya ????

    1. Avatar Endarta Adi

      pak Arfan … kalau RPP jadi … saya tidak punya …

  24. Avatar zulkipli agro
    zulkipli agro

    siang pak, bisa minta panduan penyusunan RPP edisi Revisi 2017 pak,,,,

  25. Avatar lia
    lia

    Assalammualaikum pak… silabus seni budaya tingkat smk apa sudah ada?

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam … sampai saat ini silabus tidak disediakan … guru harus membuatnya … baca di sini

  26. Avatar viyan
    viyan

    assalamualaikum pak Endarta,saya boleh meminta rpp ppkn kelas x semester 1 terbaru yang sdh revisi

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam … sampai saat ini … saya belum punya yang jadinya …

  27. Avatar Teguh Priyono, ST.
    Teguh Priyono, ST.

    Maaf, Pak Saya sebelumnya adalah Praktisi Teknik mesin, Saya baru di dunia pendidikan dan belum genap satu tahun, Saya masih bingung tentang pembuatan dokumen dan lata pembelajaran. Saya mengajar Teknologi dasara Otomotif. Apakah Bapak bisa memberikan contoh satu Ki Kd lengkap , untuk pembelajaran Saya selanjutnya. saya lebih cepat memahami dengan melihat yang sudah jadi , kemudian Saya membuat untuk ki kd yang selanjutnya. Terima kasih Pak.

    1. Avatar Endarta Adi

      Pak Teguh Priyono … saya bisa memahami situasinya … namun saya juga melihat semangat pak Teguh untuk bisa … ada beberapa pengetahuan yang diperlukan untuk bisa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang operasional dan profesional untuk mengantarkan siswa mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang diharapkan.
      Kita memulainya dengan melakukan Analisis SKL KI KD … Coba sampian baca di posting saya … Analisis SKL KI KD … Coba dianalisis sepasang KD mapel pak Teguh … kalau sudah bisa berarti dasar-dasar pedagogis nya cukup … kalau ada yang belum paham … berarti dasar-dasar pedagogik kita perlu ditambah dulu … bisa kita diskusikan … atau dibaca di posting saya lainnya …

  28. Avatar indrayani
    indrayani

    Assalamu alaikum Pak… pak apa benar dalam pembuatan silabus hanya terdapat 3 kolom saja yaitu kolom KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. mohon penjelasan. makasih…

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam bu Indrayani … sepanjang bimtek K2013 yang saya ikuti … saya tidak pernah mendapat informasi seperti itu … Kalau dalam modul 2 Pedoman Penyusunan KTSP 310317 yang saya terima dalam Bimtek Penyegaran Instruktur K2013 bulan April 2017 … kolomnya seperti saya contohkan pada posting saya … Silabus SMK 2017 … Disitu juga ada contoh Silabus yang sudah diverifikasi DITPSMK … keduanya bukan yang terdiri atas 3 kolom seperti yang bu Indra tanyakan …

      1. Avatar indrayani
        indrayani

        terimakasi atas penjelasannya pak… sy juga cuman mendengar informasi dari teman saya… sekarang saya lagi mencoba membuat silabus mengikuti contoh yang bapak posting.. ditunggu postingan terbarunya pak…

      2. Avatar Endarta Adi

        iya … ada juga rekan yang pernah bilang begitu … saya lebih suka yang ada dasar acuan tertulisnya … seperti yang saya sampaikan … sukses bu Indra …

  29. Avatar AMBROSIUS WEDO
    AMBROSIUS WEDO

    MALAM PAK RPP AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA K13 REVISI 2017 ADA KO BLM.

    1. Avatar Endarta Adi

      selamat sore pak Ambrosius Wedo … maaf … kalau RPP nya saya tidak punya …

  30. Avatar Halimah erika simalango
    Halimah erika simalango

    siang pak…saya guru prakarya dan kewirausahaan dan sudah sertifikasi, apakah mapel produk kreatif dan kewirausahaan masih relevan dengan prakarya dan kewirausahaan ?

    1. Avatar Endarta Adi

      maaf bu Halimah … jawaban saya tertunda ini …
      yang saya tahu masih relefan … tetapi … pengembangan kewirausahaan siswa selanjutnya adalah berbasis jurusan atau program keahlian yang sudah dipelajarinya
      Karena itu … menurut saya rekan-rekan guru PKWU … harus mau mempelajari … produk-produk barang dan jasa apa yang bisa dikembangkan sebagai komoditas kewirausahaan siswa … misalnya … siswa jurusan TITL … dimotivasi menjual jasa instalasi tenaga listrik nya … ya sesuai jurusannya itu …

  31. Avatar Fitriani
    Fitriani

    Jadi Silabus satuan pendidikan yg membuatnya ya pak? bukankah dari kemendikbud…

    1. Avatar Endarta Adi

      iya bu … silabus … masing-masing sekolah yang membuat berdasarkan KD yang sama yang sudah ditentukan

  32. Avatar dewi ayu wulandari
    dewi ayu wulandari

    assalamualaikum pak Endarta Adi, bagaimana kalau SILABUS untuk SMK mata pelajaran KOMUNIKASI INDUSTRI PARWSATA dengan PENGELOLAAN MICE..
    saya agak kebingungan membuatnya, mohon bantuannya..

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam … bu Dewi Ayu Wulandari … saya coba cari di KI KD nya kok gak ketemu MICE … apa MICE ini ? …

  33. Avatar ibnu
    ibnu

    adakah link untuk silabus TEDK pak, klo ada mohon informasinya terimakasih.

    1. Avatar Endarta Adi

      maaf pak Ibnu … saya tidak/belum punya link yang pak Ibnu maksudkan …

  34. Avatar Yan Hudayana
    Yan Hudayana

    assalammualaikum, selamat malam pa…apakah silabus dan Rpp seni budaya K 13 revisi ada pa,,bolehkah saya unduh,,hatturnuhun sebelumnya

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam …
      Pak Yan Hudayana … maaf saya tidak memiliki silabus dan rpp … saya sebatas menguraikan pengetahuandan keterampilan merancang rpp sesuai panduan implementasi kurikulum 2013 …
      terima kasih kunjungannya

  35. Avatar Adrianto Ndii
    Adrianto Ndii

    Siang.. apakah bisa memberikan contoh RPP 1 pertemuan aja, RPP agribisnis tanaman pangan dan hortikultura. mksh

    1. Avatar Endarta Adi

      saya coba carikan pak … atau coba pak Andri buat menurut pemahaman bapak … nanti saya beri saran-saran yang perlu dilakukan …

  36. Avatar budi
    budi

    sip tanxs gan

  37. Avatar Million
    Million

    selamat siang pak Endarta, mhn info terkait dengan silabus dan rpp dalam mengatur kompetensi dasar dstnya terkait dengan bidang keahlian kemaritiman dan agribisnis kelautan dan perikanan seperti nautika kapal penangkap ikan, teknika, agribisnis air tawar, payau dan laut, pengolahan hasil perikanan dari timk mana yang telah menyusunnya dan apakah standar silabus dan kurikulum sudah mengakomodir kebutuhan DU/DI kelautan dan perikanan pada umumnya, atau yang dibuat masih bersifat turunan dari silabus-silabus sebelumnya, dan apakah sdh ada keterlibatan DU/DI dalam pengembangan silabus kurukulum 13, mohon info dan diskusinya pak, thks.

    1. Avatar Endarta Adi

      Selamat malam pak Million … saya coba ringkas sbb:
      1. Silabus dan RPP adalah bagian dari KTSP K2013 (disebut Dokumen 2 dan Dokumen 3) dan menjadi tugas/hak/kewajiban setiap satuan pendidikan (SMK) untuk menyusunnya/mengembangkannya berdasar pada KI KD yang ditetapkan Dirjen Dikdasmen
      Ketajaman, kelengkapan dan akurasi konten / materi maupun kesesuaian dengan DUDI ditentukan oleh kemampuan Tim Pengembang Kurikulum yang diberi tugas menyusun dokumen 2 dan dokumen 3 ini. Karena itu seharusnya Tim Pengembang Kurikulum ini sudah menguasai teknik-teknik analisis dalam rangka pengembangan silabus dan RPP. Teknik-teknik analisis ini dilatihkan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum 2013 (secara singkat saya tulis dalam posting ini dan beberapa posting terkait lainnya).
      2. Saya tidak mempunyai catatan SMK atau Tim mana yang sudah melaksanakan penyusunan/pengembangan silabus dan RPP pada bidang ini.
      3. Silabus dan RPP tidak disarankan ‘hanya’ meniru yang pernah ada karena pendekatan belajar yang berbeda dengan sebelumnya…. di sini pentingnya kompetensi Tim Pengembang Kurikulum dan secara umum guru-guru yg mengampu mata pelajaran.

      Demikian pak Million … semoga membantu …

  38. Avatar bakri

    struktur kurikulum bongkar pasang dan revisi tak henti-hentinya karena arah tujuan indonesia yang dicapai pada jangka pendek, menengah dan jangka panjang tak menentu karena selalu berpedoman yang dilakukan oleh negara lain yang belum tentu sesuai dengan karakter bangsa sendiri. Jabarkan dulu apa yang akan dicapai Indonesia 10, 25 tahun kedepan baru merumuskan struktur kurikulum dan lebih pokok lagi struktur kurikul selesai silabus tidak perna dibuat sampai kurikulum lagi direvisi

    1. Avatar Endarta Adi

      maaf pak Bakri …
      – Struktur kurikulum sudah tetap … menggunakan Struktur Kurikulum 2013 Revisi thn 2017 SK Dirjen No. 130 tahun 2017
      – KI KD juga sudah ditetapkan …… menggunakan KI KD SMK sesuai SK Dirjen no. 330 tahun 2017
      – KTSP disusun oleh masing-masing sekolah mengacu
      – Silabus (bagian dari KTSP sbg Dokumen 2) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013)
      – RPP (bagian dari KTSP sbg Dokumen 3) disusun oleh sekolah / TPK dan guru pengampu (cara analisis dan tekniknya sudah dilatih dalam Bimtek Kur. 2013)
      Demikian pak … terima kasih sudah sharing dengan kami …

  39. Avatar Rajamuddin
    Rajamuddin

    Minta tolong pak kalau bisa dikirimkan di email saya struktur Kurikulum K13 Revisi 2017 dan KI/KD sesuai Permen Dikbud 330. Terima kasih sebelumnya pak atas bantuannya !

    1. Avatar Endarta Adi

      pak Rajamuddin … Struktur Kurikulum 2017 sudah saya kirim ke email … untuk KI KD saya beri contoh satu program keahlian yang di dalamnya sudah lengkap KI KD semua mata pelajaran … untuk program keahlian yg lain silahkan di download sesuai keperluan …

  40. Avatar syahid
    syahid

    Siang pak,
    Bapak punya contoh atau panduan pembuatan perancah model pembelajaran Production-Based Training/Production-Based Education and Training (PBT/PBET), terima kasih

    1. Avatar Endarta Adi

      maaf pak Syahid … saya belum ada … pakai analoginya saja pak … 5M itu

  41. Avatar Arif Hasyim
    Arif Hasyim

    Pak, silabus untuk SMK Jurusan Administrasi Perkantoran bagaimana untuk di unduhnya ya pak?

    1. Avatar Endarta Adi

      maaf pak Arif … silabusnya dibuat oleh sekolah masing-masing … setelah melalui analisis-analisis yang seperti yang saya contohkan …

  42. Avatar Janu
    Janu

    assalamualaikum..bisa di kirim filenya dalam bentuk pdf ka pa…

  43. Avatar Lodeweik Binsar
    Lodeweik Binsar

    Selamat malam pak Endarta Adi, Mohon maaf jika mengganggu bapak pada malam ini. bapak saya minta tolong, tolong pak kirimkan contoh silabus dan RPP untuk SMK Bisnis dan Menejemen jurusan Akuntansi, soalnya revisi ini tidak bisa saya mengerti, apalagi mungkin sangat diantara kami yang belum mendapatkan pelatihan Kurikulum ini termasuk Revisi RPP ini. atas pengertian bapak saya ucapkan terimakasih bapak.
    (dibawah ini nama dan email saya pak)

    1. Avatar Endarta

      selamat malam pak Lodeweik Binsar … maaf saya belum punya contoh silabus dan rpp yang bapak maksud … kalau bapak mau … coba saja langkah-langkah analisis yang saya uraikan satu persatu … nanti saya bantu koreksi dan saran untuk membentuk silabus dan rpp sesuai jurusan bapak ..
      terima kasih …

  44. Avatar endang kurnia
    endang kurnia

    assalamualaikum, pak..
    bisa minta tolong contoh RPP mata pelajaran SMK Pelayaran jurusan Nautika..
    kebetulan saya mau mencoba mengabdikan ke SMK Pelayaran dan saya seorang pelaut.

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam … pak Endang Kurnia … maaf saya belum punya contoh yang bapak maksud …

  45. Avatar Adrika
    Adrika

    assalamualaikum
    selamat pagi
    salam sejahtera bagi kita semua
    perkenalkan saya arika guru SMK Negeri 9 Merangin
    menyapa reka sejawat semua, dan berterima kasih kepada admin yang telah mempermudah langkah kami untuk mencerdaskan anak bangsa.
    bagi rekan semua yang mengunjungi wab ini dan mengajar mengajar kompetensi keahlian Asisten Keperawatan, mari berbagi ilmu dan pengalaman.
    salam dari saya :
    Ns. Adrika Fauzi Ardila, S.Kep
    di
    SMK Negeri 9 Merangin (smk kesehatan)

    1. Avatar Endarta Adi

      wa alaikum salam bu Adrika Fauzia …
      salam kenal kembali dari admin
      syukurlah kalau posting Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan RPP SMK Terbaru Revisi 2017 dapat mempermudah langkah rekan-rekan mencerdaskan anak bangsa
      terima kasih sudah berkunjung … salam hangat buat rekan-rekan di SMKN 9 Merangin , Jambi

  46. Avatar Henur
    Henur

    DImana download perangkat pembelajaran untuk Jurusan Multimedia?

    1. Avatar Endarta

      pak Henur … posting saya ini sebatas uraian tutorial pembuatan silabus dan rpp melalui serangkaian analisis … kalau yang sudah jadi … saya blm punya …

  47. Avatar nidal
    nidal

    Selamat pagi pak,
    apakah tersedia silabus untuk jurusan bisnis kontruksi dan properti?

    1. Avatar Endarta

      saat ini belum ada bu Nidal …

    2. Avatar Endarta

      bu Nidal … saya belum punya silabus yang sudah jadi …

  48. Avatar Aliah
    Aliah

    SALAM PAK ENDARTA

    Saya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK
    Dalam Penyusunan Silabus PAI K13 Revisi harus terdapat KI-1 sampai KI-4 Tiap KI ada 11 KD apa dalam silabus tersebut harus semua KD disebutkan (Penetapan IPK Dsb). Harus bagaimana yah PAK?, saya belum paham.
    Mohon Bantuan penjelasaannya Yaah Pak

    TerimaKasih

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam bu Aliah … memang benar bu … untuk mapel PKN dan PAI keempat KI dan turunannya seharusnya lengkap … karena pada ke 2 mapel inilah berlangsung direct teaching terkait sikap … pada mapel lainnya itu sifatnya indirect … demikian bu …

  49. Avatar ari
    ari

    kalau untuk tata busana ada pak???mohon link downloadnya ya….trims

    1. Avatar Endarta

      kalau yang dimaksud RPP dan silabus yang sudah jadi saya belum punya …

    2. Avatar Endarta

      maaf … saya belum punya yang sudah jadi …

  50. Avatar Pupu
    Pupu

    Asalamualaikum Pak Endarta.
    apakah RPP dan silabus Akuntansi keuangan kelas 11 & 12 ada??
    Mohon dikiimkan link nya.
    Banyak terima kasih sebelumnya

    1. Avatar Endarta

      wa alaikum salam …. bu Pupu … saya tidak punya rpp dan silabus yang sudah jadi …

Tinggalkan Balasan ke Gina Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.